Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peluang Usaha Kafe yang Sangat Menggiurkan! Begini Cara Memulainya



Bagi beberapa orang, kopi seperti menjadi kebutuhan pokoknya seperti halnya nasi. Kopi sangat diminati oleh semua kalangan baik tua maupun muda. Kopi di Indonesia memiliki cita rasa yang khas dan cukup terkenal hingga ke mancanegara.

Dengan kualitas kopi Indonesia yang berkualitas, dan dengan peminat kopi yang sangat tinggi, menjadikan Indonesia sangat subur untuk usaha kafe. Banyak usaha kafe baik dari luar negri seperti Starbuck dan dari dalam negeri ikut berkompetisi merebut market yang sangat besar ini.

Melihat antusiasme pelaku usaha terhadap usaha kopi tidak mengurangi pangsa pasar yang sangat besar dan terus tumbuh ini. Masih ada peluang besar dalam bisnis usaha kafe ini.

Jika anda membuka usaha kafe, ini adalah kesempatan yang bagus terlebih jika anda adalah seorang penggemar kopi.

Namun membangun kafe tidak semudah menyeduh kopi, anda harus terampil dalam menjalankan usaha. Pada saat awal berdiri, kafe menghadapi tantangan yang berat.

Dalam artikel ini akan memandu anda membuka dan menjalankan usaha kafe.

Langsung saja, berikut ini adalah tahap yang harus dilalui saat membuka kafe.

1. Melakukan Riset


Jika anda hendak memulai usaha kafe, maka anda harus memulainya dengan melakukan riset. Dengan melakukan riset, kita dapat melihat potensi, peluang, dan ancaman yang mungkin akan dihadapi nantinya.

Membuka kafe membutuhkan investasi besar pada waktu dan luang. Semua itu dilandasi pada riset yang objektif sebelum semua benar-benar dilakukan dan dijalankan.

Lihatlah kafe calon pesaing anda, apa yang membuat anda istimewa dari mereka? Siapa target market anda? Menu apa yang akan disediakan?

Melakukan riset juga harus melibatkan calon pembeli. Ketahui terlebih dahulu siapa calon pembeli anda nantinya, ketahui apa kebutuhan mereka, jam berapa mereka sibuk dan akan datang, apa harapan mereka.

Ini semua sangat penting saat melakukan riset.

2. Rancang seuah visi


Visi menjadi landasan pokok paling awal yang ada di usaha kafe anda. Setelah anda memiliki rencana secara fisik seperti apa kafe anda, anda juga harus merancang visi, bagaimana anda memandang usaha anda sendiri. Konstruksi mental mengenai usaha kafe anda harus juga dibangun secara sadar.

Tulislah apa yang anda inginkan anda capai dari usaha anda, lebih daripada materi. Visi ini nantinya dapat terwujud dengan adanya misi dan misi ini yang mengarahkan tindakan anda nantinya.

Setelah anda memiliki visi, nantinya anda akan mudah dalam mengambil keputusan penting didalam bisnis kafe ini.

Visi yang jelas akan membantu anda dalam memilih nama, menentukan dekorasi, perencanaan menu, jenis kopi, jenis cangkir, cara berinteraksi dengan klien dan lainnya.

Kafe yang memiliki visi yang jelas terasa sangat berbeda dari kafe yang sekedar mengejar profit saja, tidak ada nilai kontribusi dan pertumbuhan yang dirasakan oleh pemilik usaha saat menyajikan kopi kepada pelanggannya.



3. Membuat perencanaan usaha kafe secara rinci


Saat ingin membuka usaha kafe, mungkin anda melupakan hal ini karena anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat membuat rencana.

Sebagian berpikir bahwa banyak berencana menghambat seseroang untuk memulai bisnis. Yang lain menganggap membuat rencana tidak berguna karena kenyataan tidak seperti yang tertulis diatas kertas.

Namun jika anda tidak membuat perencanaan usaha kafe, sama saja anda pergi dari tempat baru ke tempat baru lainnya tanpa menggunakan peta. anda bisa tersesat karena tidak memiliki panduan perjalanan.

Saya percaya sebelum usaha dibangun, kita sudah bisa tahu hampir secara pasti usaha tersebut akan berhasil atau malah bubar.

Kita dapat mengetahuinya dengan melakukan perencanaan. Bisnis itu hitung-hitungan dan hitung-hitungan adalah ilmu pasti. Sebab-akibat.

Jadi jika anda anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik (akibat) lakukanlah hal-hal yang menyebabkan hal itu terjadi (sebab).

Rencanakanlah apa yang anda lakukan, ini dilakukan untuk memprioritaskan apa yang penting untuk usaha kafe anda.

Rencana bisnis anda harus mencakup:


Ringkasan: Untuk apa bisnis ini berdiri, dan bagaimana bisnis itu akan lebih unggul dibanding pesaing.

Analisis pasar: Siapa pelanggan anda? Siapa saja pesaing anda?

Tim anda: Apakah yang akan anda lakukan sendiri atau merekrut karyawan?

Rencana pemasaran: Apa keunikan usaha kafe anda? Bagaimana anda akan mengomunikasikan keunikan ini?

Berapa banyak uang yang anda butuhkan untuk memulai dan dari mana asalnya.

Proyeksi keuangan: Proyeksi Untung & Rugi, Arus Kas

Strategi lokasi dan sewa.

Ada banyak hal yang harus dipikirkan, tetapi meluangkan waktu untuk merencanakan masing-masing aspek bisnis anda ini akan membantu anda untuk sukses. Menjadi petunjuk bagi anda yang hendak menjalankan usaha ini.

4. Pilih lokasi yang strategis


Lokasi sangat penting untuk kesuksesan bisnis anda secara keseluruhan. Bahkan seringkali menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan usaha kafe.

Sebelum anda memilih satu tempat yang hendak dijadikan lokasi usaha, luangkan waktu untuk mencari lokasi lainnya. Kumpulkan sebanyak mungkin lokasi strategis yang bisa dijadikan kafe nantinya.

Lokasi strategis ini cirinya adalah berada dipinggir jalan, mudah diakses baik oleh pejalan kaki atau dengan kendaraan dan cukup ramai, tidak terlalu dekat dengan usaha kafe lain.

Ingatlah nantinya lokasi yang anda pilih adalah lokasi yang paling banyak anda habiskan waktu disana.  Pastikan anda nyaman berada disana dan bisa menghabiskan waktu di kafe anda sebagaimana pelanggan anda nantinya.



5. Temukan pemasok terbaik


Menemukan pemasok terbaik yang dapat diandalkan adalah komponen kunci dari keberhasilan usaha kafe. Pemasok tentunya tergantung pada jenis kafe yang dijalankan. Pemasok biasanya dapat memasok kopi, susu, roti, produk segar dan juga bahan makanan.

Pastikan mereka menawarkan harga yang murah, produk yang berkualitas dan ketersediaan yang terjamin. Mungkin anda tidak mengandalkan satu pemasok saja. Cari beberapa yang terbaik.

6. Promosi


Anda dapat melakukan promosi di sosial media seperti Instagram, Facebook atau YouTube. Anda juga dapat mendaftarkan usaha kafe anda ke Google Map agar muncul di hasil pencarian lokal.

Pastikan untuk membuat promosi online menjadi pribadi, interaktif, dan menarik. Gunakan gambar dan video untuk mendorong share dan keterlibatan. Mintalah pelanggan anda untuk mengikuti sosial media usaha kafe anda.

Anda dapat menawarkan kopon atau produk gratis untuk mendorong orang lain mengikuti sosial media usaha kafe.

7. Memiliki karyawan yang bisa diandalkan


Para pemilik kafe pasti sepakat bahwa masalah utama dalam bisnis mereka adalah bagaimana menemuan dan mempertahankan karyawan yang hebat. Banyak yang mencari karyawan yang berpengalaman yang sudah memiliki keterampilan dan pengetahuan mengenai kopi.

Namun sebetulnya ada yang lebih penting ketimbang keteterampilan yang bisa dilatih itu, yaitu sikap. Keterampilan bisa dipelajari, watak adalah sifat bawaan.

Utamakan orang yang memiliki sikap yang baik dan mau belajar lebih dari keterampilan.

Post a Comment for "Peluang Usaha Kafe yang Sangat Menggiurkan! Begini Cara Memulainya"