Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Kerja Algoritma Instagram 2021


Cara Kerja Algoritma Instagram 2021– Definisi algoritma adalah sederetan kalkulasi atau instruksi yang digunakan untuk memecahkan masalah, 

sehingga menghasilkan output sesuai dengan yang diinginkan atau direncanakan. Social media seperti instagram, facebook menggunakan algoritma dengan tujuan menyampaikan konten kepada para penggunanya.

Jika kita sebagai pengguna aktif instagram dan sering memanfaatkannya maka kita akan menyadari bahwa algoritma instagram 2021 ini memiliki cara kerja yang tidak mudah begitu saja ditebak. 

Butuh waktu untuk memahaminya dan ketika kita sudah memahaminya maka kita akan mudah juga menyesuaikan strategi konten agar dapat bekerja bersamanya. 

Bagaimana Peran Algoritma dalam Instagram 2021?

Algoritma  yang digunakan instagram adalah mengadopsi newsfeed. Sehingga newsfeed ini diatur oleh algoritma dalam penentuan konten apa yang akan disajikan untuk para penggunanya. 

Konten yang disajikan atau ditampilkan adalah berdasarkan aktivitas, minat dan juga interaksi yang kita lakukan di dalam instagram ini. 

Seperti yang kita rasakan bahwa algoritma instagram sering mengalami perubahan. Sehingga banyak menimbulkan pertanyaan bahwa seberapa sering terjadinya perubahan pada instagram ? 

jawabannya adalah perubahan tersebut akan terjadi sepanjang waktu. Perubahan ini didasarkan pada banyaknya data yang diperoleh algoritma pada tiap menitnya di setiap hari.

Algoritma bekerja oleh dukungan machine learning yaitu dengan mengambil salah satu pola perilaku penggunanya yang nantinya pola tersebut akan dijadikan sebagai cara kerja algoritma. 


Cara Kerja Algoritma Instagram 2021


Setiap fitur di instagram memiliki algoritmanya masing – masing. Seperti contoh terdapat algoritma yang bekerja terhadap stories, algoritma pada feeds, algoritma pada IGTV, dan  algoritma pada halaman explore.

Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas bagaimana cara kerja algoritma pada tahun 2021 khususnya pada fitur feeds dan stories. Berikut cara kerja algoritma instagram feeds dan stories 2021.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma Instagram 2021 pada Bagian Feeds?

Perubahan – perubahan algoritma instagram sangat membuat para penggunanya penasaran. Rasa penasaran ini didukung juga oleh rasa ingin segera mempersiapkan diri untuk menyesuaikan sehingga kita dapat dengan cepat dapat bekerja sama dengan algoritma instagram tersebut. 

Menurut instagram, terdapat 6 faktor yang mempengaruhi algoritma instagram 2021 pada bagian feeds. Berikut point – point beserta penjelasannya,

1. Berdasarkan minat atau interest

Faktor pertama yang akan mempengaruhi perubahan dari cara kerja algoritma instagram 2021 adalah munculnya feeds di beranda bukan hanya didasarkan pada akun instagram yang kita ikuti saja, 

namun juga akan didasarkan kepada jenis postingan atau akun yang pernah atau cenderung kita sukai secara kebiasaan. 

Jadi semakin sering kita memberikan sinyal kepada algoritma bahwa kita ‘’menyukai’’ suatu jenis postingan tertentu maka akan semakin tinggi pula postingan tersebut akan muncul pada beranda instagram kita. 

Seperti contoh misalkan kita follow akun instagram “jajan hits surabaya” yang menampilkan jenis – jenis jajanan yang sedang hits di daerah surabaya. 

Kemudian kita sering menekal tombol like atau komen dan juga sering membagikan postingan dari akun “jajan hits surabaya” tersebut maka selanjutnya akan terjadi kemungkinan kita akan sering melihat postingannya di feeds instagram kita.

Oleh karena itu bagi pengguna instagram harus konsisten untuk mengupdate postingan – postingannya sehingga hal tersebut dapat menyalurkan signal positif bagi algoritma instagram. 

Dengan begitu maka akan banyak pengunjung atau pengguna instagram lain yang akan berinteraksi dengan konten dari brand yang kita suguhkan.

2. Berdasarkan hubungan atau relationship

Faktor kedua yang mempengaruhi perubahan algoritma instagram 2021 adalah berdasarkan relationship atau hubungan. 

Pada algoritma ini akan menganalisa tentang kepada siapa sajakah interaksi yang kita lakukan. 

Sehingga algoritma akan lebih memprioritaskan postingan dari orang yang kita sering ajak berinteraksi seperti teman atau keluarga yang kita pedulikan. 

Cara kerjanya adalah dengan menghitung tingkat minat dan hubungan kita saat setelah kita follow akun dengan penyajian konten mereka pada umpan kita. 

Perhitungan ini didasarkan kepada konten – konten mereka yang kita sukai, berdasarkan pada direct message yang kita lakukan dengan mereka, berdasarkan daftar pencarian akun dan berdasarkan orang yang kita kenal pada dunia nyata

3. Berdasarkan rentang waktu  atau timeliness

Engagement yang kita peroleh pada postingan kita nantinya tidak akan terlalu menjadi prioritas algoritma namun algoritma akan lebih melihat terhadap rentang waktu berapa lama foto atau video tersebut diposting. 


Cara Kerja Algoritma Instagram 2021


Hal ini karena algoritma instagram 2021 ingin selalu menyajikan postingan terbaru bagi penggunanya dan pastinya juga ingin memberikan postingan yang paling menarik. 

Sehingga diperlukan trik yang tepat agar postingan kita dapat meretas algoritma sehingga jangkauan postingan kita meningkat dan memperoleh banyak like dan sehingga follower akun kita bertambah. 

Trik yang perlu dilakukan adalah mencari timing yang tepat untuk melakukan postingan terbaru yaitu di saat para follower kita sebagian besar sedang online di instagram. 

Dengan demikian kesempatan untuk memeproleh reaksi dari follower meningkat, seperti perolehan like atau komen.

4. Berdasarkan frekuensi

Semakin sering kita membuka instagram dan melakukan scrolling terhadap postingan – postingan maka hal tersebut akan mempengaruhi terhadap feeds kita yang akan menjadi rapi dan juga kronologis

5. Berdasarkan akun yang diikuti atau following

Algoritma instagram 2021 erikutnya akan dipengaruhi oleh berdasarkan akun yang diikuti. Jika following kita cukup banyak maka cakupan instagram akan lebih luas. 

Cakupan yang luas ini akan membuat kita jarang melihat akun secara spesifik. Namun jika kita masih instens berinteraksi dengan beberapa akun seperti melakukan like atau komen juga tag di dalam foto yang sama maka masih terdapat peluang kita menjangkau akun tersebut.

Tips bagi kita adalah dengan melakukan filter untuk akun yang sudah tidak aktif. Dengan demikian followers dan following yang kita miliki di instagram dapat dipastikan adalah akun – akun yang kita minati atau ijinkan untuk berinteraksi dengan kita.

6. Berdasarkan penggunaan atau usage

Terakhir adalah berdasarkan lama penggunaan atau usage. Semakin lama kita menggunakan instagram atau menghabiskan waktu untuk menggunakannya maka kita akan memperoleh cakupan post yang lebih banyak. 

Sehingga jika misal kita sampai kehabisan konten untuk dilihat maka secara otomatis algoritma akan menyajikan konten  dari akun baru yang terekomendasi berdasarkan histori kita yang dilakukan pada sebelum – sebelumnya. 


Cara Kerja Algoritma Instagram 2021


Bagaimana Cara kerja Algoritma Instagram 2021 pada Bagian Stories?

Cara kerja instagram 2021 pada munculnya instagram story yang berada di atas feed kita akan difokuskan pada relationship dan juga timeliness. 

 Sehingga kita akan melihat stories terbaru yang berasal dari akun yang sering melakukan interaksi dengan kita, kemudian disusul dengan akun – akun lainnya. 

Trik yang dapat dilakukan adalah kita harus berusaha membalas pada komentar – komentar yang dilontarkan followers kita pada postingan atau stories kita sehingga dengan demikian engagement tinggi dan followers kita dapat sering menjangkau stories yang kita berikan.

Demikian penjelasan tentang cara kerja algoritma instagram 2021 pada fitur feeds dan stories. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat sehingga mampu memberikan pengaruh yang positif bagi bisnis atau pekerjaan kita.  


Post a Comment for " Cara Kerja Algoritma Instagram 2021"