Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Keren! 8+ Keunggulan Instagram Marketing Ini Bisa Bikin Bisnis Sukses



Jangan lupakan instagram marketing untuk mempromosikan usaha Anda! 

Dari sekian banyak media sosial, Instagram menempati posisi ketiga dengan jumlah pengguna terbanyak. 

Sejak dirilis pada tahun 2010 lalu, statistik menunjukkan adanya peningkatan setiap bulan. Setidaknya, ada sekitar 1 miliar pengguna baru yang terdaftar setiap bulannya, dimana 63% diantaranya adalah pengguna aktif.

Bayangkan, betapa tinggi target pasar yang bisa Anda jangkau per bulan? 

Ditambah dengan eksposur yang bisa mempengaruhi angka penjualan. Dengan begini, bukan tidak mungkin keuntungan pun akan berlipat ganda dari sebelumnya. 

Lantas, seberapa besar pengaruh promosi bisnis melalui Instagram? Apa pula keunggulannya dibandingkan media sosial lain?

Memaksimalkan Instagram Marketing dengan Akun Bisnis

Instagram marketing merupakan salah satu istilah promosi. Sama halnya dengan strategi bisnis lain, pengusaha atau pebisnis bisa menawarkan dan memperkenalkan produk atau jasa yang dimiliki. 

Sebagai media sosial, Instagram menjadi platform ternyaman untuk pengguna maupun pebisnis. Pasalnya, tampilan media yang dibuat layaknya galeri foto atau video.

 

Keren! 8+ Keunggulan Instagram Marketing Ini Bisa Bikin Bisnis Sukses

Hal ini rupanya mempermudah siapapun, bahkan dari usia muda hingga dewasa. Mereka yang ingin memperlihatkan portofolio, karya, bahkan talenta pun bisa ditampung disini. 

Tak cuma tampilan yang menarik, Instagram juga dilengkapi oleh berbagai fitur dan filter pendukung. Belakangan, kehadiran filter-filter ini menambah semarak dan trafik pengguna setiap harinya.

Di samping itu, Instagram seringkali dijadikan media kampanye suatu isu maupun tantangan. Jika Anda perhatikan, beberapa challenge justru lahir dan berkembang pesat melalui Instagram. 

Sebut saja, kiki challenge, falling stars, hingga mannequin challenge. Seiring berjalannya waktu, berbagai challenge mendunia dan menyita perhatian publik.

Untuk mendukung para pebisnis, Instagram pun fokus menghadirkan akun bisnis. Apa bedanya dengan akun Instagram pribadi? Biar lebih jelas, sebaiknya Anda lihat perbandingan dan perbedaan keduanya di table di bawah ini.



Keren! 8+ Keunggulan Instagram Marketing Ini Bisa Bikin Bisnis Sukses

Keunggulan Instagram Marketing

Masih belum yakin memaksimalkan Instagram marketing untuk mempromosikan usaha Anda? Ingin alasan lain untuk meyakinkan Anda memilih Instagram bisnis? 

Berikut beberapa keunggulan yang bisa dirasakan setelah memaksimalkan akun Instagram sebagai media promosi.

1. Gratis

Kalau Anda belum punya budget promosi yang pas, cobalah manfaatkan platform gratis. 

Salah satunya, Instagram yang bisa diunduh gratis dan mudah melalui penyedia layanan. Cukup membuat akun media Instagram, Anda bisa mulai menawarkan dan memasarkan produk ataupun jasa.
 
Menariknya, Instagram tidak mematok biaya per bulan untuk memaintenance akun pribadi maupun bisnis. 

Walaupun gratis, bukan berarti promosi via Instagram tidak efektif. Beberapa pebisnis justru merasakan dampak besar dari promosi via Instagram. 

Menariknya, Instagram bisa Anda Kelola dengan mudah, bahkan bisa memasang iklan kapanpun dan dimanapun. Berbeda dengan website atau blog yang mesti membeli domain dan dikelola dengan serius.

2. Mudah Digunakan

Jangan risau, apalagi bingung saat mengoperasikan Instagram. Layaknya media sosial lain, Instagram sangat mudah dipelajari dan digunakan. 

Anda bisa berbagi foto, video, maupun stories dengan bantuan fitur yang ada. 

Tinggal unggah foto produk atau jasa, pengguna lain bisa langsung mengeceknya. Jika dibandingkan dengan blog, Instagram marketing justru sangat mudah. 

Anda tak perlu mempelajari optimasi SEO hingga mencari backlink. 

Promosi di Instagram semudah memposting foto, lalu melihat trafik yang ada. Ingin lebih optimal mempromosikan bisnis Anda? 

Cobalah gunakan hashtag yang mempermudah calon pembeli. Pencarian menggunakan hashtag sangat lumrah dilakukan dan masih efektif sampai saat ini. 

Orang-orang lebih suka mencari barang atau jasa dengan mengetikkan kata kunci atau hashtag tertentu.

3. Efektif Meningkatkan Brand Awareness

Usaha yang dirintis masih terbilang baru? 

Memulai sebuah bisnis memang tidak mudah, tapi tahukah Anda kalau Instagram sangat membantu?

Melalui fitur Instagram ads, Anda bisa mulai memperkenalkan usaha kepada pangsa pasar yang tepat.
 
Dengan konten iklan yang tepat, usaha Anda bakal lebih dikenal orang. Meskipun tidak gratis, memasang Instagram ads memiliki banyak kelebihan. 

Satu diantaranya biaya promosi yang tidak setinggi iklan konvensional. Selain itu, pihak Instagram pun akan sangat membantu dalam menjangkau konsumen dengan kriteria yang pas.

4. Efisien Menjangkau Calon Pembeli

Pernahkah terpikir oleh Anda kalau calon pembeli bisa datang dari dalam maupun luar negeri? 

Selama ini, kita hanya berfokus pada pembeli lokal saat melakukan promosi. Padahal pangsa pasar sangat luas di luar sana. 

Anda bisa menjangkau mereka dengan mudah berkat perkembangan teknologi dan media sosial. Instagram memfasilitasi para pebisnis untuk menjangkau dan berkembang pesat. Seperti yang kita tahu, hashtag seringkali muncul di tab explore. 

Saat seseorang mencari sesuatu menggunakan hashtag, produk atau jasa serupa dari brand berbeda akan muncul. Mengingat pengguna Instagram berasal dari berbagai belahan dunia, sangat mungkin produk Anda dikenal luas pula.



Keren! 8+ Keunggulan Instagram Marketing Ini Bisa Bikin Bisnis Sukses



5. Terkoneksi dengan Platform Lain

Capek mengunggah postingan yang sama di media sosial berbeda? Atau Anda ingin membagikan iklan produk ke website atau blog? Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk mempermudah aktivitas tersebut. 

Media sosial ini terhubung dengan beberapa media sosial lain, seperti Twitter, Facebook, maupun share link. Sangat menghemat waktu dan tenaga bukan? 

Tinggal sekali unggah di Instagram, postingan bisa diakses oleh pengguna media sosial lain.

6. Meningkatkan Trafik Penjualan

Secara tidak langsung, Instagram marketing berpengaruh besar pada hasil penjualan per bulan. 

Ini bisa disebabkan oleh pemasangan iklan melalui Instagram ads, penggunaan hashtag, ataupun endorsement. 

Khusus endorsement, Anda harus menghubungi atau bekerjasama dengan public figure, seperti selebgram, artis, atau tokoh inspiratif. 

Umumnya, mereka memberikan rate card sesuai dengan jumlah pengikut atau insight. Sebelum menggunakan jasa endorsement, pastikan Anda mencari tahu insight dari si public figure. 

Apakah endorser bisa mengarah pada call to action atau tidak?

7. Mempermudah Analisis Pasar

Bukan waktunya lagi menganalisis pasar dengan cara kuno. Sekarang, Instagram sudah menyediakan analisis terkini yang bisa dicek kapanpun. 

Analisis ini meliputi respon hingga statistik per jam. Berdasarkan analisis tersebut, Anda bisa tahu waktu yang tepat untuk mengunggah postingan. 
 
Tak cuma itu, analisis membantu mempertahankan konten yang tepat dan tidak. Seberapa penting memposting konten yang tepat sasaran? Tentu saja penting, sebab pengguna Instagram terbilang spesifik dan segmented. 

Mereka seringkali mencari dan mengikuti akun yang sesuai dengan latar belakang dan kesukaan. Jika dianggap tidak menarik, akun akan diunfollow begitu saja. 

Begitu pula dengan postingan, biasanya tidak akan diberi like atau comment sebagai bentuk partisipasi.

8. Menjangkau Segmentasi Pasar yang Tepat

Berbeda dengan media sosial lain, Instagram marketing menetapkan segmentasi yang tepat. Perhatikan insight pada akun bisnis Anda. 

Disana terdapat rentang usia, domisili, hingga trafik per postingan. Ini akan sangat membantu untuk menjangkau segmentasi pasar yang sesuai dengan kategori produk atau jasa Anda.

9. Membangun Koneksi dengan Pelanggan

Pengusaha seringkali lupa membangun koneksi atau komunikasi dengan pelanggan. Padahal poin ini sangat penting untuk keberlangsungan suatu usaha. 

Jika pelanggan merasa diabaikan, mereka mudah saja mencari pengganti produk atau jasa Anda. 
Oleh sebab itu, jagalah komunikasi yang baik dengan pelanggan. 

Bagaimana caranya? Salah satunya rajin membalas komen ataupun pesan dari mereka. Bila pelanggan mengajukan pertanyaan, sebaiknya tanggapi secara bijak. 

Walaupun tak jarang pertanyaan yang diajukan sudah berulang kali diinformasikan. Di samping itu, edukasi pelanggan dengan cara menyenangkan.

Komunikasi dan koneksi yang baik bisa menjadi promosi gratis untuk usaha Anda. Bukan tidak mungkin mereka akan mempromosikan produk atau jasa Anda kepada orang-orang terdekat mereka.

Tingkatkan Penjualan Secara Pesat Dengan Instagram Marketing

Itu tadi, 8 keunggulan Instagram marketing yang bisa Anda rasakan manfaatnya. Pengaplikasian yang tepat serta konsistensi tetap menjadi kunci kesuksesan. 

Jangan sepelekan kebutuhan pelanggan akan informasi, sebab bisa jadi mengarah pada transaksi. Temukan konten yang pas untuk mengantarkan pesan atau promosi produk Anda.

Kalau memungkinkan, lakukan pula riset pasar dengan seksama. Tak ada salahnya menganalisa kompetitor serta model konten yang tengah menjadi tren pasar. 

Dengan begini, usaha Anda bakal menjangkau pangsa pasar yang jelas. 

Angka penjualan pun perlahan-lahan akan meningkat dan membuahkan profit yang mencengangkan. Jadi, masih meragukan sistem promosi online melalui media sosial? 

Atau mulai melirik Instagram sebagai media promosi menjanjikan? 



Post a Comment for " Keren! 8+ Keunggulan Instagram Marketing Ini Bisa Bikin Bisnis Sukses "