Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Langkah-langkah untuk Membangun Bisnis yang Sukses




Ada jutaan bisnis berdiri setiap tahunnya di Indonesia.

Ada banyak sekali alasan seseorang memulai bisnis entah karena ikut-ikutan, karena bosan bekerja, karena memiliki ide bisnis yang unik, karena ingin memiliki kebebasan finansial dan lain sebagainya.

Namun tidak setiap bisnis yang dimulai pasti akan sukses. Kenyataannya hanya sekitar dua pertiga bisnis dengan karyawan setidaknya bertahan dua tahun dan sekitar setengah bertahan lima tahun.

Jadi anda mungkin sekarang tengah menghadapi kenyataan yang menantang yang mungkin sulit untuk dilewati jika anda benar-benar memutuskan untuk memulai bisnis.

Jadi untuk mencegah gagalnya bisnis yang hendak anda jalani, anda harus mengantisipasinya dengan menambah pengetahuan tentang langkah-langkah untuk membangun bisnis yang sukses.

Berikut ini CariDuit.id telah merangkum 10 langkah-langkah yang anda butuhkan untuk memangun bisnis ang sukses.

Telaah kembali ide bisnis anda


Jika anda membaca artikel ini, saya mengansumsikan anda telah memiliki ide bisnis yang ingin anda jalankan.

Sekarang ide itu harus dibandingkan dengan kenyataan apakah nantinya akan berpotensi untuk berhasil atau tidak.

Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan proses validasi mengenai ide bisnis anda sebelum melangkah lebih jauh.

Agar bisnis benar-benar bisa sukses, bisnis anda harus dapat memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan dan menawarkan sesuatu hal yang diinginkan oleh pasar.

Ada banyak sekali cara untuk mengidentifikasi kebutuhan ini diantaranya penelitian, kelompok fokus, bahkan melakukan uji coba.



Saat anda melakukan riset pasar, anda harus memberikan pertanyaan kepada target market anda dengan beberapa pertanyaan seperti;

• Apakah ada kebutuhan untuk produk tersebut?

• Siapa yang membutuhkannya?

• Apakah ada perusahaan lain yang menawarkan produk / layanan serupa sekarang?

• Seperti apa kompetisi persaingan produk tersebut?

• Bagaimana bisnis Anda cocok dengan pasar?

Jangan lupa untuk bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan, tentang memulai bisnis sebelum Anda mengambil risiko.

Buat rencana


Untuk menjadikan ide bisnis anda menjadi kenyataan, anda perlu rencana. Rencana bisnis menjadi cetak biru yang akan memandu bisnis anda dari awal sampai akhir.

Setiap bisnis memerlukan rencana agar mengetahui arah dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Jika anda tertarik memulai bisnis dengan dana investor, maka rencana bisnis adalah sebuah keharusan.

Rencana bisnis jenis ini akan memerlukan perencanaan yang menyeluruh dan detail untuk memberikan keyakinan kepada investor dan bank atas ide bisnis anda.

Rencana bisnis akan menjadi kompas. Jika anda hendak membuat untuk diri anda sendiri, anda tidak perlu membuatnya begitu kaku, buat saja dengan beberapa halaman kertas yang dapat anda buat.

Membuat rencana selalu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Alokasikan Uang Anda


Memulai suatu bisnis tidak mensyaratkan memiliki banyak uang, namun anda perlu menginvestasikan sejumlah uang dan kemampuan untuk sebagai modal awal anda membangun usaha.

Anda dapat membuat alokasi keuangan anda menggunakan Microsoft Excel untuk mulai menghitung uang yang akan anda gunakan.

Mungkin anda membutuhkan pengurusan izin usaha, biaya sewa ruko, karyawan, acara pembukaan, dan lain sebagainya.

Dan juga apa yang mungkin saja menjadi pengeluaran dimasa yang akan datang setidaknya 12 bulan kedepan. Gabungan biaya tersebut karena akan menjadi gambaran biaya awal yang anda harus keluarkan.




Pilih badan hukum yang sesuai


Ada terdapat beragam badan hukum yang dapat anda pilih yang paling cocok dengan anda seperti UD, Firma, CV, dan PT. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing maka pilihlah dengan bijak mana yang paling cocok untuk anda.

Namun jika anda sama sekali tidak memiliki bisnis dan memulainya dari nol dengan modal yang minim, disarankan untuk lebih dulu fokus pada bisnis yang dijalankan, kemudian mengurus perizinan dibelakang saat sudah tumbuh cukup besar. Namun jika sebaliknya, anda harus membuat usaha berbadan hukum.

Jika anda hendak mendapatkan investor, tentu saja pilihannya adalah PT, itu akan sangat memudahkan perpindahan kepemilikan bisnis dan akan jauh lebih dipercaya dari badan usaha lainnya.

Daftarkan nama bisnis anda


Nama bisnis anda memiliki peran dalam kesuksesan bisnis anda.

Nantinya segala hal tentang bisnis anda akan terlekat dengan nama bisnis yang anda jalanakan.

Jadi perhatikan baik-baik nama bisnis yang anda gunakan. Jika anda telah  memiliki nama bisnis yang hendak anda gunakan, coba cek kembali apakah nama tersebut telah terdaftar sebagai nama perusahaan atau merek atau belum.

Jika anda menemukan nama bisnis yang belum didaftarkan, anda dapat mendaftarkannya dengan segala macam ketentuan yang harus anda penuhi untuk mendaftarkan nama bisnis anda.

Jangan lupa juga untuk mendaftarkan nama domain untuk bisnis anda, nantinya anda dapat mempromosikan bisnis anda di situs Internet.

Urus Izin-izin yang diperlukan


Izin usaha dapat dalam bentuk yang bermacam macam, dan sangat berbeda beda.

Misalnya bisnis kuliner memerlukan lisensi halal MUI agar produk benar-benar dapat dijamin.

Demikian juga dengan bisnis lainnya seprti properti yang memerlukan izin mendirikan bangunan.

Sistem Pembukuan


Sistem pembukuan adalah hal yang penting dalam bisnis agar keuangan dapat dilihat dengan jauh lebih baik datang dan perginya.

Ini sangat diperlukan untuk mengelola anggaran dan mendapatkan tarif serta harga.

Untuk melakukan bisnis dengan orang lain dan mengurus pajak nantinya. Anda dapat melakukannya sendiri dengan bantuan software atuapun mendelegasikannya kepada orang lain.



Tentukan Lokasi Bisnis Anda


Tempat bisnis anda penting untuk beroperasinya bisnis anda. Nantinya apakah anda memiliki kantor pusat, ruang kantor bersama, atau pribadi.

Dan apakah peralatan yang nantinya anda butuhkan dalam menjalankan operasional bisnis anda. Itu pelu anda pikirkan lebih lanjut.

Jika lokasi bisnis anda menuntut untuk berada di tempat yang strategis, anda dapat menyewa tempat yang sekiranya cocok untuk bisnis anda.

Siapkan Karyawan yang Kompeten


Jika bisnis anda mempekerjakan karyawan, saatnya anda menyiapakan karyawan yang nantinya akan bekera sama satu sama lain untuk kepentingan bisnis. Anda dapat mulai menuliskan bagian apa saja yang perlu diisi di dalam bisnis anda.

Dalam menemukan karyawan yang tepat, anda perlu mengikuti prinsip PIS yaitu;

P : Passion
I : Integrity
S: Skill

Jika anda menemukan karyawan dengan tiga kriteria tesebut, bisnis anda akan berjalan jauh lebih mudah.



Namun jika anda adalah seorang solopreneur sejati, yang menghadapi segalanya sendirian, anda mungkin saja tidak membutuhkan karyawan. Namun pasti anda membutuhkan dampingan dan dorongan dari orang lain seperti mentor, pelatih, keluarga, dan teman-teman yang akan memotivasi anda saat anda sedang dalam masa-masa sulit.

Promosikan bisnis anda


Saat anda hendak menjalankan bisnis, anda harus mulai menarik pelanggan dan pelanggan anda seharusnya terus bertambah. Untuk itu anda harus melakukan promosi untuk mengenalkan bisnis anda kepada sebanyak mungkin orang.

Post a Comment for "Langkah-langkah untuk Membangun Bisnis yang Sukses"