Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Sukses Menjadi Freelancer Website Khusus untuk Pemula



Tips Sukses menjadi freelancer website khusus untuk pemula


Anda saat ini sedang berhenti dari pekerjaan utama anda? Dan ingin mencari pekerjaan yang bisa anda kerjakan hanya di rumah. Tepat! Artikel ini akan menjawab semua pemasalahan yang anda alami. Tahukah anda bekerja menjadi freelancer website saat ini memiliki peluang besar untuk dijadikan karir, apalagi jika kita serius dalam menjalaninya.

Alasan Menjadi Freelancer


Banyak orang yang tidak tahu arti dari freelancer, secara bahasa freelancer adalah pekerja lepas yang tidak mempunyai kontrak dan perjanjian secara jangka panjang dengan orang yang mempekerjakannya.

Ada yang menjadi freelancer di luar dari pekerjaan utamanya, namun ada juga yang menjadikan freelancer sebagai pekerjaan utama. Freelancer sendiri bisa dilakukan secara full time maupun part time. 

Syarat untuk menjadi seorang freelancer adalah mempunyai keahlian tertentu yang bisa ditawarkan kepada orang lain. Beberapa pekerjaan berikut ini biasanya di lakukan oleh freelancer website :

·       Membuat desain (grafis, logo, karikatur, dan lain lain)

·       Memuat aplikasi android  / ios

·       Membuat wesite atau blog

·       Jasa Penulisan Artikel & Copywriting

·       Digital Marketing (SEO , SEM, Sosial Media Manajamen dll)

·       Membuat animasi video

·       Jasa Penerjemah bahasa

·       Jasa Konsultan Keuangan dan masih banyak lagi


Tips Sukses menjadi freelancer website khusus untuk pemula


Nah berikut ini alasan mengapa anda harus menjadi freelancer?


1.     Waktu lebih fleksibel


Jika anda bekerja di suatu Perusahaan tertentu pasti ada jam kerja yang menjadi standard perusahaan tersebut yang harus anda jalani. Berbeda dengan seorang freelancer , ia bebas mengatur jam kerja sendiri sesuai dengan yang ia mau.

2.     Tidak ada target perusahaan


Perusahaan pasti menentukan target yang harus anda capai, dan biasanya gara gara tersebut membuat anda tertekan dan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Solusinya hanya dengan menjadi freelancer. Karena pencapaian target berasal dari diri kita, jika memang kita menginginkan target yang banyak atau besar tentunya anda harus bersiap untuk mengorbankan waktu lebih.

3.     Menjadi Bos untuk diri sendiri


Menjadi bos tentunya anda dapat dengan bebas mengatur semuanya, mulai dari waktu kerja, cara anda dalam bekerja dan hal hal lain. Menjadi freelancer artinya belajar untuk mulai memimpin diri sendiri sebelum anda mulai memimpin orang lain.

Tertarik mencoba menjadi freelancer? Simak tips tips berikut ini bagi anda yang masih pemula dan mau terjun di dunia freelancer website.

Tips Sukses menjadi freelancer website khusus untuk pemula

Tips mudah menjadi freelancer


Beberapa orang memang tertarik menjadi seorang freelance, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana cara menjadi freelance yang benar, sehingga akan mengalami sebuah kegagalan. Untuk itu perlunya tips menjadi seorang freelancer online yang tepat :

1.     Membangun Brand


Cara yang tepat untuk mendatangkan klien adalah mulai membangun brand. Hal pertama yang harus freelancer website lakukan adalah personal branding. Dengan personal branding, anda akan mampu mendapatkan klien dan klien akan percaya dengan anda.

2.     Membuat Portofolio


Personal branding salah satunya adalah menyertakan portofolio pekerjaan atau karya yang pernah anda lakukan. Sebagai seorang freelancer website, web developer, writer dan lainnya wajib bagi anda untuk menyertakan portofolio. Karena klien akan semakin tertarik dengan apa yang kalian tawarkan. Semakin berkualitas portofolio anda semakin besar peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan.

3.     Menetapkan Tarif


Bagi pemula menetapkan tarif adalah hal yang membingungkan, karena anda tidak tahu harga jasa, sehingga perlu mencari tahu rata rata tarif yang orang lain berikan setiap kali memberikan services. Cara mudah mencari tahu adalah dengan search di google dengan keyword “freelancer website” maka akan muncul penyedia situs yang anda bisa gunakan untuk patokan harga jasa anda.

4.     Memanajemen Pekerjaan dari klien


Anda sebagai seorang freelancer online juga harus memegang kendali terhadap semuanya. Mulai dari membuat jadwal pengerjaan, menetapkan deadline, sampai kadang ada permintaan revisi dari klien. Untuk itu perlunya anda untuk mengatur semuanya, dengan memuat timeline dan target untuk anda. Dengan begitu anda akan terlihat sebagai freelancer profesional.

5.     Mempromosikan Jasa Freelance Online


Anda juga perlu mempromosikan jasa freelance website anda, karena dengan begitu jasa anda semakin dikenal orang. Hal yang dapat anda lakukan adalah mulai bergabung di situs penyedia jasa freelance online di Indonesia maupun luar negeri. Hal itu semakin membuka peluang anda untuk memperoleh pekerjaan.


Tips Sukses menjadi freelancer website khusus untuk pemula

Rekomendasi situs freelance terbaik dan terpercaya


Untuk memudahkan anda dalam hal pemasaran jasa, anda bisa bergabung dengan platform freelance atau situs freelance di Indonesia maupun luar negeri. Berikut ini daftar situs freelance terbaik dan terpercaya :

Daftar situs freelance di Indonesia


·       Sribulancer


Sribulancer adalah situs freelancer online yang wajib anda coba, karena merupakan terpopuler di Indonesia. Banyak jenis pekerjaan yang di cari di situs ini. Untuk pembayarannya pun cukup mudah, dengan sistem bagi hasil antara freelancer dengan sribulancer.

·       Freelancer Indonesia


Freelancer juga di kembangkan dalam versi Indonesia. Beberapa bidang yang di tawarkan disitus ini adalah desain grafis, IT, marketing, jurnalistik dan lain lain.

·       Projects


Seperti situs freelance lainnya, bedanya di Projects bisa menjual dam membeli produk digital. Dan ini paling di rekomendasikan untuk pemula karena cara kerjanya yang mudah.

·       99Design


Situs yang terkenal karena kontes untuk desain. Seperti namanya situs ini digunakan oleh orang yang mempunyai keahlian mendesain.

·       Sribu


Situs freelancer ini perkembangan dari sribulancer, yang mengkhususkan pada bidang grafis saja. Seperti logo, UI / UX , interior dll.

Bosen main di alam negeri, ingin mencoba bermain di luar negeri. Nah situs freelancer online ini paling cocok yang dapat anda gunakan.


·       Gobann

Situs freelacer yang satu ini lebih dikenal dikalangan freelacer sebagai hokian Rp.50.000,-, sebab sistem yang diterapkan adalah semua jasa memiliki harga yang sama Rp. 50.000,-.

Tips Sukses menjadi freelancer website khusus untuk pemula


Daftar situs freelance Luar Negeri


·       Fiver


Situs ini paling rekomendasi bagi anda, karena mampu menampilkan proyek yang telah di kerjaakan . Fitur ini cukup efektif karena  tak perlu lagi mengontak freelancer satu persatu. Karena klien akan melihat tampilan proyek kita. Bagi anda seorang freelancer harga yang dapat kalian tawarkan paling kecil senilai $ 5.

·       Upwork


Upwork mampu memberikan beragam tool untuk freelancer seperti pembuat invoice bawaan, collaborative space. Dan proses rekurtmen transparan, sehingga kemungkinan anda bisa bekerja dengan beragam klien sepeti Microsoft, Dropbox dan lain lainnya.

·       Writer Access


Situs bagi penulis yang mendalami dunia penulisan.

·       Freelancer


Situs paling rekomendasi karena telah di percaya oleh seluruh dunia dan menawarkan jaringan yang sangat luas.

·       Skyword


Adalah situs yang digunakan freelance dalam bidang konten digital maupun marketing. Bahkan Skyword telah dipercaya oleh 27 negara, di Skyword terdiri dari 13 bahasa yang telah di sediakan. Anda yang bergerak dalam bidang marketing digital apakah tertarik mncobanya ?

Itulah situs yang wajib anda coba sebagai seorang freelance. Siapa tahu anda bisa mengembangkan karir anda menjadi seorang freelancer professional. Apalagi saat ini perusahaan lebih menyukai merekrut freelancer daripada harus membayar gaji karyawan. Saatnya anda berkarir hanya di rumah saja!


sebagai tambahan, LogoGround bisa jadi salahsatu alternatif terbaik khususnya yang bergelut didunia desain dan spesifiknya lagi yang terbiasa dengan logo desain, diwebsite satu ini anda dapat menjual logo original yang anda buat dengan nominal yang cukup lumayan.

demikian sekilas gambaran bagi para pejuang freelancer Website khusus pemula, semoga informasi diatas bisa sedikit membantu anda untuk menemukan krang sumber penghasilan tambahan.

menjadi fokus bagi seorang freelancer website profesional tentunya senantiasa mempertajam skill dan pengetahuan terhadap bidang yang anda geluti, ibarat petani skill anda adalah Paculnya, jika paculnya tumpul tentu akan sulit untuk menggarap ladang yang sedemikian luas bukan ?

Post a Comment for "Tips Sukses Menjadi Freelancer Website Khusus untuk Pemula"