Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips menggunakan instagram stories untuk bisnis online anda

Tips menggunakan instagram stories untuk bisnis online anda


Anda seorang pembisnis online yang memanfaatkan instagram sebagai media bisnis?

Sudah tahu belum, bahwa anda bisa menggunakan instagram, khususnya fitur stories instagram untuk membangun bisnis anda agar mudah dikenali oleh banyak orang?

Kalau anda belum tahu, kali ini CariDuid.id akan membagikan sejumlah tips membangun bisnis anda melalui instagram stories.

 Yang tentunya hal ini akan berdampak pada usaha anda. Lalu bagaimana caranya, simak artikel berikut.

Tentang Instagram Stories yang harus anda tahu

Salah satu fitur di instagram yang patut anda coba, adalah menggunakan instagram stories. Sebenarnya apa sih instagram stories itu?

Instagram stories adalah fitur yang bisa digunakan untuk update foto, teks maupun video yang bisa dilihat selama 24 jam sejak di publish.

Unggahan foto, teks, dan video akan tampak selayar penuh di smartphone, hal ini tentu berbeda dengan update postingan instagram.

Bagi pengguna instagram yang tidak mau feed postingan berantakan, maka ia akan memilih menggunakan instagram stories sebagai quick update tiap harinya.

Keunggulan instagram stories lainnya ialah anda tak perlu mengedit ngedit agar lebih baik dan tertata, karena memang waktu yang digunakan untuk menampilkan hanya 24 jam, sehingga biasanya di post story instagram terasa lebih natural, dan jujur.

Sehingga ketika anda mulai menggunakan instagram stories untuk bisnis, maka anda harus mampu membuat follower merasa dekat dengan usaha yang anda miliki.

Dengan begitu, para follower akan terus mengikuti setiap update story terbaru dari bisnis yang anda jalankan. Hal ini tentu bisa anda gunakan untuk membangun relasi dengan calon konsumen anda.

Untuk anda yang masih bingung menggunakan dan membuat instagram stories, perhatikan cara-cara berikut ini.

Cara menggunakan atau membuat instagram stories

Untuk anda yang gemar bermain instagram, pasti anda sudah tahu dan pernah menggunakan instagram stories, tapi bagaimana dengan orang yang ternyata belum tahu fitur dari instagram ini?

Tidak masalah, karena CariDuit.id akan membagikan cara mudah membuat instagram stories.
Bukalah aplikasi instagram anda di smartphone
Saat pertama kali membuka instagram, anda akan masuk di halaman beranda, dimana anda akan mendapatkan postingan feed dari akun – akun yang anda ikuti
Ada 3 cara yang bisa anda gunakan menuju fitur instagram stories, cara pertama anda bisa geser layar anda ke kanan (swipe right), cara kedua anda bisa melihat tombol kamera yang berada di kiri atas, dan yang ketiga anda bisa langsung memencet photo profile anda
Nah selanjutnya, kamera stories sudah aktif
Anda bisa menambahkan gambar / video melalui galleri anda atau bisa menggunakan secara langsung fitur foto / video, dengan cara memencet tombol lingkaran yang berada di tengah
Jika menurut anda stories anda sudah bagus, anda bisa mengetuk cerita anda dibagian bawah kiri layar anda

Mudah kan? Ketika anda sudah tahu bagaimana cara membuat update instagram stories, saatnya anda menggunakan instagram untuk bisnis anda. Tak perlu lama lama, berikut ini tips mudah menggunakan instagram stories untuk bisnis.


Tips menggunakan instagram stories untuk bisnis online anda


Tips menggunakan instagram stories untuk bisnis

Menggunakan instagram stories bukan hanya teknik hard selling saja, namun lebih ke teknik soft selling. Jadi kali ini CariDuid.id akan membagikan teknik soft selling  dengan tujuan untuk membangun brand anda di instagram.

1. Memperlihatkan proses behind the scene

Anda bisa membagikan proses bagaimana bisnis anda berjalan. Karena dengan begitu followers anda merasa produk yang anda jual bukan hanya produk bodong dan bisa di percaya.

Mungkin dulu bisnis hanya sekedar tahu produk jadi, tak tahu proses pengemasan maupun pendistribusian. Nah untuk itu anda bisa mulai memperlihatkan proses bisnis anda dijalankan.

Misalnya saja anda berjualan produk fashion kaos, anda bisa memperlihatkan bagaimana kaos dibuat atau sekedar proses packing.

Secara tidak sadar hal ini membuat followers anda yang tertarik akan memutuskan untuk melakukan pembelian. Karena mereka yakin, bisnis yang anda jalankan adalah bisnis yang bisa di percaya.

2. Membuat konten edukatif

Kebanyakan calon konsumen  haus tentang informasi suatu produk yang menarik perhatian mereka. Untuk itu anda perlu membuat konten edukasi seputar bisnis yang sedang anda jalankan.

Membuat konten edukasi juga bertujuan untuk mengedukasi pelanggan baru, juga bisa digunakan untuk terus mempertahankan pelanggan lama.

Konsumen akan mengikuti setiap konten stories anda, jika dirasa konten tersebut bermanfaat bagi mereka. Jadi mereka tidak merasa anda sedang berjualan.

Ketika anda membuat konten edukasi stories, sebaiknya tulislah beberapa pokok bahasan yang penting penting saja, agar teks bisa dibaca dan tidak mengganggu.

Jika followers anda ingin membaca konten edukasi lebih lanjut, anda bisa menambahkan link website anda. Hal ini tentu bisa memancing traffic website anda.

3. Video tutorial tentang produk jualan anda

Bentuk video juga dirasa lebih efektif ketimbang lainnya, karena mampu meningkatkan interaksi dari followers anda.

Anda bisa memberikan video yang berisi informasi tentang produk anda, misalkan saja anda berjualan kaos, maka anda bisa memberikan cara mencuci kaos yang baik, cara memadu padakan kaos dengan bawahan, atau hal hal lain yang berhubungan dengan bisnis anda.

Dengan cara ini calon konsumen anda, tak akan ragu lagi untuk membeli produk yang sedang anda jual.

4. Menggunakan fitur swipe up

Salah satu fitur yang bisa anda gunakan untuk mengarahkan followers anda ke halaman website atau lainnya adalah fitur swipe up. Fitur ini membantu pemilik bisnis untuk mendapatkan traffic dari media sosial maupun website jualan.

Namun sayangnya tidak semua akun instagram terdapat akun swipe up. Hanya akun tertentu yang bisa menggunakan fitur ini. Tentunya adalah akun yang telah mempunyai banyak pengikut.

5. Perbanyak konten video

Seperti yang telah disampaikan tadi bahwa konten video memang mempunyai efektifitas yang lebih ketimbang konten foto. Karena algoritma instagram sendiri, yang lebih menampilkan konten konten video daripada konten lain.

Hal ini bisa anda lihat di kolom explore, dimana anda akan banyak menjumpai konten video stories, konten ig tv bahkan konten live. Nah sehingga anda bisa mencoba memperbanyak konten video sebagai konten bisnis anda.


Tips menggunakan instagram stories untuk bisnis online anda

6. Memanfaatkan fitur Q&A instagram

Instagram sendiri telah meluncurkan fitur baru yaitu Q & A (Question and Answer) pada instagram stories. Hal ini bisa anda jadikan alat untuk mencoba berkomunikasi dengan para followers anda.

Instagram stories yang berisi Q&A cenderung lebih aktif, anda bisa mencoba memberikan / mengajukan pertanyaan ke followers, atau anda memberikan kesempatan followers anda untuk bertanya mengenai bisnis anda.

7. Mengadakan Polling

Fitur instagram yang bisa anda coba gunakan adalah fitur polling. Fitur ini berguna agar followers bisa langsung memberikan feedback terhadap bisnis yang sedang anda jalankan.

Misalnya saja anda akan memproduksi produk baru, anda bisa memberikan pilihan kepada followers anda produk mana yang akan diproduksi lebih dulu. Dengan mengikuti pendapat followers, kemungkinan saja produk akan banyak terjual.

8. Menampilkan feeds terbaru

Kelebihan yang dimiliki instagram stories selanjutnya adalah mampu menampilkan postingan feed terbaru yang bisa anda jadikan story.

Dengan begitu followers anda akan tahu terhadap postingan anda. Hal ini juga bisa anda jadikan peluang untuk mendapatkan engagement dari likes, komen dan share.

9. Menyimpan pada stories higlights

Karena sifatnya instagram stories hanya 24 jam, kemungkinan ada followers yang memang tidak tahu. Sehingga anda bisa menyimpan stories anda pada stories higlights.

Anda tak perlu memasang semua stories, cukup pasang stories yang berisi informasi dan anda anggap penting. Seperti mengenai produk terbaru, tutorial, tips edukasi, atau hal hal lainnya.

10. Menggunakan fitur dukung bisnis kecil

Baru baru ini instagram meluncurkan fitur terbaru yaitu fitur dukung bisnis kecil. Fitur ini diciptakan untuk mendukung pelaku bisnis menghadapi tantangan krisis COVID 19.

Nah hal ini bisa anda gunakan untuk membantu bisnis anda agar lebih diketahui banyak orang.

Nah itulah tips yang bisa anda gunakan pada instagram stories agar bisnis online anda semakin laris.

Jadi gunakan instagram sebagai tempat membangun brand anda, bukan hanya tentang jualan saja. Cobalah untuk menggunakan tips diatas agar bisnis anda semakin berkembang.

1 comment for "Tips menggunakan instagram stories untuk bisnis online anda"

  1. terimakasih atas tips nya sangat bermanfaat
    https://bit.ly/3b4iYzD

    ReplyDelete