Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menguak Rahasia Dibalik Mahalnya Merek “Supreme”



Apakah anda salah satu penggemar brand supreme? Apakah anda pernah berfikir menghabiskan puluhan juta hanya untuk sesuatu misalnya jaket atau sepatu bekas merek supreme?

Mengapa orang orang sebegitu fanatiknya dengan brand supreme ini? Apa yang sebenarnya brand supreme miliki dan brand lain tidak miliki?

Untuk itu anda perlu menyimak tuntas artikel berikut ini jika anda penasaran mengapa merek supreme bisa menjadi mahal padahal mempunyai kualitas yang sama dengan merek lain.

Tentang Supreme

Supreme awalnya terbentuk dari toko yang menjual perlengkapan skateboard dan pakaiaan streetwear di Lavayette, New York, Amerika Serikat. Didirikan oleh James Jebbia pada bulan April 1994. Modal awal mendirikan brand supereme ini sebesar $ 12.000 atau setara dengan 160 juta.

Untuk official store Supreme pertama, mempunyai tatanan yang cukup unik. Yaitu dengan membuat ruang tengah menjadi luas dan produk supreme berada di sekelilingnya, hal ini dikarenakan para skater bisa memilih barang yang dijual sambil meluncur dengan skateboardnya.

Supreme adalah usaha kedua yang didirikan oleh James Jebbia, setelah usaha ritel pertama yaitu Union NYC yang didirikan pada tahun 1989.

Pada saat dibukanya official store pertama mendapat respon positif dari pecinta hypebeast di seluruh Negara. Hingga saat ini Brand Supreme telah memiliki 12 toko yang tersebar di 4 negara mulai dari Amerika Serikat, London, Paris dan Jepang. Dan uniknya banyak toko supreme yang berada di Negara Jepang dengan total 6 toko meliputi daerah Daikanyama, Osaka, Fukuoka, Harajuku, Nagoya, dan Shibuya. Brand Supreme sendiri telah menjadi brand streetwear paling laris di Jepang.



Harga Brand Supreme

Meskipun harga produk yang ditawarkan supreme sangat mahal, namun produk ini sangat digandrungi oleh generasi millennial.

Padahal harga yang ditawarkan tidak manusiawi untuk satu buah produk. Anda pasti telah mengetahui fenomenal brand supreme asal amerika serikat ini. 

Untuk satu kaos yang dijual di website supreme yaitu streetwearofficial.com harganya US $ 160 - $ 400 atau setara dengan Rp 2,2 Juta – Rp 5,7 Jutaan. Bahkan untuk jaket dan tas dijual dengan harga Rp 4,3 juta hingga Rp 6,4 Juta.

Saat inipun supreme telah merambah ke berbagai produk, termasuk aksesoris dan benda benda aneh. Anda bisa bayangkan batu bata berlabel supreme saja dijual dengan harga Rp 400.000, bahkan di Internet ada yang menjual hingga 13 juta hanya untuk satu buah batu bata.

Dan baru baru inipun yang lagi terkenal adalah Supreme yang bekerja sama dengan perusahaan oreo, meluncurkan sebuah snack Supreme Oreo yang dibanderol 500 ribu per bungkusnya. Kira kira mengapa orang orang bisa membeli dan fanatic dengan brand supreme?

Mengapa orang fanatic dengan Supreme

Banyak faktor yang melatarbelakangi mengapa supreme digilai oleh banyak orang. Bahkan mereka rela menghamburkan uang hanya untuk sebuah produk. 

Salah satu faktor adalah faktor trend, karena memang produk supreme digunakan oleh kalangan seleb internasional mulai dari selebriti Hollywood seperti Kim Kardashian dan Kanya West, Idol KPOP, seperti J-Hope BTS dan Seulgi Red Velvet. Sehingga membuat para penggemarnya tampak keren jika memakai hal yang sama dengan idolanya.

Brand Supreme juga mampu melihat dan berkolaborasi dengan brand ternama maupun artis artis tertentu. Misalnya kolaborasi dengan Produk Nike, Vans, dan Perusahaan Oreo baru baru ini. Hal ini tentu mampu menempatkan supreme sebagai brand yang paling keren.

Untuk supreme sendiri telah mempunyai aturan khusus dalam menjualkan barangnya, yaitu satu orang hanya diperbolehkan membeli satu produk yang sama sekaligus, jadi jika anda menginginkan membeli 2 buah kaos supreme dengan gambar yang sama, anda harus berhadapan dengan kasir dua kali. Hal ini agar tidak ada praktik monopoli dari para pembisnis lain.


Strategi Bisnis Brand Supreme

Sebenarnya apa yang membedakan produk supreme mempunyai harga yang melangit, berikut ini strategi bisnis yang dilakukan oleh Brand Supreme untuk menarik konsumen.

1. Harga mahal karena jumlah produk yang terbatas

Anda pasti telah mengetahui teori ekonomi dasar, dimana jika permintaan suatu barang tinggi namun persediaan terbatas maka harga jual produk tersebut bisa naik atu sangat mahal.

Nah hal ini yang dilakukan oleh produk supreme. Dimana seluruh produk yang diciptakan oleh brand ini jumlahnya sedikit atau biasa disebut “Limited Edition” . Sehingga ketika suatu produk tersebut di keluarkan atau di launching, antrean panjang selalu terlihat.

Bahkan ketika produk supreme dijual kembali, harga yang ditawarkan bisa lebih fantastis dari harga beli. Hal itulah penyebab mengapa orang berbondong bondong membeli barang tersebut dan menjual lagi melalui internet dengan harga yang sangat tinggi.

2. Bahan produk menggunakan material dengan kualitas terbaik

Memang kalau dilihat hanya sepintas produk yang dijual brand supreme tidak ada bedanya dengan merek lain.

Namun ternyata brand ini menggunakan bahan material yang berkualitas terbaik disetiap produk yang mereka luncurkan. Banyak dari pembeli yang merasa kaos supreme sangat nyaman ketika digunakan.



3. Inovativ

Anda pasti telah melihat lihat desain kaos dan produk lain yang biasa biasa saja, namun tahukah anda bahwa supreme mampu membuat terobosan baru yang unik dan inovatif?

Saat brand brand streetwear hanya memproduksi jaket dan kaos, supreme malah memproduksi sesuatu yang unik misalnya, korek, tongkat baseball, alat pemadam, batu bata dan masih banyak lagi.

4. Sering digunakan oleh artis artis popular

Untuk menetapkan harga produk bisanya adalah dengan melihat seberapa popular tingkat popularitas suatu produk tersebut. Hal ini yang digunakan supreme sebagai strategi bisnis.

Ia melihat bahwa brandnya telah mampu meraih popularitas yang tinggi di dunia. Bahkan produknya telah digunakan oleh artis dan musisi terkenal, seperti John Mayer, dan Kanye West.

Dengan cara tersebut para penggemar pasti akan membeli produk supreme dan hal ini juga digunakan untuk menaikkan harga supreme.

5. Berkolaborasi dengan brand papan atas

Supreme sendiri telah banyak berkolaborasi dengan brand brand papan atas yang terkenal. Seperti The Nort Face, Vans, Commer, Nike, dan masih banyak lagi.

Ketika brand tersebut berlabel supreme pasti harga langsung melejit. Seperti harga jaket outdoor TNF biasanya dijual dengan harga Rp 4,3 juta namun ketika berlabel supreme harga melejit Rp 18,6 jutaan.

Dan baru baru ini yang booming supreme bekerja sama dengan perusahaan oreo, oreo yang biasnya hanya dijual perbungkus Rp 1000 rupiah, ketika berlabel supreme harga menjadi Rp 500 ribu. Sangat fantastis bukan?

6. Budaya hypebeast yang berkembang

Budaya hypebeast juga berkembang saat ini, yaitu ketika anak muda mempunyai obsesi dengan brand brand kekinian yang harganya sangat mahal, namun tetap dibeli. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh brand seperti supreme.

Karena permintaan yang terus bertambah, maka mereka akan menaikkan harga jual produk.

Berapapun harganya pasti anak muda tersebut akan mau membeli karena telah kecanduan.

Itulah rahasia mengapa merek supreme bisa diminati dan mempunyai harga yang sangat tinggi dibandingkan dengan merek lain.

Supreme adalah brand yang mampu menguasai image mereka. Pastinya brand ini akan tetap bertahan beberapa tahun kedepan, tidak peduli berapa toko lagi yang akan mereka buka.

Jadi bagi anda yang mau membuka bisnis, anda bisa meniru bagaimana supreme membentuk imagenya terhadap para konsumen.

Post a Comment for "Menguak Rahasia Dibalik Mahalnya Merek “Supreme”"