Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ide Bisnis Kreatif Dan Unik


Di masa pandemi Covid 19 ini, membuat orang – orang semakin kreatif dan membuat berbagai ide bisnis yang super unik dan mudah menarik banyak orang. 

Tapi faktanya, memunculkan ide kreatif itu sendiri tidak bisa dilakukan semua orang dengan mudah dan bisa muncul kapan saja sesuai kebutuhan. 

Seseorang perlu melihat berbagai macam referensi untuk memunculkan ide kreatif itu sendiri. 

Belum lagi ada banyak tantangan yang harus dihadapin nantinya, seperti konsekuensi jika ide bisnisnya ternyata kurang sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan pasar, susah memuaskan pelanggan, dan membuatmu susah beradaptasi dengan lingkungan sekitar ketika menjalankannya. 

Bahkan tak sedikit dari sekian banyak ide bisnis kreatif ini yang membutuhkan waktu yang cukup lama agar diterima oleh masyarakat dan berkembang. 

Nah, jika kamu tertarik untuk menambah penghasilan tambahan dengan membangun bisnis dan kehabisan ide, kamu bisa menyimak daftar ide bisnis unik dan kreatif berikut ini:


1. Katering sehat

Di masa pandemi ini, tentu banyak orang yang semakin berhati – hati dalam menjaga kesehatan tubuhnya. 

Dengan memakan makanan sehat dan mengurangi waktu untuk keluar rumah. Fenomena ini tentu jadi kesempatan besar bagi pengusaha kuliner, terutama mereka yang bergelut di bidang catering. 

Jika kamu salah satunya, maka membuka menu catering sehat bisa jadi pilihan terbaik. 


Ide Bisnis Kreatif Dan Unik



2. Paket sayuran dan menu siap masak

Saat ini ada banyak juga pemilik bisnis yang beralih menjual sayuran dalam bentuk 1 paket sesuai resep. 

Misalnya saja paket sayur bayam, maka isinya adalah sayur – sayuran yang biasa dipakai untuk membuat satur bayam, lengkap dengan bumbu dan empon – empon sesuai resepnya. 

Paket sayur ini tentu akan diincar ibu – ibu muda yang biasa memesan catering untuk makan siang atau malam keluarganya dan mengandalkan pembantu di rumah, namun tiba – tiba harus menyiapkan semuanya sendirian selama pembantu pulang semasa PSBB dijalankan dan harus menyajikan menu yang sehat untuk keluarga di rumah 


3. Florist 

Florist juga sedang naik daun di masa pandemic. Semakin banyak orang yang memesan bunga hias, bahkan tanaman untuk di rawat di rumah. 

Sekedar mengobati kebosanan dan mencari kesibukan baru selain kerja dan diam di rumah. Misalnya saja mini kaktus yang semapat viral di pertengahan tahun 2020, banyak sekali orang yang mulai membeli kaktus mini ini untuk dirawat di rumah masing – masing dan sebagai pajangan juga. 


4. Kerajinan rotan

Bisnis kerajinan rotan ini sebenarnya bukan hal yang baru. Namun, kerajinan ini bisa dibilang timeless.

Di tahun dan zaman kapanpun, kerajinan rotan tetap terlihat aesthetic buat dijadikan sebagai dekorasi dinding hingga furniture rumah. 

Jika kamu ingin melirik usaha kerajinan rotan ini, anda dapat menggunakan kreativitas anda untuk membuat berbagai bentuk kerajinan yang unik dan belum pernah dibuat oleh pasar. 

Karena faktanya pengrajin rotan jumlahnya sudah banyak, namun rata – rata mereka membuat kerajinan rotan yang bentuknya hampir sama.


5. Desain mahar pernikahan

Meski musim pandemic dan PSBB, keadaan ini tidak mengganggu banyak orang untuk tetap melaksanakan pernikahan. 

Nah, bisnis untuk menjual desain mahar pernikahan pun bisa jadi pilihan untuk kamu yang memiliki jiwa seni dan kreativitas yang tinggi. 

Jika kamu merasa kamu memiliki bakat di bidang ini, coba saja merangkai beberapa piece contoh mahar pernikahan lalu upload di berbagai sosial media dan memanfaatkan pertolongan teman dan kerabat untuk memasarkannya di media sosial mereka juga. 

Dijamin, jasa mahar pernikahan ini akan laris manis, terutama jika kamu bisa menyajikan desain menarik dan lucu dengan budget minim. 


6. Desain case handphone

Desain case handphone sekarang ini juga masih layak dijalankan. Pangsa pasarnya pun masih besar. 

Kamu hanya perlu mengasah kemampuanmu membuat desain terbaru, menarik, dan unik agar berbeda dengan desain handphone lainnya. 

Jika kamu merasa tidak mumpuni untuk membuat desain, kamu bisa membeli desain dari para desainer grafis lalu menjualnya kedalam beberapa piece case handphone. 

Modalmu untuk membayar desainer grafis pasti cepat balik modal. 


7. Dropshipper

Meski bisnis dropship ini diperkenalkan di awal zaman digital, namun sampai sekarang jenis bisnis ini masih banyak yang menjalankan loh. 

Coba cari supplier yang menawarkan produk yang masih susah didapatkan oleh masyarakat, dan edit sedikit gambar produk yang disediakan supplier, kemudian beri sentuhan copywriting yang bagus dan menggugah keinginan orang agar beli produkmu. 

Dijamin kamu bisa mendapatkan pundi – pundi rumah hanya dengan laptop atau handphone kamu. 


Ide Bisnis Kreatif Dan Unik


8. Penyewaan perlengkapan bayi

Ide penyewaan perlengkapan bayi saat ini juga mulai banyak dilakukan banyak orang. 

Hal ini dikarenakan perlengkapan bayi yang semakin beragam bentuk dan jenisnya, terlebih harga yang rata – rata lumayan tinggi. 

Untuk mengurangi resiko kerugian karna tidak cocok dengan kebutuhan anak, lebih baik menyewa sehingga para orang tua bisa mencoba berbagai perlengkapan bayi dan perlengkapan yang mana saja yang disukai bayinya dan sesuai dengan kebutuhan bayainya. 


9. Terrarium

Seringnya orang menghabiskan waktu di rumah selama hampir setahun, membuat banyak orang rindu melakukan hal – hal lain dan berbeda. 

Jika kamu memiliki hobi dan kemampuan untuk merawat tanaman kerdil dan membuat vas bunga yang lucu dan unik, kamu bisa menjual Terrarium dan di bandrol sesuai desain dan kerumitan perawatan tanamannya. 


10. Jasa desain logo dan feed sosial media

Virus Covid 19 mengharuskan banyak orang untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing – masing dan mengurangi waktu keluar rumah. 

Sehingga semakin banyak para pebisnis yang membuka toko online di berbagai platform sosial media. 

Jika kamu memiliki kemampuan untuk membuat desain untuk logo, gambar feed Instagram, desain ads untuk diiklanlan online, dan sebagainya, kamu bisa mendapatkan rupiah dengan mudah juga, karena pangsa pasar yang semakin luas dan banyak. 

Kamu bisa membanderol jasa yang kamu jual ini di angka ratusan ribu hingga jutaan untuk berbagai jenis dan tingkatan desain yang dibuat sesuai dengan kerumitannya.  


11. Jasa penulis artikel

Jasa penulis artikel mulai gencar di cari oleh para pemilik bisnis, terutama di masa pandemic seperti ini. dimana hampir semua bisnis harus dijalankan secara online demi bisa bertahan. 

Dengan menjual kemampuan menulismu secara online kamu bisa meraup rupiah dari ribuan, ratusan, hingga jutaan perbulannya, loh!


12. Influencer

Influencer adalah jenis profesi baru yang saat ini digilai banyak pemuda di Indonesia dan berbagai Negara. 

Menjadi influencer ini juga tak jarang disebut sebagai pekerjaan untuk mendapatkan easy money atau meraup rupiah besar dengan mudah. 

Bahkan sekali post di Instagram atau Tiktok saja, seorang influencer membanderol bayaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Terlebih jika influencer tersebut memiliki bisnis dan youtube yang selalu ramai oleh fans nya. 


13. Youtuber

Sekarang ini, Youtube juga bisa dipakai untuk sebuah bisnis, loh. Ada banyak anak muda di Indonesia yang memanfaatkan platform ini untuk berkreasi. 

Mulai dari menayangkan film pendek, tutorial memasak, tutorial makeup, review produk, hingga dokumentasi saat makan dan melakukan pekerjaan sehari – hari selama masa karantina dan sekolah online. 

Jumlah adsense yang ditawarkan Youtube tidak main – main, loh. jika kamu bisa mengumpulkan ratusan ribu subscribers dan ribuan hingga jutaan views di tiap videomu, bisa dipastikan kamu bisa membeli rumah dan seisinya. 


Ide Bisnis Kreatif Dan Unik


14. Makanan unik

Meski Covid 19 menghalangi orang untuk sering keluar rumah dan makan di tempat makan yang instagrammable, sehingga kamu bisa menyiasatinya dengan menjual makanannya yang unik dan instagrammable. 

Misalnya saja Spagetti Brule yang sempat viral, dessert box, dan sebagainya. 

Kamu bisa mengkreasikan makanan baru yang unik dan enak dengan mengkombinasikan dua hingga tiga makanan yang sudah dikenal masyarakat. 

Misalnya saja Spagetti Mentai, makanan ini adalah gabungan dari resep spaghetti Bolognese dan saus mentai yang biasa digunakan sebagai saus sushi.


15. Cemilan unik

Cemilan menjadi pelengkap disaat menonton tv atau saat sedang santai di rumah. Selain itu, karena kesukaan orang Indonesia untuk ngemil, 

maka menjalankan bisnis camilan ini juga menjanjikan loh! Kamu bisa mulai berkreasi dengan menambahkan berbagai rasa dan bentuk dari cemilan yang sudah banyak dijual di pasar. Misalnya saja keripik rasa soto. 

Karena keripik sudah memiliki banyak rasa selain rasa soto. Atau ide lain yang berhubungan dengan cemilan dan kemungkinan besar disukai banyak orang. 

Itu dia 15 contoh ide bisnis kreatif dan unik yang bisa kamu jalankan untuk menambah penghasilan. Kamu bisa melakukan modifikasi agar berbeda dengan model bisnis yang sudah ada di pasaran. 


Post a Comment for " Ide Bisnis Kreatif Dan Unik"