Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Properti Bagi Pemula

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Properti Bagi Pemula


Ketika anda bertanya kepada orang orang mengenai bisnis apa yang paling menjajikan, hampir semua orang menjawab bisnis properti.

Anggapan mereka tidak salah karena memang wajar bisnis properti selalu memiliki banyak pasar, bahkan permintaan pasar dari tahun ke tahun selalu meningkat, sehingga banyak orang yang mulai terjun bisnis properti.

Namun banyak dari mereka yang hanya terjun tanpa didasari ilmu pengetahuan yang cukup, hingga membuat mereka terpaksa harus menutup bisnis properti. Eits anda tak perlu khawatir, karena bisnis properti itu sebenarnya mudah jika anda tahu bagaimana cara menjalankannya, nah kali ini anda menemukan artikel yang tepat yang akan menjawab pertanyaan anda tentang bisnis properti.

Mengenal Bisnis Properti

Bagaimana sih cara memulai bisnis properti? Sebelum anda tahu bagaimana cara memulai ada baiknya anda tahu apa itu bisnis properti. Bisnis properti ialah bisnis yang bergerak dalam bidang kepemilikan asset, misalnya tanah, bangunan, sarana & prasarana yang memiliki satu kesatuan.

Sederhananya, bisnis properti dapat dikatakan sebagai aktivitas jual beli atau sewa menyewa properti yang beragam. Mulai dari rumah, apartemen, villa,  dan kos.

Selain itu ada yang bertujuan untuk komersial misalnya ruko, hotel, mal, gedung dan bangunan industri seperti pabrik. Dan tentunya bisnis ini sangat menjanjikan dan mampu menawarkan keuntungan yang besar apabila dijalankan.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Properti

Keuntungan ketika menggeluti bisnis properti sangat banyak, namun masih banyak orang yang meragukan bisnis ini. Berikut ini keuntungan yang akan anda dapatkan jika anda memulai bisnis propeti :

1. Harga Jual Properti Terus Meningkat

Dari tahun ketahun harga jual dan sewa properti selalu meningkat. Pernahkah anda melihat harga properti menurun? Tentu tidak, sehingga bisnis ini sangat menguntungkan jika anda menjalankannya.

2. Kebebasan Menjalankan Bisnis

Bagi anda yang menyukai kebebasan, bisnis ini cocok. Karena anda tak perlu pergi ke kantor disetiap harinya. Jika bisnis properti anda sudah dikenal bahkan mapan, anda bisa bersantai dirumah, dan rekening selalu bertambah.

3. Mendatangkan Passive Income dan Massive Income

Dari bisnis properti anda akan menghasilkan 2 penghasilan sekaligus, yaitu penghasilan pasif dimana anda tak perlu bekerja dan penghasilan massif dimana anda akan mendapatkan uang dengan cara cara tertentu misalnya saja anda membeli properti dengan harga murah lalu menjualnya dengan harga mahal. Dengan begitu anda akan mendapatkan keuntungan (capital gain).


4. Penghasilan Bisnis Properti Besar

Memang untuk memulai bisnis properti memerlukan modal yang tidak sedikit, namun anda tak perlu khawatir karena anda akan medapatkan keuntungan yang relatif besar dengan resiko yang cenderung rendah. Nilai properti dari tahun ketahun akan selalu meningkat, jadi anda bisa membayangkan permintaan akan terus bertambah, itu artinya keuntungan akan selalu anda dapatkan.

5. Aman Digunakan menyimpan kekayaan

Properti merupakan benda tidak bergerak sehingga bentuk fisiknya tidak mungkin akan hilang. Kepemilikan properti seperti ini tercatat sebagai aset aktiva tetap. Sehingga aman sebagai penyimpan kekayaan, apalagi kepemilikan properti telah diatur oleh undang undang, sehingga jika anda pemilik sah, maka anda adalah satu satunya orang yang berhak atas properti tersebut.


Tips Sukses Menjalankan Bisnis Properti Bagi Pemula

5 Jenis Bisnis Properti Yang Menjanjikan Dengan Modal Minim

Bagi anda para pemula yang ingin mendirikan bisnis properti, anda bisa mencoba untuk memulai bisnis properti dengan cara berikut ini. Karena cara ini bisa anda lakukan tanpa modal sekalipun, penasaran apa saja jenis bisnis properti yang bisa anda lakukan, simak berikut ini :

1. Makelar Properti

Anda bisa mencoba menjadi makelar properti atau biasa disebut broker. Dengan menjadi broker anda bisa menjembatani seorang investor dengan pembeli atau anda bisa menjual properti secara langsung. Dan tentunya jika anda menjadi broker, anda tak perlu mempunyai properti terlebih dahulu. Makelar dibagi menjadi 2 yaitu makelar freelance dan makerlar yang mempunyai sertifikat dimana ia bekerja untuk perusahaan.

2. Bisnis Properti Melalui Pasar Modal

Jika anda tak punya cukup modal, cobalah untuk membeli saham perusahaan di bidang properti. Walau persentase kepemilikan properti kecil namun hal ini bisa anda gunakan untuk memulai mempelajari bisnis ini. Anda bisa mencoba saham properti milik Ciputra (CTRA), PT PP Persero (PPRO), Pakuwon Jati (PWON) dan lain lain.

3. Pendanaan Properti di Situs P2P Lending

Apakah anda tahu bahwa di Indonesia sudah ada situs P2P lending yang bergerak dalam bidang pendanaan bisnis properti. Situs ini digunakan untuk membantu orang orang yang ingin membeli aset properti namun membutuhkan pinjaman dana.

P2P lending ini mampu menemukan investor dan para peminjam dana. Walau resiko cukup besar, anda bisa memulai menjadi investor atau memanfaatkan situs ini untuk meminjam dana menyewa atau men dp rumah.

4. Mendirikan Situs Pencarian Properti

Jika anda memang paham dengan urusan website dan pengelolaaanya anda bisa mencoba untuk membangun sebuah website yang menawarkan berbagai properti kepada masyarakat. Di Indonesiapun ada situs properti yang terkenal yaitu Rumah.com, Rumah123 dan lain lain.

5. Menyewakan Kamar atau homestay

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan yaitu dengan menyewaka kamar yang memang tidak terpakai. Melalui situs Traveloka, AiryRoom, Booking.com anda bisa mulai menawarkan rumah anda untuk disewakan bagi mereka yang memang sedang mencari kos kosan atau pun melakukan traveling.


Tips Sukses Menjalankan Bisnis Properti Bagi Pemula

Strategi Sukses Bisnis Properti

Nah jika anda sudah tahu apa saja jenis bisnis properti yang paling cocok dijalankan saatnya anda tahu bagaimana cara yang tepat untuk sukses dalam bisnis properti. Cara ini bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis dan meminimalisir resiko yang terjadi.

1. Perhatikan Peluang

Didalam bisnis properti anda harus jeli memperhatikan setiap peluang yang terjadi. Jika anda hanya mempunyai modal minim, anda harus tahu apa properti yang cocok dan mempunyai prospek bagus kedepan. Anda bisa mencoba menjadi developer untuk mendapatkan keuntungan yang besar.


2. Manfaatkan Berbagai Kesempatan

Seperti yang telah anda ketahui sebelumnya, bahwa anda bisa terjun ke bisnis properti tanpa memiliki modal sama sekali. Menjadi makelar atau agen properti bisa anda pertimbangkan.

3. Segera memulai

Jangan menunda nunda dalam berbisnis, begitu juga untuk memulai menjalankan bisnis properti, langkah awal yang bisa anda jalankan adalah memulai bisnis. Jika anda telah mengetahui berbagai informasi, anda tak perlu khawatir akan mengalami kegagalan. Segera singkirkan perasaan gagal anda.

4. Lakukan riset

Anda juga harus melakukan riset terhadap bisnis properti anda. Misalnya saja lokasi, keadaan properti dan lain lain. Dengan begitu anda bisa mempertimbangkan harga jual dan tentunya keuntungan yang bisa anda miliki.

5. Mulai dari lingkungan sekitar anda

Seringkali banyak tetangga yang bingung ingin menjual propertinya karena mengalami kekurangan finansial atau hal lain. Nah situasi ini bisa anda manfaatkan untuk memulai menjadi agen properti.

6. Gencar Promosi

Anda harus sering melakukan promosi untuk mendapatkan calon pembeli. Saat ini promosi lewat online adalah hal yang efektif dibandingan lewat offline. Tentu anda bisa mencoba melalui sosial media instagram maupun facebook.

7. Hindari keuntungan terlalu tinggi

Hal ini perlu anda hindari jika properti yang sedang anda jual ingin cepat laku. Tentu anda harus memasang harga wajar sesuai dengan harga pasaran. Yang terpenting anda harus jeli melihat potensi properti yang anda miliki. Perhatikan juga berkas berupa surat, sertifikat dan lain lain.

Nah hal hal tersebut bisa anda jalankan jika anda menginginkan memulai bisnis properti. Anda harus sadar bisnis apapun mempunyai resiko begitu juga dengan bisnis properti. Namun anda tak perlu khawatir jika anda mau belajar dan terus mengembangkan ilmu untuk mempelajari bisnis properti.

Post a Comment for "Tips Sukses Menjalankan Bisnis Properti Bagi Pemula"