Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Fitur Instagram Bisnis dan Manfaatnya Bagi Anda yang Berjualan Online


Anda dapat mengoptimalkan penjualan produk atau jasa Anda di social commerce. 

Instagram memiliki fitur shop yang sangat memungkinkan customer Anda sebagai pengguna instagram membeli produk yang ditampilkan dalam bentuk visual foto atau video, baik di feed maupun di instastory. 

Ini dapat memungkinkan followers Anda langsung membeli produk tersebut dari aplikasi atau website toko online Anda. 

Terdapat beberapa fitur di Instagram shop yang dapat Anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen dan meningkatkan penjualan Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Apa saja yang terdapat di dalam fitur shop di Instagram bisnis?


1. Shops

Apabila ada konsumen yang mengunjungi profil akun Instagram bisnis Anda, maka mereka langsung melihat-lihat produk yang dijual dan membelinya. 

Mereka juga tidak harus mengunjungi website toko online Anda terlebih dahulu untuk melihat katalog produk secara lengkap. Fitur ini sama halnya dengan etalase toko. 


2. Shopping Tags

Fitur yang satu ini dapat membantu calon pembeli Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk yang mereka lihat, baik di instastory atau pun feed instagram. 

Calon pembeli produk Anda juga dapat mengetahui nama produk, harga dan deskripsi melalui tag ini. 

Apabila Anda ingin menambah tag pada foto produk yang Anda pasarkan, Anda dapat memilih tombol Tag Product atau Tandai Produk sebelum mengunggah foto pada feed atau memilih sticker Product yang terdapat pada instagram Story. 


3. Instagram Shop

Pada halaman Explore terdapat fitur instagram shop, semua pengguna Instagram dapat menemukan berbagai produk dan brand yang Anda pasarkan. 

Produk atau brand yang ditampilkan biasanya berdasar pada setiap jenis produk dan brand yang diikuti. 

Serta, relevan bagi seluruh pengguna. Fitur ini juga menyediakan Shops Directory. Shop Directory adalah akun bisnis yang direkomendasikan oleh instagram berdasarkan pencarian seluruh pengguna sebelumnya. 

4. Collections

Di Instagram Anda tidak hanya dapat menunjukkan katalog produk yang akan dipasarkan, Anda dapat membagikan ke dalam beberapa kategori. 

Serta menyesuaikannya dengan keinginan Anda, misalnya Anda ingin memasarkan pakaian. 

Anda dapat membaginya menjadi bawahan sendiri, atasan sendiri dan lain sebagainya.  

Di collection Anda juga dapat membuat promosi khusus produk yang tengah promo, ini akan memudahkan konsumen atau customer Anda untuk menemukan produk tersebut. 


Fitur Instagram Bisnis dan Manfaatnya Bagi Anda yang Berjualan Online


5. Shopping Ads

Selain itu, pada fitur shop di Instagram bisnis, Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen melalui fitur Shopping Ads. 

Dalam fitur Shopping Ads ini, brand juga dapat meningkatkan jumlah orang yang melihat postingan produk Anda. Anda juga dapat mengarahkan calon pembeli ke website toko online, yang kemudian dapat melakukan check out. 


6. Shopping From Creators

Bekerja sama dengan influencer atau content creator juga amat menguntungkan. Karena, mereka dapat men-tag produk yang Anda jual pada postingan mereka melalui fitur yang disediakan instagram ini. 

Di sana nantinya akan muncul tulisan ‘Paid Partnership with’ dengan begitu orang yang melihat visual tersebut secara langsung akan mengetahui produk yang ditampilkan pada foto tersebut.

Jika calon pembeli mengkliknya, customer pun dapat langsung mengetahui detail produk dan harga serta dapat langsung melakukan transaksi. 


7. Product Launches

Di akun Instagram bisnis, Anda juga dapat meningkatkan hype agar calon pembeli semakin penasaran dan tertarik. 

Bisnis dapat mengumumkan produk yang akan segera rilis sehingga calon pembeli dapat melihat secara detail dan mengatur pengingat agar dapat segera membeli produk tersebut. Hal itu  semua terdapat di Product launches. 

Mengoptimalkan penggunaan fitur instagram shopping, Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen, serta memudahkan pembeli untuk berbelanja dengan nyaman dan membuat penjualan bisnis Anda semakin terintegrasi.

 Anda juga sangat perlu melakukan konfirmasi bahwa akun bisnis berlokasi di pasar yang tersedia untuk Instagram shopping. 

Sekedar informasi, fitur instagram shop ini telah diluncurkan sejak bulan Oktober 2020. Anda juga harus menjalankan bisnis yang menjual produk fisik dan mematuhi kebijakan perdagangan instagram. Facebook juga turut mendukung instagram shop. 

Instagram shopping, adalah salah satu fitur yang dikembangkan Instagram untuk mendukung kemajuan bisnis dan brand yang Anda miliki. 

Memandang dari sudut manfaat, tentu amat sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis di platform online salah satunya Instagram bisnis. 


Fitur Instagram Bisnis dan Manfaatnya Bagi Anda yang Berjualan Online


Apa saja manfaat mengoptimalisasikan penggunaan fitur instagram shop?


Berikut akan kami ulas dengan ringkas dan lengkap, apa saja manfaat dari menggunakan fitur shop yang disediakan oleh instagram bisnis. 

1. Penjangkauan Audiens yang Sangat Luas

Keuntungan dan manfaat instagram shop yang pertama adalah dapat menyasar audiens lebih luas dan tepat sasaran. 

Jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 59,8 juta pengguna. Jumlah tersebut akan bertambah jika, produk yang Anda pasarkan tersebut bersifat global. 

70% konsumen, sangat menggemari berbelanja menggunakan instagram untuk menemukan produk yang digemari. 

2. Mempermudah Konsumen Untuk Berbelanja

Selain meningkatkan jumlah audiens, Instagram shop juga dapat memberikan pengalaman berbelanja yang baik dan mulus serta praktis. 

Anda dapat memasarkan produk tersebut ke dalam visual berbentuk video, foto atau Instagram story. Fitur collection, memungkinkan Anda untuk membagi katalog produk yang akan dipasarkan.


3. Meningkatkan Traffic Website Seluruh Toko Online

Anda pun dapat mengarahkan calon pembeli untuk melihat produk Anda ke website toko online.

 Dengan begitu, jumlah pengunjung atau traffic website toko online Anda dapat meningkat. Akan jadi semakin meningkat, jika calon pembeli tersebut mempercayai bisnis Anda yang memiliki website. 


4. Berjualan Seraya Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Proses transaksi dan pengalaman berbelanja yang mudah, akan membuat konsumen atau calon pembeli lebih nyaman untuk berbelanja kembali. 

Jika ini terjadi, Anda dapat meningkatkan omset penjualan. Ditambah lagi, calon pembeli melihat lebih lanjut katalog produk seraya Bersosialisasi dalam platform yang sama. 

Anda juga dapat menjaga kepuasan dan hubungan dengan konsumen, caranya dengan menyediakan proses berbelanja yang praktis dan informasi yang lengkap. 

Calon pembeli akan meninggalkan komentar dan men-direct message instagram jika mereka memiliki pertanyaan terkait produk tersebut. 

Dengan informasi yang lengkap, konsumen akan menaruh kepercayaan kepada Anda. 


5. Promosi Lebih Mudah dengan Instagram Bisnis

Fitur yang terdapat di Instagram shop dapat membantu Anda melakukan promosi dengan berbagai cara atau format. 

Dimulai dari video, foto, serta live pada instagram story. Mengiklankan produk Anda pada fitur Shopping Ads juga bukan ide yang buruk. Anda juga dapat bekerja sama dengan influencer melakui fitur Shopping for Creator. 

Setiap unggahan influencer akan memiliki label ‘paid partnership with’ sehingga calon pembeli dapat melihat langsung atau tahu bahwa produk yang ditampilkan pada foto atau video merupakan produk yang Anda pasarkan. 

Lewat visual yang Anda tampilkan, serta bumbu menarik yang Anda bubuhkan. Akan membuat calon pembeli tertarik membeli produk Anda. 

 


Post a Comment for " Fitur Instagram Bisnis dan Manfaatnya Bagi Anda yang Berjualan Online"