Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Tepat Memanfaatkan IGTV Sebagai Media Promosi Bisnis Online

Cara Tepat Memanfaatkan IGTV Sebagai Media Promosi Bisnis Online


Sudah pernah mencoba menggunakan fitur IGTV di instagram?
Pernah terfikirkan tidak menggunakan IGTV sebagai media promosi bisnis online anda?
Memangnya bisa, pasti jawaban rata-rata yang pertama kali keluar ketika bertanya tentang IGTV dijadikan alat untuk promosi bisnis.

Nah kali ini CariDuid.id akan memberikan jawaban, apakah IGTV bisa dijadikan sebagai media promosi atau tidak. Cobalah simak artikel berikut ini.

Apa itu IG TV?

IGTV kepajangan dari Instagram TV adalah fitur instagram untuk berbagi konten video dengan durasi yang lebih panjang dari sebelumnya. Jika mengupload video di instagram di batasi waktu hanya  1 menit saja, berbeda dengan IGTV yang tak terbatas.

Sehingga anda perlu memanfaatkan fitur ini sebagai promosi bisnis anda. Pihak instagram sendiri mengatakan bahwa IGTV adalah salah satu fitur yang selalu diutamakan bahkan menjadi prioritas agar lebih banyak penonton.

Jadi bagi anda para pemilik bisnis, ini merupakan langkah awal untuk menjadikan fitur sebagai ajang media promosi gratis.

Pentingnya membuat konten panjang di IGTV

Saat ini banyak para pengguna smartphone yang lebih menyukai konten video dibandingkan dengan konten foto maupun tulisan. 

Hal ini jauh berbeda dengan sebelumnya, para pengguna yang lebih menghemat data. Perilaku ini juga ditunjang dengan pihak provider yang semakin royal menjual paket data internet yang lebih murah dan semakin cepat, sehingga setiap orang mampu untuk membelinya.

Bahkan terbukti bahwa youtube merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan, itu artinya para penggunanya menyukai konten video dengan durasi panjang.

Nah dari sini pembisnis harus mulai memanfaatkan fitur instagram TV karena memang durasinya juga tidak terbatas dan bisa digunakan untuk menyampaikan nilai lebih banyak kepada calon pelanggan anda.

Jadi anda harus tahu bagaimana cara menggunakan IGTV sebagai media promosi bisnis anda.


Cara Tepat Memanfaatkan IGTV Sebagai Media Promosi Bisnis Online


Tips menggunakan IGTV  sebagai promosi bisnis

Berikut ini tips yang bisa anda gunakan untuk membuat IGTV untuk mengembangkan bisnis anda :

1. Menciptakan konten yang eksklusif

Jika menggunakan instagram stories dan feed konten memiliki waktu yang terbatas, maka anda bisa menciptakan konten eksklusif dengan IGTV.

Contoh konten eksklusif yaitu dari Brodo, sebuah brand lokal yang memanfaatkan IGTV untuk menampilkan talkshow, dimana talkshow tersebut hanya bisa di tonton di IGTV brand tersebut.

2. Membuat video behind the scene

Selain Instagram stories, hal ini juga bisa anda gunakan di IGTV yaitu membuat video behind the scene.

Mungkin bedanya jika di stories hanya mampu menampilkan video dengan durasi pendek, di IGTV mampu menampikan video dengan durasi panjang.

Anda bisa menggunakan vlog untuk memvideo proses di belakang layar, sehingga anda bisa membangun kepercayaan dengan followers. Karena memang followers merasa bisnis anda memang benar adanya.

3. Mengajarkan followers anda tentang suatu yang informatif

Konten yang seperti ini juga ditunggu tunggu di IGTV, karena memang sifatnya yang informatif maka kemungkinan besar followers akan menyukainya.

Tahukah anda bahwa konten informatif yang disisipkan jualan lebih disukai dari pada konten yang langsung menjual dengan terang terangan?

Nah untuk itu anda harus berfikir bagaimana cara membuat konten yang informatif yang masih mempunyai relevansi dengan bisnis yang sedang anda jalankan.

4. Melakukan sesi tanya jawab dengan followers

Anda bisa melakukan QnA dengan followers, dan menjawab berbagai pertanyaan yang sering diajukan oleh followers anda.

Dengan menjawab pertanyaan tersebut secara lengkap dan detail, maka mereka akan semakin mengerti.

Dan hal ini sangat penting dilakukan, karena mampu membantu membentuk hubungan dengan followers anda.

Ketika mereka semakin tahu dan mengerti maka kemungkinan produk anda akan lebih mudah terjual.

5. Membuat web series

Apakah anda pernah membuat video web series yang disponsori salah satu brand? Nah hal ini  juga bisa anda lakukan di IGTV.

Beberapa bentuk konten web series yang bisa anda gunakan adalah vlog, film dokumenter, atau film pendek bersambung.

Tentu hal ini bisa memancing followers untuk terus mengikuti update dari instagram bisnis anda.

6. Cross Promote video di IGTV

Peminat Instagram TV memang tidak sebanyak konten instagram feed maupun stories. Namun hal itu bisa anda akali dengan cara mempromotekan video IGTV anda ke feed postingan.

Karena instagram sendiri memberi fitur video IGTV bisa ditonton singkat di feed dan story. Dengan cara tersebut tentu, akan membuat banyak pengguna yang menontonnya.

Jadi jangan lupa memastikan konten awalan video cukup menarik agar bisa membuat orang penasaran. Dan lanjut menontonnya hingga akhir.


Cara Tepat Memanfaatkan IGTV Sebagai Media Promosi Bisnis Online


7. Mengoptimasi Judul dan Deskripsi Video di IGTV

Pastikan anda menentukan judul video, instagram sendiri menemperbolehkan menulis judul 75 karakter, namun hal itu akan terpotong, sehingga anda cukup menampilkan 50 karakter saja. Jadi pastikan judul mengandung keyword yang penting.

Untuk deskripsi, anda bisa menulis sebanyak 220 karakter. Anda juga bisa memasukkan hastag yang masih relevan dengan video anda, agar jangkauannya semakin luas.

Nah disini anda jangan lupa memberikan link ke halaman web jualan atau lainnya ya. Agar mampu menciptakan trafik.

8. Menggunakan thumbnail IGTV yang menarik

Sama dengan video di youtube, di IG TV juga menggunakan teknik optimasi dengan cara thumbnail yang menarik.

Untuk itu anda harus membuat thumbnail IGTV yang menarik agar orang semakin penasaran. Karena dari survey kebanyaan para influencer instagram sendiri masih belum menggunakan thumbnail IGTV yang menarik.

9. Durasi video IGTV yang tepat

Berapa sih durasi konten video IGTV yang tepat? Sebenarnya tidak ada, namun para pengguna tidak menyukai video yang terlalu panjang, jika video tersebut memang membosankan.

Pengguna lebih menyukai menonton video selama 10 hingga 13 menit saja. Dan hanya 25% pengguna menyukai video dengan durasi lebih dari 20 menit.

Untuk itu anda bisa membuat konten video yang tidak terlalu panjang, namun mempunyai isi yang menarik.

Jangan melupakan bahwa 10 hingga 12 detik pertama adalah awal yang penting apakah orang akan menonton video tersebut atau tidak. Jika diawal video saja sudah tidak menarik, maka mereka akan mengskip konten anda.

Jadi sekarang anda tahu bahwa IGTV bisa dijadikan sebagi media promosi bisnis secara gratis. Setelah anda tahu tips yang tepat menggunakan IGTV sebagai media bisnis, saatnya anda mulai menjalankannya.

Manfaatkan dengan baik berbagai fitur yang disediakan oleh instagram. Dengan begitu anda akan mampu mendapatkan engagement yang tinggi. Hmm.. kira kira sudahkah siap produk yang anda jual melejit?

Post a Comment for "Cara Tepat Memanfaatkan IGTV Sebagai Media Promosi Bisnis Online"