Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Media Sosial Terbaik untuk Jualan Online dan Promosi Bisnis


Era digital di jaman sekarang membuat banyak orang terhubung secara virtual dengan menggunakan jaringan internet dan berbagai kegiatan bisa dilakukan dengan hadirnya internet. Sektor bisnis sangat terbantu dengan perkembangan teknologi, karena bisa berbagai jenis bisnis offline bisa dikombinasikan dengan pemasaran online. Pengguna internet di Indonesia terdiri dari berbagai kalangan masyarakat dan kebebasan informasi, membuat banyak masyarakat miliki pengetahuan yang luas.

Untuk melakukan pemasaran produk atau jasa bukanlah yang mudahm, karena banyak hal yang harus dipelajari. Sosial media menjadi salah satu fitur yang bisa digunakan untuk promosi online dan jumlah sosial media yang ada di dunia sangatlah besar. Sosial media bisa digunakan untuk jualan suatu produk atau jasa dan sistem pemasaran online dengan sosial media sangatlah mudah untuk dipahami. Pada dasarnya, setiap sosial media digunakan untuk melakukan komunikasi dan banyak sosial media yang tepat untuk kegiatan jualan. Berikut ini adalah 6 media sosial terbaik untuk jualan online dan promosi bisnis:

1. Facebook

Facebook adalah salah satu sosial media yang banyak digunakan masyarakat Indonesia dan facebbok suda berjalan sejak lama. Sistem komunikasi bisa dijalankan dengan baik, berkat hadirnya sosial media dan facebbok menjadi sosial media yang memiliki tampilan antar muka yang sangat mudah dipahami. Untuk akses facebook dimanapun, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang dan hanya perlu bermodalkan hp atau laptop dengan jaringan internetnya atau kuota.

Dengan adanya facebook, banyak pelaku bisnis online yang memanfaatkan facebook untuk berdagang dan membuat halaman facebook menjadi cara untuk berdagang di facebook. Promosi produk di facebook juga bisa menggunakan iklan berbayar dan facebbok ads terbilang sangat efektif untuk para pengusaha online. Beriklan di facebook juga bisa dilakukan dengan berbagai cara yang manual seperti upload gambar produk di sebuah group, menawarkan ke teman facebook dan upload facebook di tampilan profil.





2. Instagram

Instagram adalah sosial media yang belakangan ini banyak digunakan oleh anak muda, karena tampilan antar mukanya menyerupai galeri foto atau video dan instagram memiliki tempat untuk berbagi cerita secara live yang disebut dengan instagram story. Salah satu tujuan seseorang bermain instagram adalah untuk mendapatkan jumlah pengikut yang banyak dan semakin banyak jumlah pengikut, akan membuat akun instagram efektif untuk berjualan online. Cara untuk menambah jumlah pengikut adalah dengan menampilkan postingan yang menarik dan unik.

Instagram menjadi sosial media yang di manfaatkan untuk berjualan online dan semakin banyak jumlah pengikut akun instagram, maka akan semakin cepat pula suatu usaha menjadi besar. Kini muncul usaha baru yang memanfaatkan banyaknya jumlah pengikut yaitu bisnis endorse atau sistem promosi suatu produk atau jasa dan bisnis ini banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk menggunakan jasa seseorang yang memiliki jumlah pengikut akun instagram yang besar. 

3. Twitter
Twitter adalah sosial media yang sangat populer dengan adanya istlah cuitan dengan istilah hastag dan pengguna twitter di Indonesia sangatlah tinggi. Twitter menjadi sosial media yang menarik untuk digunakan, karena penggunaan twitter sangatlah mengandalkan uniknya video singkat, gambar dipadukan dengan kata-kata. Banyak artis ataupun orang berpengaruh di Indonesia menggunakan akun twitter untuk menjalin komunikasi virtual dengan para fans dan cara ini mampu menfilter jumlah fans panatiknya.

Hadirnya twitter menjadi peluang bisnis yang besar, bagi para pengusaha produk dan twitter menjadi sosial media yang memiliki sistem kerja yang mudah untuk dipahami. Banyak pengusaha yang memanfaatkan twitter untuk berjualan online dan hadirnya orang berpengaruh atau artis menjadi hal yang banyak dimanfaatkan para pengusaha untuk berjualan online. Tampilan antarmukanya yang sangat unik membuat twitter sangat seru untuk digunakan dan twitter sangat pas digunakan untuk promosi online.

4. YouTube

Youtube adalah sosial media yang mengharuskan penggunanya upload video dengan durasi yang bervariasi dan youtube bisa digunakan untuk mempublikasikan kegiatan sehari-hari seseorang. Kini perkembangan yotube sangatlah pesat dan banyak artis Indonesia yang beralih untuk membuat channel youtube. Banyak yang beranggapan bahwa youtube menjadi tempat untuk meluangkan keresahan yang ada, karena menonton konten youtube sama halnya dengan menonton televisi dan semakin banyak jumlah subsciber akun youtube, maka akan semakin besar peluang untuk menggunakan youtube sebagai promosi online.

Youtube menjadi sosial media yang sangat ampuh untuk kegiatan jualan online dan berbagai jenis produk bisa dijual memanfaatkan youtube. Semua pengguna youtube berlomba-lomba untuk menambah jumlah subscibber youtube dan promosi online di youtube bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti lakukan review produk, memasang produk secara langsung dengan bentuk video dan membuat animasi sebuah produk. Promosi produk di youtube terbukti ampuh meningkatkan jumlah penghasilan dan penjualan suatu produk.

5. Pinterest

Pinterest adalah sosial media yang banyak digunakan para pebisnis online untuk mengirimkan foto dari sebuah website dan tujuan utama pinterest adalah menjadi tempat untuk mengupload kegiatan sehari-hari. Jumlah pengguna pinterest di Indonesia memang tidak sebesar facebook, instagram, twitter dan youtube. Pinterest menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi suatu laman website dengan mencantumkan link website dan tampilan antarmuka yang dimiliki pinterest sangatlah mudah untuk dipahami.

Pinterest juga sering disebut seperti etalase yang ada di suatu toko dan hal ini membuat pemiliki akun pinterest bisa memajang foto terbaiknya yang ingin dijual atau dipasarkan. Tak hanya banyak digunakan oleh pengusaha yang menjual produk, pinterest juga banyak digunakan oleh fotografer untuk memajang hasil karyanya dengan tujuan banyak orang yang mengenalnya dan menggunakan jasa fotografinya. Para pengguna pinterest bisa memanfaatkannya untuk promosi online dengan cara membuat gambar yang di desain unik.




6. Kaskus

Kaskus adalah media sosial yang memiliki jumlah pengguna yang sangat besar dan pengguna kaskus berasal dari berbagai kalangan. Kaskus menjadi media sosial yang bisa digukan juga untuk berjualan, karena memiliki fitur forum jual beli dan pengguna kaskus bisa berjualan online dengan gratis. Banyak pengguna kaskus yang sukses membesarkan usahanya dan kaskus memiliki tampilan antarmuka yang unik, maka tak semua orang mampu menggunakan kaskus dengan cepat.
Untuk melakukan promosi online di kaskus memang tak semudah bayangan, karena ada berbagai fitur kaskus yang perlu dipelajari dan penggunaan kata di kaskus seringkali unik-unik. Beriklan di kaskus memang sebuah hal yang tepat untuk dilakukan, karena bisa dilakukan gratis dan kaskus menyediakan tempat untuk berjualan produk dengan cara memamerkan video, gambar yang dipadukan dengan kekuatan kata-kata. Untuk bisa mempelajari sistem kaskus scara keseluruhan memang perlu waktu dan perlu fokus yang baik.

Sekian ulasan mengenai media sosial terbaik untuk jualan online dan promosi bisnis. Semoga artikel ini menjadi referensi terbaik dan berguna bagi para pembacanya. 


...................................................................................
Source of Ficture : 
freepik.com-Designed by natanaelginting / Freepik
freepik.com">Designed by rawpixel.com / Freepik
freepik.com">Designed by rawpixel.com / Freepik





1 comment for "6 Media Sosial Terbaik untuk Jualan Online dan Promosi Bisnis"