Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kunci Sukses Menjadi Seorang Freelancer


Tidak ada kesuksesan yang instan dalam dunia kerja, semuanya butuh proses. Termasuk kunci sukses menjadi seorang freelancer pun membutuhkan keuletan dan kesabaran untuk bisa meraih hasil sebagaimana pekerja kantoran.

Dunia kerja, baik secara online maupun offline sejatinya sama-sama memiliki aturan yang mirip. Paling utama adalah waktu dan prosedur kerja. Seorang freelancer harus mampu memahami waktu kerjanya dan prosedur tentang bagaimana pekerjaannya harus dilakukan.

Tak ada rumusan pasti mengenai bagaimana kuncinya menjadi sukses dalam bidang pekerjaan freelance ini. Sebab freelance worker ini bekerja dengan tingkat kesulitannya masing-masing. Namun ada prinsip-prinsip yang berlaku universal dan bisa diterapkan oleh freelancer, apapun bidang pekerjaannya, yaitu:

1. Fokus Mengerjakan Satu Pekerjaan
Seorang freelancer harus fokus mengerjakan satu pekerjaan. Janganlah sesekali menumpuk pekerjaan, meskipun itu sangat menggiurkan. Justru mengambil banyak job, kemudian kesulitan mengatasinya, akan membuat freelancer mudah putus asa.

2. Percepat dalam Menyelesaikan Satu Pekerjaan

Tanamkan keyakinan bahwa menyelesaikan satu pekerjaan, barulah mengambil pekerjaan lainnya itu jauh lebih baik. Daripada mengambil banyak pekerjaan, tapi kemudian semuanya terbengkalai. Janganlah perlakukan diri sendiri sebagaimana mesin yang perfeksionis. Pahamilah bahwa manusia itu memiliki batasan untuk mengatasi kekacauan akibat deadline.

3. Meningkatkan Limit Batas Mengambil Pekerjaan

Ketika sudah sanggup mengatasi satu deadline, barulah memikirkan untuk memasukkan job-job lain ke dalam list. Semakin lama freelancer bekerja, dia akan semakin paham bagaimana mengatasi deadline terbaik.

4. Menentukan Target Closing Gaji

Kunci sukses menjadi seorang freelancer juga sangat ditentukan tentang bagaimana dirinya merancang skema closing. Jika pekerja kantoran saja bisa closing dengan gaji yang tetap, stabil, bahkan meningkat. Maka pekerja freelance pun bisa.

5. Memiliki Jam Kerja yang Dipatuhi

Meskipun bekerja secara lepas, namun bukan berarti seorang freelancer bekerja sangat lama dalam sehari. Buatlah estimasi waktu efektif tentang berapa jam kerjanya. Nanti dengan sendirinya akan sadar bahwa waktu adalah uang. Semakin pandai mengefektifkan waktu, mempercepat kerja, maka pundo-pundi uang makin banyak.

6. Membuat Arsip dan Portofolio

Buatlah sebuah arsip dan portofolio agar nantinya bisa menjadi sarana mempromosikan diri. Jangan pernah bekerja tanpa sebuah backup data karena data arsip dan portofolio adalah hidup dan matinya seorang freelancer.

7. Menjaga Hubungan dengan Klien Lama

Kemudian kunci sukses menjadi seorang freelancer juga adalah dengan mampu menjaga hubungan dengan klien lama. Simpanlah kontak mereka dan jangan ragu menawarkan selebaran promosi kepada mereka. Sikap ramah dan komunikatif seringkali melanggengkan sebuah kerjasama.

8. Mencari Kemungkinan Akan Klien Baru

Seorang freelancer sejatinya tidak memiliki kepastian akan ikatan dengan customernya. Kapan saja sang customer bisa memutuskan kerjasama. Untuk itulah, carilah banyak kemungkinan untuk menjalin mitra baru. Misalnya dengan membuka akun media sosial.

9. Merekrut Asisten

Ini adalah kunci sukses menjadi seorang freelancer yang sudah dirasakan oleh mereka yang setidaknya sudah 5 tahun malang-melintang dalam dunia freelance ini. Mereka cenderung menganggap asisten sebagai kebutuhan. Ini adalah tahapan paling bagus dalam perkembangan mental freelancer.

10. Membentuk Sistem Kerja yang Bisa Ditinggalkan

Sebab ketika seorang freelancer memiliki asisten, artinya ia akan mulai membentuk sistem kerja yang sewaktu-waktu bisa ditinggalkannya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa bukti kesuksesan seorang pekerja adalah saat ia memiliki waktu untuk dirinya sendiri. Dengan hadirnya asisten, maka waktu tuk diri sendiri jauh lebih banyak.

Kebijaksanaan dan berbagai kunci sukses menjadi seorang freelancer di atas ada baiknya diterapkan sedini mungkin. Agar nantinya menumbukan mental dan watak yang sigap bagi masing-masing diri pekerja lepas.

Post a Comment for "10 Kunci Sukses Menjadi Seorang Freelancer"