Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

18 SEO Tools Gratis Terbaik yang Wajib Anda Coba




Kupas Tuntas Informasi Tentang Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword



Tools gratis terbaik untuk riset keyword saat ini menjadi pencarian terpopuler seiring banyaknya orang yang membuat konten, website atau lainnya yang membutuhkan kata kunci.

Mengapa keyword dibutuhkan? Karena dengan adanya kata kunci itulah semua orang lebih mudah untuk menemukan konten atau website yang Anda buat.

Penggunaan research keyword dianggap sangat penting untuk semua orang sebagai bentuk strategi dalam optimasi bagi mesin pencari.

Jika keyword yang Anda gunakan tepat, maka konten atau website Anda akan lebih sering muncul dan lebih banyak yang mengetahui.

Untuk riset keyword, Anda akan membutuhkan sebuah alat atau perangkat yang bisa membantu Anda.

Ada banyak yang dapat Anda pilih, mulai dari berbayar hingga keyword tool gratis yang akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Apabila yang gratis saja sudah cukup, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

Supaya Anda bisa mengetahui apa saja tools gratis terbaik untuk riset keyword, berikut informasi yang harus Anda simak.


Kupas Tuntas Informasi Tentang Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

Ketahui Rumus dan Fungsi Penting Riset Keyword Tool Gratis

Tools gratis terbaik untuk riset keyword memiliki fungsi penting dalam membuat konten website. Mengapa? Karena keyword yang kurang tepat akan membuat konten Anda sulit untuk dikenal semua orang.

Anggap saja ini sebagai modal untuk Anda memasarkan konten website yang sudah Anda buat. Tapi modal disini, semua orang diberikan pilihan apakah menggunakan modal secara gratis dan bermodal telaten atau mengeluarkan modal dengan membayar.


Tentu antara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi, menggunakan SEO tools yang gratis dengan banyak pilihan sudah bisa dibilang cukup untuk dijadikan modal yang bisa dibilang untuk merintisnya konten website Anda.

Sedang untuk rumusnya dalam meriset keyword, ada beberapa hal yang harus Anda kelompokkan menjadi dua. Keduanya adalah hal yang harus Anda lakukan dan hal yang harus Anda copy paste di sebuah file khusus.

a. Sesuatu yang harus Anda lakukan disini :

- Memilih keyword untuk konten yang hendak Anda gunakan dan kembangkan.
- Mengelompokkan pada kategori-kategori tertentu

b. Hal yang harus dijadikan file :

- Kata kunci atau keyword
- Volume pencarian
- Kompetisi antar keyword

Jadi, Anda terlebih dahulu harus melakukan kedua hal yang sudah disebutkan pada point a. Kemudian, jika sudah siap maka Anda harus mengelompokkan file berdasarkan poin yang sudah disusun pada poin b.

Sebenarnya caranya cukup mudah, tapi sesekali tampilan dan opsi yang dimiliki oleh SEO tools tidak semuanya bisa dipahami dan dimengerti.

Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan SEO tools mana yang menurut Anda bisa digunakan dengan mudah dan Anda paham bagaimana cara kerjanya.

Jangan jadikan cara kerja sebuah SEO menghambat pekerjaan Anda selanjutnya. Salah satu SEO yang direkomendasikan karena mudah adalah Ubersuggest atau menggunakan keywords planner dari google.

Kupas Tuntas Informasi Tentang Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

15+ SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword 

.Dalam riset keyword, Anda dihadapkan dengan dua pilihan yaitu menggunakan keyword tool gratis atau keyword tool yang berbayar. Tapi jika Anda hanya membutuhkan agar mendapat kata kunci yang cukup unik dan populer tanpa membayar pun sudah lebih dari cukup.


Ditambah lagi dengan fasilitas tambahan free trial keyword research tool yang membuat Anda merasa sudah terpenuhi kebutuhannya. Apa saja SEO tools gratis yang dapat membantu Anda?

1. Google Keyword Planner Tools

Google keyword planner free yang merupakan bagian dari google ini adalah salah satu SEO tool yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Perlu Anda ketahui, sebenarnya keyword planner ini hanya digunakan untuk mencari dan menganalisa kata kunci dari sebuah iklan.

Tapi, kenyataannya semakin diperbarui platform dari google ini juga bisa digunakan untuk SEO tool.

Kebanyakan orang menggunakan google keyword planner tools karena merupakan bagian dari research keyword terbesar yaitu google.

Desainnya yang dibuat khusus untuk kebutuhan bisnis membuat para pengguna merasa puas dan merasa bahwa segala kebutuhannya disini terpenuhi.

Fasilitas kebutuhan bisnis yang disediakan adalah terdapat insight sehingga bisa Anda menyusun strategi content marketing yang digunakan untuk bisnis.

Beberapa yang bisa kamu akses dalam menggunakan SEO ini adalah :

- Ide kata kunci yang terdiri dari rangkaian website, yaitu URL dengan kategori produk yang sedang Anda jalankan.

- Jumlah volume yang dimiliki oleh keyword dan masih adakah keyword tersebut di tempat pencarian.

- Ide dari kata kunci yang sudah dikombinasikan.

- Jumlah klik, perkiraan performa, dan biaya beriklan yang diberikan oleh google ads kepada pemilik konten.

Hanya saja, dalam menggunakan google keyword planner free Anda tidak bisa benar-benar melihat persaingan kata kunci keseluruhan secara faktual. Tapi, yang bisa Anda temukan adalah persaingan antara sesama keyword planner.


2. Google Search Console

Tidak hanya google keyword planner free saja, platform dengan mesin pencarian terbesar masih memiliki search console. Dengan Anda menggunakan alat keyword satu ini, maka Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Diantaranya adalah kemampuan memantau website, performa yang tetap terjaga, dan bisa dengan mudah mengatasi masalah yang berhubungan dengan hasil pencarian.

 Jadi, sebenarnya kegunaan yang dimiliki ini tidak hanya mengenai riset keyword saja.
Jika Anda merasa bingung bagaimana cara menggunakan salah satu tools gratis terbaik untuk riset keyword, cara yang harus Anda coba adalah membuka platform google search console dan memilih opsi performance di bagian sebelah kiri.

Disitulah Anda bisa melihat performa website dengan tampilan grafik apakah sedang naik atau turun rankin yang Anda dapatkan. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan pencarian kata kunci ini bisa memberitahukan kepada Anda apabila terjadi pelanggaran aktivasi yang tidak wajar.

3. Ubersuggest

Uber keyword research merupakan salah satu SEO tools dengan memiliki layanan yang sayang untuk dilewatkan. Walaupun memberikan layanan gratis, ubersuggest memberikan tawaran kepada para konsumennya fitur yang lengkap. Mulai dari overview performa domain hingga ide konten dan data backlink yang melengkapi kebutuhan Anda dalam menciptakan konten dan website.

Dengan penyediaan layanan yang lengkap ini, tentu tidak membuat para pengguna kecewa. Anda tidak perlu ragu ketika memutuskan untuk menggunakan Ubersuggest karena sudah memiliki user interface yang sangat ramah. Proses mempelajari cara kerja yang mudah tidak membuat semua orang harus memakan waktu lama untuk bisa memahaminya.

4. Keyword Ideas

Salah satu bagian dari uber keyword research adalah keyword ideas dimana banyak orang merasa benar-benar mendapatkan ide untuk menentukan kata kunci. Caranya yang mudah menambah minat semua orang dalam mencari rekomendasi kata kunci.

Cukup dengan memasukkan kata dasar di kolom yang telah disediakan dan ketika proses mencari sudah selesai, Anda akan mendapat banyak daftar rekomendasi terbaik.

Setelah itu, Anda diminta untuk memilih salah satu dari banyak daftar rekomendasi dan muncullah daftar keyword overview.

Jadi, keyword yang Anda dapatkan benar-benar unik dengan daftar 100 rekomendasi terbaik yang disarankan untuk Anda pilih.

5. Content Ideas

SEO tools satu ini masih tetap dari uber keyword research yang bisa dibilang mirip dengan keyword ideas. Hanya saja yang bisa Anda dilihat disini tidak hanya daftar konten saja atau bahkan mencari rekomendasi keyword saja. Melainkan disini Anda juga bisa mencari tahu mengenai data estimasi dari jumlah pengunjung sampai seberapa banyak social shares yang digunakan.

6. Keywords

Menggunakan keyword tool satu ini, Anda bisa mencari tahu kata kunci mana yang bisa digunakan oleh website yang kompetitor. Apa hal yang memenuhi syarat kompetitor? Terdapat volume, estimasi kunjungan, jumlah SEO difficulty, serta ranking  mesin pencari.


Dalam memilih SEO tools, yang perlu Anda perhatikan adalah free trial keyword research tool. Dimana Anda bisa sepuasnya menggunakan situs ini secara gratis dan mendapatkan pelayanan terbaik sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

7. Keywordtool.io

Selanjutnya Keywordtool.io yang juga menjadi tools gratis terbaik untuk riset keyword. Pada platform ini menyediakan cara agar bisa menemukan rekomendasi dengan kata kunci yang terbilang panjang. Keyword yang seperti ini masih jarang digunakan, jadi Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan ranking tinggi pada mesin pencarian.

Hebatnya lagi, SEO tools satu ini ternyata tidak hanya menggunakan google saja sebagai sasarannya. Melainkan banyak social media dan platform lainnya yang bisa dijadikan sasaran research keyword. Misalnya blog, amazon, play store, instagram, twitter dan keyword tool Youtube.

Dengan begitu Anda tidak akan terbatasi dan cukup menggunakan satu SEO tools saja untuk Anda yang memiliki banyak konten dan website.

Kupas Tuntas Informasi Tentang Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

8. WordStream

Nah, kalau keyword tool gratis satu ini, khusus digunakan untuk seorang pelaku usaha yang ingin membuat iklan untuk sebuah produk yang ditawarkan kepada konsumen. Mulai dari campaign iklan hingga laporan performa iklan.

Terdapat beberapa jenis yang bisa Anda gunakan, seperti google ads performance grader, facebook and performance grader, dan smart ads creator.

Secara umum, prinsip kerja yang diterapkan disini adalah prinsip yang hampir sama dengan SEO tools lainnya. Hanya saja, disini Anda diminta untuk memasukkan kata kunci atau URL di tempat yang telah disediakan.

9. Wordtracker

Wordtracker adalah salah satu keyword tool gratis yang pada halamannya, dapat menampilkan SEO serta keyword iklan yang berbasis Pay Per Click atau PPC.  Ketika Anda kurang merasa tertarik dengan kelebihan tersebut, pasti Anda akan mulai tertarik ketika terdapat data yang semakin lengkap dn tidak dimiliki oleh SEO lainnya.

Beberapa fitur tersebut adalah perbandingan hasil pencarian, live chat customer service, related keywords, opsi pencarian seperti keyword tool Youtube. Jadi, salah bagi Anda yang beranggapan hanya terdapat platform yang berasal dari google saja.

10. KWFinder

Bagi tools gratis terbaik untuk riset keyword tidak harus dengan memenuhi syarat bahwa Anda harus ahli dalam hal ini. Menurut KWFinder, SEO yang tepat adalah sebuah tempat untuk menempati rank yang bagus di mesin pencari. Caranya hanya dengan bagaimana bisa menggunakan kata yang bagus, baik dari tingkatan rendah hingga tingkatan yang tinggi.

Satu hal yang terus Anda ingat adalah setiap prosesnya bisa dilakukan dengan mudah, walaupun Anda adalah seorang pemula.

Mudah karena tampilan yang disajikan sangat sederhana dan luwes. Cara kerja dalam proses pembuatan keyword sama dengan SEO lain yaitu dengan domain, lokasi dan bahasa target. Apabila sudah menemukan kata kunci, pada SEO ini Anda bisa mencoba free trial keyword research tool. Untuk memastikan apakah kata tersebut sudah ditemukan pada mesin pencarian atau belum.

11. Google

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan tanpa belajar pun tidak masalah. Anda tinggal membuka google dan memasukkan kata dasar yang hendak digunakan. Secara otomatis terdapat banyak daftar keyword yang akan muncul. Jadi, Anda tidak perlu direpotkan dengan menggunakan google keyword planner tools.

Tapi, jika Anda membutuhkan keyword yang panjang maka Anda bisa menggunakan mode incognito. Hasilnya Anda akan mendapatkan keyword panjang yang akurat dan langsung bsia digunakan.

12. LSI Keywords

Tidak hanya soal kata, tapi juga mengenai topik yang akan dibawakan. Pada SEO ini, selain bisa membantu Anda menemukan kata kunci juga menyesuaikan topik yang akan Anda bawakan.

Sama halnya seperti google keyword planner free, Anda pasti sebelumnya lebih fokus pada kata kunci saja.

Kelebihan dari LSI Keywords ini juga bisa menyediakan 10 rekomendasi yang akan Anda gunakan sekaligus. Jadi tujuan utamanya bukan mengejar rangking melainkan membantu Anda untuk mengaitkan antara konten yang Anda buat akan lebih luwes.

13. Google Trends

SEO yang membantu semua orang menemukan kata kunci ini melakukan filter dengan menggunakan lokasi dan kategori Anda. Karena, kedua hal tersebut sudah termasuk cukup untuk bisa membuat website Anda menjadi menarik terhadap sebuah kata kunci yang sedang Anda mulai teliti.


Kelebihan yang bisa Anda dapatkan disini selain bisa mengecek volume adalah melakukan riset keyword yang penting untuk membandingkan beberapa kata kunci yang ada pada artikel Anda lainnya.

14. Google Analytics

Penyedia free trial keyword research tool satu ini dapat membantu Anda untuk memahami pengunjung website dan cara agar para pengunjung bisa berinteraksi dengan website yang Anda buat. Jadi, data yang akan ditampilkan lebih lengkap jika dibandingkan dengan SEO gratis yang lainnya.

15. Bing Webmaster Tools

Performa yang dimiliki oleh salah satu keyword tool Youtube ini sangat bagus dan sayang jika Anda tidak memilihnya. Pada SEO satu ini Anda bisa melihat seberapa banyak pengunjung mengklik website dengan melihat search query yang ada di bing, indixation atau tempat yang lainnya.

16. Moz

Tools gratis terbaik untuk riset keywords ini sangat cocok digunakan untuk inbound marketing. Karena tampilannya yang lebih santai akan membuat Anda merasa terbantu ketika melakukan riset keyword.

17. SEMrush

Fungsi utama yang dimiliki oleh SEO keyword tool satu ini adalah membantu Anda untuk mendapatkan kata kunci yang benar-benar mudah ditemukan di mesin pencarian. Mudah dalam artian ketika orang mencari hal yang berkenaan dengan kategori Anda, maka website atau konten Anda secara otomatis akan muncul di posisi teratas.

18. Keyword Everywhere

Sedangkan SEO satu ini, hanya memfokuskan pada riset keyword yang akan membuat konten website Anda menjadi populer. Bentuknya yang berupa ekstensi bisa Anda coba instal melalui chrome mahupun mozilla. Untuk fitur yang disediakan tidak jauh beda dengan SEO yang lainnya.


Anda bisa memilih salah satu dari banyak pilihan tools gratis terbaik untuk riset keyword yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silahkan pertimbangkan mana yang menurut Anda cocok untuk kebutuhan konten atau website Anda.

Kupas Tuntas Informasi Tentang Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

Perbandingan Masing-Masing Keyword Tool untuk Melakukan Riset

Setelah mengetahui apa saja keyword tool yang bisa Anda gunakan secara gratis, maka Anda juga harus mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya . Berikut beberapa perbedaan masing-masing keyword tool gratis.





Itulah informasi yang sebagian besar membahas tentang apa saja tools gratis terbaik untuk riset keyword dan harus Anda gunakan. Dengan demikian konten yang Anda buat selalu memiliki posisi di atas. Keyword yang populer membuat Anda selain menciptakan karya bermanfaat dan menghibur juga  dapat menghasilkan uang.

Salah satu yang paling dicari orang saat ini ketika hendak membuat konten adalah keyword tool Youtube mengingat semakin banyak orang yang mengepakkan sayapnya di dunia film dan video ini.

Post a Comment for "18 SEO Tools Gratis Terbaik yang Wajib Anda Coba"