Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 langkah mencari dan menentukan Niche atau tema terbaik untuk blog Anda


Blog yang bagus dan berkualitas selalu mendapat rangking yang baik. Tentu saja ini akan meningkatkan rate dan penghasilan Anda. Karena semakin banyak pengunjung maka blog Anda juga semakin banyak mengumpulkan uang.

Namun, untuk menjadi blog yang bagus dan berkualitas Anda harus bisa menentukan niche atau tema yang terbaik agar menarik banyak pengunjung. 

Menentukan tema blog membutuhkan beberapa cara rahasia. Inilah mengapa Anda harus mengerti dan mempelajari 5 langkah tepat dalam mencari dan menentukan tema untuk blog Anda nantinya.
Simak langkah di bawah ini:

1. Menentukan Tipe Blog Anda
Usahakan untuk memikirkannya sebaik mungkin sebelum menentukan tipe blog yang akan Anda buat. Terkadang seseorang salah menentukan tipe blog mereka sehingga membuat blognya tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Jadi, mulai saat ini sebelum menentukan tema blog Anda nantinya coba tentukan dulu tipe blog Anda. Apakah akan mengarah ke blog bisnis, blog personal, maupun blog marketplace yang nantinya akan Anda gunakan untuk mencari uang fulltime.

Jangan pernah mencampurkannya dalam satu wadah karena ini akan mengurangi kualitas blog Anda. Kenapa begitu? Sudah jelas ya, dengan Anda mencampur semua dalam satu blog, tentu pengunjung akan merasa bingung.

Jika hari ini Anda mengunggah tutorial menginstall software tiba-tiba keesokan harinya Anda mengunggah cerita liburan Anda. Bagaimana menurut Anda? Ilfil kan?

2. Menyesuaikan Isi Blog dengan Keahlian Anda
Saat akan menentukan tema blog, sebaiknya sesuaikan dengan keahlian yang Anda miliki. Ini akan membantu Anda nantinya saat akan mengisi konten di blog. Anda tidak akan merasa kesulitan dalam mencari konten.

Terlebih lagi jika Anda adalah seorang pemula, sebaiknya pilihkan tema yang benar-benar Anda kuasai dan menjadi keahlian Anda.

Sedangkan, blog yang berkualitas adalah blog yang berisi informasi dan menjelaskan banyak ilmu secara lengkap dan tuntas. Ingat ya, blog yang banyak dicari pengunjung adalah blog yang memiliki informasi lengkap dan akurat.

Jika Anda sangat suka menulis cerpen atau puisi, sebaiknya Anda isi blog Anda dengan kumpulan cerpen dan juga puisi atau paling tidak isilah tentang tips membuat cerpen dan puisi yang bagus, ciri-ciri cerpen dan puisi, atau bisa juga dengan informasi berkaitan dengan lomba cerpen atau puisi yang akan diadakan.

3. Jangan Pernah Terpengaruh Lingkungan
Jika Anda melihat blog teman Anda sangat sukses dan Anda berpikiran untuk memilih tema yang sama, tentu saja ini bukanlah keputusan yang tepat. Anda hanya akan buang-buang waktu saja.

Jika Anda mengambil contoh semangat mereka, niat gigih, dan juga kiat suksesnya tentu saja boleh, tapi untuk meniru tema blog yang lebih lagi bukan tema yang Anda kuasai sebaiknya jangan.

Belum tentu dan tidak ada jaminan Anda akan sama suksesnya dengan mereka namun jika Anda mengikuti triknya kemungkinan besar Anda bisa ikut sukses meski dengan keahlian yang berbeda.

4. Tentukan Tema Blog dengan Melihat Trend Saat Ini
Jika Anda masih bingung dalam menentukan tema blog Anda, sebaiknya lihat dan telitilah trend saat ini. Anda bisa mengambil tema blog dengan mengangkat trend yang sedang hangat diperbincangkan saat ini.

Tentu saja ini akan mendatangkan banyak keuntungan untuk Anda karena banyak pengunjung yang mencarinya. Namun kekurangannya, Anda harus siap karena suatu saat berita atau tema yang hangat diperbincangkan pasti akan cepat hilang begitu saja bahkan ada kalanya berita tersebut akan hilang tanpa disebut lagi.

Jadi, sebaiknya untuk konten yang sedang trend saat ini lebih cocok diterapkan pada blog berita terbaru. Ini akan sangat meningkatkan jumlah trafik dalam satu blog. 

Ada cara yang lebih efektif daripada memilih tema blog yang mengikuti trend saat ini.

5. Pilihlah Tema Konten yang Bersifat ‘Abadi’
Anda tentu sedikit bingung bukan? Apa yang dimaksud dengan konten ‘abadi’? Konten abadi adalah konten yang bermanfaat dan memiliki informasi yang diperlukan setiap saat dan sifatnya abadi atau berguna untuk 10 bahkan 50 tahun yang akan datang.

Konten seperti ini tentu menjadi sasaran empuk bagi para blogger. Dengan konten yang abadi, tentu saja penghasilan yang Anda dapatkan akan semakin banyak. Ibaratnya konten abadi ini adalah konten yang tidak akan mati ditelan jaman.

Anda masih bingung untuk contohnya? Tema konten abadi ini seperti konten tips-tips, cara membuat, dan juga manfaat dan khasiat suatu tanaman. Konten semacam ini pasti akan sangat bermanfaat tidak hanya sekarang tapi juga di masa mendatang.

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah memikirkan tema apa yang akan Anda angkat di blog Anda nantinya? Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan keahlian Anda ya. Terapkan lima langkah di atas agar blog Anda bisa lebih berkualitas dan mendatangkan banyak keuntungan.

Semoga bermanfaat.


3 comments for "5 langkah mencari dan menentukan Niche atau tema terbaik untuk blog Anda"

  1. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing blog that understand the value of providing a quality resource for free. niche related

    ReplyDelete
  2. When your website or blog goes live for the first time, it is exciting. That is until you realize no one but you and your. Website Rank

    ReplyDelete
  3. It should be noted that whilst ordering papers for sale at paper writing service, you can get unkind attitude. In case you feel that the bureau is trying to cheat you, don't buy term paper from it. agen judi bola

    ReplyDelete