Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Sukses Mendapatkan Uang dari bisnis afiliasi (Affiliate Marketing)

Tips Sukses Mendapatkan Uang dari bisnis afiliasi (Affiliate Marketing)


Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari internet. Mulai dari memasang iklan google ads, youtube ads, berjualan online, membuka jasa pembuatan website, bisnis afiliasi maupun lain lain.

Dari sekian banyak cara, salah satu yang bisa anda gunakan bahkan tanpa modal sekalipun dan minim resiko adalah bisnis afiliasi atau biasa disebut afilliate marketing.

Nah bagi anda yang masih bingung bagaimana cara memulai bisnis afiliasi, anda menemukan artikel yang tepat.

Karena akan membahas secara lengkap tentang affiliate marketing yang bisa membuat anda sukses. Yuk simak hingga akhir dan pastikan anda tak melewatkan sedikitpun info yang terkait.

Apa itu Bisnis Afiliasi?

Bisnis Afiliasi adalah model bisnis online yang bisa menghasilkan uang dengan cara menjual produk fisik maupun digital dari perusahaan atau lembaga pemilik produk tersebut.

Program Bisnis afiliasi ini relative gampang digunakan, karena anda hanya perlu memasang kode referral tertentu ke dalam website, artikel, landing page, atau sosial media tertentu.

Keuntungan baru bisa anda dapatkan ketika ada penjualan dengan menggunakan kode referral anda. Apakah anda tertarik menjalankan bisnis afiliasi, pahami cara kerjanya!

Cara Kerja Bisnis Affiliasi

Pada dasarnya bisnis afiliasi adalah mempromosikan produk agar orang mau membeli dengan kode tertentu. Berikut ini langkah langkah yang bisa anda gunakan untuk melakukan afiliasi :

a. Daftar Program Afiliasi

Jika anda menginginkan terjun dalam program afiliasi, anda harus mendaftar terlebih dahulu program afiliasi dari perusahaan tertentu.

b. Promosi produk

Jika sudah daftar saatnya anda mempromosikan produk dari perusahaan yang mengajak anda bekerja sama. Biasanya anda akan diberikan kode referral tertentu, yang bisa anda gunakan untuk mempromosikannya. Kode tersebut bisa anda sisipkan di website, blog, dan media sosial yang anda miliki.

c. Orang menggunakan kode referral anda

Kode referral yang telah anda sisipkan di media promosi anda, biasanya digunakan orang orang untuk mendapatkan diskon tambahan.

d. Dapatkan komisi

Anda akan mendapatkan komisi jika ada orang yang membeli produk melalui link yang telah anda bagikan. 

Cukup mudah kan? Cara ini merupakan cara kerja affiliate secara umum. Anda harus mengingat bahwa ada perbedaaan satu affiliate dengan perusahaan affiliate lainnya, sehingga itu ada harus membaca ketentuan dan syarat ketika mendaftar program afiliasi tersebut.

Tips Sukses Mendapatkan Uang dari bisnis afiliasi (Affiliate Marketing)


Kelebihan Bisnis Afiliasi

1. Proses Mudah

Binis afiliasi sangat mudah dijalankan. Walau ada beberapa perusahaan yang memang mempunyai ketentuan dan syarat khusus, akan tetapi pada umumnya hampir sama.

Anda bisa mendaftar menjadi affiliate marketer, dan mulai mempromosikan produk. Enaknya lagi, anda akan mendapatkan komisi dari link yang anda pasang ketika ada orang yang membeli produk tersebut.

2. Biaya Murah

Untuk perusahaan yang menyediakan program afiliasi bermacam macam, ada yang mengratiskan biaya pendaftaran, sehingga anda tidak perlu keluar modal sedikitpun, ada juga ketika anda mendaftar anda harus membeli produk agar bisa mengikuti program affiliate marketing perusahaan tersebut.

3. Tidak terbatas pada satu affiliate

Anda bisa mengikuti banyak program affiliate marketing dari banyak perusahaan, selama tidak ada syarat yang bertabrakan dengan ketentuan perusahaan lain.

Sehingga dengan begitu kemungkinan besar, anda akan memperoleh banyak komisi.

4. Bisa dijadikan passive income

Jika anda mempunyai passive income dari bisnis kos kosan maupun kontrakan, anda juga akan mempunyai passive income dari affiliate marketing ini. Dengan begitu anda akan menambah penghasilan anda hanya dengan melalui link yang telah anda promosikan.

5. Jam Kerja fleksibel

Jika anda mulai menekuni affiliate marketing ini menjadi sumber pendapatan utama, maka secara otomatis jam kerja menjadi fleksibel, tanpa ada ikatan waktu tertentu.

Bahkan dengan menjalankan bisnis afiliasi ini tidak ada patokan berapa lama waktu untuk bekerja, sehingga jika dirasa telah cukup, anda bisa gunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Cara Mudah memulai affiliate marketing

Anda menginginkan terjun ke affiliate marketing namun bingung bagaimana cara memulai menjadi affiliate marketer. Nah berikut ini hal yang umum yang dibutuhkan jika anda bergabung dengan program afiliasi :

a. Riset program affiliate marketing terlebih dahulu

Banyak program afiliasi yang bisa anda coba, namun anda harus tahu manakah bisnis afiliasi yang paling cocok dengan anda. Sehingga anda perlu meriset terlebih dahulu, cobalah untuk mempertimbangkan faktor faktor berikut ini :

Relevansi produk

Anda harus tahu bahwa produk yang anda pasarkan mempunyai relevansi dengan media yang akan anda gunakan untuk mempromosikannya.

Komisi

Setiap program afiliasi pasti akan menjelaskan persentase komisi yang mereka tawarkan kepada anda. Pastikan anda tahu berapa jumlah persentase yang akan anda dapatkan jika menjual satu produk, dengan begitu anda bisa mempertimbangkan mau mengikuti program afiliasi tersebut atau tidak.

Pengguna afiliasi

Cara lain yang wajib anda pertimbankan adalah kualitas dari program afiliasi tersebut. Anda bisa melihat reputasi perusahaan, dan anda akan tahu apakah program afiliasi tersebut memang menguntungkan bagi anda atau tidak.

Support

Anda juga perlu memastikan bahwa program afiliasi tersebut menawarkan dukungan yang baik, baik dalam chat maupun email, sehingga dengan begitu ketika anda mengalami masalah terkait progamnya anda akan segera mendapatkan bantuan.

Jika hal tersebut sesuai dengan harapan anda, maka anda bisa mencoba untuk segera daftar program affiliate tersebut.

b. Mencari media promosi

Tak perlu khawatir untuk mencari media promosi yang akan anda lakukan. Karena anda bisa mulai memanfaatkan website, media sosial atau channel youtube maupun tiktok anda untuk mempromosikan produk affiliate marketing.

c. Membangun pengetahuan tentang produk afiliasi

Jika anda telah mendaftar program afiliasi, hal yang wajib anda ketahui adalah informasi tentang produk. Pastikan informasi yang anda sampaikan benar, jangan sampai menurunkan kepercayaan (trust) dari calon pembeli. Jika tidak sesuai dengan spesifikasi, tingkat kemungkinan untuk membeli dengan kode referral anda juga kecil, jadi anda harus mempelajari baik baik produk yang sedang anda promosikan.

d. Melakukan promosi

Jika sebelumnya anda belum pernah mempromosikan produk, atau anda adalah pemula yang baru saja mengikuti program afiliasi, anda tak perlu khawatir. Karena anda bisa memperlajari cara memporomosikan produk dari website pakar internet, affiliate marketer lain dan masih banyak lahi.

Tips Sukses Mendapatkan Uang dari bisnis afiliasi (Affiliate Marketing)


Tips sukses menjalankan bisnis affiliasi

Tak sesulit yang dibayangkan, jika anda mulai terjun di dunia affiliate marketing. Yang terpenting anda terus mempromosikan bisnis anda dan selalu mempunyai kemauan untuk mempelajari affiliate marketing, agar bisa memperoleh penghasilan dari komisi penjualan yang di dapatkan.

Untuk itu anda harus menggunakan tips sukses menjalankan bisnis afiliasi yang mempu menghasilkan hingga puluhan juta, bagaimana caranya, simak berikut ini :

1. Buat review personal

Cara ini bisa anda gunakan untuk membuat orang tertarik dengan produk yang sedang anda promosikan. Yaitu dengan mereview produk seolah olah anda memang menggunakan produk tersebut.

Anda bisa menambahkan pengalaman anda menggunakan produk yang sedang anda promosikan. Dengan begitu orang akan percaya bahwa anda juga menggunakan produk tersebut, dan kemungkinan mereka akan mencari tahu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

2. Jangan fokus hanya mendapatkan komisi

Memang tujuan anda adalah untuk menghasilkan komisi, namun anda harus ingat bahwa anda harus mampu menarik orang untuk membeli produk tersebut.

Sehingga mereka biasanya akan mencari orang orang yang memang mempunyai pengalaman menggunakan produk tersebut, bukan hanya sebatas informasi, spesifikasi dan harga saja. Disini anda dituntut untuk membuat review yang menarik. Buatlah konten promosi yang berbeda dengan lainnya.

Misalnya anda bisa menambahkan gambar ataupun infografis sederhana tentang produk anda.

3. Perhatikan SEO

Anda harus mampu membuat konten yang menarik yang didukung oleh SEO, dengan begitu produk anda akan ditemukan banyak orang.

Cobalah untuk meriset keyword yang berhubungan dengan produk anda, lalu cobalah untuk membuat konten artikel sesuai dengan kaidah seo, agar bisa tampil dihalaman pertama pencarian.

4. Pahami target audience anda

Anda harus mampu memahami apa yang sebenarnya target audience anda butuhkan. Pertanyaan apa yang sering mereka ajukan, dengan begitu anda bisa membuat ide konten.

5. Fokus pada niche tertentu

Jika anda mendaftar banyak afiliasi dalam waktu bersamaan, ada baiknya anda memilih produk yang masih berhubungan dengan niche atau tema blog anda.

Misalnya saja blog anda tentang bisnis, maka sebaiknya anda juga mempromosikan produk bisnis. Hal ini akan membangun kepercayaan audience anda. Karena mereka menganggap orang yang menulis atau mempromosikan produk ini memang ahlinya.

6. Berikan CTA

Dan yang paling penting adalah anda jangan lupa menaruh call to action, yaitu berupa kode referral. Hanya dengan kode ini perusahaan tersebut bisa mengidentifikasi para pembeli melalui link yang telah anda promosikan.

Website Penyedia Program Afiliasi

Ada banyak afiliasi dari luar negeri maupun Indonesia yang menyediakan program ini. Berikut ini beberapa website yang menyediakan afiliasi :

Affiliate berdasarkan marketplace : Click Bank, Ratakan, AsianBrain, IDAFF, IndoCPA

Affiliate berdasarkan tools / aplikasi : Omegasoft, Kirim.Email, AVG

Affiliate berdasarkan domain & hosting : DomaiNesia, Cloud Media Biz, DewaWeb, Qwords, NusantaraHost, Niagahoster

Affiliate berdasarkan freelance : Projects

Affiliate berdasarkan e-commerce : Amazon, Lazada, Blibli, Bukalapak

Affiliate berdasarkan bisnis : Billionaire store, YukBisnis

untuk tambahan, kalian boleh kunjungi situs sugeng.id disana juga menyediakan program Afiliasi lewat penjualan Template blogger premium

Itulah cara yang bisa anda lakukan ketika ingin menghasilkan uang diinternet tanpa modal. Kini saatnya anda memulai menjalankan bisnis afiliasi sekarang juga!

Post a Comment for "Tips Sukses Mendapatkan Uang dari bisnis afiliasi (Affiliate Marketing)"