Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Terbukti Menghasilkan! Strategi Jualan di Facebook untuk Pemula


Ingin memulai bisnis online? Kenapa tidak, siapapun dapat jualan online. Saat ini sudah banyak platform yang bisa Anda jadikan bisnis online. Mulai dari Anda bisa mulai di sosial media, dari website yang gratis hingga website yang berbayar. Anda juga bisa kok memulai sebuah bisnis online hanya dengan menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang sering di gunakan dan memang banyak peminatnya dalam berbisnis online adalah facebook. Dimana seseorang akan lebih mudah dalam melakukan promosi dan membuat sebuah page promosi. 

Di zaman yang sudah serba canggih ini, ada banyak cara yang bisa anda lakukan dengan sebuah halaman sosial media, bahkan dalam hal berbisnis online. Karena saat ini petumbuhan pengguna facebook kian melejit dari tahun ke tahunnya. Pemasaran lewat media sosiak facebook bisa dikatakan sangat efektif untuk bisnis online anda. Penasaran bagaimana cara melakukan bisnis online di facebook? Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Perbanyak Jumlah Teman

Jika anda ingin mulai bisnis online di facebook, maka anda harus terlebih dahulu menambah jumlah teman di akun facebook anda. Facebook memang membatasi jumlah pertemanan hingga mencapai jumlah 5000 orang per akun, namun anda bisa menggunakan fitur follow dan membuat postingan anda menjadi publik, hingga facebook anda bisa tetap diakses oleh orang lain. Semakin banyak teman dan followers yang anda miliki di facebook maka akan semakin banyak yang bisa melihat postingan tentang jasa dan produk bisnis online yang anda jual dan promosikan tersebut.

2. Update Status

Ya, jika anda memilih facebook sebagai tempat jualan online, anda memang di tuntut untuk lebih sering dan rajin mengupdate status yang berkaitan dengan promosi barang maupun jasa bisnis online yang sedang anda geluti tersebut. Anda memiliki target di mana semua orang atau teman-teman di facebook dapat mengetahui dan berminat dalam menggunakan maupun membeli produk dan jasa yang anda tawarkan. Maka disarankan anda lebih seringlah dalam mengupdate status facebook. Pandai-pandailah memilih waktu yang tepat dalam melakukan promosi di facebook misalnya ketika jam istirahat makan siang, waktu santai di sore hari atau di kala malam yang sebagian besar dipakai oleh masyarakat untuk membuka sosial media.

3. Lirik Grup Facebook Yang Berkaitan Dengan Bisnis Online

Melalui sistem pencarian di facebook, maka anda bisa melakukan pencarian bebarapa grup yang memiliki member aktif yang sehubungan dengan jenis dari bisnis online yang sedang anda tawarkan. Ada 2 langkah yang disarankan dalam melakukan pengoptimalan grup facebook ini, yaitu dengan mencoba memposting jasa maupun produk bisnis online anda secara berkala kedalam grup dan lihat bagaimana respon di dalam pengguna tersebut.

4. Buat FansPage Bisnis Online Anda

Selain melakukan update status dan mensharenya di dalam beberapa grup yang berkaitan dengan bisnis yang anda jalankan. Selanjutnya anda dapat membuat fanspage atau halaman facebook. Jangan lupa untuk mengelola fanspage anda dengan baik, jawablah semua pertanyaan baik itu berupa komentar maupun pesan private dengan ramah dan cepat. Orang-orang cenderung lebih suka menggunakan jasa sebuah bisnis yang pelayanannya ramah, baik dan fast respon.

5. Tingkatkan Edge Rank Anda

Salah satu ciri-ciri usaha yang potensial adalah usaha yang banyak mendapatkan pelanggan dan diminati banyak orang. Jika anda menggunakan facebook sebagai wadah berbisnis online, maka setidaknya anda harus menaikan edgerank profil facebook anda terlebih dahulu. Dengan ini postingan anda akan ada di newsfeed atau beranda sebagian besar teman-teman facebook anda walaupun postingan tersebut telah lama di posting.

6. Menggunakan Facebook Ads

Anda bisa menggunakan Facebook Ads yang merupakan fitur berbayar oleh Facebook untuk mengiklankan produk/jasa. Dengan kemampuan fitur facebook ads ini dalam menganalisa target market, Facebook Ads sangat bermanfaat dalam menargetkan target market secara luas dan efektif, meningkatkan brand awareness, serta meningkatkan CTR (Click Through Rate).

Berikut langkah-langkah menggunakan Facebook Ads

  1.  Login Facebook

    - Klik Menu sebelah kanan di atas profile Facebook
    - Pilih menu navigasi yang terletak pada pojok kanan atas
    - Klik buat iklan
    - Anda sudah tiba di page Facebook Ads Manager

2. Pengaturan Akun Facebook Ads

    - Klik menu pengaturan Facebook Ads
    - Buat nama akun bisnis yang Anda inginkan
    - Lengkapi data-data Anda secara lengkap

3. Atur Budget Facebook Ads

    - Setelah melakukan pengaturan akun Facebook Ads, selanjutnya anda dapat Klik Menu “Tagihan Facebook Ads”
    - Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan
    - Lakukan proses pembayaran

4. Promosi Facebook Page dengan Facebook Ads

    - Klik button Halaman pada menu pengaturan Facebook Ads
    - Klik tombol “Promosikan” pada halaman Facebook yang Anda kelola
    - Selanjutnya, Klik “Promosikan Halaman Anda”
    - Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Post a Comment for "Terbukti Menghasilkan! Strategi Jualan di Facebook untuk Pemula"