Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya

10 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya


Saat interview, pewawancara seringkali mengecoh pelamar kerja dengan memberikan pertanyaan jebakan. Jika anda kurang teliti maka anda anda akan terkecoh dan peluang diterima kerja menjadi lebih kecil.

Adanya pertanyaan ini bukan tanpa alasan, pewawancara menyelipkan pertanyaan ini sebenarnya untuk mengetahui lebih jauh karakter anda dan memastikan apakah anda layak menduduki posisi pada perusahaan tersebut atau tidak.

Jika anda menghadapi wawancara dengan tenang, mungkin anda akan menyadari pertanyaan ini dan lebih mampu menghadapi pertanyaan ini. Namun tidak semua orang dapat bersikap tenang pada saat wawancara kerja karena bagaimanapun wawancara tersebut menentukan bagaimana jalannya hidup seseorang kedepannya.

Agar lebih siap, sebaiknya anda mengetahui beberapa pertanyaan menjebak berikut ini:

10 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya

1. Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda dalam 3 kata?


Ini ditanyakan pewawancara untuk mengetahui karakter dominan diri anda. Dengan waktu yang sangat singkat, tidak mungkin seseorang menjelaskan panjang lebar tentang diri mereka. Dengan 3 kata yang menggambarkan diri, pewawancara sudah mempunyai bayangan dibenaknya dalam menilai anda.

Dalam menjawab pertanyaan ini, pikirkanlah 3 kata yang menjadi sifat unggul anda yang sangat berkaitan erat dengan pekerjaan yang anda lamar. Misalnya jika anda melamar sebagai programer, anda bisa menyebutkan seperti sabar, teliti, optimis, kreatif dan karakter lainnya yang masih berhubungan dengan sifat positif yang harus dimiliki programer.

Sebagai gambaran, anda tidak mungkin mendapatkan peniaian yang baik jika seandainya menyebutkan bahwa anda adalah orang yang kreatif sedangkan pekerjaan yang anda lamar adalah sebagai seorang angkuntan.

2. Apa saja yang Anda ketahui mengenai perusahaan ini?


Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya anda telah mempersiapkan diri dengan membaca sedikit sejarah, filosifi, visi, misi dan nilai-nilai perusahaan tempat anda melamar kerja.
Dengan mengetahui hal ini, pewawancara akan melihat anda sebagai orang yang memiliki keinginan kuat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dengan demikian peluang anda diterima di perusahaan tersebut menjadi lebih besar.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan jawaban negatif mengenai perusahaan seperti masalah yang dihadapi, opini buruk dan lainnya.

Jangan juga membangingkan perusahaan yang anda lamar dengan perusahaan sebelumnya. Fokuslah membahas perusahaan yang anda lamar dan keunggulannya jika menghadapi pertanyaan ini.

3. Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?


Pewawancara memberikan pertanyaan ini untuk melihat seberapa besar motivasi seseorang untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jangan pernah menjawab karena ingin memiliki gaji atau pendapatan, karena tidak betah di tempat kerja sebelumnya, atau masalah apapun yang mungkin benar-benar anda hadapi di perusahaan sebelumnya.

Jika anda menjawab dengan mengatakan hal-hal buruk tentang perusahaan sebelumnya kemungkinan anda akan dianggap buruk juga oleh pewawancara dan tentunya dikhawatirkan jika anda keluar dari perusahaan tersebut dan masuk ke perusahaan yang baru, maka hal-hal buruk tentang perusahaan akan disebar juga.

Jawablah secara positif bahwa anda ingin bekerja di perusahaan tersebut karena cocok dengan diri anda yang bisa diandalkan, memberikan kontribusi positif dan dapat bekerja sendiri maupun dengan tim.

10 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya

4. Apa yang paling membanggakan selama karier Anda bekerja?


Alasan mereka mengajukan pertanyaan ini adalah untuk mengetahui minat terbesar anda dan bagaimana perasaan positif anda pada perusahaan.

Mungkin ada beberapa proyek yang menarik yang dapat diceritakan. Apa yang anda ceritakan sebaiknya masih ada kaitannya dengan pekerjaan yang hendak dilamar. Dari deskripsi yang nanti dijelaskan, perlihatkanlah bagaimana kontribusi anda pada perusahaan atau pada proyek yang anda kerjakan.

5. Jika seandainya Anda diterima, berapa lama Anda nantinya akan bekerja di perusahaan ini?


Ini pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Alasan pertanyaan ini diajukan adalah untuk mengetahui seberapa tertarik anda untuk bekerja pada perusahaan yang dilamar.

 Jangan sebutkan berapa lama anda ingin bekerja di perusahaan tersebut, jangan sebutkan angka. Sebaiknya jawablah bahwa anda ingin bekerja di perusahaan tersebut guna menggapai target kepentingan kersama.

6. Saya rasa Anda terlalu berpengalaman untuk posisi ini. Apa pendapat Anda?


Ini adalah pertanyaan yang menjebak untuk menaikan ego. Semua orang senang jika dipuji namun bagaimana respon terhadap pujian tersebut menunjukan karakter seseorang.

Mungkin pujian itu tidak benar-benar tulus karena dalam wawancara, ia hanya membutuhkan tanggapan anda untuk dinilai. Jadi jangan besar kepala terlebih dahulu dan menuntut gaji yang tinggi. Selalu rendah hati dengan segala kemampuan yang anda miliki.

7. Apakah Anda berpikir untuk menjadi seorang enterpreneur?


Banyak karyawan membangun bisnis sampingan yang justru menjadi ancaman bagi perusahaan karena karyawannya tidak lagi fokus dengan pekerjaan pada perusahaannya.

Namun sebagian perusahaan menginginkan karyawan yang memiliki jiwa enterpreneur yang kuat agar kelak mampu mengoperasikan bisnis perusahaan.

Dalam hal ini, jawablah terus terang bahwa anda anda memiliki minat pada bisnis atau tidak berminat. Anda juga dapat menjawab bahwa anda senang bergabung dalam sebuah tim yang cocok dengan anda dan bekerja secara spesifik pada bidang tertentu dari ada berkaitan dengan hal umum.


10 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya

8. Bagaimana pendapat Anda tentang bos Anda sebelumnya?


Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui apakah anda termasuk karyawan yang senang membicarakan keburukan bos atau tidak. Maka jangan sampai terjebak terlebih mengenai hal-hal peribadi. Sebaiknya katakan hal-hal postifi keimbang hal negatif

dengan mengatakan hal negatif terhadap bos menunjukan bahwa anda tidak respek terhadap atasan.

9. Mengapa Anda resign dari pekerjaan sebelumnya?


Ini ditanyakan pewawancara untuk mengetahui histori pekerjaan anda sebelumnya. Pasti terdapat sebab mengapa seseorang mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Namun dalam menjawab pertanyaan ini, jangan sebutkan konflik pribadi karena justru akan dipandang negatif oleh pewawancara. Lebih baik mengatakan bahwa anda ingin mencari pekerjaan dengan posisi lebih baik dan yang sesuai dengan keterampilan yang anda miliki.

10. Apa yang akan Anda lakukan jika seandainya Anda memenangkan undian berhadiah 5 milyar esok?


Alasan pertanyaan ini diajukan adalah untuk mengetahui bagaimana anda mengelola keuangan dan apakah anda akan tetap bekerja nantinya.

Hal yang ingin di dengar oleh pewawancara adalah seseorang tetap bekerja meski mendapatkan uang 5 miliar karena orang tersebut menikmati pekerjaannya. Jika anda menjawab tetap bekerja, artinya terlihat bahwa semata-mata anda bekerja bukan untuk uang tetpai untuk tujuan lain yang lebih dari uang.

Selain itu perusahaan menginginkan karyawan yang mampu mengatur keuangan, jika tidak mampu mengatur keuangan pribadi, kemungkinan yang sama juga pada saat mengatur keuangan perusahaan.

Saat wawancara kerja, tetaplah tenang agar anda dapat berpikir secara jernih dalam menjawabnya. Lihatlah maksud dari pertanyaan-pertanyaan diatas, mengapa pertanyaan itu diajukan, jawaban seperti apa yang diharapkan dan bagaimana anda menggambarkan diri dihadapan pewawancara.

Dengan mengetahui beberapa pertanyaan jebakan disini semoga membantu anda meningkatkan peluang diterima pada perusahaan idaman anda.

Post a Comment for "10 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya"