Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Darimana Google Adsense Bisa Membayar Anda ?


Memiliki profesi sebagai publisher Google Adsense merupakan hal yang sangat menyenangkan. Anda akan banyak belajar tentang promosi dan iklan yang benar. Nah, pernahkah Anda terpikirkan darimana Google Adsense ini membayar Anda?

Apa saja perhitungannya yang memungkinkan Anda berhak untuk mendapatkan uang bayaran. Jika Anda sudah mendaftar tapi belum ada yang mengklik iklan tersebut apakah Anda masih akan mendapatkan bayaran?

Soalan-soalan tersebut adalah soalan paling sering dilontarkan oleh para pemula. Terutama Anda yang baru mulai di terima google adsense maupun yang sampai saat ini belum memiliki akun google adsense.

Sebelum menjelaskan lebih detail, apakah Anda tahu apa itu publisher adsense? Publisher adsense merupakan julukan bagi Anda yang diberi hak oleh Google untuk menayangkan iklan. Tentu saja untuk menjadi publisher Anda harus memenuhi semua syarat dan kriteria agar menjadi penayang iklan yang baik.

Syarat pertama adalah sebagai seorang publisher adsense Anda harus memiliki paling tidak beberapa video yang bertengger di akun Youtube maupun website dan juga blog. Di sinilah Anda akan menayangkan iklan tersebut dengan mengikuti kebijakan yang sudah ada.

Dari pihak Google sendiri sebenarnya sudah ada hitungan dalam menetapkan pembayarannya. Ada beberapa pilihan yang diberikan pada Anda bagaimana cara Anda menampilkan iklan tersebut nantinya.

Jenis-jenis iklan yang bisa menghasilkan uang adalah iklan berupa teks, video, gambar, audio, multimedia, flash, animasi, bahkan tautan juga bisa mendatangkan dollar untuk Anda. Ada juga beberapa hal penting yang masuk dalam perhitungan Google Adsense. Apa saja? Simak di bawah ini:

1. CPC (Cost Per Click) – Ini adalah istilah untuk pembayaran yang di dapat dari biaya per klik. Biasanya biaya ini ditentukan oleh pihak yang mengiklankan. Bayarannya selalu berbeda antara pengiklan satu dan pengiklan lainnya. Tergantung apa yang akan diiklankan nantinya. Biasanya untuk CPC, hanya diketahui oleh pihak Google dan juga pengiklan.

2. CTR (Click Through Rate) – Penghitungan ini didapat dari total penjumlahan dari jumlah yang mengklik iklan dibagi dengan jumlah iklan tersebut berhasil tayang. Contoh singkatnya seperti ini, jika iklan Anda tayang di web atau blog sebanyak 1500 kali dan berhasil mendapatkan 12 kali klik maka hitungannya 12/1500= 0,008 atau disingkat menjadi 0,8%.

3. CPM (Cost Per Mile) – Penghitungan ini pula berdasarkan jumlah halaman tersebut ditampilkan. Bahasa sederhananya adalah biaya per seribu. Jadi, saat iklan tersebut berhasil ditayangkan sebanyak seribu kali, maka publisher adsense akan mendapatkan bayaran.

4. RPM (Revenue Per Thousand Impression) – Yang ini pula artinya pendapatan secara rata-rata yang akan didapat dari setiap 1.000 impresi. Tahukah Anda dari RPM ini akan dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Yaitu RPM Kueri, RPM Halaman, dan juga RPM Permintaan Iklan. Kita bahas satu persatu.

- RPM Kueri
Penjelasan tentang RPM Kueri merupakan penghasilan yang didapat setelah total tayang mencapai seribu kali. Jadi singkat sederhananya begini, 
(Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri ) * 1000 = RPM Kueri
Contohnya, saat Anda memiliki penghasilan hingga $60 yang berasal dari 15.000 kueri, maka RPM Kueri yang Anda dapatkan berjumlah $4.00. 
($60 / 15.000) * 1000 = $4.00

- RPM Halaman
Sementara itu, penghitungan RPM yang kedua ini adalah sebagai berikut. 
(Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000 = RPM Halaman
Untuk contoh singkatnya begini. Jika Anda memiliki penghasilan tertaksir sebesar $0,15 berasal dari 25 tampilan halaman maka hitungannya adalah
($0,15 / 25) * 1.000  = $6.00

- RPM Permintaan Iklan
Terakhir, penghitungan RPM berdasarkan permintaan iklan. Caranya adalah dengan membagi penghasilan tertaksir dengan total dari jumlah permintaan iklan kemudian Anda kalikan dengan angka 1.000.

Pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh blogger adalah, apakah akan tetap dibayar meski iklan adsense kita tidak diklik sama sekali?

Menanggapi pertanyaan ini, tentu saja Anda akan tetap dibayar meskipun tidak ada yang mengklik iklan Anda. Meskipun sebenarnya bayaran yang Anda dapatkan akan lebih besar saat ada yang mengklik iklan Anda.

semoga bermanfaat

Post a Comment for "Darimana Google Adsense Bisa Membayar Anda ?"