Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Peluang Usaha Rumahan Di Desa


Tahukah kamu, membangun usaha tak perlu harus hijrah ke kota dulu hanya karena penduduknya lebih banyak disana dan katanya penghasilannya rata – rata lebih tinggi. 

Meski hidup lebih sederhana, justru banyak orang desa yang kaya raya. Jadi inilah alasan kenapa membuka usaha atau bisnis di desa juga bisa dilakukan. 

Anda tidak perlu khawatir tentang piilihan ide apa saja yang bisa anda lakukan saat berada di desa. 

Ada banyak sekali potensi komoditas yang justru hanya ada di desa dan bisa kamu kembangkan untuk perubahan ekonomi masyarakat sekitar dan tentu sendiri dirimu sendiri. 

Yang lebih menggembirakan, beberapa komoditas tersebut bahkan bisa dilakukan saat dirumah. 

Pasti ada banyak darimu yang penasaran komoditas apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk mempertebal dompetmu, bukan?

Namun sebelum mulai mengetahui macam – macam komoditasnya dan membuka bisnis, ada beberapa poin yang harus kamu siapkan, yaitu:

- Cari tau apa yang akan kamu jual dan pastikan bahan baku tersebut terjangkau harga dan cara mendapatkannya

- Meski di desa dan skala volume penduduknya tidak sebanyak di kota, tetap lakukan riset pasar. 

Tanyakan ke penjual pasar tradisional hingga online dan cari tau kebutuhan orang – orang yang tinggal di desa atau kota sekitar desa tempat tinggalmu, kamu bisa mengirimkan kebutuhan mereka setelah memesan secara online dengan menggunakan ekspedisi terpercaya 

- Jangan lupa belajar dari para ahli atau sumber yang mengetahui keadaan pasar dan para ahli yang berpengalaman dibidangnya. 

Misalnya saja untuk menjadi pengusaha ternak lele, carilah ahli yang sudah menjalankan bisnis lele mereka di desa tersebut, lalu lakukan inovasi atau diferensiasi agar produk yang kamu jual tidak terlalu mirip dengan produk yang lele yang dijual orang tersebut

- Perhatikan juga keadaan desa tempat kalian tinggal, cari tau apa saja yang desa butuhkan dan belum ada. 


Peluang Usaha Rumahan Di Desa


Nah, setelah mempersiapkan beberapa poin diatas, simak beberapa contoh atau ide usaha yang bisa kamu lakukan dan kembangkan di desa. 

1. Peternakan

Usaha di desa biasanya identik dengan peternakan hewan dan ini memang sudah terbukti. Dengan tinggal di desa. 

Selain lahan yang mendukung, kamu bisa menemui banyak orang yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan informasi peluang dan cara memulai bisnis di bidang peternakan dan mengembangkan sendiri usahamu. 

Salah satu peternakan yang lebih mudah dilakukan adalah melakukan usaha peternakan ayam kampung dan sapi yang hasilnya tidak hanya bisa kamu jual untuk masyarakat sekitar namun juga untuk masyarakat perkotaan.  

2. Pom bensin mini

Usaha mendirikan POM bensin juga memiliki prospek yang cukup cerah jika didirikan di desa. Saat ini banyak penduduk desa yang memakai motor dan mobil yang tentunya membutuhkan BBM. Sementara lokasi SPBU banyak yang tidak mudah dijangkau oleh maysarakat. 

3. Salon kecantikan

Salon kecantikan tidak hanya bisa dibuka di area perkotaan saja, karena kebutuhan jasa kecantikan tidak hanya dibutuhkan masyarakat perkotaan saja tapi masyarakat desa pun membutuhkannya untuk berbagai acara resmi atau sekedar perawatan kecantikan. 

Selain perawatan kecantikan, kamu juga bisa menambah jasa salon rambut yang bisa memotong maupun merawat kesehatan dan tampilan rambut. 

Uniknya jasa salon rambut ini bisa kamu buka untuk laki – laki maupun perempuan. Beberapa jasa yang bisa kamu jual adalah jasa potong rambut, creambath, rebounding, dan sebagainya. 

4. Usaha kuliner

Usaha kuliner ada banyak sekali ragamnya, mulai dari usaha kuliner berbentuk kafe, warung makan, warung kantin, restoran, atau toko bumbu dapur. 

Pangsa pasar untuk lini usaha kulinerpun bisa siapa saja mulai dari bapak – bapak, ibu – ibu, perantau, bahkan anak sekolah. 

Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan di sekitar desa yang kamu tinggali. Misalnya membuka kafe sederhana karena di desa tersebut belum ada satu pun kafe, sehingga pemuda – pemudi disana bisa menghabiskan waktu nongkrong mereka dengan teman di kafe usahamu.  

5. Supplier buah dan sayur organic

Karena di desa memiliki lahan yang mumpuni, selain membuka kesempatanmu untuk membuka usaha peternakan hewan, kamu juga bisa memilih membuka usaha perkebunan jika kamu lebih menyukai bidang bercocok tanam atau bertani. 

Kamu bisa memulai bercocok tanam secara organic maupun non – organic. Namun memilih produk organic sebagai hasil tani yang akan kamu jual tentu pangsa pasarnya lebih tinggi, 

tak hanya bisa kamu jual ke masyarakat sekitar, namun juga bisa kamu kirim ke berbagai daerah perkotaan menggunakan ekspedisi dan pengemasan yang baik dan professional. 


Peluang Usaha Rumahan Di Desa


6. Warung sembako 

Warung sembako nampaknya bisa dibuka dimana saja, di kota maupun di desa karena warung sembako adalah lini usaha yang menyediakan kebutuhan pokok sehari – hari, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan rumah tangga. 

7. Usaha mebel

Setiap rumah pasti membutuhkan furniture dan hal ini tidak bisa diabaikan oleh masyarakat kota maupun desa. 

Namun dengan membuka usaha mebel di desa kamu bisa menekan harga produksi dan upah pekerjanya karena nilai UMR yang berbeda antara di kota dan di desa serta bahan pokok mebel yang terbilang lebih murah jika kamu membelinya dari desa dibandingkan jika membeli dari daerah perkotaan. 

Usaha mebel ini membuatmu bisa menjual berbagai macam mebel seperti kursi, meja, lemari, rak, dan masih banyak lagi. 

8. Budidaya ikan

Budidaya ikan adalah salah satu komoditas yang bisa dikembangkan di desa dan merupakan salah satu usaha peternakan. Terlebih potensi pasar tinggi karena minat orang Indonesia akan konsumsi ikan baik di desa maupun di kota 

9. Toko kebutuhan nelayan dan petani

Membuka usaha kebutuhan nelayan dan petani sangat bagus prospek kedepannya, karena mayoritas pekerjaan di desa adalah nelayan dan bertani. 

Maka kamu bisa melihat kondisi sekitarmu dan cek kebutuhan apakah yang lebih dibutuhkan masyarakat sekitarmu. 

Jika mereka kebanyakan petani, maka akan menguntungkan jika kamu menjual berbagai bibit atau kebutuhan yang menunjang kegiatan bertani.

Sebaliknya jika profesi dominan lingkunganmu adalah nelayan, akan lebih cocok jika kamu menjual berbagai keperluan untuk nelayan, termasuk bahan makanan yang bisa menjadi bekal mereka selama berlayar dalam beberapa waktu

10. Toko souvenir dan oleh – oleh khas desa

Menjual toko souvenir tentu sangat menguntungkan terutama ketika desa anda terbilang lumayan rame dikunjungi pendatang dan wisatawan. 

Carilah sesuatu yang khas dari desamu, mulai dari bentuk bangunan yang unik dan bisa dijadikan miniatur, bangunan tempat wisata, hingga toko oleh – oleh makanan khas dari desamu. 

Jika desamu belum memiliki sesuatu yang bisa dijadikan ciri khas, cobalah membuat satu ciri khas yang kamu ciptakan sendiri. 

Misalnya saja, jika di desamu belum memiliki makanan khas, cobalah cari resep atau sumber pangan yang banyak sekali ditemukan di desamu namun cukup susah ditemukan di daerah lain. 

Kemudian buatlah resep sendiri dan lakukan branding yang ciamik. Kamu siap memasarkan produk tersebut dan memberikan nama oleh – oleh khas untuk desamu


Peluang Usaha Rumahan Di Desa


11. Kerajinan tangan

Jika kamu memiliki keahlian dibidang kreativitas dan bisa membuat berbagai barang kerajinan tangan, cobalah mencari pundi – pundi rupiah dari membuat kerajinan tangan. 

Atau jika kamu memiliki teman atau seseorang yang bisa membuat kerajinan tangan khas desamu, cobalah bekerja sama dan memasarkan kerajinan tangan tersebut menjadi sebuah produk khas desamu.

 Jika menurutmu kerajinan tangan tersebut bentuknya tidak terlalu unik, sudah banyak yang dijual dimana saja, cobalah membuat differensiasi.

Misalnya saja kerajinan kayu rotan, kerajinan kayu rotan ini bisa ditemukan di daerah mana saja, Namun jika ingin memasarkannya, buatlah differensiasi dengan membuat kerajinan kayu rotan berbentuk unik dan menamai bentuk futniture rotan tersebut adalah kerajinan tangan kayu rotan khas desamu.  

12. Toko online

Toko online adalah usaha yang paling fleksibel dan bisa dikerjakan oleh siapa saja dan dimana saja termasuk mereka yang tinggal di desa dan berumur dibawah 17 tahun. 

Siapapun bisa membuat toko online, kamu bisa menjual apa saja, termasuk beberapa komoditi yang hanya ditemukan di desa atau menjadi ciri khas desa tempatmu tinggal. Kamu juga bisa berkreasi sesuai passionmu dan menjual produkmu secara online. 


Post a Comment for " Peluang Usaha Rumahan Di Desa"