Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya
Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya


Dalam memulai usaha, beberapa orang seringkali dibuat bingung ketika memilih antara UKM atau franchise.

Sebenarnya, kedua pilihan tersebut memiliki satu tujuan yang sama yaitu menjalankan usaha. Hanya saja UKM (Usaha Kecil Menengah) lebih cenderung digunakan oleh semua orang yang baru memulai usaha atau pemula.

Sedang franchise merupakan hak Anda untuk bisa menjual sebuah produk atau jasa.

Di era industri saat ini, semakin banyak istilah yang digunakan untuk menentukan apa jenis usaha setiap orang. Tidak heran jika banyak yang bertanya-tanya apakah franchise termasuk UMKM?

Agar Anda bisa mengetahui semua hal tentang usaha termasuk UKM dan franchise, berikut beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan untuk menambah wawasan dalam berwirausaha.

Meningkatnya UKM dan Franchise di Era Industri

Melihat kondisi ekonomi saat ini, pasti hampir semua orang memutuskan untuk tidak mengandalkan satu pekerjaan saja.

Terutama jika Anda adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan atau pabrik  yang meskipun memiliki gaji setiap bulan, tapi masih belum bisa menjamin untuk bisa bekerja di tempat tersebut seterusnya.

Banyaknya masyarakat yang bekerja sebagai seorang karyawan membuat peluang usaha UKM 2020 semakin besar.

Karena, tidak selamanya mengandalkan gaji setiap bulan saja cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi, alangkah baiknya jika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha baik UKM atau franchise.

Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya
Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Apa UKM itu?

UKM (Usaha Kecil Menengah) merupakan sebuah istilah yang cocok digunakan untuk Anda yang ingin memulai usaha dengan skala kecil atau menengah. Dimana Anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk dijadikan modal awal.

Contoh dari UKM adalah warung makan kecil, pedagang kaki lima, angkringan, dan usaha lainnya yang hasil penjualan setiap tahunnya Rp1000.000.000.

Meskipun skalanya kecil, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami persaingan usaha yang kurang sehat. Karena, UKM ini memiliki perlindungan yang diberikan langsung oleh pemerintah.


Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya
Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Lalu, Bagaimana dengan Franchise?


Sedangkan franchise atau lebih dikenal dengan waralaba adalah semua hak untuk menjual produk atau menawarkan jasa kepada konsumen.

Jadi, sistem yang dijalankan lebih mengarah ke distribusi barang atau jasa kepada para konsumen dengan hak melaksanakan bisnis yang sudah ditetapkan sebelumnya pada jangka waktu tertentu.

Apabila Anda tertarik pada usaha yang menawarkan hak produk atau jasa kepada konsumen, berikut daftar usaha waralaba yang menguntungkan.

1. Franchise Khun Thai Tea
2. Franchise Sabana Fried Chicken
3. Franchise Churros Delicio
4. Franchise Indomaret
5. Franchise KFC

Dari beberapa contoh usaha waralaba tersebut, mungkin Anda sudah semakin paham apa franchise atau waralaba itu.

Jika Anda ingin memulai usaha waralaba, maka bisa mencari tahu info franchise yang saat ini sudah semakin mudah ditemukan.

Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Roda Perekonomian Termasuk pada Forum Bisnis UKM


Pemerintah tentu memiliki peran yang sangat penting dalam roda perekonomian masyarakat. Sebuah forum bisnis UKM tidak akan bisa berjalan dengan baik jika tidak ada campur tangan pemerintah yang tugasnya mengatur semua sistem baik perekonomian atau bidang yang lain.

Bahkan selaku pengatur negara atau daerah, pemerintah berhak mengadakan seminar untuk pelaku usaha yang membahas tentang inspirasi bisnis UKM.

Dengan harapan semua pelaku usaha lebih semangat dan menyusun strategi yang tepat untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha.

Misalnya seperti baru-baru ini diluncurkan program Kartu Prakerja yang memberikan pelatihan online untuk berwirausaha. Tidak tanggung-tanggung, pelatihan online tersebut didukung oleh platform bimbel online paling terkenal di Indonesia.

Tidak salah juga jika pemerintah sampai menyediakan wadah khusus sebagai info UMKM yang tentunya akan diberi perlindungan  Karena, dengan adanya usaha seperti ini bisa membantu roda perekonomian daerah atau negara tersebut.

Semakin banyak orang yang mampu membuka usaha maka semakin luas pula lapangan kerja untuk orang-orang yang tidak memiliki modal dan tidak memiliki pekerjaan. Jadi, peran pemerintah guna meningkatkan perekonomian adalah sebagai berikut.

Pemerintah sebagai Pengatur
Adanya pengatur dalam usaha, maka masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan kesejahteraannya.

Pemerintah sebagai Konsumen
Untuk bisa menjadi pengatur yang baik, pemerintah membutuhkan sarana dan prasarana penunjang yang didapatkan dari sebuah perusahaan.

Pemerintah sebagai Produsen
Pemerintah juga memiliki peran untuk menjadi pihak produsen, dimana pemerintah harus menghasilkan produk atau jasa guna menciptakan pembangunan nasional.

Ketahui Perbedaan UKM dan Franchise

Sebelum Anda memilih UKM atau franchise, alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa perbedaan antara keduanya. Tujuannya agar Anda tidak sampai salah dalam menentukan.

Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya
Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya




Dari perbandingan di atas, Anda bisa memetakan dengan baik bagaimana menjalankan UKM dan bagaimana jika Anda memulai waralaba. Anda bisa dengan mudah menemukan peluang franchise dari forum waralaba yang bisa dengan mudah ditemukan.

Bagaimana Segmentasi dan Proyeksi Peluang Bisnis UKM dan Franchise?
 

Ketika Anda sudah mengetahui perbandingan antara keduanya, selanjutnya Anda harus mengetahui segmentasi dan proyeksi dari masing-masing jenis usaha tersebut.

Segmentasi dan Proyeksi Peluang Bisnis UKM

Agar Anda bisa menentukan segmentasi pada peluang usaha UKM 2020, maka Anda harus melakukan tips berikut.

1. Menentukan Target Konsumen

Ketika Anda sudah menentukan produk apa yang akan ditawarkan kepada pelanggan, kemudian langkah selanjutnya adalah menentukan target konsumen. Cara menentukannya dengan melihat kondisi ekonomi yang ada di lingkungan lokasi penjualan Anda.

2. Tentukan Geografi Konsumen

Tips kedua ini sebenarnya masih memiliki relasi dengan tips yang pertama. Selain melihat kondisi ekonomi calon konsumen, Anda juga harus melihat letak geografi konsumen. Misalnya seperti desa, kota, atau bahkan di lereng gunung, sehingga Anda bisa menyesuaikan produk dan harga yang akan ditawarkan.

3. Ketahui Karakter Konsumen

Pastikan Anda sudah mengetahui bagaimana karakter konsumen Anda. Apakah orang yang bertipe membeli suatu produk dengan alasan butuh atau hanya sekedar mengikuti trend terbaru saja.

Untuk proyeksi peluang yang dimiliki cukup luas walaupun sudah memiliki banyak pesaing di lapangan market. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena dengan adanya forum bisnis UKM , semua pelaku usaha bisa mengembangkan inovasinya menjadi ide yang kreatif.

Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya
Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Segmentasi dan Proyeksi Peluang Bisnis Franchise

Salah satu info franchise yang harus Anda cari sebelum memulai adalah segmentasi dan proyeksi peluang usaha tersebut. Untuk menetapkan segmentasinya, Anda harus memperhatikan beberapa strategi, yaitu sebagai berikut.

1. Lakukan identifikasi Keunggulan Kompetitif

Dalam memilih produk, konsumen lebih menyukai produk yang mampu memberikan value terbesar pada dirinya. Pastikan produk yang Anda pasarkan sulit ditiru, memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan memberikan layanan yang spesifik.

2. Pilih Keunggulan Kompetitif

Pada strategi ini, Anda harus membuat dan mengelola merek dengan sedemikian rupa secara optimal. Selain itu gunakan strategi cost leadership, diferensiasi, dan dibarengi dengan memberikan program dukungan berupa push dan pull strategy.

3. Membuat Marketing Plan

Setelah kedua strategi sebelumnya sudah Anda pahami, maka terakhir adalah membuat marketing plan. Dimana Anda harus memiliki rencana yang sudah dibuat secara matang dan terperinci.
Tidak hanya UKM saja, terdapat juga forum waralaba sebagai tempat Anda mencari peluang terbaik di pasaran dalam menjalankan usaha franchise ini. Intinya peluang yang dimiliki oleh jenis usaha ini tidak kalah besar.

Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya
Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Yuk Tentukan Memilih UKM atau Franchise

Selain memahami apa yang sudah ditulis di atas, Anda juga harus mengetahui kelebihan dari UKM dan franchise atau waralaba.

Kelebihan UKM

Info UMKM yang perlu Anda pertimbangkan adalah kelebihannya.
- Operasionalnya fleksibel
- Inovasi yang berkembang dengan cepat
- Struktur biaya yang digunakan rendah
- Fokus di sektor sudah spesifik.

Kelebihan Franchise

Setelah Anda mengetahui daftar usaha waralaba, pasti Anda sudah mengerti lebih jauh dibandingkan sebelumnya. Termasuk kelebihan juga harus Anda ketahui, yaitu :
- Manajemen bisnis yang sudah terbangun
- Sudah dikenal banyak masyarakat
- Mendapat dukungan dan keamanan yang lebih kuat
- Manajemen finansialnya lebih mudah.

Setelah mengetahui kelebihan masing-masing, tentunya Anda sudah mulai mempertimbangkan usaha mana yang lebih mudah dijalankan. Tapi, jika Anda menanyakan apakah franchise termasuk UMKM?  Jawabannya waralaba bisa digolongkan pada UMKM karena mengingat omset dan aset yang digunakan pada skala menengah keatas.

Dengan mengetahui perbedaan antara UKM atau franchise, maka Anda bisa menentukan mana yang lebih baik menurut Anda. Walaupun sebenarnya, sama-sama menguntungkan setidaknya Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian. Untuk Anda yang ingin membuka usaha, mungkin bisa mencari tahu terlebih dahulu peluang usaha UKM 2020 yang sesuai dengan kemampuan Anda dari berbagai media informasi atau melakukan riset sendiri secara manual.








Post a Comment for "Menjadi UKM atau Freelancer ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya"