Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara Sukses Jualan di AliExpress yang Wajib anda Coba


Artikel ini akan memberi anda pengetahuan baru tentang apa yang harus dilakukan saat mulai berjualan di AliExpress, terutama setiap langkah yang perlu anda ikuti untuk dapat sukses jualan di AliExpress.

Jadi perlu anda ketahui bahwa jualan di AliExpress sama sekali berbeda dengan jualan di Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain-lain. Jadi ada strategi yang harus anda pahami untuk dapat sukses jualan di AliExspress.

Apa Itu AliExpress?





AliExpress adalah layanan grosir online internasional yang berlokasi di Cina dan secara eksklusif dimiliki oleh Alibaba.

Perusahaan multimillion Alibaba Group membangun AliExpress memenuhi permintaan pembeli internasional yang terus meningkat. anda tentu tidak asing dengan Alibaba, perusahaan yang diluncurkan oleh Jack Ma yang merupakan orang terkaya di China yang memiliki kekayaan bersih $ 37,5 miliar.

AliExpress, situs saudara Alibaba, adalah platform yang dibuat untuk bisnis kecil hingga besar untuk menjual produk mereka kepada pelanggan di seluruh dunia. AliExpress menerima pembayaran kartu kredit. AliExpress menawarkan waktu pengiriman minimum dua minggu.
Produk AliExpress biasanya berasal dari usaha kecil di Cina dan di tempat lain, termasuk Singapura, yang menyediakan produk untuk pembeli online internasional. Selain itu, ini adalah situs web perdagangan online yang paling banyak dikunjungi di Rusia dan situs web ke-10 paling populer di Brazil.

AliExpress sangat membantu usaha kecil untuk dapat berkesempatan menjual produk ke pelanggan di seluruh dunia dan anda dapat menemukan hampir apa saja yang dapat dijual. Kira-kira seperti marketplace yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain hanya bedanya cakupannya adalah Internasional.

Pengecer di AliExpress juga dapat berupa perusahaan atau perorangan. AliExpress berbeda dari Amazon karena Amazon hanya sistem e-commerce yang tidak menjual produk langsung ke pelanggan.

AliExpress secara langsung menghubungkan perusahaan Cina dengan pembeli. Pelanggan target utama AliExpress terutama pelanggan internasional diantaranya AS, Rusia, Brasil dan Spanyol.

Hal pertama yang anda lakukan tentu saja membuat akun. Berikut panduannya:

Pertama klik Join AliExpress pada link berikut: https://seller.AliExpress.com/

Setelah itu anda akan diarahkan untuk mengisi data diri anda. Isi dengan benar agar anda tidak perlu mengubahnya nanti.

Setelah pendaftaran berhasil, anda bisa mencari barang yang anda inginkan.

Jika anda telah memiliki akun, selanjutnya adalah berpikir untuk mulai membangun bisnis dropshiping untuk jangka panjang.

Berikut yang bisa anda lakukan:


1. Riset Produk

AliExpress memiliki jutaan produk, tetapi anda tidak harus menjual semua yang ada disana. anda hanya perlu fokus pada beberapa produk dan mengincar segmen atau ceruk pasar tertentu saja.
Berikut tipsnya:
Melakukan riset pasar yang komprehensif (lihat tren produk, kompetisi, dan stok AliExpress) 

Tentukan ceruk dan tetaplah fokus pada ceruk ini. 

Buat daftar produk apa saja yang sangat sulit ditemukan di daerah anda atau di Indonesia. 

Identifikasi masalah pelanggan dan tawarkan produk yang akan menyelesaikan masalah ini. 

Jika anda menawarkan produk, pastikan untuk menawarkan aksesori dari produk itu juga. 

Pikirkan apa yang pelanggan anda butuhkan, atau inginkan. Jika produk dropshipping anda ditujukan untuk backpacker atau pendaki, temukan peralatan berkualitas (ransel tahan lama, kit darurat, tugas berat, dll.) Yang akan paling berharga bagi backpacker. 

Jangan hanya mencari pemasok termurah; Temukan produsen berkualitas juga. 

Jika niche anda memungkinkan, cari produk kecil atau ringan yang mudah dikirim. Biaya pengiriman adalah salah satu faktor terbesar yang akan memengaruhi penghasilan anda secara keseluruhan. Jika memungkinkan, cari produk dengan opsi pengiriman gratis. 

Carilah produk yang memberikan margin keuntungan yang baik.

2. Logistik

Dropshipping pada dasarnya berarti anda menjual produk yang tidak anda stok sendiri. Karena itu, penting bagi anda untuk mengembangkan rencana logistik sebelum meluncurkan toko anda. Untuk melakukan ini, anda harus:
Tentukan waktu pengiriman rata-rata, dan batasan pengiriman. 

Tetapkan biaya pengiriman yang secara tepat. 

Temukan pemasok yang akan mengirim langsung ke lokasi pelanggan anda. 

Pikirkan pula bagaimana jika produk tidak sesuai dengan konsumen inginkan atau rusak, maka akan ada pengembalian yang harus dilakukan. Pikirkan dan rencanakan dengan baik hal ini.


3. Pemasaran

Pelanggan tidak mungkin langsung berbondong-bondong membeli produk yang anda tawarkan. anda harus menginvestasikan waktu dan sedikit uang untuk menarik target pasar anda ke toko anda. Ada dua cara anda bisa melakukan ini:

Iklan berbayar 

Adabanyak platform berbayar yang dapat anda gunakan untuk menarik calon pelanggan anda salah satunya adalah iklan Facebook.


Facebook dapat menarget iklan pada orang-orang tertentu yang memiliki minat terhadap produk yang anda tawarkan. Ini tentu akan jauh lebih efektif.


Selain itu anda juga dapat beriklan di Google Ads, produk anda akan muncul di halaman pencarian Google. Darisana kemungkinan anda akan mendapatkan calon konsumen yang benar-benar siap untuk membeli produk anda.

Iklan Gratis


Anda bisa menjual produk di Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya dengan mudah dan gratis. Selain itu anda bisa beriklan di sosial media seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

4. Layani Pelanggan Sepenuh Hati


Sama seperti bisnis offline, anda harus memperlakukan pelanggan dengan baik dan menanggapi pesan dengan cepat. Seringkali sebagai penjual begitu malas menanggapi pesan yang itu-itu saja.

 Namun yang unik, masyarakat Indonesia begitu senang bertransaksi dengan berkomunikasi kepada penjual terlebih dahulu.

Justru anda harus mampu mendorong pembeli yang sudah bersusah payah menghubungi anda untuk menjadi pelanggan anda. Kepuasan pelanggan karena dilayani dengan baik adalah salah satu kunci dalam penjualan secara online.


5. Dongkrak Bisnis anda

Anda dapat meningkatkan bisnis anda dengan meningkatkan penjualan, jumlah produk, jumlah pelanggan baru dan seterusnya.

Namun seringkali saat bisnis sudah begitu besar, anda tidak punya cukup waktu untuk mengelola terlalu banyak hal. Solusinya adalah dengan merekrut karyawan atau freelancer untuk mengerjakan tugas yang tidak dapat anda handle.

Bagi anda yang terlalu terbiasa mengerjakan semuanya sendiri, opsi ini sulit untuk diterima. Karena akan menguras uang anda nantinya. Tetapi jangan pandang sebagai pengeluaran tetapi aset.
Bagaimana mungkin Alibaba dapat berdiri jika Jack Ma terlalu pelit untuk mendelegasikan banyak tugas.

Kesimpulan

AliExpress adalah platform yang tepat untuk bisnis dropshipping karena anda hanya mengeluarkan sedikit modal untuk memulainya, pengelolaan jauh lebih mudah dan puluhan ribu produk yang dapat anda dipilih.

Jika anda serius dan bertekat untuk sukses jualan di AliEkspress, 5 cara sukses jualan di AliExpress ini pasti akan sangat berguna untuk anda.

1 comment for "5 Cara Sukses Jualan di AliExpress yang Wajib anda Coba"

  1. Klik link dibawah Sob.. biar kita sama2 saling support untuk bisa dapet $20.
    https://a.aliexpress.com/_mtQoKl5

    ReplyDelete