Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Influencer Marketing, Solusi Tingkatkan Omzet Bisnis



Semakin banyaknya pengguna sosial media, membuat influencer marketing ini semakin populer. Hal ini karena semua selebritis dan influencer bisa semakin dekat dengan fans dan masyarakat luas. 

Dengan begitu, peminat brand Anda bisa dengan mudah meningkat secara drastis. Karena memang biasanya para fans melakukan apa yang dilakukan oleh idolanya. 

Begitu pula dengan berbagai produk yang digunakan oleh sang idola juga pasti akan ditiru. 

Dahulu memang influencer marketing masih asing di telinga masyarakat. Hal ini dikarenakan masih belum banyak orang yang menggunakan smartphone canggih. 

Sedangkan saat ini hampir semua orang dari berbagai kalangan menjadi pengguna smartphone. Dengan begitu, iklan yang diberikan oleh para selebriti saat ini tidak hanya melalui televisi saja. 

Influencer Marketing Sangat Membantu Bisnis Anda

Sebenarnya, influencer marketing sama saja dengan iklan yang dilakukan para selebriti di televisi. Hanya saja pemasaran atau promosi produk ini dilakukan di sosial media dengan lebih santai. 

Jadi, para selebriti atau influencer ini hanya perlu review produk saja. Kemungkinan besar bagi Anda yang memiliki bisnis kemudian memanfaatkan influencer marketing akan mendapatkan peningkatan omset secara drastis. 

Sudah banyak pemilik bisnis brand terkenal yang juga memasarkan produk melalui influencer. Biasanya ketika Anda tepat dalam memilih influencer, maka peningkatan akan sangat cepat dan pemesanan produk pun akan membludak seketika. 

Jadi, apabila Anda ingin produk cepat dikenal oleh masyarakat luas cara ini mungkin akan sangat efektif.

Apalagi saat ini semakin banyak orang yang memilih untuk jual beli online. Dengan demikian, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan konsumen yang berasal dari berbagai daerah. 

Jadi, untuk memperkenalkan produk tidak membutuhkan waktu lama agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. 

Influencer Marketing, Solusi Tingkatkan Omzet Bisnis


Cara Memilih Influencer Marketing

Sebelum Anda mempromosikan produk atau bisnis Anda melalui influencer marketing, yuk cari tahu bagaimana caranya memilih influencer. 

Anda harus mengetahui beberapa cara ini agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, karena promosi ini juga membutuhkan budget khusus untuk promosi. 

1. Budget yang Dibutuhkan Sesuai Dengan Kemampuan Bisnis Anda

Perlu Anda ketahui bahwa masing-masing selebriti atau influencer memiliki biaya endorse atau paid promote yang berbeda-beda. 

Ada yang mematok dengan harga tinggi, ada juga yang mematok dengan harga standar. Tapi, semua itu memang tergantung seberapa besar pengaruhnya pada bisnis Anda. 

Jadi, jika Anda masih memiliki budget yang rendah maka tidak masalah mencari influencer yang harga endorsenya memenuhi budget. Setidaknya dengan begitu jangkauan bisnis Anda semakin luas dari sebelumnya. 

2. Skala Promosi Produknya Sesuai

Selanjutnya, pilih influencer yang promosi produknya sesuai dengan skala usaha yang sedang Anda jalankan. 

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan influencer yang tergolong makro atau premium. Bahkan, jika Anda berani menggebrak dunia marketing dengan cara ini akan membuat brand semakin terkenal.

Hanya saja, yang seringkali membuat sebagian besar orang tidak bisa menggunakan influencer macro adalah keterbatasan biaya. 

Jadi, bagi Anda yang memang benar-benar ingin endorse atau paid promote pada influencer yang memberikan harga tinggi sebaiknya mengumpulkan untung sedikit demi sedikit terlebih dahulu.

3. Tepat Sasaran atau Sesuai dengan Target Bisnis

Masing-masing influencer tentu memiliki niche yang berbeda-beda. Nah, jika Anda ingin menggunakan influencer sebagai tempat Anda memasarkan produk maka pastikan nichenya sesuai dengan kategori produk. 

Misalnya, ketika Anda ingin memasarkan produk baju maka carilah influencer yang nichenya lifestyle atau paling tidak beauty. 

Apakah ini mempengaruhi bisnis Anda? Tentu saja, karena kebanyakan orang mengidolakan influencer atau selebriti karena memiliki kesenangan alias hobi yang sama. 

Secara tidak langsung, orang yang sudah memiliki banyak fans ini dijadikan sebagai inspirasi dalam membuat konten atau merubah diri menjadi lebih baik. 


Influencer Marketing, Solusi Tingkatkan Omzet Bisnis


4. Engagement Calon Influencer Tinggi

Apa sih engagement itu? Engagement adalah tingkat keaktifan influencer dengan followersnya dalam berinteraksi. 

Point ini sangat penting bagi Anda yang ingin menggunakan jasa endorsenya. Karena, terkadang ada seseorang yang memiliki jumlah followers cukup banyak namun engagement rendah. 

Jadi, sebagai seorang influencer sebenarnya tidak dipatok dari jumlah followersnya yang ribuan saja. Melainkan dari seberapa bagus interaksi Anda dengan para followers. 

Mulai dari like hingga komen sangat mempengaruhi engagement rate. Jika Anda sampai memilih influencer yang tingkat interaksinya rendah maka tidak akan ada dampak besar bagi bisnis Anda.

5. Memiliki Reputasi yang Baik di Depan Publik

Terdapat dua jenis influencer yang perlu diketahui, yaitu terkenal karena kreasi dan sensasi. Tentu yang paling bagus adalah ia yang memiliki kreasi dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. 

Nah, ketika Anda hendak menggunakan selebgram untuk promosi maka pilihlah yang terkenal karena memiliki kreasi sehingga memiliki reputasi baik di depan publik. 

Dengan begitu, kemungkinan besar semua followers influencer tersebut akan tertarik pada produk Anda.

6. Bisa Diajak Membuat Perjanjian Kerjasama yang Baik

Dalam menjalin kerjasama antara Anda selaku pelaku usaha dengan influencer yang akan mempromosikan produk Anda tentu harus ada perjanjian. 

Perjanjian ini dibuat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti merugikan salah satu dari kedua belah pihak.

Meskipun hanya sekedar promosi, namun masih ada saja kelalaian yang kadang terjadi karena tidak ada kesepakatan diantaranya. Dengan demikian, timbullah masalah yang membuat salah satu pihak merasa dirugikan. 

7. Intensitas Update Kontennya Baik

Sebagai seorang influencer tentu harus aktif untuk menyapa dan muncul kepada para followers atau penggemarnya. 

Karena dengan begitu menunjukkan bahwa influencer tersebut memang benar-benar akan mempromosikan produk Anda. 

Seseorang bisa disebut influencer jika memang dianggap aktif di berbagai sosial media untuk aktif membuat konten. 

8. Kreatif

Meskipun semua influencer memiliki kreatifitas dalam membuat konten, tapi tidak semua bisa memberikan konten yang benar-benar menarik. 

Karena, isi konten yang kreatif dan meyakinkanlah bisa membuat semua orang yang melihatnya penasaran. Ketika penasaran maka secara otomatis banyak orang yang mencari tahu tentang produk jualan Anda. 

Oleh karena itu, selain mengandalkan influencer tugas Anda juga menawarkan produk dengan detail yangs ebenar-benarnya. Pastinya produk tersebut harus berkualitas. 

Perbandingan Influencer Marketing Dengan Social Media Marketing

Berbicara tentang bisnis, sebenarnya Anda bisa promosi melalui influencer marketing atau social media marketing alias ads. 

Jadi, dari dua pilihan tersebut Anda bisa membandingkan mana yang sekiranya akan membawa keuntungan bagi bisnis milik Anda. 

Memang sama-sama untuk memperkenalkan produk Anda ke masyarakat luas. Berikut perbandingan yang harus dipelajari sebelum memutuskan ingin menggunakan cara promosi mana.


Influencer Marketing, Solusi Tingkatkan Omzet Bisnis

Influencer Marketing Memiliki Kemampuan Promosi Cukup Cepat


Saat ini, promosi dengan menggunakan influencer marketing dipercaya mampu meningkatkan omset bisnis cukup cepat. 

Tidak heran jika saat ini banyak sekali pelaku usaha yang sedang mencari influencer yang pas dengan bisnisnya. 

Bagi Anda yang sedang menjalankan usaha juga memiliki peluang besar untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas dengan cara promosi ini. 

Influencer marketing ini bisa dipercaya dapat meningkatkan omset karena memang reviewnya bisa langsung mempengaruhi para penggemarnya. 

Sudah banyak pelaku usaha yang berhasil mengembangkan nama brandnya karena bantuan para influencer. 

Bahkan, tidak ragu mereka menjadikan influencer atau selebriti sebagai brand ambassador. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas. 

Itulah sekilas penjelasan mengenai promosi dengan melalui influencer. Para pelaku usaha tentu harus mengetahui dan memahami tentang media-media yang akan dijadikan tempat promosi. 

Karena terdapat banyak sekali cara untuk memperkenalkan produk. Mulai dari mulut ke mulut, menawarkan ke semua orang melalui sosial media, dan masih banyak lagi. 


Post a Comment for " Influencer Marketing, Solusi Tingkatkan Omzet Bisnis"