Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadi Admin Media Sosial Hasilkan Jutaan Hingga Puluhan Juta




Pernahkah berpikir untuk menjadi seorang admin media sosial? Terkesan sangat sepele pekerjaan ini, padahal membutuhkan banyak sekali keterampilan dan keahlian khusus. Menjadi admin artinya harus mengikuti arus tren media sosial masa kini.

Admin Media Sosial adalah orang yang bertanggungjawab mengelola segala sesuatu yang ada di akun media sosial, mulai dari setting, konten hingga bagaimana mendatangkan visitor dan mengelola kolom komentar. Seorang admin memiliki semua tugas pengelolaan akun, kecuali dalam hal monetisasi (keuangan) yang biasanya dikelola oleh pemilik akun sendiri. Tapi setting monetisasi juga bisa dikerjakan oleh admin.

Memang terkesan sangat aneh bagaimana perkembangan dunia digital dan media sosial justru membuka keran-keran akan profesi baru. Admin media sosial dianggap penting di era sekarang karena dia menjadi ujung tombak kesuksesan sebuah media.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menjadi Admin Media Sosial
Apapun tema kontennya, seorang admin media sosial wajib wajib memiliki skill-skill dasar, seperti:

Komunikatif
Banyak pengetahuan
Update terhadap isu kekinian
Menguasai desain grafis
Disiplin

Tugas-tugas administrasi pengelolaan akun media sosial memang tidak hanya dikerjakan oleh seorang admin. Misalnya dalam hal desain grafis untuk konten foto dan video. Maka bisa saja seorang owner medsos terkenal juga merekrut desainer khusus dan videographer mumpuni.

Namun di tengah persaingan yang ketat untuk menjadi seorang admin media sosial, maka sangat diharapkan bahwa admin medsos itu multi tasking. Artinya dia bisa mengerjakan segala sesuatu sendirian karena sudah punya skillnya di berbagai bidang-bidang yang dibutuhkan untuk mengelola akun medsos.

Seorang admin media sosial juga harus cepat tanggap dan tidak segan untuk berkomunikasi dengan para followers medianya. Misalnya dengan selalu memberikan like atau love pada tiap komentar yang dianggap bagus. Sebuah media yang adminnya rajin berkomentar dan memberikan like or love juga akan cenderung meningkatkan impresi view dari media tersebut.

Dan saat bicara tentang komunikasi media sosial, maka di era sekarang juga mesti sangat memperhatikan unsur etika. Sangatlah penting untuk memahami etika bahasa siber yang baik dan benar karena UU ITE yang diberlakukan di Indonesia sangat memungkinkan seseorang untuk terjerat pasal-pasal kasus bila perkataan dianggap menyinggung orang lain.



Gaji Seorang Admin Media Sosial, Benarkah Puluhan Juta?

Pernahkah melakukan kalkulasi tentang berapa jumlah gaji admin media sosial? Benarkah puluhan juta? Nampaknya kita perlu menghela napas dalam-dalam karena ini semua tergantung pada peruntungan dan job admin seperti apa yang diambil.

Jika ingin memiliki gaji puluhan juta, yakni minimal 20 juta. Maka setidaknya harus mengelola tugas admin untuk 4 hingga 5 akun media sosial besar milik para selebriti atau media paling terkenal dan kontroversial di Indonesia.

Bahkan sepertinya peruntungan untuk bisa ambil job 4 hingga 5 akun berbeda sangatlah jarang dan langka. Kecuali bila tugas ini dilakukan secara freelance, di mana admin tidak wajib berkantor di tempat di mana awak medsos ini berkiprah.

Pun dengan menjadi seorang freelance admin, sangat jarang untuk bisa memperoleh job banyak dalam sekali waktu untuk sama-sama menjadi admin. Jika begini, sebenarnya berapa gaji admin media sosial?

Nilai paling logis dan wajar dari menjadi seorang admin media sosial berada di kisaran Rp 1000.000 untuk tugas admin terendah. Hingga Rp 8000.000 untuk yang tertinggi. Jadi kalau bicara gaji puluhan juta, maka nilai tertinggi dan terendah ini harus dikalikan beberapa akun yang diurus.

Bagaimana? Setelah tahu fakta ini maka sebaiknya jangan terlalu berharap untuk memperoleh gaji selangit dari menjadi admin media sosial. Sebab selama diri kita masih memiliki bos media, maka tidak akan pernah sanggup mengintervensi berapa pendapatan yang akan diperoleh.

Setelah belajar pengalaman sebagai admin medsos, alangkah baiknya untuk kini belajar memiliki akun medsos sendiri dan berusaha memonetisasi sesuai selera dan gaya sendiri.

Post a Comment for "Jadi Admin Media Sosial Hasilkan Jutaan Hingga Puluhan Juta"