Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

SEO Checklist: Aspek SEO yang Harus Anda Penuhi



Optimasi mesin pencari telah menjadi persyaratan penting dari situs web. Ini tidak lagi opsional.

Saat ini kita sudah jauh melampaui era "jika kita membangunnya situs, pengunjung akan datang dengan sendirinya,".

Pada saat yang sama, kita semua tahu bahwa banyak pemilik situs web mulai dari perusahaan yang baru berdiri hingga perusahaan besar dari organisasi nirlaba bahkan sampai merek besar juga sedang berjuang dengan SEO.

Kita dapat melihat begitu banyak kata kunci saat ini telah dibanjiri oleh situs-situs besar yang hampir mustahil dikalahkan dan yang tersisa hanya remah-remah mereka yang kita perebutkan satu sama lain.

Namun jika anda dapat merencanakan dan bertindak dengan baik, sebetulnya terdapat celah besar yang dapat anda isi dalam SEO.

Karena sebagian orang banyak yang tidak begitu teliti dalam hal SEO web mereka, jika anda cukup fokus dalam hal ini, anda dapat bersaing dengan mudah.

Banyakorang yang hanya berfokus pada konten dan backlink. Sebetulnya ada hal teknis yang harus dipenuhi semua pemilik website. Dalam artikel kali ini, penulis akan menjabarkan hal teknis ini.

CariDuit.id telah merangkum beberapa daftar aspek SEO yang secara teknis, harus anda penuhi pada website anda:

Platform Pelaporan Gratis


Mulailah dengan memastikan Anda memiliki Google Search Console, Bing Webmaster Tools, dan Google Analytics.

tool-tool ini semuanya memberikan data diagnostik dan analitik yang berguna bagi Anda dan akan membantu Anda kedepannya.

Sitemap XML


Ini adalah daftar isi untuk situs web Anda. File sitemap adalah cara modern "mengirimkan" halaman Anda ke mesin pencari.

Sebagian besar platform situs web memiliki built in ini atau memiliki plugins / add-on yang akan membuat sitemap dinamis yang tetap sinkron dengan halaman-halaman di situs Anda.

Paling buruk, Anda setidaknya harus memiliki yang statis yang dapat Anda hasilkan melalui sejumlah alat gratis.

Robots.txt


File ini memberikan instruksi kepada mesin pencari pada halaman atau bagian mana dari situs untuk tidak mengindeks. Secara default, mesin pencari akan melihat semua konten yang dapat mereka temukan.


Domain


Anda harus memastikan apakah domain yang anda gunakan pernah dipakai untuk spamming atau tidak. Biasanya Google akan melakukan deindex domain yang melakukan spamming. Deindex menyebabkan situs web tidak dapat ditemukan di Google.

Untuk memastikannya anda dapat mengeceknya di Archive.org. Lihatlah apakah pernah dipakai untuk spamming atau belum. Jika ternyata pernah dipakai untuk spamming, jangan berkecil hati untuk menggantinya. Itu akan jauh lebih baik daripada tetap bersikukuh menggunakannya.

Navigasi Situs


situs yang memiliki struktur dan hirarki yang jelas maka akan semakin baik. Selain itu akan memudahkan pengunjung, mesin pencari suka dengan sajian topik yang terstruktur dan terorganisir. 

Kecepatan


mungkin anda pernah mengunjungi sebuah situs web, kemudian karena anda menunggu loading yang begitu lama, akhirnya anda keluar begitu saja dengan kesia-siaan telah membuang buang waktu anda yang berharga untuk menunggu sebuah situs web yang tidak menampilkan apapun.

Jangan sampai kejadian yang sama terjadi pada pengunjung anda. Selain menyusahkan mereka, pada akhirnya Google akan menilai buruk situs anda.

Pertama, pengunjung yang keluar hanya beberapa detik setelah pengunjung masuk memberikan sinyal kepada Google ada sesuatu yang salah pada situs web yang mereka rekomendasikan di halaman pencarian. Maka Google akan mendefinisikan bahwa web atau konten anda tidak berkualitas.

Kedua, Google sendiri memiliki algoritma untuk menghitung lamanya situs web yang terbuka dengan sempurna. Tentu saja Google akan memprioritaskan halaman web yang memiliki kecepatan yang tinggi.

Anda dapat menemukan beragam cara untuk mempercepat halaman web anda misalnya dengan meminimalkan penggunaan Java Script, mengurangi penggunaan kode yang berat atau menggunakan plugin cache untuk Wordpress, mengurangi ukuran gambar, dan lain sebagainya.

Cobalah gunakan PageSpeed Insights untuk mengecek kecepatan situs anda di PC dan ponsel.

Ramah Ponsel
Dengan banyaknya orang yang menggunakan ponsel, kini pencarian menggunakan ponsel sama banyaknya dengan penggunaan PC.

Menyadari hal tersebut, terjadilah perubahan besar dalam algoritma Google. Dalam update terbaru, Google memberikan skor yang tinggi bagi situs web yang ramah ponsel. Maka daripada itu, anda harus memastikan bahwa halaman anda tidak hanya cepat, namun ramah ponsel.

Jika memang halaman anda tidak ramah ponsel, anda dapat mengubah template atau membuat template khusus pengguna ponsel agar dapat mencapai skor yang tinggi.

Untuk mengeceknya anda juga dapat menggunakan  PageSpeed Insights.


Halaman error 404


Anda harus menindaklanjuti error 404 karena ini cukup mengganggu penggunaa dan juga berefek buruk pada SEO situs web anda.

Untuk menghilangkannya anda harus mengganti dengan halaman yang relevan atau jika terjadi karena kesalahan penulisan link, segera perbaiki.

Banyaknya error 404 memberikan sinyal kepada Google bahwa situs anda tidak terurus dengan baik.

SSL

Sama seperti kebutuhan mobile-friendly dan kecepatan situs, memiliki situs yang aman sama pentingnya.

Jika website bukan di bawah SSL, Anda mungkin kehilangan pengguna bahkan sebelum mereka sampai ke situs Anda ketika mereka melihat peringatan keamanan di Chrome atau browser lain.

Tanamkan kepercayaan pada situs web Anda dengan mengambil langkah sederhana yang biasanya menerapkan sertifikasi SSL di situs Anda.

Plugin atau Ekstensi


Jika anda menggunakan CMS yang memungkinkan pemasangan ekstensi atau plugin seperti Wordpress, anda bisa menambahkan ekstensi atau plugin yang dapat mendukung SEO anda bekerja dengan baik.

Namun berhati-hatilah dengan plugin atau ekstensi yang kurang dapat dipercaya. Terkadang justru plugin atau ekstensi dapat berakibat buruk pada situs web anda.

Misalnya terlalu banyak memasang ekstensi dapat memperlambat situs web anda, dan pada akhirnya akan mengurangi banyak aspek di situs web anda.

Selain itu ekstensi yang kurang dapat dipercaya bisa dianggap berbahaya oleh Google. Jadi pilihlah ekstensi secara cermat dan bijaksana.


Itulah beberaapa aspek SEO yang harus anda penuhi. Sudahkah anda memenuhinya, silahkan periksa lagi dan lakukan pengubahan atau penambahan pada aspek-aspek yang luput dari perhatian anda.

Yang perlu anda tahu, dalam SEO, setidaknya ada tiga hal yang harus dipenuhi:

1. Hal teknis: meliputi apa yang telah dijelaskan diatas

2. Konten: berupa tulisan, gambar, infografis, video yang menginformasikan sesuatu kepada pengunjung situs anda.

3. Backlink: situs lain yang mereferensikan situs anda.

Ini adalah sinergi yang harus dipadukan agar situs web layak untuk “dipromosikan” di halaman web.

Namun aspek lainnya akan kami jelaskan pada kesempatan lain.

Mengetahui dan memastikan aspek yang telah dijelaskan diatas sangatlah penting sebelum anda mulai untuk melakukan optimasi halaman web atau backlink.

Karena bagian ini sering kali luput untuk diketahui, saya berharap anda cukup terbantu dengan artikel ini.

Post a Comment for "SEO Checklist: Aspek SEO yang Harus Anda Penuhi"