Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Berjualan di Shopee Tanpa Modal yang Wajib Anda Coba



Shopee merupakan tempat berjualan online yang sangat efektif. Anda dapat memulai bisnis disana dengan cara berjualan produk.

Karena begitu efektifnya marketplace sebagai media pemasaran, kini tidak hanya UKM saja yang menggunakan Shopee melainkan juga brand dari perusahaan multinasional pun turut ikut berkompetisi di Shopee.

Tren semacam ini memang tidak dapat dipisahkan dari perilaku konsumen yang kian hari kian mengarah ke pemasaran online.

Dengan segala macam kemudahan nyaris tidak ada alasan untuk tidak mencobanya.

Shopee memang tengah booming, dengan beragam strategi pemasaran yang mengagumkan Shopee mampu menarik konsumen sangat banyak.

Kini Shopee bersanding dengan Tokopedia dan Bukalapak dan terus tumbuh setiap harinya.

Sejak hadir di Indonesia pada 2015, Shopee menargetkan untuk menyediakan platform untuk belanja online yang memudahkan pengguna dengan segala macam keunggulan yang diberikan.

Strategi pemasaran Shopee yang “membumi” menarik perhatian segala kalangan dan tertarik untuk menggunakannya.

Shopee sebagai marketplace online memiliki banyak kelebihan diantaranya;


Berpihak Pada UKM

Jika minimarket dan super market biasanya hanya menjual produk-produk dari perusahaan dan produksi pabrik, maka Shopee sebagai marketplace tidak mengenal itu semua.

Apapun dapat anda jual selagi memenuhi syarat dan ketentuan Shopee.

Anda dapat jauh lebih berkembang karena saingan anda adalah sesama UKM. Anda hanya perlu meningkatkan kualitas barang, maka anda akan memenangkan persaingan.

Shope menyediakan sangat banyak kategori barang, anda hampir dapat menemukan apapun disini.
Pengguna Shopee yang luas dengan beragam latar belakang

Pengguna Shopee sangatlah luas mulai dari mahasiswa hingga pengusaha, dari yang kaya hingga yang tak punya.

Dengan beragam latar belakang para pengguna Shopee ini, anda dapat dengan bebas menjual apapun disini karena kemungkinan calon konsumen anda dapat menemukan anda.

Dengan cakupan jutaan pengguna, Shopee terlihat seperti iklan gratis! Anda dapat memajang produk anda tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Bandingkan dengan iklan baris, jauh sekali perbedaannya. Maka dengan demikian, manfaatkanlah database pengguna Shopee yang beragam dan melimpah ini untuk menjual produk anda.

Bisa Upload Masal dengan Mudah


Shopee memberikan opsi kepada penjual untuk mengupload produk secara masal sehingga jauh memudahkan ketimbang mengupload satu per satu.

Ini sangat menguntungkan terlebih apabila anda tidak punya banyak waktu untuk menguploaad begitu banyak produk ke Shopee.

Untuk memulai jualan di Shopee anda harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu di Playstore jika anda pengguna Android dan di AppStore jika anda pengguna iPhone.

Setelah anda menginstall, anda diharuskan untuk mengisi halaman profile anda, setelah itu anda dapat membuat toko di halaman profile.

Setelah itu anda dapat langsung mengupload produk di Shopee. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengupload produk di Shopee antara lain;

1. Produk yang boleh dijual di Shopee

Pastikan produk yang hendak anda jual bukan produk terlarang untuk dijual. Anda dapat membacanya di syarat dan ketentuan Shopee.

2. Pastikan judul mewakili produk yang dicari oleh konsumen.


Konsumen ada yang mencari merek atau produk dan ada yang mencari solusi atas masalah yang mereka alami, pastikan judul produk menampakan dua hal ini.

Misalnya seseorang yang mencari pelembab bibir, kemungkinan yang sudah tau apa yang dicari, ia akan mengetikan salah satu merek pelembab bibir, misalnya mengetikan “Lucas Papaw”.

Bagi yang belum tau merek, dan mencari produk pelembab bibir, ia akan mengetikan “Pelembab bibir”.  

Kedua hal ini dapat menjadi nama produk anda nantinya. Yang menarik, Shopee mengizinkan untuk menjual produk yang sama dengan judul yang berbeda.

Jadi strateginya, anda bisa mengupload produk pertama dengan “Lucas Papaw Import 100% Original”, misalnya dan juga “Pelembab Bibir Tahan Lama.”

Dengan demikian, produk anda muncul di 2 pencarian yang berbeda.

3. Deskripsi yang Jelas


Deskripsi menggambarkan produk yang anda jual. Bagaimana membuat konsumen tahu tentang produk anda dan tertarik kepada produk anda, dan bukannya produk yang lain atau di toko yang lain.

Deskripsi sangatlah penting sekali. Namun sayang sekali banyak yang membuat deskripsi seadanya tanpa ada konsep jelas yang ingin disampaikan.

Pada prinsipnya deskripsi memberikan konsumen mengenai produk berupa manfaat, ukuran, dan detail lain yang dibutuhkan.

Salah satu cara meningkatkan nilai tambah produk adalah dengan menjelaskan produk tersebut dengan detail.

Itulah sebabnya para seles man menjelaskan panjang lebar mengenai produknya, tujuannya hanya satu.

Saat informasinya jelas, nilainya akan naik, saat nilainnya naik, harganya akan naik.

Maka pastikan deskripsi yang tertera sudah cukup jelas.

Mencoba Iklanku Shopee

Jika seseorang tertarik memulai bisnis tanpa modal, ada dua kemungkinan;

1. Tidak punya uang
2. Tidak punya keberanian


Untuk yang pertama tidak perlu dibahas, sekarang saya akan membahas poin nomor 2, yaitu tidak punya keberanian.

Maksudnya saat seseorang mencoba bisnis dan nantinya gagal, maka tidak perlu ada resiko kehilangan uang yang ditanggung.

Namun sikap ini menunjukan sikap pengecut dimana seseorang terlihat setengah-setengah dalam menjalankan usaha. Tentu saja orang seperti ini tidak akan berhasil.

Namun sebaliknya juga, berapapun uang yang digelontorkan, tidak ada jaminan akan berhasil.

Namun yang ingin saya tekankan adalah, kita melihat uang sebagai pengungkit (Leverage) yang efektif jika ditempatkan di tempat yang tepat.

Tempat yang tepat adalah dimana kita dapat menggunakan faktor kali, artinya dengan seminimal mungkin upaya agar mendapatkan sebanyak mungkin hasil.

Diantara daya ungkit ini adalah promosi atau iklan. Anda dapat menggunakan Iklanku Shopee untuk sekedar melihat efeknya.

Ada begitu banyak orang yang bersaing di Shopee saat ini namun tidak begitu banyak yang bersaing di Iklanku, sebetulnya inilah ceruk pasar yang dapat anda ambil.

Dengan menargetkan secara tepat, produk yang anda jual akan dilihat oleh pembeli. Sekali lagi, menargetkan secara tepat.

Karena bagaimanapun iklan harus terukur dan teruji seringkali dalam beberapa kasus dan produk berhasil dan yang lainnya tidak dan ini yang perlu anda cari tahu lebih lanjut.

Ini adalah opsi lainnya yang dapat saya berikan, bagaimanapun Shopee tetaplah gratis dan gratis jika dikelola dengan tepat akan menjadi jauh lebih baik.

Pada dasarnya berjualan di Shopee tidaklah jauh berbeda dengan jualan secara konvensional, anda harus mampu melakukan manajemen toko dengan baik, melayani konsumen dan lain sebagainya.

Ini semua dapat anda lakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun kecuali anda menjadi star seller.

Star seller adalah dimana anda sudah mendapatkan reputasi yang bagus dan penjualan bagus yang rutin sehingga Shopee memberikan tanda star seller kepada anda.

Tanda ini akan menjadi salah satu pendorong penjual untuk membeli dari anda.

Mulai sekarang mulailah berualan di Shopee sampai anda menjadi star seller

Post a Comment for "Cara Berjualan di Shopee Tanpa Modal yang Wajib Anda Coba"