Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menjadikan Sekolah Sulap Menjadi Lahan Bisnis



Pernahka terpikir dibenak anda dari mana pesulap memiliki kekuatan “ajaibnya”?

Tentu saja kita semua tahu itu adalah hasil dari latihan yang panjang selama bertahun-tahun untuk menguasai beragam trik sulap yang memukau.

Namun yang perlu anda ketahui adalah, ilmu seni sulap juga dipelajari di sekolah sulap.

Di sisi lain, sekolah sulap dapat dilihat sebagai peluang usaha yang menguntungkan dari sisi bisnis.
Hal ini karena begitu banyaknya orang yang ingin belajar dan menguasai ilmu sulap secara profesional.

Sejak seni sulap pertama kali ada, sulap telah memukau banyak orang disetiap zaman.

Kini pertunjukan sulap tidak pernah luput dari perhatian dari setiap panggung. 

Misalnya saja American Got Talent atau Asian Got Talent, sulap selalu lolos dan mendapatkan apresiasi yang tinggi dari juri.

Kini sulap dipelajari sebagai ilmu seni.

Di Amerika, terdapat sekolah sulap yang jauh lebih banyak daripada di Indonesia. Padahal pertunjukan sulap di Indonesia juga menarik antusias yang sangat tinggi.

Disinilah kita dapat melihat peluang yang besar dari sekolah sulap sebagai peluang usaha yang layak dijalani yang mungkin membuat anda perpikir kembali untuk mencobanya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sulap adalah seni.

Jadi buang pikiran jauh-jauh tentang mistik karena itu semua adalah trik sulap yang dapat dipelajari. Bahkan Limbad yang terkenal dengan sulap mistik dan aksi debusnya juga dapat dilakukan oleh semua orang asal mengetahui cara melakukannya.

Dalam menjalankan trik sulap, pemain mengandalkan kecepatan tangan, pengalian perhatian, alat bantu, ataupun bantuan teknologi tertentu. Dan semuanya perlu dilatih dan dibimbung oleh guru/ instruktur.

Beberapa pesulap seperti Demian memuka sulap untuk mengajarkan ilmu seni sulap kepada khalayak yang ingin tertarik mempelajari ilmu sulap secara profesional.

Umumnya kursus sulap diminati oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sebetulnya bisnis di bidang pendidikan tidaklah memerlukan modal yang banyak untuk memulainya. Kita dapat mengambil contoh bagaimana Primagama dibangun pada masa awal berdirinya.

Awalnya Purdi E. Chandra membuka kursus di rumahnya, kemudian dengan banyaknya siswa yang ikut, barulah ia menyewa tempat dipinggir jalan. Saat semakin sukses, ia membuka waralaba. Kini, Primagama ada di seluruh Indoneisa.

Hal yang sama layak anda lakukan seperti mas Purdi. Pertama, sudah dipastikan anda memiliki kemampuan sulap yang profesional dan layak untuk mengajar orang lain mempelajari trik sulap yang sudah benar-benar anda kuasai.

Setelah itu, anda dapat membuka kursus sulap di rumah atau daerah sekitar anda dengan tempat yang strategis dan mudah dijangkau.

Jika memang ada pertumbuhan jumlah murid, artinya kursus anda dibutukan dan dapat dijalankan. Namun sebaliknya jika tidak ada pertumbuhan jumlah murid, mungkin memang bisnis ini kurang cocok di tempat anda.

Namun jangan secepat itu menarik kesimpulan karena masih ada kemungkinan ada yang kesalahan misalnya tidak cukup banyak orang mengetahui tempat anda atau kursus anda. Maka yang perlu dilakukan setelah mendirikan sekolah sulap adalah dengan melakukan promosi.

Promosi dapat dilakukan di sekolah-sekolah disekitar tempat anda, jika anda diundang tampil di panggung, anda dapat mempromosikan sekolah sulap anda kepada orang-orang.
Tetapi ada kendala.

Meskipun semakin banyak orang yang tertarik dengan sulap, masih cukup banyak orang yang berpikir bahwa ilmu sulap adalah bagian dari sihir dan mistis sehingga menganggap skeptis sekolah sulap yang dianggapnya sesat dan menyalahi ajaran agama.

Memang pemikiran yang kejam, tetapi kita tidak perlu menghiraukan pendapat orang yang bahkan tidak mengerti seni sulap. Fokuslah pada promosi di awal berdirinya sekolah sulap.

Jika anda tidak ingin begitu kerepotan untuk mendirikan sekolah sulap namun ingin memilikinya, anda perlu mempertimbangkan waralaba sekolah sulap, satu diantaranya adalah sekolah sulap Demian’s Magic Academy (DMA).

Saat masuk ke Asian Got Talent, Demian membuat panik seluruh dunia dengan aksi sulapnya yang sangat menegangkan. Aksinya yang sukses membuat kagum dan bangga seluruh masyarakat Indonesia.

Agusturs tahun 2009 Demian mendirikan sekolah sulap di Yogyakarta. Sekolah sulap ini ditujukan untuk remaja dan anak muda yang ingin belajar sulap secara profesional.

DMA memiliki dua kelas yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama memiliki waktu belajar selama 1 tahun dan yang satu lagi hanya satu bulan.

Demian Aditya kerap mengunjungi sekolahnya setiap enam bulan sekali untuk memberikan choaching clinic kepada siswanya.

DMA menawarkan kerasama kemitraan dengan nilai investasi awal sebesar 260 juta rupiah. Harga yang setara dengan waralaba minimarket dan lebih mahal dari waralaba restoran.

Memang cukup mahal, namun jika ambisi untuk membangun sekolah sulap anda tidak terbendung, anda layak untuk mempertimbangkan memiliki sekolah sulap ini.

Rincian dana yang dibayarkan tersebut akan digunakan untuk dana branding, joining and operating fee, operasional, alat perlengkapan kantor dan renovasi.

Mentor yang disediakan adalah profesional dan bersertifikat.
Hingga kini sudah banyak mitra DMA yang tersebar di beberapa kota besar diantaranya batam, medan, surabaya dan jakarta.

Untuk memudahkan mitra, DMA mempermudah mitra dengan pembayaran yang dapat diangsur. Pembayaran pertama berjumlah 20% sebagai uang muka, kemudian 75% selanjutnya dibayarkan sebulan kemudian, daan sisanya dibayarkan tiga hari sebelum perjanjian di depan notaris.

Ada beberapa standar yang ditetapkan oleh DMA diantaranya adalah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Terdapat ruangan kelas 3x6 m, ruang manajemen, ruang ibadah, ruang tunggu, dan toilet.
Bisnis waralaba adalah bisnis yang mudah untuk dijalankan, anda hanya perlu mengikuti sistem baku yang sudah paten yang ditetapkan.

Robet T. Kiyosaki menyarankan untuk memosisikan diri sang pemilik waralaba untuk sebagai emplye atau karyawan. Bagaimanapun anda tidak dapat secara bebas menganti, menguhan, atau menghilangkan bagian dari sistem yang telah dibangun. Kalau anda tetap melakukannya, anda dapat tersandung masalah hukum.

Meskipun demikian, tidak berarti bisnis waralaba memberikan jaminan akan berhasil. Waralaba paling berhasil didunia pun sering menutup cabang mereka karena banyak faktor.

Jika anda berminat membangun bisnis waralaba sekolah sulap anda sendiri seperti DMA, hal itu bukan berarti tidak mungkin.

Jika anda menjalani tahapan membangun sekolah bisnis anda sendiri seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, anda dapat dapat mewaralabakannya saat sekolah sulap anda telah cukup banyak diminati.

Hal yang pertama anda lakukan adalah membangun sistem kemitraan yang jelas antara anda sebagai pemilik brand dan orang lain sebagai pewaralaba.

Pelajarilah dari pewaralaba yang telah berhasil membangun waralaba bisnis sekolah sulap.

Amati, tiru dan modifikasi.

Sebaiknya anda mempelajari dari waralaba sekolah bisnis sulap lainnya ketimbang mempelajari dari waralaba seperti restoran atau minimarket.

Kendatipun sama-sama waralaba, akan anda temukan hal detail yang sangat berarti nantinya yang dapat memengaruhi masa depan sekolah sulap anda nantinya jika anda luput pada hal detail ini.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik membuka sekolah sulap?

Post a Comment for "Menjadikan Sekolah Sulap Menjadi Lahan Bisnis"