Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Sukses Bisnis Kuliner Dari Nol, Yuk Belajar!


Cara Sukses Bisnis Kuliner Dari Nol, Yuk Belajar!


Sukses bisnis kuliner saat ini jadi perbincangan yang cukup menarik. Kuliner adalah salah satu usaha yang memiliki peluang besar untuk bisa berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan. Tapi, bukan semata-mata Anda membuka usaha langsung bisa mendapat untung dengan jumlah banyak tanpa adanya manajemen atau strategi.

Mustahil rasanya jika suatu hal dikerjakan tanpa menyusun sebuah rencana atau persiapan kemudian berhasil mencapai hal tersebut. Nah, itulah yang juga berlaku pada usaha kuliner dimana Anda harus mengetahui tentang apa yang perlu diperhatikan jika ingin membuka usaha makanan. Untuk Anda yang hendak memulai usaha ini mungkin dengan membaca sekilas ulasan berikut akan menambah referensi Anda sebelum berbisnis.

5 Persiapan sebagai Kunci Sukses Usaha Kuliner

Cara sukses bisnis kuliner harus dimulai dengan persiapan yang tepat agar tidak sampai salah pilih strategi dan mengalami kerugian. Ada 5 persiapan yang penting dan tidak boleh Anda lewatkan satupun, yaitu :

1. Menyiapkan Modal

Modal adalah hal pertama yang harus Anda pikirkan sebelum memulai bisnis. Tapi tenang saja, Anda bisa sukses bisnis kuliner tanpa harus mengeluarkan banyak uang atau maksudnya bisa menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Mulai dari tempat jualan Anda bisa menyesuaikan hingga menu apa saja yang akan Anda sajikan.

2. Sudah Memiliki Target Market yang Cocok untuk Kuliner Anda

Target market yang jelas akan membuat Anda lebih mudah menjalankan dan mengembangkan usaha tersebut. Karena, pasti Anda sudah memiliki rencana masa depan agar tidak berhenti di tingkat usaha itu saja.

3. Bisnis yang Anda Jalankan Memiliki Keunikan

Keunikan yang dimaksud adalah khas yang bisa membuat konsumen terkesan. Selain cita rasa yang khas mungkin dari segi pelayanan dan tempat juga bisa dibuat unik. Dengan begitu semua orang bisa lebih mengenal usaha Anda.

4. Memilih Pemasok Bahan Baku Tetap yang Tepat

Ketika Anda baru memulai bisnis tentu sudah selektif dalam memilih tempat belanja bahan baku. Nah, ketika Anda sudah merasa puas pada tempat tersebut hendaknya menjadikan pemasok bahan baku tetap. Dengan begitu, akan membantu Anda dalam menjaga kualitas.

5. Membuat Strategi Pemasaran 

Dalam pemasaran bukan asal menyebar luaskan atau memperkenalkan produk saja. Tapi, Anda juga harus membuat strategi yang tepat ketika memasarkan. Pastikan strategi yang Anda gunakan efektif dan berpengaruh pada usaha Anda. Karena, strategi pemasaran juga termasuk kunci sukses usaha kuliner.

Cara Sukses Bisnis Kuliner Dari Nol, Yuk Belajar!

Proyeksi Modal Usaha Kuliner untuk Mahasiswa 

Saat ini sudah banyak anak mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan secara mandiri. Salah satunya adalah dengan membuka usaha kuliner.

Tapi, untuk ukuran orang yang masih menempuh pendidikan mungkin membutuhkan bagaimana cara memulai usaha kecil-kecilan. Satu hal yang termasuk kedalam cara memulai usaha pasti membicarakan soal modal.

Berikut proyeksi modal usaha kuliner yang harus disiapkan oleh seorang mahasiswa.


Sebelumnya, Anda harus menentukan kuliner apa yang akan Anda jalankan dan dengan harga berapa nantinya diperjualkan kepada konsumen. Kalau target market yang Anda tuju adalah teman kuliah artinya sesama mahasiswa mungkin bisa dipatok harga Rp10.000 sampai Rp15.000. Jelasnya harga ramah kantong untuk anak kuliah terutama anak kos. Salah satunya adalah makanan saat ini yang dikenal dengan Tokebi

Membuat Rencana Investasi dan Biaya Pra Operasi
- Estimasi Total Investasi Rp15.000.000
- Estimasi Biaya Pra Operasional Rp14.400.000 sehingga Saldo Rp600.000
- Estimasi Total Penjualan dalam 1 Tahun Rp62.000.000
- Estimasi Laba dalam 1 Tahun Rp14.250.000
Estimasi Persentase Pelanggan
- Sesama Mahasiswa 60%
- Penduduk Sekitar 25%
- Umum 15%

Ketahui Perbandingan dari Tiga Jenis Usaha Kuliner

Salah satu kunci sukses usaha kuliner adalah memilih jenis usaha kuliner yang sesuai dengan minat dan modal yang Anda miliki. Disini terdapat tiga jenis usaha kuliner yang menjadi rekomendasi oleh banyak orang.

Cara Sukses Bisnis Kuliner Dari Nol, Yuk Belajar!


Jadi, intinya jika Anda memang ingin fokus membuka usaha dengan modal besar Anda bisa memilih untuk membuka resto. Tapi jika Anda memiliki modal minim dan menjadikan bisnis ini sebagai sampingan saja, maka Anda bisa membuka kuliner dengan menggunakan booth saja. Sedang angkringan bisa menyesuaikan dengan modal usaha kuliner yang sudah Anda siapkan.

Anda tidak perlu khawatir masalah besar atau kecilnya sebuah usaha yang hendak dimulai, karena sukses bisnis kuliner tidak diukur dari hal tersebut. Melainkan bagaimana kualitas makanan yang Anda sajikan, manajemen yang tertata rapi, dan ketekunan Anda dalam mengembangkan.

Inilah 7 Strategi Sukses Bisnis Kuliner Ala Resto Milik Artis

Cara Sukses Bisnis Kuliner Dari Nol, Yuk Belajar!


Seiring berkembanya zaman, semakin banyak artis yang membuka usaha kuliner berupa resto. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pekerja kantoran yang memiliki modal cukup ingin membuka resto ala artis.

Berdasar pengalaman usaha kuliner yang dijalankan artis sehingga bisa menjadi besar seperti Geprek Bensu yang sudah memiliki banyak cabang, berikut strategi yang harus Anda coba.

1. Mencari Tahu Bagaimana Kondisi Pasar Terbaru

Kondisi pasar cenderung berubah-ubah dengan tidak terduga. Tidak mungkin jika Anda mengganti usaha ketika adal produk atau makanan yang lebih ramai pada saat itu.Untuk mengatasi masalah ini berarti Anda harus memikirkan bagaimana agar menu yang Anda sajikan tidak membosankan dan bisa diberi varian baru.

2. Produk Terbilang Fresh

Jika dilihat dari pengalaman usaha kuliner yang dilakukan oleh para artis bahwa selalu ada kemajuan atau hal baru dalam berbisnis. Sebenarnya poin ini tidak jauh berbeda dan bahkan saling memiliki keterkaitan dengan poin sebelumnya.

3. Menghitung dengan Teliti Biaya Investasi Segala Perlengkapan

Jangan sampai Anda terlewat tidak menghitung semua pengeluaran untuk investasi perlengkapan sekalipun. Jadi, sekecil apapun biaya yang dikeluarkan maka harus ada perhitungannya.

4. Lokasi yang Strategis

Lokasi sangat mempengaruhi usaha Anda karena menentukan banyaknya orang bisa menemukan lokasi jualan Anda. Jika lokasi strategis pasti bisa dengan mudah ditemukan oleh siapapun.

5. Memang Ahli dalam Membuat Produk Makanan yang Dijual

Jangan sampai makanan atau minuman yang Anda jual adalah menu yang sama sekali Anda tidak tahu dan bahkan dalam proses pembuatannya. Jika keadaannya seperti itu maka Anda tidak bisa mengawasi dengan baik perkembangan usaha Anda.

6. Memberi Pelatihan Pada Semua Karyawan

Pelatihan sangat penting untuk mencetak karakter karyawan yang baik, mulai dari proses pelayanan sehingga bisa menjadi karyawan yang bisa dipercaya dan diandalkan.

7. Evaluasi

Melakukan evaluasi secara rutin adalah strategi pengembangan yang utama. Karena, disini Anda tahu apa kekurangannya dan bisa langsung diperbaiki.

Manajemen Bisnis Kuliner dengan Mengetahui Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha


Dalam mengembangkan usaha agar sukses bisnis kuliner ada banyak hal yang benar-benar harus diperhatikan. Karena kalau tidak, maka akan mempengaruhi berjalannya usaha Anda kedepannya. Jadi, Anda tidak boleh meremehkan apapun termasuk pada hal-hal kecil. Salah satu yang penting untuk selalu diawasi adalah manajemen bisnis kuliner.

Agar manajemen usaha Anda bisa terus berkembang, maka Anda harus mengikuti beberapa cara ini.

Cara Sukses Bisnis Kuliner Dari Nol, Yuk Belajar!

1. Melakukan Evaluasi Performa Bisnis

Jika Anda sebelumnya membutuhkan informasi mengenai tips usaha kuliner pinggir jalan karena memang usaha yang Anda mulai masih kecil. Ketika sudah berkembang Anda harus mulai memikirkan bagaimana mengembangkan.

Nah, untuk bisa berkembang Anda harus melakukan evaluasi performa bisnis. Mulai dari proses produksi hingga pemasaran media sosial yang tentunya tidak lepas dengan tanggung jawab Anda sebagai seorang pemilik.

2. Membangun Tim yang Kompak

Tim yang kompak akan lebih mudah diajak berdiskusi. Disini satu tim tidak boleh membatasi dirinya, artinya semua sama-sama memiliki misi dan visi untuk mengembangkan usaha tersebut. Dengan demikian kemungkinan besar usaha Anda bisa cepat berkembang.

3. Membangun Network

Membangun network membuat Anda bisa lebih membuka pikiran dengan melihat pelajaran dari pengalaman pemilik usaha lainnya.  Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik harus superaktif dan mencari tahu hal-hal baru.

4. Menggunakan Teknologi Informasi

Manajemen bisnis kuliner tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang Anda gunakan. Jadi, pastikan usaha yang Anda jalankan terus mengikuti zaman agar bisa tetap masuk ke dalam usaha semua kalangan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui dan pahami mengenai bagaimana cara sukses bisnis kuliner. Banyaknya orang yang memutuskan membuka usaha sampingan dalam bidang kuliner dan bahkan seorang artis terkadang masih kebingungan mengenai apa yang perlu diperhatikan jika ingin membuka usaha makanan.

Sudah banyak para pelaku usaha kuliner yang mencari referensi dan pengetahuan terlebih dahulu kemudian memahaminya. Akhirnya, pelaku usaha tersebut bisa sukses dalam menjalankan dan mengembangkan usaha tersebut.

Tidak sedikit usaha yang dimulai dari kecil bisa berkembang pesat, kondisi ini bisa terjadi karena orang tersebut selalu mencari tahu tips usaha kuliner pinggir jalan dimana bisa menjadi patokan apa saja yang harus diperbaiki.

Post a Comment for "Cara Sukses Bisnis Kuliner Dari Nol, Yuk Belajar!"