Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Strategi Menarik Perhatian Konsumen Bulan Ramadhan


Saat Ramadhan datang, segalanya berubah termasuk bisnis. Sebagian bisnis naik dan sebagian yang lain turun. Namun kita tidak harus menyalahkan kondisi yang ada terus menerus. Salah satu hal yang penting dilakukan dalam bisnis adalah melakukan promosi.

Promosi sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Jaya Setia Budi founder YEA memberikan analogi yang menarik :

Seorang induk ayam harus berbunyi demikian juga anak ayam harus berbunyi juga jika tidak, akibatnya bisa fatal. Suara anak ayam membauat induk ayam tahu dimana posisi anaknya sehingga tidak terinjak atau tertinggal. Suara induk ayam membuat anak ayam tahu dimana induk ayam berada sehingga bisa mendapatkan dari induknya.

Demikian juga dalam promosi, bisnis harus bersuara (analogi induk ayam) agar diketahui oleh konsumen (analogi anak ayam). Jika tidak, konsumen tidak akan mengetahui dimana dan apa bisnis anda. Ini juga berakibat fatal.

Mungkin anda pernah melakukan promosi namun tidak mendpatkan perhatian konsumen seperti yang diharapkan. Hal itu mungkin saja karena stategi yang dilakukan kurang efektif.

Pada artikel ini, akan dijelaskan strategi menarik konsumen di bulan Ramadhan yang dapat anda pelajari dan ikuti.

Diharapkan dengan artikel ini dapat memberikan anda ide segar dan strategi baru yang dapat anda ikuti dan terapkan ke dalam bisnis anda.

Berikut stategi menarik perhatian konsumen di bulan Ramadhan.

1. Buat produk sepesial bulan Ramadhan


Anda dapat membuat produk khusus spesial Ramadhan entah apapun produk dari bisnis anda, semua dapat anda kaitkan dengan Ramadhan. Entah itu pakaian, perabotan, makanan, dan lain – lain, semuanya dapat anda siapkan dengan produk spesial bulan ramadhan. Banyak contoh bisnis yang mengaitkan produknya dengan momen Ramdahan meskipun tidak ada kaitan langsung.

2. Membuat paket bundling


Bundling yaitu merupakan strategi menawarkan produk yang sama dengan dua kemasan jual yang berbeda dengan harga yang berbeda. Sederhananya anda menawarkan paket Ramadhan. Misalnya dengan membuat sebuah produk dengan kemasan yang cantik yang dapat dibeli hanya selama bulan Ramadhan saja.

Dengan demikian, produk tersebut menjadi produk spesial yang terbatas. Konsumen yang menyadari keterbatasan itu, cenderung membeli dan merasa beruntung telah membeli karena tidak dapat dibeli di bulan selain bulan Ramadhan. Patikan paket ini lebih menarik dari segi kemasannya di mata konsumen atau memiliki penawaran lebih dari yang lain.

3. Menyediakan layanan pesan-antar


Pada saat bulan Ramadhan, orang cenderung menghindari untuk keluar rumah, lebih suka bermalas – malasan. Anda dapat menyediakan layanan pesan – antar untuk mensiasati hal ini. Layanan baru yang lebih membantu konsumen tentu akan disambut baik. Anda tidak perlu menyediakan kurir sendiri, anda dapat memanfaatkan ojek online untuk melakukannya.

Dengan tambahan biaya, konsumen memiliki opsi lain yang dapat dipilihnya apakah ingin diantar atau membeli sendiri ke tempat anda. Ini akan menjadi penawaran yang menarik bagi konsumen dan peluang untuk menarik konsumen baru.

4. Berikan promo dan diskon khusus Ramadhan


Salah satu stategi menarik perhatian konsumen di bulan Ramadhan yang banyak dilakukan adalah dengan memberikan promo dan diskon khusus Ramadhan. Perlu diingat bahwa pada saat bulan Ramadhan orang cenderung konsumtif.

Inilah yang mendasari banyak perusahaan memberikan promo dan diskon khusus Ramadhan. Ini juga dapat anda manfaatkan juga untuk menarik perhatian konsumen. Anda juga bisa memberikan tenggang waktu tertentu di bulan Ramadhan untuk diskon sebuah produk. Tapi jika anda ingin membuat diskon 50%, lebih baik buat penawaran beli dua gratis satu. Keduanya sama namun tampak berbeda.

Selain dengan diskon, anda juga dapat melakukan promo khusus Ramadhan yang berlaku satu bulan. Tawarkanlah beragam promo berbeda selama Ramadhan.

Kedua cara ini cenderung efektif dilakukan dan layak untuk anda coba.

5. Desain ulang dengan nuansa Ramadhan


Toko atau produk dengan nuansa Ramadhan akan terlihat menarik dan terasa berhubungan dengan momentum Ramadhan. Jika memiliki toko offline batlah dengan ornamen hiasan bernuansa Ramadhan. Dengan demikian maka toko anda menjadi bagian dari momen Ramadhan.

Toko juga terlihat menyambut Ramadhan dengan senang hati. Detail kecil semacam ini nayatanya penting untuk pengalaman konsumen anda. Anda bisa kembangkan ide seperti ini dalam desain produk misalnya.

Anda bisa lihat bagaimana perusahaan besar benar – benar menggunakan strategi ini. Nuansa Ramadhan akan terlihat dari cara promosinya, desain produk, nuansa toko, pakaian karyawan dan lain sebagainya. Semuanya terlihat hidup dan menarik.

Jika memanfaatkan bisnis online, anda bisa membuat desain bernuansa Ramadhan atau cupapan selamat Ramadhan di sosial media.

6. Manfaatkan media sosial


Pada saat bulan Ramadhan, aktifitas di sosial media seseorang meningkat, ini menjadi peluang yang bagus bagi anda untuk mempromosikan produk anda disana. Optimalkan potensi sosial media semaksimal mungkin agar menjaring orang sebanyak mungkin. Namun jangan jadikan jualan sebagai satu – satunya konten yang anda tawarkan. Orang membka sosial media bukan untuk membeli barang, tetapi mencari hiburan dan infomasi. Sediakan itu! Sediakan tips menggunakan produk anda, merawat produk anda, atau hal – hal lainnya yang bermanfaat. Selingi dengan berjualan. Ingat, selinggi bukan penuhi.

7. Berikan promo bebas biaya kirim


Biasanya pembeli online tidak menyukai ongkos kirim. Jika anda memiliki penawaran free ongkir itu menjadi penawaran menarik. Lalu jika memberikan ongkos kirim artinya memotong keuntungan

8. Tingkatkan kualitas produk


Mungkin ini adalah saran dan strategi terbaik tiantara daftar ini. Mungkin anda perlu mengecek ulang kualitas produk anda. Adakah yang dapat diubah, ditingkatkan, dihilangkan, atau diganti? Jangan – jangan produk anda sulit mengalahkan pasar bukan saja karena promosi namn kualitas produk juga. Cobalah renungi tentang pertanyaan – pertanyaan tersebut mungkin anda akan menadaptkan jawaban baru yang membantu mengembangkan bisnis anda.

Ingat bahwa kualitas produk tidak selalu pada fungsi atau rasa namun apa yang ada di benak konsumen meningkatkan produk berarti juga meningkatkan apa yang konsumen persepsikan terhadap produk. Buatlah tes dan uji coba. Jangan biarkan produk anda tidak tumbuh. Terus tingkatkan kualitas produk semaksimal mungkin.

Strategi menarik perhatian konsumen yang telah dijelaskan diatas umumnya dapat digunakan untuk beragam bisnis baik online atau offline. Ramadhan adalah momen yang hanya datang sekali dalam setahun, jadi memanfaatkan momen ini dengan strategi yang tepat dapat meningkatkan kemajuan bisnis anda.

Sebelum memulai strategi diatas, rencanakan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Bandingkatn dengan strategi lama dengan yang baru karena barnag kali strategi baru yang anda tetapkan tidak selalu bekerja sesuai yang telah direncanakan. Antisipasi kesalahan dan kegagalan dengan mengamati bisnis – bisnis yang telah menjalankan strategi serupa dan telah berhasil.

Karena perusahaan besar pun tetapi melakukan uji coba, bedanya mereka melakukan lebih sering sehingga mereka jauh lebih memiliki pengetahan dan pengalaman.

Post a Comment for "Strategi Menarik Perhatian Konsumen Bulan Ramadhan"