Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengunci dan Membuka PDF File


Saat ini, penggunaan pdf atau yang kepanjangannya portable document formal menjadi sangat berguna untuk berbagai kebutuhan, mulai dari tugas sekolah, bisnis, hingga memuat dokumen-dokumen penting yang sering kali digunakan.

Terlebih lagi, penggunaan pdf memudahkan banyak orang agar dapat dikirim dengan bebas secara online.

Jadi, tak perlu repot lagi menggunakan kertas, melainkan langsung saja dikirimkan secara digital kepada orang lain lewat berbagai media pengiriman, seperti email, sosial media, maupun media lainnya.

Penggunaan pdf dibandingkan format file lainnya pun ada banyak tujuannya. Salah satunya yaitu karena format nya yang fleksibel dan bisa dibuka di berbagai aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk melihat isi file di dalamnya.

Selain itu, pdf pun dapat diedit dengan sangat sederhana dan mudah. Bahkan pengguna baru bisa langsung menggunakan nya karena semua fitur sudah termasuk di dalamnya dan sama sekali tak membingungkan.

File format pdf ini juga punya fitur untuk memuat gambar dan menyimpannya, sehingga dapat langsung dilihat oleh orang yang berkepentingan dan punya akses terhadap file tersebut.

Terlebih dari itu semua, ada fitur lock pdf agar tidak dapat diedit orang lain. Hal ini menjadi sangat berguna karena saat ini, plagiarism atau plagiat seringkali terjadi dalam dunia maya.

Adanya fitur kunci pdf membuat para penggunanya merasa aman dan tak perlu takut isinya diubah dan digunakan kembali untuk kepentingan tertentu.

Oleh karena itu, Anda harus tahu cara untuk mengunci, sekaligus membuka file pdf yang Anda miliki.

Beberapa langkah ini dapat diikut agar bisa mengunci file pdf yang dimiliki. Sebelumnya, Anda harus mempunyai Adobe Acrobat Pdf Reader.

Aplikasi ini direkomendasikan karena banyak penggunanya dan memang versi terkini yang compatible dengan berbagai device saat ini.

1. Buka Aplikasi Adobe Acrobat Pdf Reader kemudian pilih file .pdf yang ingin diproteksi atau dikunci. Tekan File > Password Protect


Cara Mengunci dan Membuka PDF File


Kegunaan dari password protect yaitu untuk memberikan password custom, yang dapat diatur sendiri agar mencegah pdf dibuka oleh orang lain tanpa akses.

2. Setelah itu, Anda tinggal menekan tombol Protect Now. Fitur membuat password pun langsung dapat digunakan dan Anda bisa set password sesuai yang diinginkan.

Cara Mengunci dan Membuka PDF File


3. Membuat password memang sangat mudah. Selain menggunakan Adobe Acrobat Reader, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lainnya seperti Foxit Pdf Reader, Nitro Reader, Microsoft 365, dan sebagainya. Langkahnya kira-kira mirip seperti langkah di atas, tinggal memilih File dan kemudian buat password.

Setelah mengetahui cara untuk membuat password pada file pdf yang telah dimiliki, Anda harus tahu juga cara untuk membukanya.

Jangan sampai file tersebut terkunci selamanya ya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan website tambahan.


1. Anda cukup membuka situs pdfpro.co/pdf-viewer pada browser Anda. Akan muncul tampilan sederhana sebagai berikut.

Cara Mengunci dan Membuka PDF File


2. Anda tinggal memasukkan file pdf yang ingin dibuka. Bisa digunakan dengan cara upload pdf atau langsung drag and drop agar file masuk ke tempat yang diinginkan. File akan segera diupload ke dalam sistem untuk dibuka.

Cara Mengunci dan Membuka PDF File


3. Pilih bagian Download File agar mendapatkan file nya kembali di laptop atau komputer Anda. Mudah bukan? Anda pun bisa mengunci pdf dan membukanya kapan saja.

Dengan begitu, tak perlu sulit lagi untuk menemukan website dan aplikasi yang dibutuhkan. Cukup menggunakan langkah-langkah berikut.

Post a Comment for "Cara Mengunci dan Membuka PDF File"