Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Strategi Membuat Produk dan Bisnis Anda Semakin Dipercaya Konsumen

5 Strategi Membuat Produk dan Bisnis Anda Semakin Dipercaya Konsumen


Kepercayaan konsumen adalah hal yang paling mahal yang bisa diperoleh oleh perusahaan, ia tidak mudah didapatkan dan sangatlah berharga. Seperti kata Warren Buffet, “Tanpa integritas, perusahaan yang berdiri selama 5 tahun dapat bangkrut dalam 5 menit.”

Sederhananya, ketika prospek dan pelanggan anda mempercayai anda, konsumen cenderung membeli dari anda. Ketika anda memiliki kepercayaan konsumen, anda juga dapat menetapkan harga yang lebih tinggi untuk meningkatkan nilai merek.

Tetapi membangun kepercayaan tidak terjadi begitu saja. anda harus tetap konsisten dalam melakukanya serta memahami persona pembeli anda dan memenuhi harapan konsumen anda dari waktu ke waktu.

Ada hal positif yang efektif untuk membangun kepercayaan terhadap merek anda, tetapi butuh waktu dan strategi khusus untuk melakukannya. Inilah strategi-strategi tersebut:

1. Interaksi dengan konsumen


Jika konsumen ingin berinteraksi dengan bisnis anda, sediakanlah kesempatan itu. Konsumen memiliki pertanyaan yang perlu dijawab jika anda tidak memberikan jawaban tepat waktu, maka anda bisa kehilangan kepercayaan.

Jadi usahakanlah utuk menjawab pertanyaan secara cepat dan jika perlu gunakan staf khusus bagian CS yang fokus menangani konsumen yang memiliki pertanyaan.

Anda juga bisa menggunakan software sperti Desk.com untuk membantu pekerjaan melayani pertanyaan konsumen ini.

Buatlah sosial media dan bagikanlah hal-hal menarik dan bermanfaat bagi konsumen anda. Postingan tidak harus selalu berupa promo, namun jauh lebih baik anda membagikan postingan yang memicu interaksi dengan calon konsumen anda.

Perusahaan besar sangat paham akan hal ini, mereka mempunyai tim khusus untuk menangani interaksi calon konsumen di sosial media.

5 Strategi Membuat Produk dan Bisnis Anda Semakin Dipercaya Konsumen

2. Memiliki produk yang berkualitas


Anda tidak bisa memaksa orang lain memercayai produk anda jika memang produk anda cukup buruk. Jadi hal pertama yang pelu dilakukan adalah dengan membuat produk yang berkualitas. Ini adalah landasan dasarnya.

Dengan memiliki produk yang berkualitas mengalahkan produk pesaing, sebetulnya anda akan memiliki seles yang tidak dibayar, konsumen puas yang mempromosikan produk anda kepada orang lain.

Promosi dari mulut ke mulut atau word of mouth adalah cara promosi yang paling efektif yang diketahui dalam marketing. Seseorang yang dipercaya, memberikan ulasan dan rekomendasi kepada orang terdekat mereka secara tulus.

Memiliki produk yang berkualitas memiliki efek bola salu. Mungkin awalnya tidak begitu terlihat efeknya, setelah orang-orang menggunakannya, mereka akan terus menggunakannya dan merekomendasikan kepada orang lain.

Contoh sederhananya adalah mobil Tesla. Perusahaan Tesla Motor Company tidak menganggarkan satu dolar pun untuk marketing, pemasaran dan iklan. Mereka hanya fokus pada pengembangan produk saja.

Namun Tesla memiliki liputan media yang sangat fantastis dari media internasional sampai influencer di instagram dan YouTube. Bermunculan komonitas pecinta Tesla diseluruh dunia.

Ingat, ini semua tanpa mengeluarkan biaya marketing sama sekali.

Apa yang dilakukan Tesla adalah mendobrak industri kendaraan dan menciptakan jenis kendaraan yang sama sekali baru dengan keunggulan yang luar biasa seperti akselerasi paling cepat di dunia, dengan teknologi batrai terbaru, paling ramah lingkungan, kendaraan listrik paling murah, kendaraan listrik dengan jarak tempuh terjauh, memiliki pompa pengisian tersendiri dan mendapatkan penghargaan yang tidak terhitung jumlahnya.

Hal yang sama dapat anda lakukan pada produk anda. Buatlah produk dengan keunggulan yang sangat tinggi sehingga anda mendapatkan citra positif dan kepercayaan konsumen.

Namun jangan tunggu sampai produk anda sempurna baru memulainya, mulailah segera kemudian perbaikan bisa dilakukan dibelakang.

Tesla juga demikian, produk mobil listrik pertamanya, Tesla Roadster cukup buruk dan dikritik banyak kalangan. Dari kritik yang ia peroleh, mulailah ia membuat produk hingga jauh lebih sempurna.

3. Lakukan branding


Branding adalah cara yang luar biasa menanamkan keyakinan kepada pelanggan anda. Saya penah menemukan salah satu perusahaan software di Indonesia yang melakukan branding sangat baik.

Perusahaannya hanya beberapa karyawan saja dan remote, beberapa dari mereka adalah seorang freelance. Dengan modal yang tidak begitu besar, mereka melakukan branding yang sangat mengesankan menurut saya.

Mereka menanamkan di benak calon konsumennya bahwa softwarenya adalah software terbaik di Indonesia. Dalam waktu singkat, perusahaan kecil ini mendapat klien dari perusahaan-perusahaan multinasional.

Ini karena mereka menggunakan branding yang kuat. Mereka meskipun sebuah perusahaan kecil yang tidak punya kantor yang dioperasikan dari rumah masing-masing karyawannya namun telihat poropsional dan gencar melakukan branding.

Banding yang dilakukan perusahaan ini dengan membuat blog yang informatif, membuat podcast, menjadi pembicara publik, iklan di internet dan lainnya.

Anda juga dapat meniru hal yang sama. Jangan tunggu perusahaan menjadi besar terlebih dahulu baru memikikan branding, namun lakukanlah branding agar perusahaan anda menjadi besar.

Barnding dimulai dari pesan apa yang ingin disampaikan brand anda nantinya. Anda ingin brand anda dipikirkan sebagai apa di mata konsumen anda. Ini sangatlah penting sekali sebelum melakukan banding.

Setelah itu buatlah pomosi dengan pesan yang telah ditentukan tadi.

5 Strategi Membuat Produk dan Bisnis Anda Semakin Dipercaya Konsumen

4. Milikilah nilai perusahaan


Nilai perusahaan penting bagi perusahaan bukan sekedar membuat “seolah-olah” perusahaan anda profesional. Nilai adalah alasan mengapa anda membangun perusahaan. Alasan mengapa anda bangun tidur dan bekerja setiap hari.

Manusia mencari nilai dan memenuhi nilai-nilainya setiap hari. Nilai inilah yang penting sebagai sebuah perusahaan yang hendak bergerak maju.

Sederhananya, buatlah klien mempercayai nilai yang anda yakini. Manusia tidak digerakan karena “apa” (adanya sesuatu), “bagaimana” (caranya sesuatu) namun karena “mengapa” (alasan sesuatu).

Jadi pikirkanlah mengapa perusahaan anda begitu penting? Mengapa produk anda memiliki keunggulan bersaing? Mengapa pelanggan harus membeli dari anda? Mengapa perusahaan anda melakukan apa yang saat ini dilakukan?

Alasan inilah yang diperlukan oleh pelanggan anda. Tidak sekedar penjelasan bahwa produk atau layanan anda hebat, bagus, namun juga sebuah visi yang sama yang dirasakan oleh konsumen.

5. Tetapkan VISI yang relevan dengan konsumen 


Konsumen meyakini apa yang perusahaan yakini dan karena konsumen dan perusahaan memiliki visi yang sama. Visi adalah salah satu nilai yang dipegang erat oleh perusahaan.

Contohnya Tesla memiliki visi dan nilai membuat kendaraan listrik ramah lingkungan. Tesla ingin mengubah dunia dengan perusahaannya dengan menyediakan mobil 0 emisi karbon dengan harga yang murah.

Anda juga bisa menirunya dengan membuat nilai, visi dan komitmen pribadi dan perusahaan dimana anda dan karyawan memegang visi yang sama dan mengajak konsumen memegang visi dan nilai nilai yang sama.

Maksudnya, anda menetapkan visi, nilai dan kerkomitmen untuk berkontribusi melalui produk anda. Maka apa yang anda lakukan tidak sekedar mengejar uang, tetapi lebih dari itu.

Anda mampu memberi manfaat kepada sesama. Nilai produk dilihat dari nilai manfaat bukan uang. Kesuksesan perusahaan diukur dari banyaknya orang yang dapat terbantu bukan dari banyaknya uang.

Post a Comment for "5 Strategi Membuat Produk dan Bisnis Anda Semakin Dipercaya Konsumen"