Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Menanam Saham dengan Modal Kecil


Tips Menanam Saham dengan Modal Kecil- Pertama kali berinvestasi saham merupakan pengalaman yang cukup membuat deg-degan, bagaimana tidak? 

Menanam saham dengan modal pas-pasan atau dengan modal kecil merupakan salah satu langkah menghindarkan diri dari risiko kegagalan investasi bagi pemula. 

Saham telah dianggap sebagai instrumen investasi yang amat sangat menguntungkan.  

Tidak heran, banyak orang tertarik untuk mencoba peruntungan jenis investasi ini. Namun, menanam saham juga menuai risiko tinggi. 

Kegagalan marak dijumpai ketika berinvestasi saham dengan nilai yang amat tinggi. Ditambah lagi dengan kasus bahwa Anda melakukan investasi secara sembarangan, tidak dihitung dengan perhitungan yang tepat. 

Anda para pemula dalam dunia investasi saham? 

Anda perlu melakukan cara menanam saham dengan modal kecil, tentu efektif dan aman daripada Anda menanam saham dengan modal besar. 

Apa caranya susah? Tidak juga, Anda perlu kecermatan yang tinggi dan kemampuan di atas rata-rata untuk menanam di dunia investasi saham ini. 


Tips Menanam Saham dengan Modal Kecil


Bagaimana tips atau cara menanam saham dengan modal kecil?


Jika Anda berinvestasi dengan modal yang besar, maka semakin besar pula keuntungan yang dapat Anda tuai dalam investasi itu. 

Berlaku pula sebaliknya, namun apa yang akan terjadi jika perusahaan mengalami kegagalan? 

Semakin banyak pula modal yang Anda buang secara percuma. 

Siapa sih yang mau rugi? Jika Anda hanya ingin mencoba, Anda wajib mencoba tips yang kami sediakan.  

Berikut, beberapa tips menanam saham dengan modal yang kecil. 


1. Melakukan Riset Rekam Jejak Perusahaan Sekuritas

Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik adalah modal utama yang harus dimiliki oleh seluruh perusahaan sekuritas. Bukan hanya sebagai legalitas perusahaan, namun reputasi juga berpengaruh terhadap investor. 

Serta kinerja dalam memanagement saham yang dimiliki. Anda tentu harus melihat daftar perusahaan di BEI (Bursa Efek Indonesia).  Anda jangan pernah mencoba menanam saham yang memiliki nilai jual naik dan turun.

Karena jenis kasus saham macam ini amat sangat berisiko serta mudah dimanipulasi oleh investor yang memiliki modal besar. 

Meski jumlah saham yang Anda tanamkan terhitung kecil, Anda tetap tidak boleh mencoba menanam saham yang memiliki nilai jual naik turun. 


2. Pilih Sekuritas dengan Setoran Rendah dan Biaya Ringan

Yang harus Anda lakukan ketika ingin berinvestasi saham ke perusahaan lain adalah membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. 

Saran kami, pilihlah perusahaan yang menawarkan biaya ringan kepada Anda dengan setoran yang rendah pula. 

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan biaya transaksi atau jual beli saham yang perusahaan tawarkan. 


3. Pastikan Perusahaan Sekuritas Terdaftar di BEI

Terdaftar tidaknya perusahaan  di BEI atau Bursa Efek Indonesia sangatlah penting untuk kelancaran dan kegiatan jual beli saham yang aman. 

Saran dan tips  yang satu ini bisa jadi cara menanam saham dengan modal kecil yang tepat. 

Risiko terjadinya kegagalan investasi jadi semakin minim jika perusahaan tersebut telah terdaftar di BEI atau Bursa Efek Indonesia. 

Bagaimana cara mengetahui perusahaan tersebut telah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) atau tidak terdaftar? 

Anda dapat mengeceknya langsung di laman resmi BEI (Bursa Efek Indonesia). Anda dapat mengaksesnya di smartphone kesayangan Anda dan berselancar di layanan internetnya. 


Tips Menanam Saham dengan Modal Kecil


4. Berinvestasilah  pada Satu atau Dua Perusahaan Saja

Meningkatnya jumlah perusahaan yang memiliki harga saham cukup murah, bahkan perusahaan sekelas MNC dan Smartfren menawarkan harga saham di bawah Rp1000 per lembar. 

Juga tidak dapat dijadikan tolak ukur yang membuat Anda berinvestasi dengan jumlah modal besar. 

Investasikan uangmu tersebut pada satu atau dua perusahaan terlebih dahulu. Dengan begitu, jumlah risiko kegagalan minim. 

Perusahan  publik yang namanya sudah cukup terkenal di masyarakat wajib berada di list perusahaan yang akan Anda pilih. 

Karena, perusahaan-perusahaan ini biasanya memiliki nilai saham yang cukup stabil dan menguntungkan. Selain itu, aman karena banyak orang yang memantau dengan mengetahuinya. 


5. Ketahui Indeks Saham yang Tepat

Istilah  indeks saham mungkin tidak terlalu familiar di telinga, itu berlaku bagi sebagian orang. 

Tetapi, bagi Anda yang ingin melakukan cara menanam saham dengan modal kecil, Anda wajib mengetahui apa itu indeks saham. 

Mengukur perubahan harga dari suatu pasar atau sebagian dari pasar merupakan pengertian dari indeks saham yang perlu diketahui. Perlu Anda ketahui bahwa harga sebagian besar saham meningkat jika indeks saham naik. 

Akan tetapi ebagian besar saham konstituen indeks juga bergerak turun jika indeks saham turun. Sebagai tips untuk para pemula, pilihlah saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30. 

Perusahaan-perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar, serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik tentu akan memiliki indeks tersebut. 

Apabila angka likuiditas tinggi dan kapitalisari pasar besar, maka risiko Anda mengalami kegagalan saat berinvestasi saham di perusahaan ini akan berkurang drastis. 

Bagaimana Menggunakan Bantuan Aplikasi Trading Saham?


6. Gunakan Bantuan Aplikasi Trading Saham

Dengan bantuan aplikasi trading saham, dapat meminimalisir rasa takut dan ragu yang bercokol di benak Anda. Hal ini juga penting mengingat jumlah modal yang Anda tanamkan dalam menanam saham. 

Aplikasi-aplikasi semacam ini sudah banyak kok tersedia, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store dan AppStore. Anda  bisa online trading kapan pun,  di mana pun jika menggunakan aplikasi trading saham. 


7. Simak Pergerakan Ekonomi Dalam dan Luar Negeri

Terakhir, untuk Anda  yang sangat  ingin melakukan cara menanam saham dengan modal kecil, pastikan Anda selalu menyimak pergerakan ekonomi baik dalam ataupun luar negeri. Apakah hal ini sangat penting untuk dilakukan? 

Jawabannya iya, dengan cara ini kamu bisa mengetahui situasi pasar saham dan memprediksikan pergerakan saham yang kamu miliki. Apabila kondisi  pasar sedang normal, Anda bisa menanamkan modal pada saham baru. 

Apabila kondisi pasar sedang buruk dapat menunda terlebih dahulu transaksi jual atau beli saham tersebut Bagaimanakah, apakah kamu sudah mengerti bagaimana cara menanam saham dengan modal kecil? 


Tips Menanam Saham dengan Modal Kecil


Semoga artikel di atas bisa membantu kamu dalam memulai melakukan investasi saham dengan modal kecil. 

Selain membuat rekening efek, yang perlu Anda ingat selalu adalah ada tidaknya nama perusahan sekuritas di dalam laman BEI atau Bursa Efek Indonesia. 

Bagi Anda investor pemula, hal ini tentu sangat berguna. Dengan adanya nama perusahaan tersebut di laman Bursa Efek Indonesia, Anda juga akan merasa aman berinvestasi di perusahaan tersebut. 

Memilih perusahaan yang memiliki nilai jual yang senantiasa naik setiap hari atau setiap laporan juga bukan hal yang mudah, maka Anda dapat mempertimbangkan dengan mencari perusahaan yang memiliki nilai naiknya lebih mayoritas dibanding nilai turunnya. 

Nilai turun yang minoritas harus dapat membuat Anda menjadi ragu untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat, ya. 


Post a Comment for " Tips Menanam Saham dengan Modal Kecil"