Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Paling Gampang Mengunci Folder di Laptop dan Komputer

Cara Paling Gampang Mengunci Folder di Laptop dan Komputer


Menggunakan laptop dan komputer untuk mengerjakan sesuatu memang telah menjadi kebiasaan banyak orang saat ini.

Pasalnya, device tersebut memang mempunyai daya yang besar untuk membantu para penggunanya untuk dapat mengerjakan berbagai tugas dengan mudah. Mulai dari pengetikan, membuat gambar, video, teks, dan sebagainya.

Banyak hal penting yang dapat diselesaikan dengan sangat cepat dengan menggunakan perangkat tersebut. Sehubungan dengan itu, pasti banyak sekali file yang biasanya disimpan oleh para pengguna laptop dan komputer yang disimpan.

Berbagai file disimpan karena akan dibuka kembali suatu saat atau mungkin hanya sekedar sebagai riwayat yang akan disimpan.

Berbagai file juga biasanya berserakan dan akhirnya masalah tersebut diselesaikan dengan membuat folder agar menyimpan berbagai file dalam satu tempat.

Namun, biasanya pasti ada file rahasia yang hanya boleh dibuka oleh pemilik perangkat tersebut dan tidak boleh diakses oleh orang lain.

Hal ini lah yang kemudian memungkinkan folder atau file yang dimiliki dalam laptop atau komputer dapat dikunci atau dibuat passwordnya.

Membatasi akses dengan adanya password memang menjadi sebuah hal yang sangat ampuh untuk mencegah orang lain membuka file yang memang dianggap privasi tersebut.

Dengan begitu, Anda akan tenang dan tak perlu takut folder atau file tersebut bisa diakses oleh orang lain.

Dengan adanya teknologi yang canggih saat ini, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengunci folder agar tak dapat diakses pengguna lain.

Beberapa tujuan dari mengunci folder itu sendiri yaitu

Menghindari folder tersebut untuk diakses oleh orang lain, terlebih lagi banyak data penting yang berada di dalamnya

Melindungi data pribadi seperti tulisan penting, video, dan foto-foto.

Mengamankan data agar tidak disalahgunakan oleh orang lain, biasanya terjadi pada komputer atau laptop yang digunakan secara bersamaan.

Memberikan akses atau password yang dibuat kepada orang-orang tertentu saja.

Berikut adalah cara termudah untuk mengunci file yang ingin diproteksi agar tak dapat diakses oleh orang lain dengan adanya password. 


1. Misalkan saja Anda punya beberapa file rahasia atau pribadi, tempatkan saja pada sebuah folder agar gampang untuk dibuat passwordnya.

Cara Paling Gampang Mengunci Folder di Laptop dan Komputer

Sebagai contoh, ada 3 buah file rahasia yang ingin diamankan. Kelompokkan ke dalam sebuah folder seperti gambar di atas. Kemudian lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Block semua file tersebut dan Klik kanan di bagian yang telah dipilih kemudian tekan pilihan ‘Add to Archieve’

Cara Paling Gampang Mengunci Folder di Laptop dan Komputer



3. Akan muncul kotak pilihan dan banyak hal yang bisa diatur untuk folder tersebut dalam komputer Anda.


Cara Paling Gampang Mengunci Folder di Laptop dan Komputer


Pertama, masukkan nama archieve yang ingin dibuat. Nama ini nantinya akan menjadi tampilan folder yang dikunci. Sebaiknya tidak menamainya dengan nama yang ‘terlalu rahasia’, tetapi biasa-biasa saja agar orang lain tak curiga dan bersikeras untuk membukanya.

4. Anda bisa memilih Archieve format, baik dalam bentuk RAR, RAR5 maupun ZIP.  Pilihan tersebut bebas karena sebenarnya sama saja tergantung kebutuhan lainnya. Namun, pada umumnya orang menggunakan RAR atau ZIP.

Cara Paling Gampang Mengunci Folder di Laptop dan Komputer


5. Kemudian pilih ‘Set Password’ untuk langsung membuat password yang diinginkan. Anda akan masuk ke tampilan kotak berikut.


6. Masukkan password yang sama di kedua isian yang telah disediakan. Kemudian tekan ‘OK’. Password akan segera dibuat oleh sistem dan folder tersebut akan terkunci.


7. Setelah password dibuat, mengakses file di dalam folder pun membutuhkan password.


Cara Paling Gampang Mengunci Folder di Laptop dan Komputer



Tentu saja tanpa mengetahui password yang dibuat, orang lain tak bisa mengakses dengan sembarangan.

Folder Anda menjadi aman dan tak perlu takut lagi diakses oleh pengguna yang tak dikenal.

Menggunakan cara ini dianggap sebagai yang paling mudah karena bisa langsung dilakukan pada device sendiri tanpa menggunakan website dan aplikasi tambahan.


Post a Comment for "Cara Paling Gampang Mengunci Folder di Laptop dan Komputer"