Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Rahasia Laris Jualan di Facebook Marketplace



Facebook Marketplace adalah tempat yang tepat untuk menjual produk yang target penjualannya adalah orang-orang yang secara demografis dekat dengan anda.

Sama seperti OLX yang berfokus pada penjualan untuk orang-orang di dekat dengan penjual. Selain itu Facebook Marketplace juga tidak memiliki rekber atau rekening bersama.

Jadi perlu diingat bahwa Facebook Marketplace tidak sama dengan Tokopedia, Bukalapak dan Shopee yang semua fiturnya memang mengakomodir penjualan.

Meskipun berbeda dengan marketlace yang ada, Facebook Marketplace mempunyai pangsa pasar atau ceruknya tersendiri.

Sebagaimana yang kita ketahui, Facebook merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia. Facebook sendiri jauh lebih sering dikunjungi ketimbang situs marketplace.

Karena itulah Facebook Marketplace menyimpan potensi terpendam tersendiri yang layak untuk digali.

Jika dilakukan dengan benar, Facebook Marketplace bisa menjadi alat pemasaran yang sangat efektif. Namun banyak yang tidak menyadari kekuatan dari Facebook Marketplace ini.

Oleh sebab itu cobalah sendiri Facebook Marketplace untuk melihat bagaimana hasilnya. Namun jangan asal posting produk, ada strategi yang harus dilakukan yang banyak orang tidak lakukan dalam Facebook Marketplace.

Kali ini CariDuit.id disini akan membagikan 9 rahasia laris jualan di Facebook Marketplace berikut ini:


1. Melakukan riset

Sebelum memposting produk anda, cobalah lakukan riset sederhana. Coba perhatikan kompetitor anda, berapa harga jual yang ditetapkan, apa keunggulannya, apa kekurangannya, bagaimana anda nantinya menjual kelebihan yang anda miliki.

Jika di Facebook Marketplace sedikit produk yang menjual seperti yang anda jual, kabar baik, disitu anda dapat menjual lebih mudah.


2. Harga

Orang yang datang ke marketplace baik itu Shopee, Tokopedia, Bukalapak maupun Facebook Marketplace sangat sensitif dengan harga.

Bijaklah dalam menetapkan harga. Tinggikan nilai yang anda miliki agar terlihat harga produk murah. Jangan terlalu rendah memasang harga karena margin anda akan sangat tipis.

Jangan terlalu tinggi menetapkan harga karena orang berpikir 2 kali sebelum membeli.


3. Pasang harga nego

Banyak orang yang mencoba untuk menawar saat membeli. Jangan tersinggung karena bagaimanapun ia sudah memiliki ketertarikan untuk membeli. 

Cobalah beri kelonggaran harga dan celah untuk memberinya potongan harga.

Fokuslah pada penjualan dan keuntungan. Oleh sebab itu, pasanglah harga yang bisa untuk ditawar sejak awal agar mereka yang anda beri penawaran akan merasa beruntung mendapat potongan harga.


9 Rahasia Laris Jualan di Facebook Marketplace


4. Memajang foto yang bagus

Gambar menjadi daya jual disamping judul, deskripsi dan harga. Maka perhatikanlah foto yang digunakan. Gunakanlah foto sendiri dan jangan gunakan foto yang ada di internet.

Menggunakan foto di internet untuk Facebook Marketplace justru dicurigai sebagai penipu. Meskipun hasil foto sendiri, sebaiknya upayakan hasil foto sebagus mungkin.

Jika memungkinkan, gunakan gambar solid untuk background entah hitam atau putih untuk memfokuskan mata pembeli pada produk dan menghindari gangguan.

Tampilkan kekurangan dan kelebihan produk dalam foto agar terlihat anda sebagai penjual yang serius dan jujur.

Cobalah jadi gambar yang paling menonjol diantara foto produk lain dalam kategori produk yang sama dengan produk anda yang paling pertama dilihat dan cenderung yang paling banyak diklik.

Foto harus benar-benar menampilkan produk baik ukuran, bahan dan penggunaan.

Foto yang bagus tidak harus menggunakan kamera profesional, gunakan kamrea ponsel sudah cukup asal pencahayaan dan fokus cukup baik.


5. Bergabunglah dengan grup Facebook

Bergabunglah dengan beberapa group di wilayah anda. Semakin banyak anda mengikuti group Facebook, semakin banyak peluang anda untuk memposting produk, dan semakin banyak orang yang melihat produk anda makin banyak orang yang membeli.

Saat memposting di Facebook, jangan lupa untuk memposting kelebihan produk anda dengan jelas dan menarik agar orang semakin tertarik untuk membeli.


6. Sebarkan ke sosial media lainnya

Jangan hanya terpaku untuk menjual di Facebook Marketlace, gunakan semua media pemasaran yang ada untuk menjaring sebanyak mungkin konsumen.

Jika Facebook Marketplace tempat pertama anda berjualan, cobalah beritahukan orang lain kalau anda menjual produk di marketplace. Beritahukan lewat postingan di Instagram dan Whatsapp anda.

Utamakan orang-orang terdekat anda tahu bahwa anda menjual produk tersebut.


7. Sertakan beragam opsi pengiriman

Sediakan beragam opsi pengiriman seperti J&T, Tiki, JNE, Pos Indonesia dan lainnya. 

Ingat bahwa Facebook Marketplace tidak menyediakan kurir, anda harus menyertakan opsi pengiriman pada deskripsi produk atau saat menjelaskan kepada calon konsumen.

Anda juga harus menyediakan opsi COD atau ketemuan langsung. Sebagian pengguna ingin COD ketimbang menggunakan kurir. Karena lebih aman dan lebih meyakinkan.


8. Jujur

Masalah yang ada pada Facebook Marketplace adalah penipuan, ini bisa terjadi karena Facebook tidak menggunakan rekening bersama. 

Oleh sebab itu anda harus bersikap jujur dan memperlihatkan sikap jujur pada konsumen karena ini sangat fundamental dalam berjualan di Facebook Marketplace.

Sikap jujur mengatakan kekurangan produk saat ditanya dan berani mengatakan tidak pada hal yang memang tidak layak untuk dibenarkan.


9. Otoriatas

Perlihatkanlah bahwa anda memiliki otoritas dalam lini bisnis yang anda geluti. Maksud otoritas disini adalah anda paham seluk beluk produk dan bisnis dan mampu mengatasi masalah orang lain terkait produk tersebut.

Dalam hal ini anda bisa membangun personal branding yang kuat pada halaman Facebook anda disamping anda berjualan di Facebook Marketplace.

Tentu orang yang hendak membeli dari anda akan melihat profil anda juga. Jika profil anda meyakinkan, mereka merasa lebih aman dalam bertransaksi.

Jika profil anda menampilkan otoritas terhadap produk yang ditawarkan, itu menjadi nilai tambah yang bagus.

Contohnya saya pernah hendak membeli laptop di Facebook, saya mencari produk dan akhirnya tertarik membeli satu produk. 

Saya melihat profile Facebook penjualnya sebelum menghubunginya. Saya melihat ia adalah orang yang cukup ahli dalam komputer karena postingannya terkait komputer, service komputer dan jualan-jualan komputernya.

Saya banyak bertanya padanya terkait laptop tersebut dan hal lainnya. 

Saya lebih mudah percaya padanya karena sudah terbangun dalam pikiran saya dia ahli komputer dan saran-sarannya untuk membeli laptop yang mana dan kelebihan-kelebihan laptop yang ia jual dengan mudah saya terima.


9 Rahasia Laris Jualan di Facebook Marketplace


Kesimpulan

Facebook Marketplace jarang dilirik orang untuk berjualan, padahal potensinya sangat besar. 

Anda dapat dengan mudah berjualan dengan mengikuti beberapa diatas yang dengan mudah diterapkan.

Semua jenis produk dapat dijual disini karena pengguna Facebook sangat beragam dan tidak terbatas oleh demografis. 

Memang kekuatan dalam Facebook adalah berjualan berdasarkan jangkauan demografis namun tidak menutup kemungkinan untuk berjualan tanpa batas demografis.

Tips diatas cukup sederhana dan bisa diterapkan sekarang juga jika anda tertarik langsung berjualan silahkan buka facebook.com/marketplace. 

Klik tawaran baru, tambahkan foto dan deskripsi lalu klik terbitkan. Dan barang andapun langsung tayang.


1 comment for "9 Rahasia Laris Jualan di Facebook Marketplace"

  1. Despite working with a complex workflow, they were able to improve and understand the process very quickly.
    website firms

    ReplyDelete