Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bisnis Barbershop : Berikut Tips dan Perhitungannya


Bisnis Barbershop : Berikut Tips dan Perhitungannya


Bisnis barbershop adalah salah satu usaha yang menjanjikan, karena cukup dengan modal sekali Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan berlipat.

Saat ini banyak orang yang memulai bisnis ini, terutama anak-anak muda kreatif yang ahli dalam bidangnya.

Jika diperhatikan, tempat barbershop saat ini dengan tempat pangkas rambut biasa di zaman dahulu memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Dimana barbershop sekarang didesain sedemikian rupa supaya terlihat lebih keren dan menarik, sehingga apabila antrian sedang panjang para pelanggan tidak merasa bosan.

Meskipun bisnis ini sudah menjanjikan, Anda harus tetap menyusun strategi bisnis barbershop supaya Anda mendapatkan banyak pelanggan.

Mendapatkan keuntungan bukan berarti Anda tidak bisa rugi, jika bisnis Anda tidak ada pelanggan maka uang sewa tempat, biaya untuk beli alat-alat dan perlengkapan lainnya, modal mendesain tempat dan pengeluaran awal lainnya tidak bisa balik modal.

Oleh karena itu, Anda harus tetap memiliki strategi dan pengelolaan yang baik dalam menjalankan bisnis ini.

Ketahui Peluang Bisnis Barbershop di Era Digital

Hampir semua bidang usaha saat ini memanfaatkan fasilitas digital yang memudahkan semua orang untuk mengembangkan usahanya tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu banyak.

Bagaimana tidak? Apabila tidak ada teknologi digital, Anda tidak bisa bebas mencari pegawai yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi, penyebaran iklan  yang terbatas dan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memperkenalkan usaha Anda ke semua orang.

Tapi, semenjak adanya teknologi digital lowongan kerja yang Anda buka bisa diketahui banyak orang, orang dari luar daerah pun memungkinkan untuk tahu usaha Anda, serta penyebaran iklan yang lebih luas.

Hal ini bisa terjadi karena saat ini hampir semua orang menggunakan fasilitas internet untuk memberi dan mendapatkan segala macam informasi.

Jika sebagian besar urusan bisnis Anda sudah dimudahkan dengan cara yang lebih efektif berkat adanya digital, maka selanjutnya Anda harus cermat untuk mempelajari bagaimana cara mengelola Barbershop.

Pastikan pengelolaan Anda dalam bisnis bisa tertata dengan baik, berjalan sesuai rencana dan penuh perhitungan supaya tidak sampai mengalami kerugian.

Bisnis Barbershop : Berikut Tips dan Perhitungannya

Memiliki Rencana Usaha Barbershop? Inilah Cara Memulainya

Apakah Anda memiliki rencana usaha barbershop untuk dijadikan penghasilan utama atau sampingan?

Apapun tujuan Anda, pastikan melakukan tahap demi tahap cara memulai bisnis barbershop yang tepat supaya terus berkembang dan mendapatkan keuntungan yang besar dengan waktu singkat.

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Hal terpenting yang harus dipenuhi dalam rencana usaha barbershop adalah pilihlah lokasi yang strategis. Mungkin di area dekat kampus atau kos pria yang memungkinkan kebutuhan penampilannya bisa terpenuhi di barbershop Anda.

2. Membuat Konsep Usaha

Membuat konsep usaha pada bisnis barbershop dapat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Karena, ketika banyak pelanggan yang mengantri maka dengan konsep yang dibuat sekreatif mungkin tidak akan membuat mereka merasa jenuh.

3. Menyiapkan Peralatan Selengkap Mungkin

Karena usaha ini cenderung menyediakan jasa, maka Anda harus memastikan bahwa semua alat dan kebutuhan sudah lengkap tersedia. Dengan demikian, Anda bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan.

4. Mencari Karyawan

Dalam mencari karyawan, apabila untuk posisi barber maka Anda harus memilih seorang barber yang memiliki kemampuan dalam bidang ini. Jika memang orang tersebut memiliki skill, Anda tidak akan merasa rugi memberi gaji karyawan barbershop.

5. Melakukan Promosi Usaha 

Selanjutnya, jika usaha sudah mulai berjalan lakukan promosi usaha supaya banyak orang yang mengetahui bahwa Anda memiliki bisnis ini dengan kualitas yang mampu memuaskan semua pelanggannya.

Proyeksi Permodalan dan Analisis Memulai Usaha Barbershop

Banyak orang yang mengatakan bahwa memulai bisnis barbershop membutuhkan pengeluaran modal yang kecil. Karena, modal yang dikeluarkan hanya sekali untuk membeli perlengkapan dan kemudian pada pengeluaran setiap bulannya hanya butuh untuk membayar listrik, sewa tempat dan gaji karyawan barbershop. Supaya Anda bisa memperhitungkan keuangan sebelum memulai bisnis, berikut estimasi modal yang dibutuhkan.


Bisnis Barbershop : Berikut Tips dan Perhitungannya


Tapi, jika Anda ingin lebih simpel untuk memulai usaha barbershop maka Anda bisa mencari paket usaha barbershop yang saat ini mudah ditemukan. 

Apabila Anda mencari informasi di internet, maka harga yang Anda temukan mulai dari Rp3000.000 hingga Rp4000.000. 

Mungkin untuk mengambil keputusan apakah Anda menggunakan modal masing-masing atau paket usaha barbershop harus menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. 

Analisis Usaha Barbershop

Apabila dalam satu hari Anda bisa mendapatkan 10 pelanggan dengan harga Rp10.000/orang, maka dalam sehari Anda bisa mendapat pemasukan sebanyak Rp100.000. 

Kemudian jika dikalikan dalam satu bulan , maka Rp3000.000/bulan akan dengan mudah Anda dapatkan dengan keuntungan bersih sekitar Rp1.670.000/bulan. 

Oleh karena itu, supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan minimal yang cukup lumayan maka Anda harus hati-hati dalam menyusun strategi bisnis barbershop. 

Cara Mengelola Barbershop dan Manajemen Resikonya

Ketika Anda sudah yakin untuk memulai bisnis ini dan mempersiapkan modal, maka selanjutnya Anda harus mempelajari bagaimana cara mengelola barbershop supaya tidak sampai rugi atau bahkan bangkrut. 

Membuat Paket Full Service

Supaya usaha Anda terlihat lebih profesional, memberikan lebih banyak pelayanan akan membuat pelanggan Anda tertarik. Tapi, usahakan patokan harga untuk setiap paketnya tetap terjangkau.

Selalu Mengikuti Tren Gaya Rambut

Pelanggan akan menyukai barbershop yang selalu mengikuti trend gaya rambut terbaru sehingga bisa tampil stylish.

Menggunakan Sistem Menarik

Maksud dari sistem menarik adalah sistem booking dimana seorang pelanggan tidak perlu antri terlalu lama jika sudah memiliki janji dengan barber.

Pahami Resiko Usaha Barbershop

Tidak hanya cara mengelola yang harus Anda ketahui, tapi juga resiko usaha barbershop supaya Anda bisa memiliki kesiapan untuk mengatasinya.

Model yang Tidak Sesuai dengan Keinginan Pelanggan

Tidak jarang terjadi kasus seorang pelanggan yang merasa kecewa atas hasil model rambut yang diberikan barber. Itulah mengapa Anda harus memilih karyawan yang memiliki skill.

Antrian yang Cukup Panjang

Antrian yang panjang seringkali membuat para pelanggan merasa jenuh. Tapi hal seperti tidak akan terjadi jika Anda berhasil mendesain barbershop semenarik mungkin.

Persaingan yang Ketat

Saat ini banyak sekali yang membuka usaha barbershop, jadi Anda harus pandai-pandai membuat hal yang berbeda supaya pelanggan lebih suka memangkas rambutnya di tempat Anda.

Dari resiko usaha barbershop di atas, Anda bisa mengatasi dengan mudah apabila mengikuti semua cara memulai usaha dengan baik. Mulai dari keahlian skill karyawan hingga konsep yang harus Anda aplikasikan pada tempat barbershop.

Keuntungan Membuka Bisnis Barbershop

Bisnis Barbershop : Berikut Tips dan Perhitungannya

Mengetahui apa saja keuntungan memulai bisnis ini membuat Anda menyadari bagaimana perkembangan bisnis barbershop. Dengan begitu, Anda dapat terus mengelola usaha ini dan terus membuat inovasi baru. 

1. Mudah Dilakukan

Hanya dengan membutuhkan skill dan mengajak seorang yang ahli dalam bidang ini untuk bekerja di tempat Anda bisa membuat usaha berkembang dengan baik.

2. Kebutuhan Setiap Pria

Semua pria pasti ingin penampilannya terlihat rapi dan bersih dengan gaya rambut yang bagus. Inilah peluang usaha Anda akan dibutuhkan untuk memenuhi penampilan yang diinginkan oleh semua pria.

3. Menyiapkan Modal Kecil

Memulai usaha tidak harus langsung dengan modal yang besar. Menggunakan modal kecil saja Anda sudah bisa mengembangkan usaha menjadi besar.

4. Bisa Cepat Balik Modal

Apabila Anda memiliki banyak pelanggan, sudah pasti untuk balik modal tidak membutuhkan waktu yang lama.

Banyaknya anak muda yang menjadikan bisnis sebagai sumber penghasilan sampingan, membuat hampir semua usaha yang sudah ada sejak dulu berkembang menjadi lebih modern. Salah satunya adalah bisnis barbershop yang dulu disebut dengan pangkas rambut. 

 Jika dulu masih banyak orang yang menganggap biasa usaha ini, berbeda dengan sekarang yang sudah dianggap usaha berkelas di kalangan masyarakat. 

Perkembangan bisnis barbershop memang cukup pesat sehingga keadaan perekonomian sedikit lebih baik.

 Hal ini bisa dilihat dari banyaknya barbershop yang membuka lapangan pekerjaan dengan syarat yang tidak terlalu sulit dipenuhi oleh anak muda yang belum bisa meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi.





Post a Comment for "Bisnis Barbershop : Berikut Tips dan Perhitungannya"