Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

12 Teknik Meningkatkan Visitor Blog


Agar mendapat banyak keuntungan dari Blogger, Anda harus bisa meningkatkan viewers di blog Anda. Tentu saja untuk meningkatkan visitor Anda harus menggunakan beberapa teknik khusus. Nah, di bawah ini akan dijelaskan 12 teknik agar visitor blog bisa meningkat secara signifikan.

Yuk simak untuk selengkapnya.

1.  Lakukan Research Keyword
Usahakan melakukan research keyword sebelum memulai menulis sebuah konten, untuk saat ini menunlis tanpa research sangat tidak menguntungkan. Terlebih lagi jika hanya mengandalkan ide pribadi. 

Menggunakan research keyword memungkinkan banyak pengunjung mudah menemukan konten  Anda melalui hasil pencarian di Google. Dengan begini visitor di blog Anda akan meningkat lebih banyak.

2. Gunakan Long Tail Keyword
Anda akan dihadapkan dengan dua jenis keyword yaitu short tail dan long tail keyword.  Untuk short tail keyword adalah keyword dengan dua kata kunci contohnya “optimasi blog”.

Sementara itu untuk long tail keyword adalah keyword dengan kata kunci yang sedikit lebih panjang biasanya terdiri dari tiga kata atau lebih contohnya “tutorial membuat website dengan visitor terbanyak” atau “tutorial make up paling hits”. Karena persaingan yang lebih sedikit, jadi cobalah gunakan long tail keyword terlebih dahulu.

3. Manfaatkan LSI Keyword
Untuk mendapatkan banyak variasi keyword yang bisa menarik lebih banyak pengunjung coba gunakan LSI keyword. Latent Semantic Indexing (Indeksasi Semantik Laten) merupakan kumpulan dari banyak kata kunci yang saling berhubungan secara semantic, ada beberapa layanan LSI Keyword yang bisa Anda gunakan. LSIGraph maupun LSIKeywords.

4. Suguhkan Konten yang Bermanfaat
Usahakan untuk menulis konten yang bermanfaat dan lengkap dengan berkisar 1000 kata ke atas. Konten yang hanya 300 hingga 500 kata biasanya dinilai sebagai konten kurang lengkap bagi Google. Hingga menentukan ranking dalam hasil pencarian Google.

5. Perhatikan Judul Konten
Meski memiliki isi konten yang bagus dan berkualitas tapi judul yang Anda tampilkan tidak menarik tentu akan membuat pengunjung kabur. Jadi, sesuaikan isi konten dengan judul yang bisa menarik pengunjung ya.

6. Tambahkan Gambar atau Visual Lainnya
Agar pengunjung tidak bosan dengan tulisan yang panjang lebar, sebaiknya berikan juga visual seperti gambar, ilustrasi, maupun video yang terkait dengan konten blog Anda.

Dengan begini pengunjung tidak akan menjadi bounce rate atau yang disebut pengunjung langsung lari setelah membuka website kurang dari satu menit. 

7. Tambahkan Video
Teknik meningkatkan visitor selanjutnya adalah dengan menambahkan video terkait dengan konten. Bukan hanya anak kecil yang suka dengan video, namun beberapa orang dewasa juga lebih senang membaca konten yang dilengkapi dengan video.
Selain memastikan berita tersebut bukan hoxs, juga mengurangi rasa bosan jika hanya membaca tulisan sepanjang waktu. Sesekali mendapatkan informasi dari video pasti membuat pengunjung Anda senang.

8. Tingkatkan Loading Time
Sebaiknya gunakan hosting yang mumpuni agar loading halaman bisa berkurang. Saat pengunjung membaca konten di halaman yang memiliki loading lambat tentu pengunjung akan merasa bosan dan langsung meninggalkan halaman tersebut. Rata-rata halaman dengan loading yang sedikit memiliki visitor yang banyak.

9. Memanfaatkan Fungsi Internal Link
Agar pengunjung semakin banyak, sebaiknya manfaatkan penggunaan internal link. Dengan begini mesin pencari akan mengerti halaman mana yang paling penting dan paling banyak dicari dan usahakan agar setiap konten di dalam blog Anda ini saling berhubungan sehingga bisa dengan mudah dan relevan memasukkan internal link dengan rapi dan natural.

10. Gunakan Fitur Guest Post
Sebaiknya untuk meningkatkan visitor, lakukan guest post atau menulis di beberapa blog orang lain dengan meletakkan link menuju ke blog Anda. Namun, dengan syarat sebaiknya tulis guest post di blog yang memiliki trafik lebih tinggi dibanding blog Anda dan juga blog tersebut adalah blog yang berpengaruh.

11. Selalu Aktif di Beberapa Komunitas Online
Usahakan agar selalu aktif di beberapa komunitas agar memiliki relasi yang banyak. Anda bisa ikut di forum khusus Facebook, Kaskus, maupun WhatsApp yang menyediakan forum semacam ini. Bahkan Anda juga bisa bergabung dengan komunitas online lainnya. Intinya agar Anda memiliki lebih banyak relasi dan bisa mempromosikan blog Anda dalam waktu yang sama.

12. Manfaatkan Tombol Share
Agar bisa dijangkau oleh masyarakat luas yang akhirnya meningkatkan visitor ke blog Anda, sebaiknya manfaatkan tombol share ke media sosial. Terlebih lagi saat ini semakin banyak yang membaca berita atau informasi melalui platform blog dan wordpress. Jadi menggunakan tombol share adalah cara yang tepat untuk meningkatkan visitor.

Ada banyak media sosial yang bisa Anda cantumkan seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan banyak lagi. Anda juga bisa menggunakan plugin yang menyediakan tombol beserta icon secara lengkap. Tinggal pasang saja.

Itulah tadi 12 teknik untuk meningkatkan visitor di blog. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "12 Teknik Meningkatkan Visitor Blog"