Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Melakukan Riset Pasar untuk Memulai Usaha, berikut caranya

Pentingnya Melakukan Riset Pasar untuk Memulai Usaha, berikut caranya


Riset pasar adalah suatu kegiatan penelitian dalam bidang pemasaran dengan bentuk analisa, pastinya hal ini dibutuhkan oleh semua orang yang hendak menjalankan suatu bisnis.

Tujuannya untuk memperkirakan situasi apakah mendukung jika digunakan sebagai penerapan ide usahanya. Memang membutuhkan ketelitian dan hasil analisa sebenar-benarnya supaya nanti tidak sampai rugi.

Tapi, untuk fungsi riset pasar sendiri cukup banyak tergantung pada analisa apa saja yang Anda butuhkan. Semakin detail analisa yang dijalankan maka akan semakin kecil pula peluang terjadinya resiko kerugian ketika menjalankan usaha.

Oleh karena itu, jadilah calon pebisnis cerdas dan cermat supaya lebih cakap tanggap untuk mengetahui semua hal baru dalam berbisnis.

Ketahui Pengertian dan Tujuan Riset Pasar

Riset pasar merupakan pengumpulan analisa sekaligus laporan yang berbentuk sistematis berisi data dan semua penemuan. Data tersebut harus diambil langsung dari lapangan dimana kebenaran sudah jelas.

Sebagai penghubung antara konsumen dengan pihak pemasar, Anda bisa melakukannya secara mandiri atau meminta bantuan jasa riset yang sudah profesional.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam melakukannya adalah brand memiliki peluang besar untuk semakin terkenal.

Dengan demikian, omset dalam bisnis bisa terus mengalami peningkatan berkali-kali lipat. Setelah memahami maksud dari riset, selanjutnya ketahui tujuan riset pasar bagi setiap perusahaan.


1. Membantu Brand untuk Memperoleh Informasi

Informasi yang dimaksudkan disini adalah besarnya pasar potensial sebuah produk yang sesuai dengan target pemasaran. Hal ini pasti dibutuhkan ketika menentukan target penjualan dan target market.

2. Mengetahui Adanya Respon Pasar terhadap Banyaknya Produk atau Jasa

Hasil riset nantinya akan digunakan oleh produk baru sebelum resmi untuk dirilis di pasaran. Tapi tidak hanya produk baru saja, melainkan juga membantu meningkatkan penyusunan strategi supaya stok lama mengalami peningkatan penjualan.

3. Memahami Segala Perilaku Pelanggan yang Sesuai dengan Target Pasar

Pentingnya mengetahui perilaku pelanggan untuk adalah untuk memasukkan brand ke pasaran dengan efektif. Selanjutnya, pengusaha bisa menyusun strategi yang jitu dalam pemasaran.

4. Mendapatkan Hasil Berupa Data dan Informasi

Selain untuk menyusun strategi masuk ke pasaran, tujuan riset pasar juga untuk melakukan evaluasi khusus pada pemasaran yang sedang berlangsung maupun sudah terimplementasi.


Pentingnya Melakukan Riset Pasar untuk Memulai Usaha, berikut caranya

2 Klasifikasi Jenis Riset Pemasaran

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua jenis riset pemasaran, yaitu primer dan sekunder. Berikut untuk penjelasan masing-masing klasifikasi.

Riset Primer

Dalam pengerjaannya, riset ini mengumpulkan informasi langsung dari target pemasaran. Hal ini dilakukan supaya bisa mendapatkan hasil terkait kondisi pasar yang terbaru.

Biasanya bentuk pengumpulan berupa kuesioner riset pasar, wawancara, survei berasal dari calon konsumen. Tapi,bentuk yang paling sering digunakan oleh para pengusaha karena dinilai efektif dan cepat adalah wawancara dan kuesioner riset pasar.

Riset Sekunder

Selanjutnya, jenis riset pemasaran kedua adalah sekunder yang cara pengumpulan informasinya melalui analisa data umum. Kemudian, hasil tersebut digunakan sebagai bahan pertimbangan ketika melakukan strategi pemasaran oleh perusahaan.

Inilah Cara dan Proses Riset Pasar

Sebagai sumber informasi yang penting, terdapat beberapa cara riset pasar yang harus Anda ketahui, yaitu :

1. Menentukan Tujuan Utama Riset

Tujuan utama ini supaya Anda bisa lebih fokus pada penjualan produk atau jasa sehingga bisa mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diinginkan.

2. Menentukan Tipe Riset Pasar

Cara riset pasar yang cukup penting satu ini memiliki empat tipe, yaitu segmen pasar, testing pasar, riset harga dan analisa tingkat kepuasan pelanggan. Sebenarnya semua itu sangat penting, tapi Anda bisa memilih salah satu tergantung permasalah usaha Anda.

3. Menentukan Metode Pengumpulan Data dan Informasi

Terdapat banyak sekali metode yang bisa Anda Pilih, yaitu Kuantitatif, kualitatif, survey, pengumpulan data primer, observasi, wawancara, diskusi, Pengumpulan data sekunder, dan tes produk. Semua metode tersebut bisa digunakan tapi dengan syarat hasilnya harus benar-benar data asli dari penelitian.

Karena, cukup sulit dalam membuat hasil analisa pasti sehingga bisa dipelajari dengan baik dan menghindari kemungkinan resiko yang terjadi kedepannya.

4. Mencari Sumber Pengumpulan Data

Proses riset pasar selanjutnya adalah sumber pengumpulan data dimana bisa dilakukan secara acak, sampel atau keseluruhan secara merata. Hal ini tergantung pada berapa lama waktu Anda dalam mengumpulkan data dan informasi.

5. Menganalisis Data

Jika data sudah terkumpul maka Anda harus melakukan analisa. Apabila data tersebut kuantitatif maka bisa menggunakan software khusus. Tapi, jika untuk data kualitatif maka cukup menggunakan analisa SWOT.

6. Menentukan Rekomendasi dari Hasil Riset

Langkah terakhir adalah menentukan rekomendasi mana  yang cocok dengan data yang sudah dianalisa. Jadi Anda harus melihat apakah yang muncul berupa kelebihan atau kekurangan, kemudian ambil langkah dari hasil tersebut.

Pada setiap proses riset pasar membutuhkan ketelitian dan pemahaman atas apa yang saat itu sedang dilihat. Karena, sebuah analisa berada di antara tepat atau tidaknya untuk menuju apa yang sudah ditargetkan.

Apabila sebagai seorang pengusaha sudah melakukan proses riset pasar atau mengikuti semua tahapannya dengan baik maka omset yang tinggi bisa mudah Anda dapatkan.

Pentingnya Melakukan Riset Pasar untuk Memulai Usaha, berikut caranya

5 Manfaat Riset Pasar untuk Perusahaan

Satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah manfaat riset pasar yang cukup banyak, tapi disini hanya akan disebutkan 5 sebagai batas pemahaman saja.

1. Mengenal Karakter Target Pemasaran

Dengan mengenal karakter target tersebut, maka akan sangat membantu dalam menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan target pemasaran.

2. Menganalisa Taktik Kompetitor

Manfaat riset pasar kedua akan membantu pelaku usaha dalam mengenali kompetitornya sehingga bisa memunculkan ide-ide baru lainnya guna menarik perhatian calon konsumen.

3. Cari Peluang

Setelah melakukan riset, pasti sebagai pelaku usaha Anda bisa jeli dalam melihat peluang guna menambah keuntungan yang lebih besar. Peluang tersebut dapat berupa produk baru atau lama tergantung bagaimana strategi yang diterapkan.

4. Mengatasi Resiko dan Kendala yang Terjadi

Jika sudah memiliki hasil riset Anda tidak akan panik jika mengalami masalah dan bisa langsung tahu bagaimana jalan keluarnya.

5. Mengetahui Kebutuhan Pasar

Kebutuhan pasar sangat perlu untuk melihat peluang mana yang memungkinkan untuk bisa jalan pada masa itu.

Dari 5 diantara banyaknya fungsi riset pasar di atas, maka bisa dilihat bahwa hal ini berpengaruh besar untuk perkembangan dan kemajuan bisnis.

Tapi tidak sedikit orang yang masih mengabaikan bagian terpenting karena dirasa masih belum membutuhkan. Biasanya yang tidak mengikuti tahapan ini adalah usaha kecil. Padahal, mulai dari pengusaha kecil justru harus menggunakan fungsi riset pasar untuk bisa berkembang dengan waktu singkat.

Memahami Contoh Riset Pasar

Salah satu contoh riset pasar yang bisa untuk dijadikan pemahaman dalam mendapatkan wawasan adalah riset dari penjualan mie ayam di sekitar rumah sakit.

Pemilik usaha memang memiliki modal cukup banyak dan berniat untuk memulai langsung dengan besar-besaran. Karena, ia sudah melakukan riset kebutuhan di area tersebut.

Ternyata, sebagian besar orang yang menjadi pengunjung atau keluarga dari pasien di rumah sakit tersebut tidak ingin mengkonsumsi makanan terlalu berat berupa nasi.

Hal ini bisa dilihat dari ramainya orang yang memilih untuk makan mie pangsit atau bakso di gerobak dibandingkan makan nasi campur di tenda pinggiran.

Apabila pertimbangan konsumen adalah segi biaya, keduanya memiliki harga yang sama murahnya. Tapi bukan berarti tidak ada sama sekali peminat konsumsi nasi.

Jadi, memang kebanyakan dari pengunjung maupun pekerja di rumah sakit tersebut adalah penyajian cepat namun tetap mengenyangkan.

Selanjutnya, supaya Anda bisa lebih jelas adalah memahami dari gambarkan bagan riset pasar berikut :


Pentingnya Melakukan Riset Pasar untuk Memulai Usaha, berikut caranya


Setelah melihat dan mencoba untuk memahami gambarkan bagan riset pasar di atas pasti Anda yakin bahwa melakukan riset memang sangat penting untuk memulai dan mengembangkan usaha apapun tak terkecuali.

Meningkatnya minat sebagian besar orang dalam membuka usaha mengakibatkan kegiatan riset pasar sedikit lebih sulit. Karena, pada suatu wilayah pasti terdapat satu orang yang memiliki ide bisnis sama dengan lainnya.

Apabila hal itu sampai terjadi, maka tidak akan jadi masalah asalkan keduanya memiliki ciri khas masing-masing. Dengan demikian, konsumen bisa benar-benar memilih sesuai keinginan dan sesama penjual dapat bersaing sehat.  Itulah pentingnya manfaat riset pasar, sehingga mampu mendapatkan omset tinggi.



Post a Comment for "Pentingnya Melakukan Riset Pasar untuk Memulai Usaha, berikut caranya"