Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia

Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia
Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia

Bisnis Startup 2020 semakin mempunyai potensi besar untuk terus dikembangkan. Banyak pemula dan para ahli yang terus bersaing mencoba membuat bisnis startup di Indonesia dengan gebrakan ide ide baru.

 Apa yang dimaksud dengan bisnis startup? Apa itu startup dan Unicorn? Decacorn, Hectocorn?

Banyak orang yang tak asing mendengar istilah startup, unicorn, decacorn, dan hectocorn, tetapi tidak semua orang mengerti apa arti dari istilah tersebut.

Nah artikel ini akan membahas secara tuntas, semua pertanyaan yang ada dipikiran anda. Simak dan pahami artikel ini jika anda seorang pemula yang mempunyai minat dalam bisnis startup.

Melirik Trends Bisnis Startup 2020

Sebenarnya apa itu Startup ? Startup adalah sebuah perusahaan atau bisnis yang baru dirintis atau dibangun, istilah startup sendiri lebih dikategorikan untuk perusahaan atau bisnis yang bergerak dalam bidang teknologi dan informasi yang berkembang di internet, jadi tidak semua bidang usaha bisa di sebut Startup.

Dalam bisnis startup ada tingkatan yang didasarkan pada nilai valuasi perusahaan. Valuasi adalah nilai ekonomi dari sebuah perusahaan atau bisnis. Biasanya cara menghitung adalah (saham + utang) – uang tunai. Nah lalu apa saja tingkatannya? Anda bisa menyimak penjelasan di artikel berikut ini.

1. Unicorn

Untuk perusahaan startup yang bisa disebut sebagai startup unicorn adalah perusahaan yang bisa menembus US$ 1 Milyar. Banyak perusahaan startup di Indonesia yang telah menyandang unicorn, seperti Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Traveloka dan Ovo.

2. Decacorn

Sedangkan, jika ada perusahaan startup yang valuasi bisa menembus US$ 10 Milyar maka dijuluki sebagai Decacorn. Indonesia sendiri telah mempunyai startup decacorn yaitu Gojek. Yang mampu menembus nilai valuasi lebih dari US$ 10 Milyar. Hal itu tidak terlepas dari suntikan pendanaan oleh sejumlah investor mulai dari Google dan Astra Internasional.

3. Hectocorn

Untuk Hectocorn sendiri merupakan level startup yang nilai valuasi bisa lebih dari US$ 100 Milyar. Untuk bisnis startup di Indonesia sendiri belum ada yang bisa menembus Hectocorn. Contoh perusahaan startup yang bisa dijuluki sebagai Hectocorn adalah Ant Financial, yang nilai valuasi perusahaan mencapai $ 150 Milyar. Pemiliknya adalah founder Alibaba yakni Jack Ma.

Keren bukan? Anda bisa juga mulai merintis bisnis startup di Indonesia. Ada 6 sektor yang diprediksi bakalan menjadi trends bisnis startup 2020 di Indonesia yaitu :

a. Fintech
b. E-Commerce
c. Artificial Intteligence (Kecerdasan Buatan)
d. Internet of Things (IoT)
e. Healthtech
f. Education

Fintech dan E-Commerce menjadi trends bisnis startup 2020 dikarenakan 2 sektor tersebut mampu mempunyai market yang besar dan didukung dengan regulasi yang mempermudah kegiatan bisnis startup. Anda mulai tertarik untuk mencoba? Pahami apa saja seluk beluk bisnis startup di Indonesia.


Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia
Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia

Analisa Bisnis Startup Di Indonesia

Salah satu jenis perusahaan yang paling banyak dibicarakan oleh orang adalah startup. Beragam ide startup yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan pasar serta menemukan masalah mulai muncul.

Banyak sekali startup di Indonesia yang telah mencapai kesuksesannya, seperti Gojek, Bukalapak, Traveloka, OVO dan Tokopedia. Mereka telah sampai di level tinggi sebuah startup.

Pemerintah Indonesia sendiri tidak tinggal diam, melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika berusaha membantu anak bangsa untuk mulai menciptakan startup dan membantu merealisasikan bisnis startup agar mampu mencapai kesusksesan seperti 5 startup di Indonesia, salah satunya adalah membuat gerakan nasional 1000 startup digital.

Menurut situs forbes.com, 90% startup di dunia mulai mengalami kegagalan, banyak sekali alasan mengapa startup bisa gagal.

Di Indonesia sendiri hanya 1% startup yang mengalami kesuksesan, itu artinya ada 99% startup yang mengalami kegagaan. Nah berikut ini alasan mengapa startup yang didirikan bisa mengalami kegagalan dan terpaksa tutup :

Salah memprediksi kebutuhan pasar

Bisnis startup merasa gagal karena mereka merasa tidak dibutuhkan oleh pasar. Ide bisnis mereka tidak menghadirkan solusi yang baru dan inovatif yang mampu menyelesaikan masalah pasar. Sehingga pasar mulai meninggalkan startup yang mereka tawarkan. Jadi buat anda yang memang ingin mendirikan sebuah startup, anda harus mempunyai ide cemerlang yang menawarkan solusi bagi kebutuhan dan masalah yang dihadapi. Jangan ikut ikutan dengan startup yang sudah ada.

Konflik internal

Banyak permasalahan yang dihadapi oleh bisnis startup, bukan hanya permasalahan eksternal, namun permasalahan bersama tim. Kegagalan tim merupakan konflik internal yang sering terjadi, karena banyak dari yang mereka tidak mempunyai visi dan tujuan yang sama. Padahal tim yang solid mampu mendorong kesuksesan sebuah startup.

Ketidakharmonisan tim serta pola buruk perusahaan startup

Hal yang seringkali menyebabkan startup gagal adalah buruknya sistem perusahaan. Banyak yang mengalami konflik serta tidak lagi terjadi keharmonisan dalam perusahaan. Bahkan ada juga yang memperkejakan orang di perusahaan bukan karena mereka kompeten tetapi karena mereka di kenal oleh pemiliknya.

Kehabisan dana

Banyak startup yang mulai menutup bisnisnya karena mereka kehabisan dana. Oleh karena itu jika anda pendiri startup, rencanakan keuangan anda secara matang lalu mulailah mengeksekusi rencana anda.

Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia
Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia

Potensi Dan Tantangan Bisnis Startup 2020 Di Indonesia

Potensi bisnis startup 2020 di Indonesia memang tidak bisa di pungkiri, Indonesia sendiri menjadi tolak ukur perkembangan startup di Asia Tenggara. Ada beberapa alasan mengapa Indonesia berpotensial untuk dijadikan daerah untuk membangun bisnis startup.

Alasannya adalah jumlah penduduk dan pengguna internet yang terus berkembang secara signifikan dari tahun ke tahun. Bukan hanya itu saja, namun kecepatan koneksi internet di Indonesia yang semakin baik juga menjadi alasan yang paling kuat untuk mulai mendirikan bisnis startup 2020 di Indonesia.

Melihat potensi yang besar banyak para investor kelas dunia yang mulai berinvestasi pada bisnis startup karena dianggap Indonesia mempunyai potensi sebagai pasar digital yang paling menguntungkan.

Namun terlepas dari potensi yang ada, bagi pemula yang ingin mendirikan startup harus bisa bersaing dengan para startup yang sudah mencapai level yang tinggi. Bagi anda yang memang ingin mendirikan bisnis startup perhatikan tantangan yang paling umum yang akan anda dihadapi :

Mencari mitra atau founder yang memiliki kesamaan visi misi adalah hal tersulit karena tidak semua orang memiliki visi misi yang mempunyai tujuan yang sama.

Banyak startup yang gagal karena tidak menemukan tim yang tepat.

Tidak ada kejelasan dalam bisnis model. Ide bisnis bukan hal yang paling utama, namun bisnis model lah yang mampu menentukan apakah startup tersebut bisa berjalan atau tidak.

Mampu mencari product market fit, artinya bisnis yang baik tidak hanya menerka nerka  kebutuhan konsumen, namun konsumen mampu di beri pengetahuan tentang produk dan solusi yang anda tawarkan.

Untuk mendirikan bisnis startup dibutuhkan juga modal yang besar. Biasanya jalan yang ditempuh oleh startup pemula adalah memanfaatkan 2 cara yaitu pinjaman bank atau mencari investor.

Namun untuk cara yang pertama mungkin akan mempunyai resiko yang besar, sehingga jalan yang ditempuh adalah mencari investor. Permodalan mencari investor pun tidak membutuhkan jaminan, hanya dengan membagi keuntungan.

Namun mencari investor bukan hal yang mudah, jika anda tidak mampu menyakinkan investor tentang keuntungan yang akan mereka dapat jika mereka mendanai bisnis anda.

Nah itulah potensi serta tantangan bagi anda yang memang ingin terjun di bisnis startup 2020 di Indonesia. Lalu bagaimana cara membangun bisnis startup bagi pemula yang baik, mulai dari nol. Simak poin poin penting membangun bisnis startup.

Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia
Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia

Membangun Bisnis Startup Di Indonesia

1. Mulai ciptakan ide

Untuk mendirikan bisnis startup, anda harus mempunyai produk atau jasa yang anda jual kepada pasar. Mulailah menentukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif, pastikan ide bisnis anda mampu mempunyai 2 hal yaitu, memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah sosial yang dihadapi pasar. Sebab dengan 2 hal ini bisnis startup mampu menciptakan peluang pasar yang akan anda bidik, dan kemungkinan besar ide bisnis anda akan bertahan lama.

Lalu jangan mencoba untuk meniru ide bisnis orang lain, jika ide bisnis anda tidak mempunyai kekuatan yang besar. Jadikan trends bisnis sebagai acuan anda untuk menemukan ide bisnis.

2. Tentukan tujuan

Ketika membicarakan sebuah bisnis, maka anda dituntut untuk menemukan sebuah tujuan yang jelas. Apa tujuan bisnis startup 2020 di didirkan. Jika anda telah mempunyai tujuan yang jelas,  jadikanlah tujuan tersebut sebagai patokan mau di bawa kemana arah bisnis anda. Sehingga ketika dirasa startup anda sudah menyimpang dari tujuan anda, segera perbaiki dan mulai berjalan kearah tujuan anda.

3. Buatlah bisnis model

Penting bagi anda yang memang ingin mendirikan bisnis startup di Indonesia, sebab ide yang cemerlang saja tidak cukup bila tidak dibarengi dengan bisnis model yang lebih konkret. Buatlah rencana jangka panjang dan jangka pendek bisnis anda dengan bisnis model canvas, lalu detailkan rencana bisnis anda melalui business plan.

4. Susun garis waktu untuk tujuan yang ditargetkan

Susunlah timeline agar rencana bisnis startup 2020 anda lebih terukur. Hal itu akan membantu anda dalam mencapai target yang harus di ukur dalam bisnis startup anda. Sehingga ketika mencapai target anda bisa menentukan target yang lebih tinggi dari sebelumnya, dan sebaliknya jika bisnis startup anda belum mencapai target anda bisa mengukur proses mana yang belum maksimal, jadi bisnis lebih mudah di analisis kesalahannya.


5. Ciptakan tim yang kuat

Anda tidak mungkin membuat bisnis startup sendirian, karena anda perlu membicarakan ide, bertukar fikiran serta kritikan yang memacu bisnis anda semakin baik lagi. Jadi perlunya sebuah tim untuk menangani masalah tersebut. Pilihlah tim yang kuat dan memiliki tujuan yang sama dengan anda. Hal itu akan membuat anda lebih mudah mencapai tujuan yang sudah anda rencanakan sebelumnya.

Jika seseorang mempunyai sifat yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama, anda bisa mengajaknya untuk bergabung dan menjadikan tim. Sebab perbedaan sifat malah akan membuat bisnis anda dilihat dari sudut pandang lain. Yang terpenting tujuan tetap sama.

6. Bentuk dan pelihara budaya perusahaan

Mulailah membentuk budaya yang kuat di dalam perusahaan. Misalnya budaya yang mempunyai karakter yang baik, budaya jujur dan disiplin di perusahaan. Sehingga mereka akan terbiasa untuk membawa karakter tersebut dimanapun ia berada.

7. Harus fokus

Dalam menjalankan bisnis startup 2020 harus fokus, anda bersama tim tidak boleh setengah setengah dalam menjalankannya. Karena ini menyangkut masa depan startup yang anda dirikan. Dalam prosesnya memang anda akan dihadapkan pada banyak rintangan dan kesulitan, namun konsistensi dan ketekunan adalah hal yang akan membantu anda menghadapi masalah tersebut. Jadikalanlah rintangan rintangan itu sebagai pemacu agar bisnis startup anda semakin bergerak maju.

Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia
Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia

Setelah anda mengetahui cara membangun bisnis startup, mulailah untuk mengembangkannya, yaitu dengan cara :


1. Jalin hubungan dengan pelanggan

Mulailah untuk membangun bisnis anda dengan cara membangun hubungan yang lebih kuat dengan para pelanggan anda. Caranya adalah dengan mengenalkan brand startup anda ke benak mereka. Buatlah pelanggan anda merasa tertarik dan selalu membutuhkan produk atau layanan anda.

Untuk itu anda perlu memperhatikan hal hal berikut ini yang merupakan faktor penting untuk memulai bisnis startup :
a. Nama domain
b. Website
c. Content Marketing

2. Tingkatkan produk atau layanan terbaik

Meningkatkan produk atau layanan merupakan cara startup berkembang. Untuk itu perlunya anda suntikan dana dari investor. Dibawah ini beberapa taktik yang bisa anda gunakan untuk memperbesar startup anda :

a. Optimasi hal yang memang bisa dioptimasi, seperti marketing, pembayaran, tagihan, dan lain lain. Hal ini berguna untuk menghasikan output yang lebih besar.

b. Fokus kepada marketing.

c. Outsourcing semua pekerjaan yang memang tidak dibutuhkan. Coba gunakan platform digital yang membantu anda untuk mengerjakan pekerjaan startup anda.

d. Bangun tim yang kuat bersama dengan orang orang yang tepat.

e. Pastikan pelanggan anda selalu merasa puas, sehingga nantinya pelanggan akan membagikan review kepada orang lain.

3. Berjejaring / networking

Menjaga hubungan personal dapat membantu anda memperolah banyak klien. Berikut ini tips networking yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis anda :

Berhubungan dengan orang yang berbeda dapat membuat anda dikenalkan dengan kesempatan baru. Misalnya joint venture, partnership, speaking opportunities dan lain lain.

Di dunia bisnis, hal yang penting adalah “siapa yang anda tahu” bukan “apa yang anda tahu”. Dengan memilih koneksi yang baik bisa membantu anda mengembangkan startup.

Networking mampu membuat ide dan perspektif yang baru yang bisa dijadikan pedoman untuk mengambil keputusan. Dengan cara berdiskusi anda bisa menciptakan solusi yang tak pernah anda pikirkan sebelumnya, dan hal itu akan membangun reputasi anda sebagai seorang pemikir inovatif.

Contoh Bisnis Startup Di Indonesia

Banyak bisnis startup 2020 yang ada di Indonesia yang telah mencapai kesusksesan, berikut ini contoh startup yang bisa anda jadikan pedoman untuk menciptakan startup baru apalagi buat anda generasi millenial :

Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia
Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia

Dan masih banyak lagi sebenarnya bisnis startup di Indonesia, seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Traveloka dan Ovo yang memang sudah menjadi perusahaan startup besar di Indonesia bahkan Asia tenggara. Nah sekarang saatnya anda mulai mendirikan bisnis startup seperti mereka.

Post a Comment for "Peluang Bisnis Startup 2020 di Indonesia"