Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ketahui Manfaat Hashtag Social Media dan Kekuatan Marketingnya


Ketahui Manfaat Hashtag Social Media dan Kekuatan Marketingnya

Semua orang saat ini menjadi pengguna social media yang erat hubungannya dengan hashtag, tapi tidak semua tahu apa manfaat hashtag social media sebenarnya. Adanya simbol tagar di social media memiliki tujuan tertentu, terutama dalam dunia bisnis.

Agar Anda tidak hanya menjadi pengguna tagar saja, maka sebaiknya Anda baca sedikit informasi mengenai hashtag ini yang digunakan untuk simbol  perantara marketing.

Hashtag, Simbol Sederhana yang Memiliki Kegunaan 


Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak pula alternatif setiap orang dalam menggunakan fasilitas dan fitur untuk kebutuhan bisnis.

Salah satunya adalah simbol hashtag yang kerap kali digunakan di semua media social.  Kebanyakan dari pengguna social media menggunakan simbol tagar untuk memenuhi popularitas saja.

Padahal ada manfaat hashtag yang lebih penting, yaitu untuk memenuhi kebutuhan usaha. Dalam berbisnis, pasti Anda membutuhkan marketing yang bisa dijangkau oleh masyarakat luas.

Jika dilihat dari kegunaan yang dimiliki oleh simbol ini, tagar memiliki tiga jenis dengan kegunaannya masing-masing.

Ketiga jenis tersebut adalah hashtag personal yang digunakan untuk lucu-lucuan dan bersifat santai, hashtag bisnis digunakan untuk  mencari target market yang tepat untuk Anda, sedangkan hashtag branding gunanya untuk promosi sebuah brand dimana ada ketentuan yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pengguna tagar ini.

Kenapa harus ada simbol tagar di media sosial? Selain untuk memenuhi kebutuhan tersebut, penggunaan tagar juga dapat meningkatkan follower di media social.
Karena mengingat penggunaan tagar membuat postingan yang Anda buat bisa dilihat semua orang walaupun bukan follower Anda.

Meskipun lebih banyak digunakan di instagram dan twitter, simbol tagar ini juga digunakan di facebook. Anda harus mengetahui arti hashtag di facebook, yaitu konten yang dibuat oleh para pengguna aplikasi sosial media ini dikelompokkan sesuai kontennya.

Meskipun termasuk aplikasi social media, sayangnya jarang banyak orang yang tahu tentang arti hashtag di facebook ini.


Ketahui Manfaat Hashtag Social Media dan Kekuatan Marketingnya


Fungsi Hashtag di Shopee untuk Meningkatkan Visibilitas Maksimum

Selain digunakan untuk media social seperti instagram, facebook dan twitter, simbol tagar juga digunakan pada situs website jual beli online yaitu Shopee. Salah satu fungsi hashtag di Shopee adalah meningkatkan visibiltas maksimum. Bagaimana bisa?

Hal ini tidak lepas manfaat hashtag social media yang tujuannya memang agar semakin banyak orang yang tahu.

Kalau di Shopee mungkin Anda bisa menuliskan kategori paling dekat dengan produk yang Anda tawarkan pada aplikasi.

Tapi, yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tagar adalah mana yang paling populer. Semakin populer maka semakin banyak orang yang akan mengetahui produk yang akan Anda tawarkan.

Anda bisa menyertakan tagar di deskripsi untuk menggunakan fungsi hashtag di Shopee sebagai fitur yang memang disediakan khusus bagi para mitra penjualan. Jika Anda memanfaatkan semua fiturnya dengan baik maka kemungkinan besar usaha yang Anda jalankan melalui aplikasi jual beli online ini banyak diminati masyarakat.

Perbedaan antara Personal Hashtag,  Business Hashtag, dan Hashtag Personal Branding

Kurang lengkap jika Anda mengetahui manfaat hashtag di social media tanpa mengetahui jenis dari simbol itu sendiri dan perbedaannya.


Ketahui Manfaat Hashtag Social Media dan Kekuatan Marketingnya


Riset Keyword sebagai Fungsi Hashtag di Instagram


Selain pada social media, riset keyword baik untuk mesin pencarian maupun pada simbol hashtag harus dilakukan. Tujuannya agar dalam pemilihan tagar tepat di urutan yang terpopuler.

Karena terdapat banyak sekali fungsi hashtag di instagram yang sudah banyak orang ketahui. Salah satunya adalah hashtag kampanye yang gunanya untuk mencapai banyak audience.

Jadi, seperti yang Anda ketahui bahwa simbol tagar ini memiliki fungsi yang lebih dari satu. Tidak hanya pada berbisnis saja dan bukan pula untuk kebutuhan popularitas serta meningkatkan follower saja. Tapi ada hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat hashtag, yaitu :

1. Hashtag yang Dilarang Instagram

Sebagai pengguna simbol tagar di social media, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengetahui bahwa ada hashtag yang dilarang instagram. Berikut cara yang harus Anda perhatikan.

- Membuka aplikasi instagram.
- Pilih opsi explore.
- Ketik di kolom explore hashtag yang hendak Anda gunakan.
- Jika tagar tersebut dilarang maka hashtag yang Anda inginkan tidak akan muncul karena sudah diblokir.


2. Memahami Struktur Tagar yang Efektif

Adanya fungsi hashtag di instagram pasti terdapat banyak pilihan tagar yang bisa Anda pilih. Nah, dalam memilih Anda harus mengetahui struktur tagar yang efektif untuk digunakan. Melakukan penelitian tagar yang tepat memang sedikit sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam sebuah unggahan yang ada di instagram, terdapat batasan tagar ketika mencantumkannya yaitu maksimal sebanyak tiga puluh kata.

3. Rumus Kombinasi Hashtag

Agar Anda bisa mendapatkan struktur tagar yang efektif, maka harus bisa menyusun kombinasi hashtag dengan tepat. Rumus tersebut bisa menggunakan tahap-tahap berikut :

Memilih 5 sampai 7 Tagar yang Paling Populer

Umumnya memiliki 100.000 sehingga 500.000 unggahan yang menggunakan tagar serupa.

Identifikasi 5 sampai 7 Tagar yang Cukup Populer

Memiliki unggahan dengan tagar serupa sebanyak 10.000 sehingga 100.000.

Pilih 3 sampai 5 Tagar Khusus untuk Niche

Memiliki unggahan dengan tagar serupa  kurang dari 10.000.

Masukkan 1 sampai 3 Tagar Bermerek

Tagar yang berkategori eksklusif khusus untuk brand yang Anda tawarkan.


Ketahui Manfaat Hashtag Social Media dan Kekuatan Marketingnya

Tips Hashtag Instagram untuk Menjalankan Bisnis

Salah satu manfaat hashtag social media adalah digunakan di instagram untuk memenuhi beberapa kebutuhan. Selain hashtag kampanye yang digunakan agar mendapatkan banyak suara atau audience, tagar juga digunakan dalam menjalankan bisnis. Agar bisa menghasilkan tagar yang populer dan berdampak besar pada bisnis Anda, maka ketahui tips hashtag instagram.

1. Sesuai dengan Postingan

Pastikan tagar yang Anda gunakan memiliki hubungan dengan postingan yang Anda unggah di instagram. Misalnya baju wanita berarti jangan lepas dari tagar fashion wanita.

2. Strategis

Strategis yang dimaksudkan pada tips hashtag instagram adalah kemungkinan banyak orang yang akan menemukan tagar tersebut. misal berbicara seputar sepakbola maka tetap fokus di lingkaran sepakbola meskipun tidak sesuai dengan postingan namun anda bisa mentarget yang sekiranya mendekati dengan tema tersebut.

3. Unik

Tagar yang unik akan membuat postingan Anda menjadi trending topic atau bisa disebut dengan populer.

Unik yang dimaksud adalah istilah baru, gabungan istilah viral, atau istilah yang mudah diingat. Misalnya seperti #Cerdikiawan milik aplikasi Gojek, yang menjadi gabungan dari kata cerdik dan cendekiawan. Bisa juga diambil tagar yang menyebut brand seperti #BukalapakmuDisini milik marketplace Bukalapak.

4. Peletakan yang Tepat

Agar caption yang Anda buat terlihat lebih rapi, maka letakkan tagar dibawa caption dengan memebri batas berupa garis menggunakan titik atau di kolom komentar pertama.

5. Mengikuti Proyek Tagar Instagram

Supaya Anda bisa mengikuti proyek tagar instagram, maka Anda bisa mengikuti akun resmi dari instagram terlebih dahulu.


Demikianlah sekilas informasi yang bisa Anda ketahui mengenai semua hal mengenai simbol tagar ini.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa mengetahui apa sih sebenarnya manfaat hashtag social media? Sedangkan terkadang jika dilihat dari twitter, instagram, maupun facebook menggunakan tanda tagar hanya untuk mendapatkan like lebih banyak saja.

Tapi, ternyata ada manfaat hashtag yang lebih memiliki nilai bagi para penggunanya.

Post a Comment for "Ketahui Manfaat Hashtag Social Media dan Kekuatan Marketingnya"