Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ide Konten Instagram untuk Bisnis Selama Bulan Ramadhan



Instagram sangat populer di seluruh dunia dan juga di Indonesia. Bahkan Indonesia menduduki posisi ke-3 pengguna aktif instargam terbanyak di dunia. Kini semakin banyak yang lebih aktif di Instagram ketimbang situs lainnya karena banyaknya konten yang tersedia di Instagram mampu mengakomodasi semua infomasi dan hiburan yang dibutuhkan.

We Are Social melakukan penelitian dan mendapati bahwa orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu untuk mengakses sosial media selama 2 jam 23 menit per hari. Selain itu, pengguna aktif media sosial di Indonesia sangatlah besar sekali yaitu hingga 130 juta.

Momen Ramadhan menjadikan banyak waktu luang seseorang untuk menghabiskan waktunya di dunia maya, menjadikan akses sosial media pada saat Ramadhan menjadi meningkat. Ini adalah peluang bagi siapapun yang hendak mempromosikan produknya saat Ramadhan di Instagram.

Dengan banyaknya orang di Instagram menjadikan Instagram menjadi tempat promosi yang cocok untuk mengembangkan bisnis. Instagram dapat menjadi fasilitas para pemilik bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru, berinteraksi dengan konsumen dan sebagainya.

Namun menarik follower dan audience tidaklah mudah. Mereka tentunya tidak ingin dibombardir dengan promosi di sana sini. Oleh sebab itu setiap postingan anda haruslah menarik perhatian calon konsumen agar tidak hanya diisi oleh promosi, namun juga diisi oleh hal-hal yang dapat menghibur pengguna.

Ingat bahwa alasan mereka mengakses Instagram adalah untuk mencari konten hiburan, bukan untuk membeli atau hal lainnya. Jadi kalau postingan anda cukup menarik dan menghibur, anda akan mendapatkan perhatian lebih.

Namun membuat konten yang menarik tidaklah mudah. Karena saat anda mengepost, ada jutaan orang yang juga mengepost di Instagram.


Namun kali ini anda tidak perlu khawatir dan bingung ingin mengepost apa. Karena kini Cariduit.id telah merangkum beberapa ide konten instagram untuk bisnis.

Behind The Scene


Mungkin anda berusaha menggambil foto produk yang perfect agar produk terlihat menarik. Ataupun membuat konten untuk Instagram anda. Namun sebagian besar orang melihat dari apa yang dihasilkan dari sebuah potret.

Padahal bagaimana proses pengambilan video atau foto dapat menajadi sebuah konten yang menarik loh. Konten behind the scine juga diminati tidak hanya behind the scene produk namun juga bagaimana packing sebelum dikirimkan, bagaimana sebuah produk dibuat dan lainnya.

Selain menarik, konten seperti ini menambah integritas anda sebagai penjual dan menunjukan bahwa anda merupakan penjual yang jujur. Selain itu juga dapat menguatkan branding anda.

Live Video



Live video Instagram memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan para folowers. Dengan demikian anda akan mendapatkan respon saat itu juga. Ini menjadikan bisnis anda semakin interaktif dan terjalin hubungan emosional dengan para folowers

Ada banyak yang dapat dilakukan pada saat melakukan live di Instagram misalnya dengan melakkan review produk yang anda jual, tanya jawab, dan diskusi apapun yang relevan dengan bisnis anda. Anda akan mendapatkan feedback saat itu juga dapat menawarkan produk dan melakukan evaluasi dari feedback para followers.

Even Online (kontes, giveway, dan lainnya)


Salah satu cara untuk mendapatkan banyak like dan komentar adalah dengan mengadakan giveway. Ini telah banyak dilakukan oleh akun-akun bisnis di Instagram agar followers mereka berkembang dengan pesat.

Jika anda tertarik mengadakan giveway, sebaiknya berikan syarat dan juga ketentuan supaya yang ikut dapat mengikuti even yang anda adakan dengan tertib. Anda dapat membuat kontes dengan imbalan sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Polling




Instagram memiliki fitur pollling, mengapa tidak memanfaatkannya? Dengan melakukan polling, anda mendapatkan tanggapan follower langsung dan hasil polling ini dapat menentukan arah bisnis online anda.

Maka penting untuk mengadakan polling yang berkaitan dengan bisnis anda. Misalnya mengadakan polling untuk memilih produk mana yang sebaiknya dirilis nantiya atau promo mana yang lebih mereka sukai dan lain sebagainya.

Melakukan kolaborasi dengan Selebgram


Saat Ramadhan, selebgram dengan konten Islami sangat aktif memposting hal-hal baru yang menarik. Jika para folowers selebgram tersebut sesuai dengan calon konsumen anda, cobalah untuk berkaloborasi dengan mereka.

Anda dapat memintanya untuk memposting produk anda di feed nya atau Instastory mereka. Cara ini sangat efektif untk meningkatkan follower, pembelian dan brand awareness.

Tips seputar produk anda


Anda dapat membuat konten terkait dengan tips yang berkaitan dengan produk anda. Misalnya tips memilih produk anda, tips merawat produk anda, dan lain sebagainya.

Dengan membuat konten seperti ini, sebetulnya anda terlihat sangat peuli dengan konsumen anda dan tidak memandang konsumen sebagai tempat menambang uang saja.

Dengan membuat konten-konten ini, akun anda sudah telihat lebih menarik dimata konsumen dan juga terlihat profesional.

Memposting hal-hal yang mengaitkan produk dengan Ramadhan


Cara ini telah diterapkan oleh banyak sekali perusahaan multinasional. Misalnya anda dapat dengan mudah melihat bagaimana cemilan, tehcelup, obat-obatan dan lain sebagainya dikatikan dengan ibadah, Ramadhan atau puasa yang sebetulnya tidak ada kaitan langsung.

Anda juga dapat menerapkan hal yang sama. Buatlah konten yang mengaitkan produk dengan Ramadhan atau lebaran.

Misalnya dengan menggunakan produk anda, ibadah menjadi khusuk, atau menjadikan produk anda pilihan yang tepat untuk hadiah lebaran, menjadikan produk anda semakin sempurna untuk mempersatukan keluarga saat berbuka dan lain sebagainya.

Selain mengandalkan konten, ada hal lainnya yang tak kalah penting yang menentukan keberhasilan sebah akun Instagram mempromosikan produknya diantaranya:

Lebih interaktiflah



Dengan banyaknya fitur yang tersedia, sudah semestinya anda memanfaatkan untuk mendapatkan interaksi dari pengguna lain. Banyak cara agar semakin interaktif yang bisa dilakukan misalnya dengan membuat kuis, poling, dan lain sebagainya.

Anda dapat membuat hiburan para follower yang tengah ngabuburit atau menunggu sahur dengan menggunakan fitur quiz. Caranya, kita dapat memberikan beberapa pilihan dengan jawaban yang sudah anda siapkan.

Memposting pada waktu yang tepat


Waktu yang tepat untuk memposting adalah saat pengguna Instagram tengah aktif dalam jumlah yang banyak bersamaan. Menurut Dwi Andriansyah, saat bulan Ramadhan, aktivitas internet pengguna memasuki puncaknya pada pukul 03.00 dini hari yaitu pada saat sahur. Kemudian aktifitas kembali memuncak pada pukul 21.00.

Sediakan informasi bermanfaat


Menjadikan Instagram menjadi katalog produk dan tempat berjualan sangatlah dibenci sebagian besar pengguna. Ingat 80% lebih orang mengakses Instagram dan sosial media adalah untuk menemukan hiburan.

Sebaliknya 80% pengunjung marketplace ingin membeli. Sebaiknya jangan samakan antara marketplace dengan Instagram karena Ini merupakan platform dengan fungsi yang sangat-sangat berbeda sekali.

Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk membuat konten yang berisi infomasi yang menarik dan bermanfaat bagi para followers anda.

Dewa Eka Prayoga memberikan patokan 10 kali posting informasi, 1 kali promosi. Artinya justru Instagram anda diisi sebagian besar oleh konten infomasi dan konten-konten menarik yang berkaitan dengan produk.





Post a Comment for "Ide Konten Instagram untuk Bisnis Selama Bulan Ramadhan"