Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

3 Trik mendapatkan uang meski saat mengisolasi diri dari wabah corona




Ketika corona merebak, sebagian daerah menerapkan lockdown, dan menganjurkan bekerja dari rumah. Karena itu banyak waktu luang yang tersedia.

Dari pada waktu luang anda selama mengisolasi diri menjadi sia- sia, anda dapat memanfaatkann waktu anda untuk melakukan hal – hal yang berguna yang dapat menambah pundi- pundi rupiah.

Berikut 3 cara yang dapat anda lakukan selama mengisolasi diri di rumah untuk mendapatkan uang.





Bekerja paruh waktu

Freelance atau bekerja paruh waktu dapat menjadi alternatif bagi anda yang saat ini terutama jika anda memiliki keterampilan tertentu misalnya membuat web, menulis, desain, video animator, dan lain sebagainya.

Pekerjaan semacam itu banyak dibutuhkan saat ini, dan jika anda memiliki kemampuan diatas, anda dapat menawarkan jasa anda di internet.

Ada beberapa website yang dapat anda gunakan untuk menawarkan jasa anda ada diantaranya:


1. Sribu.com


Sribu.com adalah website kontes desain yang dapat membayar desainer yang desainnya terpilih. Jika anda memiliki skill desain, anda dapat mendaftar. Tapi tidak semua pendaftar dapat diterima oleh Sribu.com

Anda harus melakukan tes, yaitu membuat logo Sribu.com dengan desain anda sendiri, jika diterima anda dapat membuat akun di Sribu.com

Tes ini dilakukan untuk memastikan mereka yang bergabung adalah mereka yang memang memiliki kemampuan desain yang baik.

2. Projects.co.id


Projects.co.id adalah situs yang mempertemukan freelance dengan mereka yang membutuhkan jasa tertentu. Ada banyak freelance dengan beragam kemampuan yang ditawarkan. Ini cocok bagi anda yang hendak menawarkan jasa anda.


3. Fiverr

Fiverr sama dengan Projects.co.id hanya jangkauannya global seluruh dunia. Karena jangkauan yang sangat luas, anda dapat berkesempatan memiliki klien dari seluruh dunia. Fiverr membayar lebih tinggi, ini karena rupiah kita yang lemah sehingga orang luar negri akan melihat jasa yang di tawarkan oleh orang Indonesia terlihat murah.


Jika anda berminat bekerja paruh waktu, berikut tips yang dapat anda coba:


1. Buat portofolio

Sebagai pekerja lepas, portofolio adalah hal yang sangat penting. Dengan portofolio seseorang dapat melihat perkiraan bagaimana pekerjaan akhir anda. Portofolio adalah hasil pekerjaan yang anda lakukan misalnya desain, video, website, dan lain sebagainya.

2. Utamakan mendapatkan rating terlebih dahulu

Saat memulai menggunakan website freelance seperti Projects.co.id, Sribu.com, dan Fiverr, anda belum memiliki rating atau kepercayaan. Maka anda dapat fokus pada rating terebih dahulu, artinya menawarkan harga yang rendah untuk demi mendapatkan rating.

Setelah anda memiliki rating yang bagus, baru kemudian secara perlahan anda naikan harga jasa anda.

3. Memperluas jangkauan dengan promosi

Untuk mendapatkan konsumen lebih banyak, pastinya anda harus gencar melakukan promosi. Promosi yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan webiste, sosial media, Google Ads, Facebook Ads dan lain sebagainya.



Jualan online


Anda dapat berjualan secara online produk digital maupun produk fisik. Jika anda ingin memulai bisnis jualan online, anda dapat menggunakan sistem dropship terlebih dahulu. Jadi anda tidak perlu melakukann stok sebagaimana reseller.

Jika anda berminat melakukan dropship, berikut tips yang bisa dilakukan:


1. Mencari suplier terbaik


anda bisa mencari suplier di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee barang- barang yang hendak anda dropship. Jangan hanya berpatokan pada harga. Lihat juga bagaimana respon pembeli, sebeapa cepat ia membalas chat dan seberapa banyak ia berhasil menjual barang. Ini menjadi pertimbangan anda untuk mencari dan menemukan suplier terbaik.

2. Jangan takut markup harga


Banyak pemula yang takut untuk markup harga tinggi, sebetulnya harga bukan satu- satunya daya tarik dalam belanja online. Anda sebaiknya fokus bersaing dengan memberikan gambar, deskripsi, dan judul yang jelas agar produk anda dapat bersaing.

3. Gunakan iklan berbayar


Gunakan TopAds atau semacamnya untuk mempromosikan produk yang dikehendaki. Dengan menggunakan iklan berbayar, perputaran uang akan lebih cepat. Toko anda akan lebih dikenal.

4. Scrape dengan software


Ada beberapa software yang memungkinkan anda untuk menscrape produk secara otomatis. Artinya anda hanya perlu menjalankan software tersebut, kemudian data produk yang hendak anda jual anda miliki. Setelah itu anda tinggal menguploadnya di marketplace. Ini akan sangat membantu ketimbang mengupload satu persatu produk.

Selain jalan online, anda juga dapat menjual produk digital dengan affiliasi. Afiliasi berarti anda menjual produk orang lain dengan menggunakan link affiliasi, jika seseorang membeli dari link affiliate tersebut, anda sebagai penjual akan mendapatkan untung.

Yang menarik, affiliasi dapat berjalan secara otomatis. Anda hanya perlu mengerjakannya diawal dan melakukan promosi.

Berikut tahapannya:


1. Cari produk afiliasi

Anda dapat mencarinya di Ratakan.com, disana ada ratusan produk digital yang bisa anda pilih.

2. Gunakan auto responder

Anda bisa menggunakan Mail Chimp, Kirim.Email, VioSender, GetResponse dan lain- lain semua sama saja tinggal pilih yang paling sesuai.

3. Bagikan produk gratis untuk mendapatkan email dari calon konsumen

4. Buat landing page untuk form email


Jadi anda bisa memberikan penawaran gratis misalnya Ebook gratis dengan tema yang mirip dengan produk digital yang anda jual. Promosi dapat dilakukan di sosial media, jika seseorang ingin mendapatkan ebook, ia akan masuk ke landing page form email.

Setelah itu database email akan masuk ke autoresponder, autoresponder akan melakukan follow up calon konsumen anda secara otomatis. Jika calon konsumen anda tertarik dengan produk yang anda tawarkanl ia akan membeli produk yang anda tawarkan melalui email. Anda akan mendapatkan keuntungan dari sana.



Membuat produk digital sendiri


Membuat produk digital memang sangat rumit, namun jika anda memiliki pengetahuan atau kemampuan yang dapat dijual, itu akan sangat menguntungkan sekali.

Anda dapat menjualnya alam format software, video, ebook atau gabungan diantaranya. Anda dapat mencontoh produk digital yang ada di Ratakan.

Jika anda tertarik membuat produk digtial sendiri, berikut tipsnya:


1. Buat produk tersebut entah ebook, audio atau video


Untuk membuat produk digital, anda tidak berlu benar- benar expert, anda hanya perlu membagikan tips, penglaman, dan pengetahuan yang anda alami, pelajari, baca dan amati. Pastikan yang membeli mendapatkan value setelah menggunakan produk anda.

2. Buat halaman penjualan yang menarik


Halaman yang menarik, cover dan desain sangat penting agar terlihat profesional.

3. Promosikan

dapat dipromosikan di sosial media, kerjasama dengan Ratakan.com dan lain- lain. Dalam melakukan penawaran dan promosi, anda dapat menggunakan cara affiliate yaitu menggunakan autoresponder.

Yang menarik adalah, anda dapat menambah sistem afiliasi, artinya anda dapat mengajak orang lain untuk menual produk anda.

Itulah beberapa trik mendapatkan uang saat mengisolasi diri dari wabah corona. Pada dasarnya sangat banyak yang dapat anda lakukan selama wabah ini berlangsung asal anda kreatif.

Semoga tulisan ini dapat membantu.

Post a Comment for "3 Trik mendapatkan uang meski saat mengisolasi diri dari wabah corona"