Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ide Bisnis Kopi dengan Modal Ringan yang Wajib Anda Ketahui

Ide Bisnis Kopi dengan Modal Ringan yang Wajib Anda Ketahui


Kopi merupakan minuman yang dinikmati sejuta umat. Mulai anda muda hingga orang tua sangat menikmati kopi. Dengan banyaknya peminat kopi, muncul juga peluang disana.

Peluang bisnis kopi sangat menjanjikan karena selain pemainnya tidak sepadat bisnis lain, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam membangun bisnis dan juga kemampuan meracik kopi. Pengetahuan dan keterampilan ini dan tidak semua orang memilikinya.

Jika anda seorang penikmat kopi sejati, anda sebetulnya memiliki nilai tambah tersendiri karena jauh lebih paham soal seluk beluk kopi yang nantinya akan sangat berguna bagi bisnis yang hendak dijalankan.

Namun banyak yang berpikir jika bisnis kopi membutuhkan modal yang sangat besar. Kenyataannya tidak. Modal terpenting yang anda miliki adalah kemampuan melihat peluang, mendengar umpan balik konsumen dan pengetahuan seputar kopi. Inilah modal terpenting.

Jika anda berpikir bisnis kopi hanyalah membuka kafe dipinggir jalan di daerah kota yang padat dengan tampilan kafe yang menarik, mesin yang canggih dan beberapa pegawai, itu tentu membutuhkan modal yang sangat besar dan bukan bisnis kopi yang kita bicaakan disini.

Berikut ini beberapa bisnis kopi yang tidak membutuhkan modal besar:

Bisnis Kopi Cold Brew


Cold Brew atau kopi seduh dingin kini tengah menjadi tren di kalangan anak muda. Anda dapat membangun bisnis ini tanpa menggunakan modal yang besar. Modal yang dibutuhkan adalah alat seduh kopi dingin misalnya yang bermerek Hario Mizudashi Coffe Pot yang harganya hanya Rp.200.000,- rupiah saja. Atau yang lebih canggih dan bagus misalnya yang bermerek Dutch Lab yang harganya jutaan. Anda juga dapat memilih alat seduh manual pour over jika ingin manual.

Alat diatas dapat dipilih sesuai dengan budget yang tersedia dan kebutuhan produksi yang dilakukan. Lakukanlah eksperimen dengan mencoba beberapa jenis biji kopi hingga menemukan rasa yang pas. Setelah rasa dirasa pas, jangan lupa untuk meminta orang lain untuk mengujinya.

Selanjutnnya adalah pengemasan. Buatlah kemasan botol yang menarik dan terlihat jelas yang menjadi identitas produk anda nantinya.

Ide Bisnis Kopi dengan Modal Ringan yang Wajib Anda Ketahui


Bisnis Biji Kopi

Bisnis biji kopi mungkin menjadi bisnis kopi yang paling mudah yang bisa dilakukan karena tanpa modal dan yang diperlukan hanyalah jaringan dengan para petani kopi, pabrik kopi dan juga kafe.

Anda dapat menjadi tangan kedua atau ketiga sebagai distributor yang mendistibusikan atau menjual kembali biji kopi dari petani atau juga dari pabrik ke mereka yang membutuhkan biji kopi atau bubuk kopi ke perorangan ataupun ke kafe.

Sebaiknya pilah-pilih mana biji kopi terbaik dan layak untuk dijual dan mana yang sebaiknya tidak anda pilih. Dibutuhkan kejelian dan ketelitian serta jaringan yang luas jika ingin memulai bisnis biji kopi. Anda nantinya mendapatkan keuntungan dari mark up harga pembelian.

Kedai kopi sederhana

Anda dapat membangun kedai kopi sederhana yang nantinya dapat menjadi tempat kumpul anak muda bercengkrama sambil menikmati kopi racikan anda. Kedai kopi sederhana tidak membutuhkan modal yang besar, cukup sediakan tempat seadanya dengan sederhana.

Tidak perlu sofa mewah dan tampilan yang kekinian. Fokuslah ada rasa dan pelayanan yang baik sebagai nilai tambah utama anda.

Untuk membuat kopi, anda tidak perlu menggunakan alat canggih yang mahal. Cukup gunakan alat manual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga alat-alat kopi otomatis. Misalnya jika anda ingin menghasilkan espresso ada dapat menyediakan Rok Presso ataupun Bellman untuk membuatnya.

Selain murah, tidak ada tambahan biaya untuk listrik yang digunakan. Selain alat tadi, anda juga bisa menyediakan beberapa alat manual lain seperti V60, Aeropress, Chemex, dan sebagainya.

Sediakanlah juga menu makanan ringan sebagai pelengkap kopi. Makanan berat tidak usah disediakan karena memang kedai ini difokuskan untuk kopi.

Dengan cara diatas, anda sudah dapat memiliki kedai kopi dengan cara yang mudah dan murah.

Coffee Truck atau Gerobak Kopi

Apakah anda pernah mendengar grobak kopi atau coffe truck? Sederhananya ini adalah kopi yang dijajakan sambil berkeliling atau diam di satu tempat di pinggir jalan. Ini belum begitu populer di Indonesia, diluar negri hal seperti ini sudah sangat populer seperti di Eropa, Amerika dan Australia.

Coffe truck atau gerobak kopi biasanya digerakan oleh sepeda, sepeda motor atau mobil. Ini dapat menjadi peluang usaha yang sangat bagus sekali di Indonesia mengingat trennya belum ada, anda dapat membuat trend ini dan menjadi jawara di pasar coffe truck nantinya.

Jika hendak membuat coffe truck atau grobak kopi, anda dapat membuat tampilan semenarik mungkin dan terlihat jelas dari kejauhan. Anda dapat menggunakan kendaraan seperti mobil, motor atau sepeda.
Repacking

Salah satu bisnis kopi yang sangat mudah dijalankan adalah dengan melakukan repacking. Anda hanya perlu membeli bubuk kopi dan mengemasnya dengan merek anda dan menjualnya kembali. Selesai.

Ide Bisnis Kopi dengan Modal Ringan yang Wajib Anda Ketahui

Dalam bisnis repacking, penting bagi anda untuk berinvestasi pada membangun brand. Bisa saja kopi yang anda jual merupakan kopi dengan harga yang murah, jika band anda cukup baik dikenal masyarakat, anda dapat menjualnya dengan harga yang tinggi.

Dalam repacking, anda tidak hanya menjual sebuah produk, tetapi menjual produk dan brand anda. Brand mewakili komitmen kepada pelanggan, citra, dan fokus perusahaan.

Untuk sukses dalam bisnis repacking, anda harus terlebih dahulu memilih jenis kopi yang nantinya akan anda repacking. Penting bagi anda untuk memastikan bahwa jenis kopi sesuai dengan brand dan merek yang akan disematkan didalamanya nantinya.

Setelah itu buatlah kemasan yang memenuhi syarat ini:

Mewakili jenis kopi yang ada di dalam kemasan
Memiiki warna yang menarik dan mencolok
Kemasan cukup menjual
Tertera lebel yang dibutuhkan seperti lebel halal, komposisi, nama merek, tanggal kadaluarsa, perizinan dan lain sebagainya.

Sebagai pemula, anda tidak langsung mendapatkan perizinan, dan tidak perlu mendaftarkan merek. Buatlah kemasan menarik terlebih dahulu kemudian setelah itu perizinan diurus dibelakang.

Namun jangan sampai terlambat karena khawatirnya akan ada masalah yang juah lebih besar nantinya. Cek juga merek dagang yang hendak digunakan apakah sudah didaftarkan atau belum.

Setelah itu anda dapat melakukan distribusi dengan memasarkan ke penikmat kopi baik secara langsung ke perorangan, ke distributor, atau ke kafe.

Jangan lupa untuk melakukan promosi baik secara online maupun offline. Tujuannya agar merek anda dikenal dimasyarakat luas nantinya.


Ide Bisnis Kopi dengan Modal Ringan yang Wajib Anda Ketahui


Penutup


Pada dasarnya semua hal terkait dengan kopi dapat dilihat sebagai sebuah bisnis karena dibalik secangkir kopi ada banyak bisnis yang berjalan dibaliknya. Diantaranya perkebunan kopi, mesin pengolahan biji kopi mentah, produksi bubuk kopi, produksi biji kopi, distribusi bubuk kopi, distribusi biji kopi, mesin pembuat kopi, kaffe, dan repacking.

Post a Comment for "Ide Bisnis Kopi dengan Modal Ringan yang Wajib Anda Ketahui"