Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Investasi Saham untuk Pemula di Tahun 2021


Instrumen investasi yang bergerak di dunia pasar modal adalah saham, memiliki tingkat resiko paling besar dibanding instrumen investasi lainnya. 

Saham memberikan timbal balik atau keuntungan yang jumlahnya juga sangat besar. Karakteristik resiko dan return di atas rata-rata investasi produk perbankan lainnya memang ditemui jika berinvestasi di pasar modal. 

Ada dua resiko investasi di pasar modal yang harus dipahami dengan baik agar Anda dapat memaksimalkan keuntungan dengan meminimalisir kerugian. 

Sebelum Anda memutuskan untuk menanamkan dana di pasar modal dan bermain dengan saham. Anda harus memahami dua resiko ini yakni kemauan untuk belajar dan rajin membaca. 

Ini amat sangat penting untuk Anda. Terdapat hal mendasar, yang harus sangat Anda pahami. 

Yaitu kemauan untuk belajar tentang cara investasi saham serta Anda harus mengenali tipe profil resiko dalam investasi saham Anda. 

Belajar saham itu mudah, dengan banyaknya informasi yang beredar saat ini. Informasi yang beredar di internet, artikel ataupun beberapa ulasan tentang Bursa Efek Indonesia mungkin akan sangat membantu Anda

Satu kunci yang harus Anda pegang, rajinlah membaca informasi dari internet, buku, majalah keuangan dan hasil riset lembaga keuangan atau berkonsultasi dengan sang ahli investasi. 

Sebisa mungkin Anda harus menghindari pembelian produk investasi yang Anda tidak paham. Karena jika Anda memaksa untuk membelinya, akan merugi di diri Anda sendiri. Bertanyalah kepada orang yang tepat. 


Tips Investasi Saham untuk Pemula di Tahun 2021


Apa yang Harus Dipelajari Sebelum Anda Berinvestasi?


Berinvestasi bukanlah hal yang sulit walau juga bukan hal yang mudah untuk dilalui. Memahami berbagai hal penting dapat membuat investasi Anda lebih matang dibanding terburu-buru mengambil keputusan. 

Hal yang harus Anda pelajari sebelum Anda berinvestasi  adalah sebagai berikut.

1. Membuat Rekening Saham Sebelum Melakukan Pembelian

2. Monitor Informasi Saham Perusahaan Anda

3. Lakukanlah Analisa Teknikal

4. Anda Harus Memahami Resiko Eksternal Saham

5. Jangan Melakukan Pembelian Satu Jenis Saham

6. Harap Mengecek Likuiditas Saham Perusahaan

7. Selektiflah Memilih Perusahaan Sekuritas atau Broker


Tips Investasi Saham untuk Pemula di Tahun 2021


Nabung saham itu apa?

Anda pernah menabung? Tentu saja pernah, sejak kecil tabung menabung merupakan hal dasar yang orang tua Anda ajarkan kepada Anda, selain melatih hemat juga memandang kebutuhan masa depan. 

Pengertian dari nabung saham juga dasarnya sama persis dengan nabung pada umumnya, uang yang Anda tabungkan akan diinvestasikan dalam bentuk pembelian saham. 

Kegiatan pembelian terhadap persentase kepemilikan sebuah perusahaan (emiten) merupakan pengertian dari nabung saham.

Berapa sih modal investasi saham? Hal ini tidak dapat diukur dengan besaran modal saja, Anda yang memiliki modal kecil untuk bermain saham tidak boleh minder. 

Rajin investasi dan memperbesar kemampuan Anda merupakan cara untuk meningkatkan modal Anda. Yang paling terpenting adalah disiplin investasi dan strategi investasi saham agar hasil atau keuntungan investasi bisa optimal. 

Rajin investasi pun Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukannya jika Anda memang masih pemula. Anda harus menggali informasi yang akurat tentang investasi yang harus Anda danai. 


Apa Saja Tips Investasi Saham Agar Dapat Menguntungkan Bagi Anda?


Dengan ulasan di bawah ini, akan memberi Anda pencerahan tentang beberapa tips investasi saham agar menguntungkan. 

Menguntungkan di sini tidak hanya dapat dilihat dari kurun waktu singkat, Anda harus melihat hasilnya dalam jangka waktu panjang. 

Itu merupakan jangka waktu yang pas untuk memanen hasil dari saham Anda.  Tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kenali

Anda harus mengenali saham perusahaan yang akan Anda beli serta Anda harus tahu pasti seluk-beluk bisnis yang mereka jalankan. 

Galilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan. Coba berpikir rasional, logis dan realistis. Agresif, Konservatif atau Moderat? 

Anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukan transaksi pembelian saham yang tengah dalam posisi murah. 

Biasanya perusahaan tersebut tengah bermasalah jika harganya murah. Dalam pasar modal, Anda juga tidak boleh tergesa-gesa berinvestasi. 

Sifat sabar sangat diperlukan karena saham ini akan sangat terasa menguntungkan dalam jangka waktu panjang. 

Tetap waspada dengan tawaran investasi saham, saat keuntungan yang ditawarkan besar dan waktu yang singkat. 

Jangan pernah minder ketika Anda berinvestasi dengan modal yang kecil, tak pernah ada kata terlambat untuk memulai investasi saham. 

Hindari spekulasi dan terlalu sering bertransaksi. Jika Anda terlalu sering bertransaksi, Anda dapat terbebani biaya transaksi dan terjebak dalam kondisi psikologis pasar. 

Alangkah baiknya jika Anda menginvestasikan dana Anda pada beberapa jenis investasi dengan kurun waktu setahun, setelah itu Anda dapat melanjutkan dalam jangka panjang. 

2. Disiplin

Pastikan Anda memiliki sifat disiplin, disiplin dalam hal apa pun termasuk dalam menyisihkan uang untuk kepentingan investasi. 

Mahir dalam mengelola keuangan pribadi juga diperlukan di sini, termasuk cara menambah pemasukan dan mengelola utang. 

3. Bijaklah Berinvestasi

Cara yang paling bagus untuk memaksimalkan aset yang Anda miliki adalah dengan berinvestasi. 

Instrumen investasi jangka panjang ini amat sangat menguntungkan Anda dalam jangka panjang. 

Jangan mudah tergiur dengan investasi yang tidak resmi atau investasi abal-abal yang menawarkan keuntungan selangit. 

Seluk beluk, untung rugi, dan strategi berinvestasi saham dengan cara yang amat aman dan menguntungkan harus Anda selidiki, pahami dan pelajari

Tanda penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas adalah saham. Secara umum, saham dapat diartikan dokumen berharga yang menunjukkan kepemilikan perusahaan tersebut. 

Ketika saham tersebut dibeli seseorang, maka seseorang tersebut memiliki hak untuk aset dan pendapatan perusahaan dengan sebagian saham yang dibelinya. 

Diperlukan ketelitian dalam melakukan investasi saham, mempelajari analisa fundamental sederhana tentang kondisi perusahaan saham yang Anda pilih merupakan salah satunya. 

Memonitor sederhana seperti membaca berita terkait perusahaan adalah hal yang harus Anda lakukan. 

Monitoring ini bertujuan untuk melihat kondisi perusahaan tersebut apakah perusahaan berkembang dengan sehat serta menuai untung atau sebaliknya. 

Seperti yang tertera di atas, tips untuk investasi saham adalah Anda harus mengenali terlebih dahulu, dalam menjalankan saham tersebut Anda juga harus menerapkan sifat disiplin dalam diri Anda. 

Selain itu, Anda harus pandai dan bijak dalam menjalankan investasi Anda. Semua hal tersebut harus Anda lakukan jika ingin menemukan hasil yang sesuai dengan ekspektasi. 


Tips Investasi Saham untuk Pemula di Tahun 2021


Dalam menjalankan saham, Anda tidak boleh menunggu hasilnya dalam kurun jangka waktu yang sangat pendek. 

Karena pada umumnya, investasi tidak cocok untuk dijadikan sarana perekonomian jangka pendek. Investasi cocok dijadikan penghasilan jangka panjang yang dapat diambil lima sampai enam tahun mendatang. 

Demikian artikel yang dapat kami buat untuk menambah wawasan Anda tentang tips investasi saham bagi para pemula seperti Anda. 

Semoga artikel kali ini dapat mencerahkan wawasan Anda yang ingin memiliki tabungan saham atau ingin berinvestasi.

 


Post a Comment for " Tips Investasi Saham untuk Pemula di Tahun 2021"