Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Jitu Bisnis Pakaian Muslim yang Menjanjikan


Cara Jitu Bisnis Pakaian Muslim yang Menjanjikan– manusia memiliki kecenderungan dengan kebutuhannya yang tidak terbatas. 

Salah satu kebutuhan primer manusia adalah sandang. Dan dewasa ini bisnis bidang sandang atau fashion adalah jenis bisnis yang sangat  digemari oleh masyarakat. 

Sehingga peluang Bisnis Pakaian Muslim ini dapat kita manfaatkan sebaik mungkin untuk lahan bisnis dengan prospek yang menjanjikan untuk kedepannya. 

Mengingat bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia sehingga kebutuhan akan pakaian muslim yang sesuai syariat islam.

Hal ini terus mengalami perkembangan oleh permintaan pasarnya. Contoh – contoh pakaian muslim yang digunakan adalah baju muslim, gamis, baju koko, jilbab, pakaian untuk beribadah seperti mukena dan juga aksesoris sebagai pemanis pakaian.

Dengan besarnya permintaan pasar untuk pakaian muslim ini menjadikan para pengusaha atau pebisnis berlomba - lomba untuk membuka bisnis pakaian muslim. 

Kisah – kisah para pengusaha di bidang fashion muslim ini sudah banyak yang menorehkan cerita suksesnya. 

Seperti contoh wanita bernama Dewi Permata berusia 24 tahun yang merupakan seorang mahasiswa mampu meraup keuntungan milyaran rupiah dalam sebulan melalui bisnis pakaian muslim ini.  

Bagi para pebisnis pemula tentunya menginginkan trik atau tips dalam memulai bisnis ini. Berikut cara jitu Bisnis Pakaian Muslim yang menjanjikan.


Bagaimana Cara Jitu Bisnis Pakaian Muslim yang Menjanjikan?


1. Fashion kekinian

Pakaian muslim adalah pakaian yang berdasarkan ketentuan syariat islam. Seiring berkembangnya jaman dari waktu ke waktu model fashion busana muslim selalu mengalami perkembangan mode yang disesuaikan dengan selera namun harus tetap memenuhi ketentuan syariat islam. 

Sehingga kita sebagai produsen harus pintar dalam menyesuaikan fashion berdasarkan trend yang terjadi di tengah – tengah masyarakat. 

Namun sekali lagi ditekankan bahwa modifikasi fashion busana muslim tetap harus mengutamakan dan memenuhi syarat syariat islam. 

Pakaian busana muslim yang saat ini sedang trend adalah busana dengan gaya yang dapat di mix and match atau dipadupadankan dengan item fashion lain. 

Mode yang banyak digemari adalah corak dan model yang simple sehingga look yang didapat adalah gaya yang fleksibel dan semi formal. 

Untuk para produsen harus benar – benar sering melakukan analisa dan juga selalu mengupdate informasi agar kita bisa menguasai keadaan pasar.

2. Tema yang menarik

Seorang bisnis pakaian  muslim harus memiliki tema tersendiri untuk produknya. Hal ini begitu sangat penting agar setiap produsen memiliki ciri khas tersendiri terhadap produknya. 

Busana muslim dengan tema tertentu akan menjadi daya tarik tersendiri sehingga tema ini yang menjadi pembeda gaya produk kita dengan produk – produk sejenis lainnya. 

Kita bisa menyebutnya bahwa tema adalah identitas suatu produk.

Keunikan busana muslim yang kita produksi dengan identitas tertentu akan membuat konsumen selalu mengingat mode produk kita sehingga mereka akan menyukainya. 

Terdapat banyak brand busana muslim terkenal di Indonesia yang memiliki tema menarik disertai keunikannya. Antara lain yaitu :

Busana muslim milik Dian pelangi yang memiliki ciri khas yaitu adanya permainan warna pelangi di setiap produknya

Busana muslim milik zaskia adia mecca dirancang dengan mode santai dan juga simple. Bahan dasar busana muslim yang digunakan adalah bahan katun atau rayon (kaos)

Busana muslim milik Ria Miranda menjadikan konsumen memiliki tampilan dengan look yang feminin, lembut, anggun dan tenang dengan menggunakan warna – warna pastel

Kemudian selain menciptakan ciri khas dan keunikan, kita juga dapat melakukan eksperimen mode. 

Contohnya adalah pada saat pandemi kita dapat mengangkat gaya busana muslim anticorona yaitu dengan memproduksi hijab yang dilengkapi dan dirangkai langsung dengan cadar berbentuk masker dan banyak lagi eksperimen – eksperimen yang dapat dilakukan berdasarkan kondisi yang ada namun tetap mematuhi syarat dari syariat islam.

3. Memanfaatkan momen

Kita dapat lebih memanfaatkan momen agar memperoleh keberuntungan yang lebih namun bukan berarti aji mumpung. Di dalam islam terdapat hari – hari besar islam yang disertai dengan perayaan – perayaannya. 

Sehingga  kita dapat memaksimalkan pemasaran busana muslim seperti gamis, mukena, jilbab, pakaian koko, peci dan juga aksesoris sebagai pemanis penampilan. 

Contoh usaha yang dapat kita lakukan adalah dengan mengikuti kegiatan bazar, menggelar bazar secara mandiri, membuat iklan di sosial media seperti instagram facebook dan juga dapat membuat iklan promosi berupa video di youtube. 

4. Harga diskon

Pada saat momen – momen tertentu kita dapat memberikan harga diskon kepada konsumen. Misalnya pada saat lebaran akan tiba kita sudah bisa membuat rencana harga diskon. 

Namun dalam bisnis pakaian muslim kita harus mulai memasang harga diskon dengan rentang waktu yang tidak terlalu mepet.

Contohnya adalah kita dapat memasang harga diskon dua bulan menjelang lebaran. Selain harga diskon langsung, kita juga dapat membuat promo diskon yang bertema paket ramadhan. 

Jadi konsumen akan mendapatkan diskon jika membeli paket tersebut. kemudian contoh lainnya adalah kita dapat memberikan gratis pada ongkos kirim dengan ketentuan pembelanjaan beberapa item barang. 

Dengan demikian maka akan mengundang pelanggan yang loyal terhadap produk kita.  

5. Pemasaran online

Pemasaran online adalah salah satu hal yang wajib dilakukan dalam memasarkan bisnis pakaian muslim. Mengingat bahwa saat ini penggunaan media sosial yang sangat digemari oleh semua kalangan sehingga kita dapat dengan mudah menjangkau konsumen sasaran kita. 

Hal yang dapat kita lakukan adalah dengan membuat toko online yang dedesign sebaik mungkin dan konsep yang matang. Sehingga toko online kita akan mendapatkan kepercayaan oleh para konsumen. 

Bagaimana Trik Jitu dalam Bisnis Pakaian Muslim?


6. Trik pemasaran yang jitu

Selain toko online, kita juga dapat memaksimalkan era digital ini dengan segala macam cara. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan endorsement kepada selebgram atau orang dengan akun yang memiliki banyak followernya di media sosial. 

Kita dapat memilih orang yang sekiranya cocok dengan produk busana muslim kita. Sehingga nanti mereka akan mempromosikan busana muslim kita di akun mereka dan hal tersebut membuka jangkauan konsumen yang lebih luas lagi. 

Pemilihan rekan endorsement juga harus diperhatikan. Beberapa orang yang dapat dijadikan partner untuk mempromosikan produk busana muslim kita adalah seperti Dewi Sandra atau Ayana Moon wanita muallaf asal korea selatan yang memutuskan juga untuk berhijab. 

7. Kulakan dan menjual kembali

Cara terakhir yang dapat kita coba adalah dengan melakukan kulakan dan menjualnya kembali. Kita melakukan kulakan busana muslim dari supplier dan menawarkannya di sosial media kita. Dengan cara begini juga dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Itulah 7 tips atau cara jitu bisnis pakaian muslim yang menjanjikan. Semoga penjelasan dan  uraian ini dapat bermanfaat bagi bisnis teman – teman yang baru saja dimulai dan menjadi inspirasi bagi yang akan memulai. Semoga kita menjadi salah satu pebisnis Indonesia yang sukses.

 


Post a Comment for " Cara Jitu Bisnis Pakaian Muslim yang Menjanjikan"