Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Step by Step Cara Endorse Influencer untuk Meningkatkan Penjualan Anda






Stop melakukan endorsement influencer jika anda belum mempunyai ilmu khusus mengenai cara endorsement yang tepat untuk meningkatkan penjualan. 

Mengapa anda harus berhenti menggunakan jasa endorsement influencer padahal banyak keuntungan yang didapatkan? 

Nah, artikel ini akan menjawab hingga tuntas semua pertanyaan anda mengapa anda harus berhenti menggunakan jasa endorse influencer.

Apa itu Endorse Influencer?

Sebelum anda mengetahui jawabannya, anda wajib tahu apa itu endorse influencer? Endorse sendiri berasal dari bahasa inggris endorsement yang artinya ialah tindakan memberikan dukungan terhadap suatu hal tersebut. 

Endorse adalah promosi berbentuk ulasan positif mengenai suatu produk atau layanan yang diberikan oleh public figure (influencer).

Mengapa disebut influencer? Influence dalam bahasa inggris yang mempunyai arti mempengaruhi, sehingga influencer sendiri bisa dikatakan seseorang yang mampu mempengaruhi public dengan memberikan pengaruh positif. 

Atau istilah gampangnya, seseorang yang berpengaruh terhadap banyak orang.

Lalu siapa yang bisa dikatakan sebagai influencer? Seseorang yang mempunyai banyak pengikut dan berpengaruh bisa dikatakan sebagai influencer. Influencer sendiri dibagi dalam 3 bentuk yaitu :

Mega influencer : Orang yang mempunyai pengikut jutaan, contohnya seperti artis yang sering tampil di tv, youtube maupun lainnya yang banyak orang tahu.

Macro influencer : Orang yang mempunyai pengikut ribuan, biasanya bukan seleb namun tokoh tokoh tertentu yang mempunyai konten menarik di sosial media.

Micro influencer : Orang yang mempunyai pengikut sedikit, namun sangat dekat dengan para pengikutnya. Hal ini mampu menciptakan tingkat konversi yang sangat baik.

Step by Step Cara Endorse Influencer untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Keuntungan ketika menggunakan jasa endorse influencer

Alasan para pebisnis online menggunakan jasa endorse adalah mempromosikan produk yang dijual sehingga mampu meningkatkan penjualan. Berikut ini keuntungan jika anda menggunakan endorsement influencer bagi bisnis anda :

Media promosi

Dengan melakukan endorse membawa dampak positif bagi usaha. Sebab produk akan di kenal lebih luas. Influencer akan memasarkan produk anda, dengan begitu para pengikut mereka akan memperhatikan produk yang di posting oleh influencer tersebut. Dari sini anda akan mendapatkan engagement berupa followers, like maupun orderan.

Hemat  Biaya Pemasaran Produk

Anda tak perlu bingung mengenai pemasaran apa saja yang harus dilakukan. Karena influencer tersebut akan mengulas produk anda. Cara ini jauh lebih efektif ketimbang anda memasarkan lewat televisi maupun media cetak.

Peningkatan order

Pengikut influencer tentu akan melihat postingan tentang produk. Sehingga besar kemungkinan pengikut tersebut tertarik dengan produk anda. Karena seorang influencer mampu mempengaruhi followers, dengan begitu kemungkinan anda akan mendapatkan peningkatan orderan.

Membangun kepercayaan

Saat ini konsumen sangat pintar dalam mempertimbangkan membeli suatu produk atau tidak. Konsumen butuh bukti apakah bisnis anda dapat dipercaya atau tidak. 

Sehingga tepat sekali menggunakan influencer untuk mengenalkan produk dan membangun kepercayaan calon konsumen anda.

Niche market

Influencer sendiri pasti telah membangun personal branding mereka secara konsisten dengan topic topic tertentu. Misalnya saja dengan konten kesehatan, olahraga, kecantikan, fashion, atau hal hal spesifik seperti psikologi. 

Tentu hal ini akan membawa keuntungan anda untuk mengendorse influencer tersebut. Karena pasti pengikut influencer tersebut mempunyai niche yang sama, sehingga ketika influencer mempromosikan bisnis anda, kemungkinan para pengikut akan mulai memperhatikan produk anda.

Mendapatkan feedback dengan cepat

Keuntungan ketika anda menggunakan endorsement adalah mendapatkan feedback dari konsumen dengan cepat. Misalnya saja ketika post di publish, anda bisa mengetahui bagaimana performa konten yang anda iklankan tersebut. 

Biasanya anda bisa langsung melihat dari kolom komentar, dimana para pengikut akan memberikan kritik serta saran atau dukungan lainnya. Sehingga dengan begitu anda bisa menggunakannya untuk melihat apakah endorsement tersebut mempunyai efek yang besar ataupun tidak.


Step by Step Cara Endorse Influencer untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Cara memasarkan produk dengan endorsement influencer

Nah anda sudah tahu kan, apa saja keuntungan ketika anda melakukan endorsement influencer. Namun apakah anda tahu bagaimana cara memulai memasarkan produk dengan menyewa jasa endorsement influencer? Ikuti tips tips berikut ini :

Perhatikan budget

Ketika anda baru saja membangun bisnis online, anda jangan terburu buru mengabiskan dana untuk menyewa jasa endorse. 

Karena biaya endorsement tidak murah apalagi jika anda memilih influencer yang memiliki banyak followers dan sering muncul di acara tv. 

Tentu anda harus mengeluarkan budget jutaan hingga puluhan juta. Cobalah untuk menaikkan followers anda dengan cara gratis, atau anda bisa menggunakan influencer micro. 

Tentukan target influencer endorse

Anda harus mampu menentukan target influencer mana yang kira kira berhubungan dengan bisnis yang sedang anda jalankan atau masih ada kaitannya dengan bisnis anda. Menentukan target endorse influencer harus dapat mewakili target market anda. 

Misalnya saja anda menjual produk kecantikan yang digunakan oleh remaja, anda harus memilih influencer yang memang mempunyai niche yang sama dengan produk anda. 

Usahakan endorse secara rutin

Menggunakan jasa endorsement secara rutin tentu akan membuat produk anda dikenal oleh banyak orang, karena hal tersebut berkaitan dengan proses branding produk. 

Jadi usahakan anda bisa melakukan endors tiap 1 bulan sekali atau sebulan 2 kali. Dengan cara ini anda tidak perlu menyakinkan konsumen anda tentang produk yang sedang anda jual.

Sediakan dana untuk endorsement

Anda juga perlu memisahkan dana. Mana yang digunakan sebagai dana untuk produksi, dana promosi atau marketing dan dana laba yang diperoleh. Hal ini bisa anda lakukan ketika anda sudah mempunyai laba bisnis yang stabil.

Pastikan produk yang anda miliki cukup

Jangan lupa perhatikan stok produk anda. Karena ketika anda melakukan endorsement banyak konsumen yang akan menginginkan produk yang sama dengan idola.

Perhatikan kualitas konten yang ditampilkan

Konten yang akan anda endors harus memiliki kualitas yang baik dan menarik untuk dipasarkan. Anda tak bisa asal berpromosi tanpa mempersiapkan dulu materi. 

Biasanya influencer akan meminta konten seperti apa yang anda inginkan, atau influencer tersebut mempersiapkannya sendiri. Hal ini tergantung dari perjanjian awal. 

Namun kadang influencer sendiri telah menyiapkan rules atau peraturan ketika mengajak bekerja sama dengan cara endorse.

Cara memilih influencer yang tepat untuk bisnis anda

Sebagai pembisnis, anda tentu harus tahu bagaimana memilih influencer yang tepat bagi bisnis yang sedang anda jalankan. 

Hal ini berkaitan dengan goals anda yaitu terjadinya sales atau penjualan. Sehingga anda tidak bisa sembarangan memilih influencer yang dirasa tidak memiliki niche yang sama dengan produk yang anda jual. 

Kira kira bagaimanasih menentukan influencer yang tepat? Simak info berikut ini :

Teliti Jumlah dan keaslian followers

Hal yang perlu anda lihat pertama kali adalah jumlah followers di sosial media. Jumlah followers yang tinggi tentu akan membuat iklan anda kemungkinan besar dilihat banyak followers. 

Eitss .. tapi anda juga wajib memperhatikan apakah followers tersebut asli atau tidak. Karena ada beberapa influencer yang menggunakan jasa beli followers agar terkesan terkenal padahal followersnya palsu.

Lalu bagaimana melihat keaslian followers? Anda bisa melihat nama akun yang memfollow influencer tersebut, dan cek apakah nama akun tersebut palsu atau tidak. 

Biasanya akun palsu menggunakan nama yang aneh aneh, dan jarang memposting atau bahkan tidak ada postingan sama sekali. Hal lain yang bisa anda lakukan, adalah melihat komentar yang ada di akun influencer tersebut.

Persentase engagement

Engagement adalah performa postingan influencer yang ditanggapi oleh para followersnya. Engagement bisa dalam bentuk like, komentar, dan share. 

Dengan cara ini anda juga bisa melihat apakah followers influencer tersebut asli ataukah palsu. Misalnya followers puluhan juta namun likes dibawah 100, kemungkinan besar bahwa followers palsu.

Relevansi dengan produk anda

Untuk menentukan influencer tersebut cocok atau tidak, anda bisa melihat apakah konten yang mereka tampilkan masih mempunyai relevansi dengan produk yang anda jual. 

Anda harus mencari influencer yang masih berhubungan dengan produk anda.

Strategi per akun sosial media

Tentu setiap akun sosial media berbeda beda, karena seorang influencer bukan hanya dari instagram saja. Bisa saja dari sosia media lain misalnya, tiktok, youtube, twitter, facebook, bahkan blog. 

Strategi pemasaran mereka juga berbeda beda, misalnya saja di instagram lebih menggunakan visual yang menarik, di tiktod menggunakan video berdurasi pendek. 

Di twotter menggunakan tweet atau yang lagi trending tweet berseri (thread), di youtube menggunakan konten video dengan thumbnail image yang menarik. 

Nah hal hal tersebut bisa anda pertimbangkan, influencer seperti apa yang bisa anda pilih.


Step by Step Cara Endorse Influencer untuk Meningkatkan Penjualan Anda


Kesalahan ketika menggunakan jasa endorse influencer

Nah ketika anda telah mengetahui segalah hal tentang endorsement influencer, perhatikan juga resiko yang terjadi ketika menggunakan jasa ini. Sebab jangan sampai anda boncos, karena tidak memahami hal hal berikut ini, diantaranya adalah :

Strategi marketing kurang kuat

Faktor yang membuat anda boncos adalah anda tidak mempunyai strategi marketing yang tepat. Anda terus menerus mengiklankan produk anda tanpa mengenalkan bisnis anda. Sehingga hal yang tepat andalah menggunakan konsep AIDA yang pernah dibahas di artikel sebelumnya.

Penawaran yang kurang menarik

Salah satu syarat agar penjualan anda naik adalah peawaran yang menarik. Hal ini bisa membuat calon konsumen melirik produk anda, anda bisa membuat berbagai promo seperti Buy 1 Get 1, diskon, free ongkir, atau hal hal lain. 

Jika penawaran tersebut di promosikan oleh influencer, tentu penjualan anda akan meningkat.

Tidak melakukan riset

Ketika anda memutuskan bekerja sama dengan influencer, itu artinya anda sudah mengetahui seluk beluk dari influencer tersebut. 

Misalnya seberapa baik engagement sosial medianya, atau relevan tidak jika anda mengendorse influencer tersebut. Sehingga anda tidak rugi ketika membayar influencer yang anda ajak bekerja sama.

Materi iklan kurang menarik

Kesalahan yang banyak dilakukan pembisnis ketika melakukan jasa endorse adalah materi yang ditampilkan tidak menarik sama sekali. 

Sehingga anda harus tahu konsep seperti apa yang anda inginkan, dan template warna yang seperti apa yang sesuai. Dan tak ketinggalan caption yang mendorong orang untuk memperhatikan bisnis anda.

Hal ini sangat penting dan harus dipikirkan dengan matang. Karena biasanya pengikut akan mengscroll hingga ke bawah. Jika gambar dan caption anda tidak membuat orang tertarik, maka anda akan kehilangan calon konsumen.

Itulah alasan mengapa anda harus berhenti menggunakan jasa endorsement influencer jika anda tak tahu teknik yang tepat. Namun karena artikel ini telah membahas secara tuntas, sehingga wajib bagi anda untuk mencoba jasa endorse influencer dengan menerapkan hal hal tersebut.

Walau biaya yang dikeluarkan kebanyakan lebih besar dibandingan teknik lainnya,  namun hasil yang didapat juga sangat mempengaruhi brand awareness maupun konversi penjualan anda, jika anda memang memilih influencer yang masih mempunyai relevansi dengan usaha anda. 

Nah untuk itu cobalah menerapkan step by step dan hindari kesalahan ketika menggunakan jasa endorsement influencer. Bagaimana tertarik mencoba jasa endorsement untuk bisnis anda?

Post a Comment for "Step by Step Cara Endorse Influencer untuk Meningkatkan Penjualan Anda"