Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jualan Paling Laris Dicari di Bulan Ramadhan



Ramadhan merupakan saat – saat dimana masyarakat menjadi sangat konsumtif. Dilihat dari segi bisnis, ini merupakan momen istimewa dimana daya beli masyarakat menukik tajam. Jika dimanfaatkan secara tepat, ini akan menjadi momen yang sangat menguntungkan bagi bisnis.

Namun ada beberapa bisnis yang sangat diuntungkan dengan datangnya momen Ramadhan ini. Jika anda memulai bisnis ini, momen Ramadhan akan sangat membantu menaikan kemajuan bisnis anda karena produk ini sangat laris dan dicari selama bulan Ramadhan.

Lalu apa saja, jualan paling laris dicari di bulan Ramadhan, berikut daftarnya: 

1. Busana


Bulan Ramadhan adalah momen dengan penjualan paling tinggi untuk busana. Bahkan lebaran sangat identik dengan baju baru maka semua orang mencari busana untuk menyambut datangnya lebaran.

Meskipun modal yang anda perlukan untuk memulai bisnis ini terbilang cukup besar, namn anda akan memperoleh hasil yang tidak sedikit. Dengan modal berkisar antara Rp. 8 juta hingga Rp. 15 juta tergantung pada seberapa banyak barang yang hendak dijual.

Jika anda ingin menikmati bisnis busana tanpa modal yang besar, maka dropship adalah solusinya. Anda hanya perlu menjual produk orang lain via online. Keuntungannya juga tidak kalah besar jika diimbangi dengan banyaknya pembeli.

Jika anda tertarik memulai bisnis busana, berikut diantara yang paling laris:

Busana Muslim

Busana muslim atau baju koko adalah busana paling laris saat bulan Ramadhan bahkan menjelang bulan Ramadhan. Peminatnya tidak terbatas usia mulai dari anak – anak hingga dewasa. Karena sebab itulah sebaiknya anda menyiapkan stok baju untuk anak – anak dan juga dewasa. Perkembangan busana muslim selalu berubah – ubah, muncul gaya busana muslim kekinian yang jangan sampai tidak anda miliki.

Peci

Mungkin anda sering melihat pedagang peci tiba – tiba bermunculan. Fenomena tersebut juga karena tingginya minat peci pada saat bulan Ramadhan. Dengan harga antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 100 ribu anda dapat memulai bisnis ini dengan modal yang jauh lebih kecil daripada bisnis busana muslim. Anda juga perlu menyediakan ukuran untuk anak kecil hingga dewasa.

Jilbab

Umumnya wanita lebih konsumtif ketimbang pria. Jilbab memiliki potensi tersendiri yang harus anda tau. Sebagai kebtuhan semua wanita muslimah, jilbab selalu laku dan puncaknya adalah pada saat bulan Ramadhan. Namun jilbab memiliki sangat banyak variasi. Cobalah pilih variasi yang paling diminati. Modal yang diperlukan berkisar antara Rp. 5 juta hingga Rp. 8 juta.


Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, tasbih, juga memiliki penjualan yang tajam pada saat bulan Ramadhan. Perlengkapan ibadah ini tidak begitu banyak variasinya dibandingkan dengna jilbab atau pakaian muslim. Kebanyakan mukena atau sarung diganti setahun sekali atau dua kali dan momen Ramadhan adalah saat mereka mencari yang baru. Demikian juga sebagian perlengkapan ibadah lainnya.

2. Takjil berbuka


Momen berbuka puasa adalah saat yang dinantikan. Terkadang azan berkumandang saat dalam perjalanan memaksa seseorang untuk berbuka di pinggir jalan. Ini dimanfaatkan oleh pedagang untuk berjualan di pinggir jalan. Meski sederhana, namun cukup menjanjikan. Meskipun cukup banyak pesaing, peminatnyapun sangat banyak. Hanya dengan modal Rp. 1 juta hinga Rp. 3 juta seseorang sudah dapat memuai bisnis ini.

Jika anda masih bingung apa saja yang hendak dijual, berikut rekomendasinya:

1. Kurma
2. Kolak
3. Gorengan
4. Jajanan tradisional
5. Buah buahan


3. Minuman


Dahaga adalah perasaan yang datang sepanjang hari saat bulan Ramadhan. Kebutuhan minuman berbuka menjadi bisnis primadona saat bulan Ramadhan. Terdapat banyak alternatif minuman yang dapat anda jual.

Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Jus buah
2. Es buah
3. Es kacang ijo
4. Es cendol
5. Es kelapa muda
6. Sop buah
7. Es kelapa muda


modal yang diperlukan tidaklah banyak berkisar antara Rp. 500 ribu hingga Rp. 2 juta. Atau anda dapat  bergabung dengan waralaba yang sudah sukses berkisar Rp. 2 juta hingga Rp. 8 juta.

4. Katering


Sebagian ibu rumah tangga merasa lelah masak pada pertengahan hingga akhir ramadhan sehingga memilih karering untuk hidangan keluarga. Ini menjadi peluang bisnis tersendiri yang dapat dimanfaatkan. Selain menargetkan ibu rumah tangga, dapat juga menargetkan karyawan dan anak kost yang tidak sempat masak. Usahakan harga yang dipatok terjangkau.

5. Jualan kue khas lebaran


Jika anda seorang ibu rumah tangga yang hobi membuat kue, anda dapat menggunakan keahlian anda untuk membangun bisnis. Saat Ramadhan, orang – orang berburu kue lebaran. Buatlah kue kering yang umumnya disajikan saat datangnya tamu berkunjung seperti kue nastar, putri salju, kue lidah kucing, kacang kering, kukis kacang dan lain sebagainya.

6. Parsel lebaran


Usaha yang meningkat tajam karena Ramadhan adalah bisnis parsel lebaran. Ini karena pada saat Ramadhan, orang – orang akan membeli parsel sebagai hadiah untuk orang – orang terdekat mereka. Untuk memulai bisnis ini, tidak diperlukan modal yang besar. Namun jika anda hendak menargetkan perusahaan yang hendak membagikan parsel kepada karyawan sebagai THR, tentu perlu modal yang lebih besar dan keuntungan yang lebih besar pula.

7. Kembang api


Selain tahun baru, penjualan kembang api meningkat saat bulan Ramadhan. Ini menjadi bisnis yang menggiurkan. Penjualan akan mulai merangkak naik saat awal bulan Ramadhan hingga puncaknya saat lebaran tiba. Meski dagangan kembang api terlihat kecil, namun modalnya cukup besar.

8. Rental mobil


Saat lebaran hampir tiba, rental mobil diminati untuk kendaraan mudik ke pulang kampung halaman. Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi menggunakan reltal mobil adalah alternatif terbaik karena cepat dan tidak repot. Jika anda memiliki mobil yang tengah tidak terpakai anda dapat gunakan mobil itu untuk dirental karena saat lebaran harga tarif sewa naik drastis hingga bisa mencapai Rp. 600 ribu per hari.

9. Ketupat


Salah satu tradisi melekat di Indonesia adalah membuat ketupat untuk hari lebaran. Ketupat sangat laris menjelang 2 hari sebelum lebaran. Jika anda memiliki keterampilan membuat ketupat, anda dapat menggunakan keahlian tersebut untuk membuatnya untuk kemudian dijual. Selain itu modal yang dibutuhkan tidaklah banyak

10. Smartphone


Mungkin anda tidak menyangka smartphone ada di dalam daftar ini. Namun kenyataannya penjalan smartphone meningkat drastis saat bulan Ramadhan terutama menjelang ramadhan. Ini karena sebagian masyarakat menghadiahkan smartphone untuk keluarga mereka. Sebagian membeli karena mendapatkan THR sehingga memiliki daya beli lebih dari biasanya. Jika anda ingin bisnis menjual smartphone saat lebaran memang sulit. Namun anda dapat menjadi reseller kecil-kecilan atau dropship secara online.

Itulah beberapa jualan paling laris dicari pada blan Ramadhan. Semoga daftar tersebut memberikan wawasan bar bagi anda.

Post a Comment for "Jualan Paling Laris Dicari di Bulan Ramadhan"