Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatur Facebook Business Manager Untuk Pemula

Cara Mengatur Facebook Business Manager Untuk Pemula


Apakah anda ingin mengiklankan produk anda di facebook? Atau anda terbiasa mengiklan di facebook? Sudahkah anda tahu mengenai facebook business manager.

Nah artikel ini cocok untuk anda yang akan atau mau mengiklankan produk anda di facebook. Sebelum memulai beriklan, ada baiknya anda mempelajari tools facebook yaitu facebook business manager.

Anda pasti bertanya, mengapa harus mempelajari facebook business manager, kan saya mau ngiklan. Seberapa penting mempelajari facebook business manager sebelum beriklan di facebook?

Untuk itu anda harus menyimak artikel berkut ini, karena akan membahas secara detail mengenai facebook business manager.

Apa itu Facebook Business Manager?

Facebook Business Manager atau sering di sebut BM adalah tools yang dikembangkan facebook untuk memfasilitasi pemilik bisnis serta pengiklan untuk mengelola bisnisnya dalam dashboard khusus.

Di dalam dashboard facebook manager, anda bisa mengelola konten facebook page untuk bisnis dan bermacam macam tools yang digunakan untuk beriklan di facebook.

Untuk anda yang masih bingung, secara garis besar facebook business manager bisa digunakan untuk :
Mengelola akses facebook page dan ad account
Memberikan akses kepada agensi periklanan yang mengelola kampanye iklan anda

Jadi di dalam satu facebook business manager, anda bisa menambahkan banyak user dan akun yang digunakan untuk memulai iklan.

Misalnya saja anda mempunyai karyawan yang dikhususkan untuk mengelola akun medsos bisnis anda, maka anda bisa memberikan akses pengelola fanspage facebook tanpa harus memberikan akses admin.

Anda juga bisa memberikan akses kepada agensi periklanan untuk mengelola iklan, dengan memberikan akses pembuat dan melihat data iklan.

Nah hal hal tersebut berguna sekali untuk mengatur bisnis anda, karena mereka tidak mempunyai akses admin yang utama.

Sehingga mereka tidak bisa mengutak utik hal hal yang penting seperti pengaturan pembayaran, mengubah batasan iklan dan lain lain.


Cara Mengatur Facebook Business Manager Untuk Pemula


Alasan mengapa anda perlu menggunakan Facebook Business Manager

1. Banyak pengiklan yang harus menggunakannya

Pengiklan memaksimalkan kinerja dengan menggunakan facebook business manager. Hal itu bisa untuk menjaga leads atau membuat customers melakukan pembelian berulang ulang.

2. Tidak perlu menggunakan akun bersama

Anda dan para pekerja tidak perlu menggunakan satu akun secara bersama, karena anda bisa memisahkan profil facebook pribadi dengan profil bisnis.

3. Mendapatkan dukungan yang lebih baik dari facebook

Facebook memiliki banyak layanan dan tools yang masing masing perlu disambungkan agar bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Facebook business manager di dukung oleh tim support dari facebook, jadi ketika sewaktu waktu anda menjumpai masalah teknis, maka hal yang ditanyakan mungkin apakah anda menggunakan facebook business manager atau tidak? Jika iya, mereka akan membantu anda secara mendalam mengenai permasalahan yang sedang anda hadapi.

4. Semakin cepat anda beralih, maka akan semakin mudah

Bagaimanapun aset perusahaan anda di facebook akan terus bertambah. Misalnya yaitu menambahkan akun ig, membuat fb pixel, menambahkan pegawai baru dan lain lain.

Hal itu bisa saja menjadi rumit, jika anda tak tahu mana pegawai yang mendapat akses tertentu, dan bagaimana mereka mengelola bisnis anda. Untuk itu semakin cepat anda menggunakan business manager maka semakin mudah pula anda mengelolanya.

5. Lebih aman

Facebook business manager mampu menyediakan security center yang mampu mengaktifkan otentikasi 2 faktor untuk semua pegawai yang terlibat. Dengan adanya sistem keamananan tersebut, maka pegawai yang sudah tidak aktif, tidak bisa mengakses business manager tersebut.

Kelebihan menggunakan Facebook Business Manager

1. Mampu memisahkan profil facebook personal dengan halaman bisnis

Anda tidak harus bingung soal privasi atau tidak sengaja memposting konten bisnis anda di profil fb pribadi.

2. Mengatur banyak ad account dalam halaman bisnis

Business manager dapat digunakan untuk mengelola semua hal mengenai bisnis, entah itu iklan maupun fanspage bisnis anda.

3. Aman digunakan untuk memberikan akses ke banyak karyawan

Anda bisa memberikan akses terbatas untuk karyawan maupun agensi yang bekerja sama tanpa harus memberikan username maupun password utama.

4. Mampu membatasi akses karyawan anda

Dengan mempercayakan karyawan untuk memanajemen sosial media di facebook maupun instagram, maka anda tak perlu mencemaskan kemanan akun.

5. Membuat pilihan audience yang berbeda untuk kampanya iklan yang berbeda

Hal ini bisa berguna untuk agensi yang mempunyai banyak klien yang tentunya memiliki target market yang berbeda beda.

Nah itulah kelebihan jika anda menggunakan facebook bisnis manager, lalu bagaimana tips mengelola facebook business manager?

Cara Mengatur Facebook Business Manager Untuk Pemula

Tips mengelola Facebook Business Manager

1. Cara membuat akun facebook business manager

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu. Usahakan akun business manager berbeda dengan akun facebook yang telah anda gunakan.

Mulai dari alamat email khusus untuk business manager ini. Selanjutnya ketika anda membuat akun ini, anda harus menggunakan perangkat computer maupun pc.

Jika anda sudah memiliki email khusus, maka lakukan hal berikut ini :

a. Login ke akun facebook anda
b. Buka https://business.facebook.com pada dashboard browser anda
c. Klik buat akun atau create account
d. Isilah semua formulir seperti nama bisnis, email, dan alamat
e. Pada pilihan business use, pilih pilihan yang pertama jika anda memang pemilik usaha, pilih pilihan kedua jika anda adalah agensi

2. Cara membuat fanspage di facebook business manager

Ketika anda telah membuat akun, maka anda akan berada di halaman dashboard business manager.

Selanjutnya adalah adalah membuat halaman facebook anda terhubung dengan business manager.

a. Membuat facebook page di business manager

Di halaman dashboard page manager, klik pengaturan (icon gear) yang berada di pojok kanan atas.
Klik menu akun lalu pilih halaman dan tambahkan
Pilih “Tambahkan halaman baru”
Isi kolom yang dibutuhkan sepertu nama halaman facebook, kategori bisnis, dan hal hal lain.
Anda bisa mengatur halaman facebook dengan menambahkan foto, banner, dan tentang.
Halaman facebook anda sudah selesai dibuat.

b. Menambah facebook page yang telah dimiliki sebelumnya

Di halaman dashboard page manager, klik pengaturan (icon gear) yang berada di pojok kanan atas.
Klik menu akun lalu pilih halaman dan tambahkan
Pilih “Tambahkan halaman baru”
Ketiklah nama halaman facebook yang sudah anda buat di profil facebook anda
Klik tambahkan halaman
Akan ada email yang masuk, dan klik link untuk konfirmasi
Sekarang halaman facebook anda sudah terhubung dengan business manager.

3. Cara membuat ad account di facebook business manager

Ad account adalah satu akun yang terhubung dengan 1 pembayaran untuk beriklan di facebook.

Jumlah ad account yang bisa dibuat maksimal adalah 5, namun biasanya akun business manager baru hanya bisa membuat 1 ad account saja.

Tetapi anda bisa mengelola banyak ad account, jika memang diberi akses oleh pemilik bisnis yang menggunakan kampanye iklan anda.

Nah untuk membuat ad account simak cara berikut ini :

Dari  halaman dashboard, klik menu pengaturan
Klik menu lalu pilih akun iklan dan tambahkan
Pilih tambahkan sebuah akun iklan baru
Isi nama akun iklan, waktu, currency dan metode pembayaran
Klik buat akun iklan baru


Cara Mengatur Facebook Business Manager Untuk Pemula


Cara Menggunakan Facebook Business Manager Agar Lebih Maksimal

Jika anda sudah mensetting pengaturan dengan benar, maka anda sudah bisa beriklan melalui facebook. Namun sebelum anda beriklan, anda harus tahu cara menggunakan facebook business manager agar hasil lebih maksimal.

1. Tingkatkan securitas akun anda

Facebook merupakan media yang rawan dibajak, sehingga anda perlu meningkatkan kemanan yang super ketat. Salah satu caranya adalah mengaktifkan two factor authentication. Sistem ini mampu mengirimkan kode khusus yang harus diinput melalui sms ketika ada user login ke sebuah akun.

Cara mengaktifkannya juga terbilang mudah, anda tinggal menuju pusat keamanan (security centre) dan ikuti paduan selanjutnya.

2. Gunakanlah facebook pixel

Ketika anda mulai menjalankan iklan, maka anda bisa menggunakan facebook pixel. Facebook pixel adalah kode keamanan yang ditanamkan di website untuk mengidentifikasi perilaku pengguna.

Facebook pixel ini mampu membaca kegiatan pengguna selama menjelajahi website, mulai dari yang hanya melihat saja, menambahkan di keranjang belanja, atau sudah membanyarnya.

Semakin banyak data yang diterima, maka iklan yang anda jalankan akan mempunyai keakuratan yang tinggi, sesuai dengan target market anda. Bagaimana mau mencoba menggunakan facebook pixel?

3. Sambungkan katalog produk di website

Anda bisa menghubungkan katalog website anda dengan facebook business manager. Dengan cara ini anda bisa menghubungkan produk yang anda jual ketika memposting gambar di facebook maupun instagram.

Selain itu ketika anda mulai beriklan, anda bisa membuat jenis iklan carousel yang mampu menampilkan berbagai macam produk dalam satu iklan. Menarik bukan?

Jadi itulah hal yang harus anda tahu tentang facebook business manager. Facebook Business Manager sendiri sangat mudah dan praktis digunakan.

Untuk pemula mengetahui business manager memang sangat penting, agar mampu menciptakan dan menyusun manajemen iklan secara profesional, hal ini bisa diimbangi dengan terus belajar tentang berbagi fitur yang disediakan, semakin anda mahir menggunakannya maka kemungkinan besar kesuksesan ada ditangan anda.

Lalu tunggu apalagi, mulailah gunakan facebook business manager sekarang. Jika dirasa artikel ini sangat bermanfaat bagi orang lain, maka bagikan kepada banyak orang.

Post a Comment for "Cara Mengatur Facebook Business Manager Untuk Pemula"