Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

20 Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru untuk Pemula



Berkecimpung di dunia Blogger menuntut Anda harus mengerti semua perihal berkaitan dengan cara mengoptimasi SEO. Terlebih lagi jika Anda merupakan seorang pemula di dunia Blogger.
Sebaiknya, simak informasi 20 cara mengoptimasi SEO Blogger paling lengkap dan terbaru khusus untuk pemula di bawah ini:

1. Judul 
Agar memiliki banyak pengunjung dan menjadi salah satu tips mengoptimasi SEO Blogger, gunakan logo dan judul yang menarik agar pengunjung tertarik untuk kembali ke halaman blog Anda. Logo dan judul ini biasanya menjadi magnet yang paling kuat agar bisa menarik para pengunjung, barulah setelah itu bahan bacaan atau kontennya.

2. Navigasi
Navigasi berfungsi sebagai menu untuk mempermudah pencarian konten. Saat Anda mencari konten yang diinginkan, sistem navigasi yang ada akan membantu Anda menemukannya dengan cara pilihan kategori. Biasanya navigasi terletak di atas maupun samping blog. 

Namun tidak hanya dipisahkan menurut kategori, beberapa juga menggunakan tag dan juga arsip untuk sistem navigasinya. Anda bisa memilih salah satu di antara ketiganya.

3. Search Bar
Ini adalah cara mengoptimasi SEO Blogger yang wajib ada di setiap situs besar. Tentu saja gunanya agar pengunjung mudah saat menjelajahi setiap halaman blog Anda.

4. Konsistensi
Tidak hanya mementingkan isi dari blog tersebut, agar bisa terSEO dengan baik, Anda harus bisa mempertahankan konsistensi konten yaitu kesamaan konten antara halaman saat ini ke halaman selanjutnya, begitu seterusnya. 

5. Warna dan Kontras
Pilihan warna sudah jelas menjadi hal yang sangat diutamakan karena warna menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan fatal dalam pemilihan warna di blog hingga mengakibatkan pengunjung kesulitan dalam membaca konten di blog.
Tambahkan kontras untuk menarik perhatian pengunjung. Dengan begini pengunjung akan langsung tahu mana kalimat penting dari sebuah konten.

6. Teks dan Paragraf
Anda juga harus memperhatikan kesalahan dalam teks dan paragrafnya. Sebaiknya hindari menggunakan font teks yang terlalu kecil, blog Anda akan terlihat sesak dan sulit dibaca.
Selain itu, perhatikan juga ukuran perbandingan antara teks paragraph dengan judul yang ada. Usahakan ukuran judul lebih besar dibandingkan isi teks.

7. Link
Perhatikan untuk alamat link url biasanya menggunakan garis bawah. Dengan begini pengunjung akan langsung tahu bahwa kalimat tersebut adalah link menuju ke halaman yang lainnya.

8. White Space
Gunakan white space atau ruang kosong untuk memisahkan beberapa menu yang diprioritaskan. Tentu saja gunanya agar para pengunjung bisa fokus pada menu utama. Selain itu, ruang kosong juga berguna agar pengunjung bisa lebih menikmati halaman tersebut tanpa merasa sesak.

9. Penggunaan Widget
Sesuaikan dengan blog Anda, meski memiliki  banyak widget jangan gunakan semua widget tersebut di blog Anda ya. Cobalah satu persatu, pilih widget yang paling berguna untuk pengunjung Anda nantinya.

10. Loading Time
Menggunakan hosting yang bagus tentu membuat loading di blog Anda menjadi lebih cepat. Pengunjung yang ada di blog Anda pun pasti akan merasa senang. Berbeda jika halaman blog Anda memiliki loading yang lambat tentu pengunjung akan segera menutup halaman blog Anda tanpa membaca dahulu konten yang Anda sediakan. 

11. Penyajian Konten
Cara mengoptimasi SEO Blogger selanjutnya adalah dengan menyajikan konten-konten yang bagus dan berkualitas sehingga pengunjung yang membaca konten Anda pun akan merasakan manfaat yang besar setelah mengunjungi blog Anda.

Sebaiknya berikan konten yang segar dan bisa bermanfaat untuk sepanjang masa, jika blog Anda ingin menjadi blog harian pun Anda harus rajin mengupdate konten agar blog Anda menjadi blog paling terdepan dan mendapat banyak pengunjung.

12. Tentukan Target Pasar
Jika Anda memiliki target pasar usia 18 hingga 35 sebaiknya sajikan konten yang bermanfaat untuk usia tersebut. Jangan sampai Anda membahas konten yang diluar dari fokus target Anda. Ini bisa saja menyebabkan pengunjung Anda kehilangan minat dan berpindah ke blog yang lainnya.

13. Buatlah Konsep yang Berbeda
Buatlah suatu konten dengan konsep yang berbeda, meski memiliki maksud yang sama namun buatlah dalam konsep yang berbeda. 

Ini akan menarik minat setiap pengunjung yang datang. Misalnya Anda menyajikan tips kesehatan, namun dengan konsep yang luwes, Anda bisa menambahkan cerita lucu atau humor agar konten tersebut tidak terlhat kaku.

14. Terapkan Prinsip KISS
Optimasi SEO selanjutnya yang banyak orang belum tau adalah menerapkan prinsip “Keep It Simple, Stupid”. Prinsip ini berlaku khusus untuk konten yang dinilai sempurna.  Sangat penting bagi Anda untuk menyampaikan pesan yang ada agar bisa tersampaikan dengan baik oleh pengunjung. 

Jadi penting bagi Anda untuk menggunakan format seperti poin atau penomoran agar pengunjung bisa dengan mudah memahaminya.

15. Gunakan Analisis
Optimasi SEO Blogger selanjutnya adalah menggunakan analisis. Ini akan membantu Anda dalam menentukan apakah konten yang Anda sediakan berhasil menarik pengunjung atau tidak.

16. Konten yang Segar
Meski tidak semuanya, tapi usahakan sisipkan beberapa konten yang terkini agar pengunjung merasa bisa lebih up to date saat berkunjung ke blog Anda.

17. Mudah Dibagikan
Sediakan menu untuk “share” ya karena saat ini generasi milenial dan anak jaman now lebih senang membagikan berita di media sosialnya dengan cara yang cepat salah satunya dengan menekan tombol share. 

Oleh sebab itu, pastikan Anda menyediakan tombol “share” disetiap konten Anda ya.

18. Perhatikan Tata Letaknya
Usahakan agar desain dan tata letak situs bersih dari berbagai fitur yang kurang penting, ini akan memudahkan pengunjung Anda membaca konten yang ada di situs Anda. 

Hilangkan juga beberapa pop-up maupun iklan yang menghilangkan fokus dalam membaca konten.

19. Deskripsi 
Buatlah deskripsi yang menarik untuk setiap konten. Ini akan menarik banyak pengunjung di blog Anda. Usahakan buat kalimat pendek tapi menarik dan merangkum keseluruhan isi konten.

20. Gunakan Gambar yang Menarik
Setelah judul dan deskripsi, sebaiknya yang ketiga adalah gunakan gambar yang menarik dan relevan dengan konten yang Anda sediakan. Ini akan membuat pengunjung lebih senang membaca konten di blog Anda. 

Bagaimana? Anda sudah mengerti cara optimasi SEO Blogger yang benar? Bagi Anda pemula blogging, menerapkan 20 cara di atas akan menjadi langkah yang tepat dan membuat Anda sukses di dunia Blogger. Semoga bermanfaat.

2 comments for "20 Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru untuk Pemula"

  1. Wow! Such an amazing and helpful post this is. I really really love it. It's so good and so awesome. I am just amazed. I hope that you continue to do your work like this in the future also Chinnagounder Thiruvenkatam

    ReplyDelete
  2. I feel happiness to read the content that you are posting.

    ReplyDelete