Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Bisnis Rumahan Online untuk Ibu Rumah Tangga



Menjadi ibu rumah tangga seringkali mendapatkan beban ganda, selain harus mengurus anak dan suami, namun juga harus mengurus rumah. Kemudian banyak ibu harus pula berkarir demi membantu perekonomian keluarga. Bisnis rumahan online pun menjadi salah satu jalan karir ini.

Beban ganda perempuan sudah menjadi kritik dan isu yang lazim dalam kajian gender. Sosok perempuan memiliki tugas dan peran yang jumlahnya seringkali melebihi kapasitas tenaganya sendiri.

Jika sudah demikian, maka seorang ibu mau tidak mau harus berpikir cerdas dalam bertindak. Memilih karir yang tidak menganggu perannya di rumah tangga tentu jauh lebih baik. Namun pada prakteknya, masih banyak perempuan yang kesulitan menjalani.

Peluang Bisnis Rumahan Online untuk Ibu Rumah Tangga

Padahal bila menilik pada tren bisnis kekinian, ada begitu banyak peluang dan ide bisnis rumahan yang bisa dicoba oleh seorang emak-emak rumah tangga, seperti di bawah ini:

1. Kerajinan Tangan
2. Freelance Writer
3. Kuliner
4. Beauty Blogger
5. Youtuber
6. Toko Online
7. Agen ticketing
8. Agen pulsa dan listrik

Dari delapan contoh peluang dan ide bisnis di atas, semuanya bisa dilakukan dari rumah. Tanpa perlu keluar dari rumahnya, seorang ibu tetap bisa mengisi pundi-pundi uang. Tinggal cara mengatur waktu kerjanya saja yang harus dirangkai dengan baik.

Dan tentunya masih ada sangat banyak inspirasi bisnis rumahan online yang seharusnya bisa dilakukan. Inti dari bisnis ini hanyalah mengoptimalkan penggunaan internet untuk mendapatkan uang.

Teknologi dan sistem ekonomi digital yang sudah terbangun sekarang sudah dengan sendirinya sangat membantu kerja online. Jadi untuk para ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha online sudah sangat dimudahkan. Alat utamanya hanyalah media untuk bertransaksi dan promosi.

Media dan Alat untuk Bisnis Online Rumahan

Bicara media dalam bisnis, artinya adalah alat yang dipakai untuk transaksi dan melakukan promosi. Di mana tidak ada batasan mengenai platform seperti apa yang lazim digunakan untuk dijadikan media. Namun umumnya seorang pebisnis online memakai dua media saja, yaitu website dan akun media sosial.

Jadi ketika hendak menjalankan bisnis rumah online pun harus memperhatikan dengan baik perihal website dan media sosial untuk menjadi perantara menyampaikan company profile, deskripsi layanan, promosi, harga produk dan sebagainya. Segala bentuk kegiatan usaha akan dilakukan pada media ini.

Untuk lebih jelasnya mengenai optimasi penggunaan media ini, silahkan simak dua poin di bawah ini:

1. Website

Penggunaan website lebih keoada alat untuk menaruh company profile atau uraian mengenai usaha dan bisnis online rumahan yang dijalankan. Di sini pelaku bisnis rumahan online juga menaruh uraian mengenai produk barang dan jasa yang ditawarkan.

2. Media Sosial

Fungsi media sosial adalah sebagai alat komunikasi yang menghubungkan antara pebisnis dengan klien. Sekarang integrasi antara website dengan media sosial sudah sangat dimudahkan, untuk itu yang perlu dilakukan hanyalah menyiapkan akunnya.

Peluang bisnis rumahan online meskipun dapat dijalankan di rumah oleh seorang ibu rumah tangga, terkadang juga masih membutuhkan kerjasama dengan pihak kedua, bahkan ketiga. Misalnya adalah para kurir pengantar barang.

Menjalin mitra dengan penyedia aplikasi antar seperti Grab, Gojek atau lainnya tentu akan sangat memudahkan usaha. Apalagi mereka sudah memiliki jutaan user yang otomatis menjadi calon klien juga, apalagi untuk layanan delivery order makanan.


Post a Comment for "Peluang Bisnis Rumahan Online untuk Ibu Rumah Tangga"