Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peluang Bisnis Impror dan 5 Cara Sukses Memulai dan Menjalankannya

Peluang Bisnis Impror dan 5 Cara Sukses Memulai dan Menjalankannya


Bisnis impor kini menjadi salah satu tren saat ini yang tidak bisa dilakukan 10 tahun lalu. Kini bisnis  ini dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk anda. Peluang ini cukup besar dan bisa anda jadikan sebagai bisnis utama atau sampingan.

Bisnis impor yang dibahas disini adalah impor dari China. Karen China adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi hampir semua barang dan mengedarkannya ke seluruh dunia.

Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis ini sangat direkomendasikan:


1. Efisien


Bisnis barang impor cukup efisien karena pabrik di China sangat baik dalam hal operasional dan distribusi barang. Mulai dari produksi, pengemasan, regulasi dan distribusi tidak memiliki hambatan apapun.

Anda akan jarang menemui barang yang terlambat karena barang dikirim tepat waktu dan barang akan tiba juga pada waktu yang cukup cepat.

2. Menjangkau seluruh dunia


Anda bisa mengimpor barang dari China dan menjualnya di pasar domestik di Indonesia atau juga bisa melakukan perdagangan antar negara.

Meskipun barang yang dibuat di China namun anda dapat memasarkannya ke seluruh dunia. Jadi anda bisa saja menjual barang di internet dari rumah saja dan mempromosikannya ke negara lain dan barang akan dikirimkan dari China.

3. Barang murah


China adalah tempatnya barang murah. Ini karena biaya yang rendah untuk bahan produksi, suku cadang dan juga tenaga kerja. Dengan menjual barang dai China, anda bisa mendapatkan margin yang tinggi.

4. Kualitas barang dari China semakin baik


Dulu China dikenal sebagai produsen barang tiruan yang murah dengan kualitas yang memprihatinkan. Ini karena China menargetkan pasar yang menginginkan barang murah sehingga kualitasnya diturunkan.

Namun kini China sudah berbenah, produk mereka sudah berkelas. Misalnya saya Huawei dan Xiaomi yang bersaing dengan Apple dan Samsung. Tidak hanya ranah ponsel saja, produk lainnya juga semakin baik dan mampu bersaing dari segi kualitas.

Jika anda tertarik dengan bisis impor ini, mungkin mucul pertanyaa:

“Barang apa yang harus saya jual?”

Produk apapun pada dasarnya memiliki konsumen, namun jika anda menginginkan barang yang memang sedang dicari oleh masyarakat, barang barang ini layak anda beli dan jual nantinya:

1. Fashion

2. Produk kebutuhan rumah tangga

3. Produk unik dan lucu

Apakah anda sudah memiliki bayangan bagaimana bisnis importir ini? Lalu bagaimana cara memulai menjalankan bisnis importir ini?


Peluang Bisnis Impror dan 5 Cara Sukses Memulai dan Menjalankannya


CariDuit.id telah merangkumnya dalam 5 cara berikut ini:


1. Ketahui jenis pasar yang hendak dituju

Hal pertama yang perlu anda tentukan adalah kemana anda hendak menjualnya, kepada siapa dan pasar yang anda tuju. Ini adalah tahap yang paling penting diantara semua tahapan.

Mengapa?

Karena kesalahan paling umum seorang importir pelula adalah mereka mereka mengimpor barang yang mereka pikir akan laku. Padahal kenyataannya ini adalah kesalahan besar.

Anda tidak bisa menjual barang tertentu hanya karena melihat pesaing anda juga menjual barang tersebut. Ini bukan cara yang benar dan tidak akan berhasil.

Jadi yang anda harus lakukan adalah mengetahui jenis pasar yang hendak anda tuju terlebih dahulu. Jika tidak seperti ini, anda tidak akan melakukan pemasaran secara efektif, tidak tahu bagaimana menetapkan harga dan tidakk tahu bagaimana mengecek suatu barang dan lainnya.

Jika seandainyapun anda mendapatkan untuk dengan ikut-ikutan menjual produk yang sama seperti pesaing anda, ini tidak akan bertahan lama. Sebagai pemula, anda akan kalah dari sisi pengalaman dan pengoperasian dengan pesaing.

Jadi solusinya, imporlah produk yang termasuk dalam hobi anda. Ini adalah cara terbaik dan efektif dari segala aspek.

Karena anda hobi, anda tahu merek, jenis dan kualitas barang. Anda juga memiliki jaringan komunitas yang memiliki hobi yang sama untuk melakukan pemasaran.

Namun jika anda tidak memiliki hobi, cobalah untuk mempelajari beberapa produk yang menarik bagi anda.

2. Hindari barang yang memiliki resiko

Beberapa barang memiliki resiko tertentu baik karena kesalahan produksi maupun kesalahan dalam pengguanan. Sebagai importir, ini menjadi momok yang cukup menakutkan.

Kalau memang hal yang tidak diinginkan terjadi, anda memiliki beban moral karena telah menyakiti orang lain. Yang terburuk, anda dapat diperkarakan di pengadilan.

Perabotan memiliki resiko rendah, sedangkan produk bayi memiliki resiko besar karena berhubungan dengan bayi.

Pilihlah produk yang memiliki resiko rendah.

3. Hindari barang palsu

China terkenal dengan barang kw-nya yang sangat mirip dengan aslinya. Ini cukup menarik bagi sebagian orang karena mereka bisa menjual barang palsu sebagai barang asli. Cara ini juga memungkinkan importir memperoleh keuntungan yang besar.

Namun itu sama saja menipu. Bisnis tidak akan bertahan lama, reputasi anda bisa jatuh bahkan bisa terjerat hukum pidana.

Jangan pernah sekalipun mengimport barang kw atau palsu. Banyak sekali barang China meskipun tercantum trademarked seperti ® kecil atau ™ bisa jadi ternyata adalah barang palsu. Ini terjadi karena undang-undang China mengenai hak paten cukup longgar.

Ini sangat merugikan produsen yang menciptakan produk dan merek tersebut bahkan hingga jutaan dolar. Sebagai pedagang, tidaklah etis anda menjual dengan merugikan orang lain meskipun tercantum barang kw dalam deskripsi produk.

Seringkali seorang importir juga tertipu saat melakukan impor barang branded ternyata yang sampai adalah barang kw. Kalau memang demikian, tidak menjadi alasan anda juga menjual barang kw tersebut sebagai barang asli.


Peluang Bisnis Impror dan 5 Cara Sukses Memulai dan Menjalankannya

4. Cari barang termurah

Sebagai pedagang, anda mengharapkan keuntungan yang besar tentunya. Ini diupayakan dengan menemukan pemasok atau supplier yang menawarkan harga yang murah.

Menemukan barang yang murah perlu upaya ekstra apa lagi produk tertentu yang unik dan lucu yang biasanya cukup terbatas.

Cobalah untuk bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman di bisnis impor barang untuk menemukan barang yang murah. Bandingkanlah beberapa produk dari beberapa penjual dan temukan yang paling murah diantara mereka.

5. Promosikan

Tahap terakhir yang sangat penting adalah melakukan promosi. Promosikanlah di beragam platform agar orang-orang mengetahuinya.

Anda bisa menjualnya di Instagaram, Facebook, dan lainnya. Cobalah untuk menggunakan promosi berbayar seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan lainnya.

Jangan lupa untuk memposting ke sebanyak mungkin marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya.

Jangan lupa untuk mencoba fitur ads di marketplace tersebut untuk mendapatkan pelanggan yang banyak.

Sebagai pemula, sangat penting bagi anda untuk melakukan promosi yang agresif untuk mendapatkan pelanggan. Jangan hanya mengandalkan satu atau dua platform untuk promosi. Maksimalkan semuanya. Gunakan sebanyak banyaknya dan jangkau sebanyak-banyaknya orang.

Semakin banyak yang melihat produk anda, semakin banyak yang membeli, semakin membeli, semakin banyak pula keuntungan yang dapat anda peroleh nantinya dari bisnis impor ini.

Post a Comment for "Peluang Bisnis Impror dan 5 Cara Sukses Memulai dan Menjalankannya"